Ramah Untuk Pemula, Simak Fakta Menarik Gunung Ungaran

Ramah Untuk Pemula
Ramah Untuk Pemula
Ramah Untuk Pemula, Simak Fakta Menarik Gunung Ungaran

Ramah Untuk Pemula, Simak Fakta Menarik Gunung Ungaran Yang Sangat Menawan Cocok Untuk Untuk Para Pendaki Pemula. Siapa sih yang kepengen naik gunung? Pesona keindahan alam di atas gunung menjadi hal yang banyak di incar oleh semua orang. Tentunya banyak orang yang ingin mendaki gunung karena terpikat dengan keindahan alam yang sangat mempesona. Baru-baru ini trend naik gunung menjadi semakin populer. Pasalnya saat ini banyak sekali para pendaki yang membagikan momen seru naik gunungnya. Hal ini menuai respon dari para warganet lainnya yang ingin juga merasakan seru nya naik ke puncak gunung. Tentunya sebagai pendaki pemula, artikel ini akan sangat cocok untukmu karena akan memberika informasi seputar pendakian gunung untuk pemula. Maka dari itu, jangan kemana-mana simak terus artikel ini agar nggak ketinggalan informasi ya.

Gunung Ungaran menjadi salah satu gunung yang Ramah Untuk Pemula. Pasalnya gunung ini memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi sehingag cocok utnuk pendakian pemula. Gunung ungaran merupakan gunung merapi yang sudah tidak aktif dengan ketinggian 2.050 mdpl. Tentunya ketinggian gunung tersebut sangat terjangkau untuk para pemula yang hendaki mendaki dan menikmati pesona keindahan naik gunung.

Naik gunung menjadi hal yang seru dan menyenangkan. Apa lagi jika kamu melakuka kegiatan ini bersama dengan orang tersayang. Pastinya kamu akan mendapatkan banyak sekali momen yang tak terlupakan ketika mendaki gunung. Sebagai pemula, tentu kamu harus memperhatikan banyak hal tentang pendakian. Agar tidak kaget, kamu bisa memilih gunung yang memiliki ketinggian yang terjangkau. Gunung ungaran menjadi alternatif pilihan gunung yang tepat untuk di pilih. Tentunya kamu menjadi sangat penasaran dengan gunung ungaran yang memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Simak baik-baik di bawah ini merupakan fakta menarik dari gunung ungaran yang Ramah Untuk Pemula.

4 Fakta Menarik Gunung Ungaran Yang Ramah Untuk Pemula

4 Fakta Menarik Gunung Ungaran Yang Ramah Untuk Pemula dapat kamu temukan pada artikel di bawah ini.

Peninggalan Purba

Gunung ungaran di sebut-sebut sebagai peninggalan purba candi gedong songo. Yang mana terdapat candi gedong songo di sepanjang lereng gunung ungaran. Maka dari itu, gunung ini di sangkut paut kan dengan adanya peninggalan purba candi gedong songo. Di percaya candi ini di bangun pada sekitar 900 masehi dan di temukan pada sekitaran abad ke 19.

Memiliki 3 Puncak

Fakta menarik dari gunung ungaran lainnya adalah gunung ini memiliki 3 puncak di atasnya. 3 puncak gunung ungaran tersebut di antaranya adalah puncak gendol, puncak botak, dan puncak ungaran. Ketiga puncak tersebut memiliki pesona keindahan alam yang sangat cantik dan mempesona. Drai puncak ini, kamu akan menyaksikan keindahan gunung lainnya yang berjejeran. Jejeran gunung ini berada di jajaran kiri di antaranya adalah gunung merapi, gunung merbabu, gunung telomoyo, gunung kendalisodo, sumbing, gunung sindoro, dan gunung prau. Tentunya keindahan alam ini banyak di incar oleh para pendaki.

Memiliki Nama Lain

Tak banyak yang tahu, gunung ungaran memiliki nama lain yang sangat unik. Menurut catatan sejarah yang ada, gunung ungaran memiliki nama lain dengan sebutan karundungan. Tak hanya itu saja gunung ini juga di sebut dengan kroenroengan dan ngroengroengan.

Memiliki Air Terjun dan Goa

Fakta menarik lainnya dari gunung ungaran adalah memiliki air terjun dan goa. Tak hanya menyuguhkan keindahan alam pegunungan saja, faktanya gunung ini juga memiliki daya tarik air terjun dan goa yang ada di lereng gunung ini. Letusan yang terjadi di gunung ini mengakibatkan munculya air terjun dan goa di kaki gunung ungaran. Gua ini terkenal dengan gua jepang.

Jalur Pendakian Gunung Ungaran

Selayaknya gunung-gunung yang ada, gunung ungaran memiliki beberapa jalur pendakian dengan basecamp yang berbeda. Tentunya sebelum berangkat mendaki gunung ini, kamu perlu mengetahui basecamp atau jalur pendakian yang ada. Berikut merupaka Jalur Pendakian Gunung Ungaran.

Jalur pendakian atau basecamp mawar menjadi salah satu jalur yang cukup populer. Untuk pemula, jalur ini sangat cocok karena memiliki trek pendakian yang aman dan terawat. Untuk menuju puncak gunung ungaran, kamu membutuhkan waktu sekitar 7 – 10 jam pendakian dari basecamp. Basecamp jalur pendakian mawar terletak di Dusun Kluwih, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Semarang.

Jalur pendakian atau basecamp yang kedua adalah perantunan gintungan. Jalur penadakian ini menjadi jalur pendakian resmi dari gunung ungaran. Jika memilih jalur ini, kamu bisa mendapatkan 3 puncak gunung ungaran sekaligus. Jalur ini juga cocok untuk pemula karena memiliki trek pendakian yang cukup landai dan memiliki jarak antar pos yang dekat. Untuk memilih jalur ini,kamu bisa menemukan jalur pendakian ini di Desa Gintungan, Kecamatan Bandungan, Semarang.

Jalur pendakian selanjutnya adalah jalur candi gedong songo. Untuk melakukan pendakian dari jalur ini, kamu bisa mendapatka pesona pemandangan alam yang sangat cantik di sepanjang trek pendakian. Untuk menuju puncak, kamu hanya membutuhkan waktu treking sekitar 5-8 jam saja. Namun jalur pendakian ini tidak menjadi jalur pendakian resemi. Jalur pendakian candi gedong songo berada di Desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang.

Jalur pendakian promasan menjadi jalur pendakian terakhir yang ada di gunung ungaran. Promasan merupakan kebun teh yang berada di sekitaran kaki gunung ungaran. Jalur ini banyak di pilih karena memiliki spot yang sangat cantik. Untuk kamu yang ingin mendaki gunung ungaran dari jalur ini, basecamp promasan berada di Desa Promasan, Kelurahan Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan.

Tips Pendakian Untuk Pemula

Tentunya setelah membaca artikel ini kamu sudah nggak sabar lagi untuk mendaki gunung ungaran. Gunung ungaran menjadi pilihan gunung yang ramah untuk pemula karena memiliki keinggian yang cukup terjangkau. Tak hanya itu saja gunung ini juga memiliki trek atau jalur pendakian yang cukup aman. Meskipun tidak setinggi gunung-gunung lainnya, tentu nya gunung ini akan memberikan pesona keindahan alam yang sangat menawan. Agar tidak terjadi apa-apa selama pendakian, artikel ini akan memberikan Tips Pendakian Untuk Pemula.

Tips pertama untuk pendaki pemula adalah latihan fisik sebelum mendaki. Fisik yang kuat sangat di butuhkan dalam mendaki gunung. Sebagai pendaki pemula di sarankan untuk melakukan jogging rutin selama satu minggu. Tak hanya itu saja, dalam mendaki gunung tentu kamu memebutuhkan fisik yang baik. Pastikan sebelum mendaki gunung kamu memiliki tubuh yang fit sehingga tidak akan sakit ketika di gunung.

Meskipun memiliki kondisi tubuh yang baik, tak kalah penting di lakukan untuk membawa obat-obatan basic seperti penurun demam, pusing, batuk, dan pilek. Jangang lupa gunakan pakaian hangat karena kondisi cuaca di puncak gunung yang dingin. Tentunya mendaki gunung ungaran akan menjadi hal seru dan menyenangkan apa lagi untuk kamu pendaki pemula. Gunung ungaran menjadi alternatif pilihan gunung yang tepat dan Ramah Untuk Pemula.