Franco Morbidelli Crash Di Portimao, Absen Dari Tes Pramusim

Franco Morbidelli Crash Di Portimao, Absen Dari Tes Pramusim
Franco Morbidelli Crash Di Portimao, Absen Dari Tes Pramusim
Franco Morbidelli Crash Di Portimao, Absen Dari Tes Pramusim

Franco Morbidelli Mengalami Crash Dan Benturan Keras Di Kepala Dalam Sesi Tes World Superbike Pada Selasa 30 Januari 2024 di Portimao. Morbidelli sendiri merupakan seorang pembalap motor tercepat di dunia dan berkebangasan Italia. Debut karir professionalnya di mulai pada ajang European Superstock 600 yang di selenggarakan pada musim 2011. Ia berhasil memenangkan kejuaraan tersebut pada musim 2013 dengan tim San Carlo Kawasaki Italy Team. Pembalap yang akbrab di sapa Frank ini mengkuti ajang balapan Moto2 di Grand Prix Marino, Jepang dan Valencia. Ajang balapan di Moto2 tersebut ia ikuti bersama tim Federal Oil Gresini Moto2 dengan status sebagai pembalap wildcard. Untuk musim 2014, ia menjalani debut sebagai pembalap aktif di gelaran Moto2 bersama tim Italtrans Racing Team. Torehan poin yang di koleksi sebanyak 75 poin serta meraih posisi kelima pada Grand Prix Aragon menutup musim debutnya bersama tim.

Frank tetap berada di tim yang sama pada musim berikutnya. Ia berhasil meraih kemenangan dan podium pertamanya pada Grand Prix Indianapolis pada musim 2015. Pada akhir musim 2015, ia menutupnya dengan mengoleksi 90 poin dan menempati posisis sepuluh klasemen pembalap. Hal tersebut terjadi karena ia sempat absen paa empat balapan karena cidera yang ia alami saat latihan motocross.

Frank bergabung bersama tim Estrella Galicia pada musim 2016. Ia terlihat mengalami kesulitan di awal musim karena hanya berhasil meraih delapan kali podium. empat podium di posisi kedua, empat podium di posisi ketiga serta lima podium terakhir ia raih pada lima balapan terakhir. Dengan kemenangan tersebut, tercatat ia mengumpulkan 213 poin serta menduduki posisi keempat klasemen akhir pembalap. Frank berhasil meraih gelar juara dunia Moto2 yang membuatnya di promosikan ke MotoGP pada musim 2018. Debut awalnya di MotoGP tidak sebaik di Moto2, Namun ia dapat memperbaiki performa setelah bergabung dengan tim Yamaha Petronas SRT.

Kecelakaan Yang Di Alami Franco Morbidelli

Franco Morbidelli terlihat menikmati hari hari dari gelaran uji coba yang di laksanakan pada hari Senin dan Selasa. Yang mana hal ini bagian dari tes privat yang di selenggarakan oleh Ducati untuk tim yang mengikui World Superbike di Sirkuit Portimao. Terlihat tak para pembalap yang mengikuti WSBK yang menggunakan motor seri tersebut. Sejumlah pembalap MotoGP hadir yang mana sebagian besar dari tim Ducati meramaikan lintasan Algarve dengan motor sport Ducati Panigale V4. Dalam hal ini, Franky yang di ikuti Francesco Bagnaia, marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio. Serta tak lupa kakak beradik Marquez bersaudara yang juga menjajal lintasan ini bersama Gresini.

Pada bagian akhri dari sesi kedua pada hari Selasa, pembalap berdarah campuran Brazil dan Italia itu mengalami crash. Kecelakaan Yang Di Alami Franco Morbidelli itu termasuk kedalam kecelakaan hebat yang terjadi di tikunga 9. Mengingat acara tes privat ini di lakukan oleh Aruba secara pribadi. Terlihat official maupun staff medis yang tersedia tidak sebanyak ketika pekan balapan di laksanakan. Dengan jumlah yang lebih sedikit tersebut, tentu penanganan yang akan di lakukan terbilang lebih lambat dari biasanya. Beruntung ketika crash tersebut terjadi, Marquez bersaudara tepat berada di belakang Franky. Sehingga setelah kecelakaan terjadi, tepat saat itu jua Marc Marquez dan Alex Marquez tiba di tikungan sembilan. Di mana bendera merah di kibarkan, mereka terlihat menghentikan motor serta membantu untuk mengamankan Morbidelli dari lintasan.

Meskipun ambulans dan medis ada dan tersedia, tentu jumlah dan ketersediaannya di sepanjang lintasan tidak sebanyak saat balapan. Hal ini yang membuat Marquez bersaudara berinisiatif membantu pengevakuasian Franky hingga ambulans datang untuk menjemputnya. Dengan kejadian tersebut, tim pramac memberi ungkapan terima kasih kepada pembalap Gresini bersaudara itu. Pernyataan terima kasih itu di sampaikan melalui media sosial mereka atas bantuan yang di berikan oleh Marquez bersaudara.

Menjalani CT Scan Kedua

Setelah pembalap Italia itu di temukan dengan kondisi yang cukup buruk, pusat medis di Sirkuit Portimau mengambil keputusan untuk melakukan pemindahan pembalap tersebut. Pembalap Pramac itu di pindahkan dari fasilitas medis sirkuit ke rumah sakit Faro untuk menjalani CT Scan. Yang mana hasil dari CT Scan tersebut menunjukkan adanya darah yang menggumpal kecil di area kepala Morbidelli. Dengan hasil tersebut, maka tim medis menyarankan agar Morbidelli untuk bermalam di rumah sakit.

Kemudian, perawatan selanjutnya yang di lakukan yaitu Menjalani CT Scan Kedua untuk mengetahui perkembangan di area kepala yang mengalami penggumpalan darah. CT Scan kedua tersebut di lakukan pada Kamis, 1 Februari 2024 kemarin. Tim Pramac memberikan informasi terkait hasil CT Scan yang di jalani. Mereka mengatakan kondisi pembalap baik baik saja dan juga menunggu hasil kedua yang akan di konfirmasi oleh tim medis. Harapannya, tim medis dapat memastikan bahwa kondisi Franky baik baik saja meski kepalanya terbentur dengan keras. Terkesan positif, tetapi mereka ingin memastikan lebih dalam terkait hasil ini.

Pramac Racing merilis status serta kondisi terkini dari pembalap Italia tersebut. Dan mereka meyakinkan ke penggemar bahwa semua berjalan dengan baik bahkan Franky telah kembali ke rumah. Pramac mengatakan hasil dari CT Scan kedua mengalami perkembangan baik.

Pembalap ini di pindahkan ke rumah sakit di Alvor untuk menjalani pemeriksaan. Dengan hasil pemeriksaan tersebut ia dapat kembali kerumah pada ke esokan harinya. Mobidelli di jadwalkan untuk pulang pada 1 Februari lalu serta memiliki waktu empat hari hingga akhirnya berangkat ke Kuala Lumpur. Yang mana ia akan menjalani Shakedown MotoGP di Sepang. Meskipun begitu, ia tetap harus mendapatkan izin dari tim medis sebelum melakukan perjalanan dan Shakedown MotoGP yang akan di gelar di Sepang. Ia akan menunggangi motor Ducati bersama tim Prima Pramac Racing. Setelah ia puas menjalani karir debutnya di MotoGP bersana tim Honda MarcVDS pada musim 2018.

Tanggapan Marc Bersaudara Ketika Kejadian Di Portimao

Pembalap asal Roma ini mengucapkan terima kasih atas bantuan Marquez bersaudara melalui media sosial. Kemudian, dalam kunjungannya ke Jakarta saat melakukan tes pramusim di Sepang. Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez dan saudaranya menggelar konferensi pers. Yang mana ia mengatakan pada konferensi tersebut terkati pentanyaan yang muncul karena aksi heroik mereka saat menyelamatkan pembalap Pramac tersebut.

Menjawab pertanyaan tersebut, Tanggapan Marc Bersaudara Ketika Kejadian Di Portimao ialah dengan membantu Morbidelli seperti berita yang beredar. Ia mengatakan bahwa Alex dan dirinya membantu Franco yang mana di saat yang bersamaan mereka adalah rival dan rekan kerja sekaligus. Alex dan Marc melakukan uji coba di Portimao dan ia melihat dari kejauhan bendera merah di kibarkan. Mereka adalah yang pertama kali melewati titik itu yang mana berada diantara tikunga 8 dan 9.

Marc bersaudara melihat Franky tak sadarkan diri di area run-off. Melihat ia berada di posisi yang aneh yaitu posisi mendongak ke atas. Marc dan Alex langsung berhenti, kemudian meletakkan motor dan berlari ke arah Franco untuk menepikannya. mereka memosisikan kepalanya dengan kondisi sudah tak sadarkan diri. Hal tersebut menurutnya sangat berbahaya karena Franky bisa saja tidak bernapas dengan baik pada posisi seperti itu. Ia meneruskan bahwa mereka membuka wearpack atau baju terusan serta mengangkat pelindung helm. Dan kami berdiri di sekitarnya untuk menunggu staff medis menolong Franco Morbidelli.