Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur Di Malam Hari

Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur Di Malam Hari
Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur Di Malam Hari
Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur Di Malam Hari

Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur Yang Menjadi Kebiasaan Yang Cukup Mengganggu Pada Saat Malam Hari. Overthinking menjadi salah satu alasan di mana seseorang mengalami kondisi sulit untuk tidur. Biasanya banyak orang yang merasa terganggu dengan adanya kondisi ini. Hal ini di karenakan overthinking yang biasanya datang pada saat malam hari sebelum tidur. Akibatnya kita akan menjadi susah untuk tidur dan begadang dengan adanya kondisi yang mengganggu ini. Salah satu cara yang paling umum di gunakan untuk mengatasi overthinking adalah dengan berolahraga serta menerapkan pola hidup yang sehat. Namun, banyak orang yang belum tahu bahwa terdapat banyak cara lain yang mudah di lakukan untuk mengatasi overthinking. Mengatasi overthinking juga dapat membuat pribadi kita menjadi lebih positif.

Overthinking merupakan sebutan atau istilah yang di pakai untuk merujuk kondisi di mana terlalu banyak pikiran. Namun kondisi ini berbeda dengan pemikir karena orang yang mengalami overthinking biasanya tidak terlalu bisa menyelesaikan masalahnya dan malah akan memperkeruh masalah. Selain itu, rasa khawatir, memikirkan banyak hal dan kecemasan terhadap sesuatu hal dapat menjadi pemicu terjadinya overhinking. Kemudian penyebab overhinking di malam hari salah satunya adalah otak yang memproses kejadian apa saja yang terjadi pada kita di siang hari yang telah di lalui.

Banyak orang yang mengakui bahwa mereka selalu mengalami overthinking sebelum tidur di malam hari. Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa di atas jam 10 malam merupakan jam-jam overthinking yang menyerang seseorang sebelum tidur. Maka dari itu kondisi overthinking pada umumnya akan mengganggu rutinitas kita sehari-hari. Apalagi jika overthinking membuat kita terjaga atau begadang semalaman yang mana akan mengganggu aktivitas kita untuk bekerja esok harinya. Alhasil tubuh juga menjadi kurang berenergi dan segar saat terbangun di pagi hari dan terhambat dalam menjalani aktivitas.

Berikut merupakan Cara Mengatasi Overthinking yang sering muncul sebelum tidur pada saat malam hari.

  1. 1. Mengatasi Overthinking Dengan Curhat

Mengatasi Overthinking Dengan Curhat kepada kerabat terdekat ternyata sangat efektif. Kita dapat mencurahkan isi pikiran dan hati kita kepada keluarga, pasangan ataupun teman dekat yang kita rasa nyaman untuk bercerita. Kemudian di lansir dari Net Doctor, curhat tidak harus bertujuan untuk menyelesaikan masalah. Akan tetapi tentang berbincang serta mendengar. Dengan adanya curhat, kita akan menjadi lebih tenang karena sudah bertukar pikiran dengan orang terdekat kita yang kita anggap nyaman berbicara dengannya. Bisa jadi tidur kita pun menjadi lebih tenang dan nyaman karena beban pikiran sudah berkurang.

2. Membuat Daftar Bersyukur

Insomnia merupakan gangguan tidur yang akan mengakibatkan pengidapnya susah untuk tidur. Di lansir dari Sleepstation, ketika seseorang sering berpikir secara negatif maka akan menimbulkan dampak yang buruk bagi pola tidurnya sehingga di khawatirkan akan mengalami insomnia. Kemudian terdapat juga penelitian yang memaparkan bahwa subjek yang di arahkan untuk lebih fokus pada pikiran negatif sebelum ia tertidur akan waktu yang lama untuk tidur daripada orang yang tidak di arahkan.

Lalu ada juga studi yang memaparkan bahwa ketika seseorang yang mengalami insomnia fokus pada hal-hal yang di syukuri dan pikiran positif sebelum ia tidur, maka kualitas tidurnya akan menjadi jauh lebih baik. Maka dari itu kita di anjurkan untuk Membuat Daftar Bersyukur sebelum tidur. Isilah daftar tersebut dengan ungkapan rasa syukur dan apa yang harus kita syukuri pada hari ini.

3. Mengatur Waktu Overthinking

Cara mengatasi overthinking selanjutnya adalah Mengatur Waktu Overthinking yaitu kita mengatur waktu kapan kita boleh berpikiran yang negatif. Kita harus menentukan berapa lama, kapan, hingga di mana kita boleh berpikir negatif tersebut. Kemudian kita dapat menulis kekhawatiran serta semua masalah yang kita rasakan selama ini. Akan tetapi kita juga harus memastikan bahwa jam overthinking harus di jauhkan dari jadwal tidur kita yang normal di malam hari. Kemudian setelah menulis di kertas, tempatkanlah kekhawatiran tersebut ke dalam kategori lalu ambillah tindakan. Lalu taruh item yang harus kita lakukan di kalender serta carilah tempat yang pas untuk menyimpan ide kita. Dengan begitu, cara ini dapat membantu kita dalam mengambil keputusan serta langkah berikutnya.

Berikutnya kita harus memilih tempat yang lebih netral, bukan seperti tempat-tempat yang selalu kita jadikan tempat untuk bersantai misalnya seperti kamar. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar pikiran kita terlatih kembali untuk mengkhawatirkan sesuatu pada waktu yang berbeda. Hal ini di nilai efektif untuk mengurangi risiko stress.

4. Mengalihkan Perhatian Dari Masalah

Pada umumnya saat overthinking, kita hanya akan berfokus pada satu hal saja yaitu yang menjadi beban pikiran kita ataupun pikiran negatif. Pikiran negatif ini pun belum tentu akan terjadi di masa yang akan datang. Oleh karena itu untuk keluar dari kondisi tersebut kita dapat Mengalihkan Perhatian Dari Masalah. Kita harus memulai untuk mengalihkan segala pikiran kita yang negatif dengan lebih memandang atau merasakan sekitar. Contohnya kita dapat merasakan adanya bau, bunyi ataupun tekstur benda yang sedang kita duduki. Nama teknik ini adalah teknik grounding. Oleh karena itu sebelum tidur kita juga dapat lebih merasakan bagaimana nyamannya tempat tidur kita untuk menghindari munculnya overthinking sebelum tidur. Maka dari itu pikiran kita pun akan menjadi lebih rileks karena fokus pikiran kita sudah beralih.

Namun jika kita masih merasa cara ini kurang efektif, kita harus melakukan fokus serta meditasi pada pernapasan kita. Fokus lah pada udara yang keluar masuk melalui saluran pernapasan. Teknik ini di percaya dapat membantu menghilangkan pikiran negatif secara perlahan.

5. Membiarkan Pikiran Ovethinking

Apabila kita sedang overthinking, lebih baik kita Membiarkan pikiran negatif tersebut mengalir daripada memberhentikannya. Hal ini di karenakan menghambat pikiran negatif merupakan bentuk daripada penolakan kepada kedekatan pada hal yang menyenangkan maupun hal yang tidak menyenangkan. Maka dari itu kunci kebahagiaan biasanya terjadi saat manusia mulai menerima bahwa tidak semua di dunia ini kekal. Yakni baik hal yang menyenangkan maupun yang tidak itu kekal dan biasa di dalam hidup ini. Maka dari itu Membiarkan Pikiran Overthinking termasuk salah satu cara untuk mengatasi overthinking.

6. Lakukan Sesuatu Untuk Memecahkan Masalah

Pada daftar masalah yang sudah di tulis tadi, Lakukan Sesuatu Untuk Memecahkan Masalah dengan mengambil tindakan dari daftar tersebut. Namun kita harus menyadari bahwa kita tidak dapat sepenuhnya menyelesaikan masalah. Akan tetapi kita dapat mengambil tindakan ke depan. Di lansir dari psikolog Samantha Osborne, saat kita sedang cemas akan sesuatu, kita akan terus memikirkan masalah tersebut hingga menghabiskan banyak waktu. Akan tetapi kita akan melakukan tindakan minimal satu untuk terus menyelesaikan masalah. Hal ini bertujuan agar kita sudah memulai mengambil langkah yang tepat.

Beberapa Cara Mengatasi Overthinking di atas dapat kita terapkan sebelum tidur di malam hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita yang ingin mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Overthinking.