Tips Mengatur Keuangan Di Tahun 2024 Agar Lebih Teratur

Tips Mengatur Keuangan Di Tahun 2024 Agar Lebih Teratur
Tips Mengatur Keuangan Di Tahun 2024 Agar Lebih Teratur
Tips Mengatur Keuangan Di Tahun 2024 Agar Lebih Teratur

Tips Mengatur Keuangan Berikut Ini Dapat Kita Terapkan Sehari-Hari Untuk Menghindari Pengaturan Keuangan Yang Tidak Teratur. Tahun baru memang menjadi momen yang pas untuk kita merenungkan apa yang telah kita lakukan selama satu tahun yang lalu. Maka dari itu kita dapat segera merencanakan perubahan-perubahan apa saja yang dapat kita lakukan untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik di tahun yang akan datang. Hal ini termasuk dengan mengelola keuangan. Kita harus menjadikan tahun 2024 menjadi tahun di mana pengelolaan uang kita akan lebih terstruktur dan akan tampak hasilnya bagi kita. Sudah saatnya kita menyambut tahun 2024 dengan strategi pengatur keuangan yang lebih terstruktur. Strategi pengelolaan keuangan yang baru tentunya harus lebih efektif serta tersusun dengan rapi dan matang agar kedepannya kita tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam mengatur keuangan.

Di lansir dari Suara, terdapat sebuah survei oleh Bankrate yang memaparkan hasil bahwa sekitar 78% orang dewasa di Amerika Serikat telah mengalami susah tidur yang di sebabkan oleh tekanan hidupnya, termasuk masalah keuangan. Maka dari itu cara mengatur keuangan akan sangat efektif untuk membantu setiap orang dalam mengatur keuangannya sendiri agar lebih terstruktur dan di manfaatkan untuk hal yang lebih penting.

Di kutip dari CNBC Indonesia, terdapat beberapa alasan utama pengelolaan keuangan menjadi kurang baik yang sering kita tidak sadari. Pertama yaitu tidak punya tujuan untuk menabung. Hal ini lah yang sering membuat kita memakai uang untuk hal-hal yang tak terduga bahkan ungkin tidak terlalu penting. Misalnya seperti tergiur diskon saat pergi ke mall. Yang kedua yaitu hobi yang dapat mengalahkan segalanya. Sering kali kita rela untuk menghabiskan uang dalam jumlah yang besar untuk memuaskan hobi dan kesenangan kita seperti berbelanja makeup atau berjalan-jalan ke tempat yang fancy.

Maka dari itu berikut merupakan Tips Mengatur Keuangan yang telah di rangkum dalam artikel ini.

1. Mengatur Keuangan Dengan Menentukan Tujuan Yang Jelas

Tips yang paling pertama untuk kita lakukan adalah Mengatur Keuangan Dengan Menentukan Tujuan Yang Jelas. Kita harus memulai menetapkan tujuan keuangan yang lebih jelas dan spesifik seperti membayar utang, membeli rumah ataupun untuk biaya pendidikan anak. Dengan adanya tujuan yang jelas, kita akan lebih terarah dalam mengelola keuangan serta melakukan investasi yang lebih efektif. Selain itu kita juga akan lebih termotivasi untuk menabung dan mengatur pengeluaran uang dengan baik.

2. Membuat Anggaran Tahunan

Tips selanjutnya yaitu Membuat Anggaran Tahunan. Kita harus menyusun anggaran pemasukan dan pengeluaran yang lebih detail untuk satu tahun kedepannya. Kemudian kita juga harus menghitung jumlah pendapatan lalu kita bagi untuk investasi, pengeluaran, tabungan serta kepentingan lainnya. Dengan adanya anggaran tahunan ini dapat mempermudah kita dalam mengalokasikan dana serta mengelola pengeluaran dengan lebih bijak.

3. Membuat Anggaran Bulanan

Selain membuat anggaran tahunan, kita juga di sarankan untuk Membuat Anggaran Bulanan yang lebih realistis. Anggaran bulanan merupakan sistem yang sangat bermanfaat bagi kita untuk mengelola pengeluaran kita. Kita harus menyusun anggaran yang realistis yang meliputi semua aktivitas biaya yang rutin kita keluarkan. Pastikan kita menempatkan dana untuk kebutuhan utama terlebih dahulu seperti makan sehari-hari, transportasi, tempat untuk tinggal, serta hiburan. Kemudian kita juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan penghematan.

4. Menjadi Lebih Selektif Saat Belanja

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Menjadi Lebih Selektif Saat Belanja. Dalam mengelola rencana keuangan, kita harus cermat dalam membedakan antara keinginan serta kebutuhan. Kita harus fokus terhadap pembelian yang sangat kita butuhkan terlebih dahulu. Kemudian kita juga harus menghindari pengeluaran yang bersifat impulsif ataupun yang hanya kita beli untuk memenuhi rasa gengsi kita. Maka dari itu kita harus memanfaatkan daftar belanja untuk mencegah pembelian tidak terduga yang bertujuan hanya untuk memenuhi keinginan kita saja. Lalu kita juga dapat melakukan perbandingan harga saat memutuskan untuk membeli atau tidak.

5. Membayar Utang Dan Mengurangi Beban Keuangan

Kemudian kita juga harus Membayar Utang Dan Mengurangi Beban Keuangan. Kita harus memulai menerapkan pengelolaan keuangan dengan memprioritaskan pelunasan utang terlebih dahulu terutama jika utang di sertai dengan bunga yang tinggi. Jika bisa, pertimbangkanlah untuk mulai mengatur utang dengan bunga tinggi menjadi satu pinjaman dengan utang yang memiliki bunga rendah. Maka dari itu jika kita memiliki utang, kita harus membuat rencana untuk melunasi utang tersebut secepat mungkin. Kemudian jika kita mempunyai uang tambahan, kita dapat menggunakannya untuk melunasi utang yang sebelumnya dan sebisa mungkin hindari untuk membuat utang yang baru.

Lalu jangan lupa untuk mencegah utang yang bersifat konsumtif. Dengan mengelola utang dengan baik adalah salah satu kunci utama kita untuk mulau memperbaiki sistem keuangan yang lebih baik di tahun yang akan datang.

6. Memprioritaskan Dana Pensiun Dan Dana Darurat

Selanjutnya kita dapat Memprioritaskan Dana Pensiun Dan Dana Darurat. Kita harus menyisihkan dana darurat yang bernilai sama dengan biaya hidup kita selama 3 hingga 6 bulan. Hal ini bertujuan untuk menghadapi kondisi yang tidak terduga kedepannya. Dana darurat sangat berperan penting sebagai penyaring keamanan finansial.

Selain itu, dengan menabung untuk masa-masa pensiun kedepannya merupakan bagian yang cukup penting untuk merencanakan keuangan. Kita di sarankan untuk menyisihkan lima hingga sepuluh persen dari penghasilan kotor kita untuk mulai menabung dana pensiun. Lalu pertimbangkanlah banyak pilihan investasi untuk masa pensiun nanti. Kemudian pastikan juga untuk konsisten dalam menabung dana untuk pensiun ini setiap bulannya.

7. Menginvestasikan Dengan Bijak

Berikutnya kita juga dapat mempertimbangkan untuk mulai melakukan investasi dengan jangka yang panjang. Investasi ini dapat berupa obligasi, saham serta real estate. Investasi jangka panjang di yakini dapat memberikan hasil yang lebih tetap dan dapat di jadikan sumber penghasilan yang bersifat pasif kedepannya. Akan tetapi sebelum kita memulai untuk melakukan investasi, kita harus paham untuk tetap Menginvestasikan Dengan Bijak.

8. Terus Evaluasi Dan Perbarui Rencana

Tips selanjutnya yaitu Terus Evaluasi Dan Perbarui Rencana. Hal ini berarti kita harus rutin melakukan evaluasi dan menyesuaikan rencana keuangan dengan situasi yang dapat berubah di dalam kehidupan kita. Evaluasi ini cukup penting untuk mulai mengetahui apakah rencana keuangan kita sudah relevan dan dapat berjalan sesuai harapan kita dengan baik. Contohnya pada tahun 2023 status kita single, namun pada pertengahan tahun 2024 kita memutuskan untuk mulai membina rumah tangga. Maka dari itu perencanaan keuangan kita pun juga akan mulai mengalami perubahan mengikuti perubahan situasi yang terjadi.

9. Memperhatikan Perlindungan Asuransi

Langkah selanjutnya kita harus Memperhatikan Perlindungan Asuransi. Pastikan kita memiliki asuransi yang dapat memenuhi kebutuhan kita serta dapat membantu mengamankan keuangan kita dari kejadian yang tidak terduga. Kini sudah terdapat banyak asuransi yang dapat menyediakan solusi perlindungan baik untuk jiwa, kesehatan serta properti yang mencakup rumah, kendaraan, perjalanan, dan lain-lain.

Itu dia beberapa Tips Mengatur Keuangan yang dapat kita terapkan sehari-hari agar perencanaan keuangan kita semakin baik kedepannya. Jangan lupa untuk selalu menerapkan Tips Mengatur Keuangan.