Punya Eksim Di Tubuh Obati Dengan Cara Ini

punya eksim
punya eksim
Punya Eksim Di Tubuh Obati Dengan Cara Ini

Punya Eksim Di Tubuh Obati Dengan Cara Ini Yang Pastinya Ampuh Mengatasi Penyakit Ini Yang Mengganggu Aktivitasmu. Penyakit eksim sering kali membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Bahkan tak jarang penyakit ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga tidak dapat di lakukan dengan maksimal.

Mungkin beberapa di antara kamu belum tahu apa itu eksim. Penyakit ini merupakan penyakit gatal pada bagian tubuh tertentu dengan rentan waktu yang cukup lama. Penyakit ini dapat sembuh namun akan kambuh lagi pada suatu saat. 

Sering kali penyakit ini hilang namun akan muncul kembali setelah sekian lama. Tentunya kemunculan penyakit ini di pengaruhi oleh beberapa faktor. Setiap orang memiliki faktor penyebab eksim yang berbeda-beda. Punya eksim di tangan merupakan salah satu masalah yang akan mengganggu aktivitasmu. Yang mana tangan merupakan salah satu organ tubuh yang paling aktif di gunakan untuk beraktivitas.

Selain di tangan, penyakit ini juga bisa muncul di mana saja seperti di leher, perut, bahkan wajah. Pastinya kemunculan penyakit ini memberikan rasa tidak nyaman. Bahkan gatal dari penyakit ini sering kali muncul pada malam hari sehingga waktu istirahatmu. 

Gatal merupakan salah satu ciri-ciri dari penyakit ini. Rasa gatal membuat rasa ingin terus menerus menggaruk bagian gatal sehingga akan menimbulkan luka di bagian tersebut. Terdapat 2 jenis yaitu eksim kering dan basah. Tentunya penanganan dari keduanya berbeda. Namun tak perlu khawatir, artikel ini akan membahas tentang cara mengobati penyakit ini. 

Tak jarang di temui gatal-gatal eksim di ikuti dengan bintil-bintil yang berisi air. Pastinya gatal ini akan mengganggu aktivitasmu. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan cara-cara berikut agar penyakit ini tidak kambuh lagi di tubuhmu. 

Jika kamu punya eksim di tubuh, maka kamu bisa melakukan pengobatan baik dari luar maupun dalam. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan cara pengobatan penyakit gatal yang efektif. 

Apakah Itu Eksim?

Pastinya sebagian dari kamu masih bertanya-tanya apakah itu eksim?

Eksim merupakan penyakit yang sering kali di alami oleh beberapa orang. Penyakit ini menimbulkan rasa gatal dan panas di bagian tubuh tertentu. Sebagian dari penyakit ini di ikuti dengan bintil-bintil berair yang akan terasa sangat gatal. Jika mengalami kondisi tersebut maka termasuk kedalam eksim basah. 

Selain eksim basah, terdapat jenis eksim kering. Sama halnya dengan yang basah, penyakit kering ini juga menimbulkan rasa gatal dan panas yang rasanya ingin terus menerus di garuk. Namun hanya saja penyakit ini dengan jenis kering tidak di ikuti dengan bintil-bintil berair. 

Seperti namanya, penyakit kering ini menimbulkan efek kering pada kulit. Kulit yang terkena penyakit ini akan terlihat sangat kering bahkan hingga bersisik. Jika berada di jari tangan tentunya penyakit ini mengurangi kepercayaan dirimu. 

Pastinya semua penyakit ada obatnya. Sama hal nya dengan penyakit ini, tentu mempunyai obat untuk mengobati penyakit ini. Namun perlu di perhatikan bahwa penyakit ini dapat sembuh namun suatu saat pasti akan kambuh lagi. Sehingga orang yang terkena penyakit ini tidak dapat sembuh total dari gatal-gatal yang menghantui. 

Biasanya rentang waktu penyakit ini adalah satu hingga tiga minggu. Setelah itu kulit akan sembuh terlihat normal seperti biasa tanpa gejala. Namun pastinya penyakit ini akan muncul lagi. Tidak ada yang tahu rentang waktu kambuhnya penyakit ini. 

Munculnya penyakit ini biasanya di picu oleh beberapa faktor yang sering kali tidak di sadari oleh sebagian orang yang terkena penyakit ini. Padahal jika kamu punya penyakit eksim kamu harus mengenali betul jenis dan apa pemicu penyakit ini bisa kambuh. 

Faktor Pemicu Kambuhnya Penyakit Gatal Yang Mengganggu

Faktor pemicu kambuhnya penyakit gatal yang mengganggu ini tentu berbeda -beda bagi setiap orang. Penyakit ini cukup kompleks untuk melihat faktor dan cara mengobatinya. Oleh karena itu kamu harus mengenali baik-baik dirimu pada saat penyakit ini kambuh. Namun berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat memicu kambuhnya penyakit eksim ini di tubuhmu. 

Eksim dapat di sebabkan dari luar dan dalam. Faktor-faktor dari luar di antaranya adalah bahan kimia dan jamur atau mikroorganisme. Penggunaan deterjen yang tidak sesuai dapat memicu munculnya gatal-gatal di tangan. Oleh karena itu, jika kamu merupakan seorang yang mengidap penyakit ini maka kamu harus perhatikan apa yang kamu sentuh. Kamu harus menjaga kebersihan dengan baik agar penyakit ini tidak muncul terus menerus. 

Kemunculan gatal-gatal ini juga dapat di sebabkan oleh bakteri atau jamur salah satunya adalah bakteri Staphylococcus aureus yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Suhu juga menjadi salah satu faktor kemunculan eksim di tubuhmu. Suhu atau cuaca yang terlalu panas dan dingin dapat memicu kemunculan penyakit ini. Tak jarang penyakit ini muncul pada saat pergantian musim. Kelembaban juga sangat mempengaruhi kemunculan penyakit gatal-gatal satu ini.

Sedangkan faktor dari dalam salah satunya adalah hormon. Tak jarang di temui beberapa orang yang mengalami kemunculan eksim pada saat dirinya mengalami stress. Tentunya stress ini akan mempengaruhi keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh. 

Banyak juga di jumpai penyakit eksim yang di sebabkan oleh kandungan dari makanan yang di konsumsi. Biasanya terlalu banyak protein dapat menyebabkan penyakit ini muncul lagi di bagian tubuhmu. 

Berbagai faktor yang dapat memicu kemunculan penyakit ini. Dengan begitu, kamu harus mengenali faktor apa yang dapat memicu munculnya penyakit ini di tubuhmu. 

Makanan Yang Harus Di Hindari Untuk Orang Yang Punya Penyakit Eksim

Faktor pemicu eksim dari luar dapat di atasi dengan menggunakan sarung tangan untuk mengatasi pemicu munculnya penyakit ini. Namun faktor penyakit dari dalam harus kamu perhatikan dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. 

Di lansir dari National Eczema Association, 30% orang pengidam eksim alergi dengan jenis makan tertentu. Hal ini dapat berpengaruh karena kandungan makanan tersebut akan terbawa melalui peredaran darah. Oleh karena itu sangat penting memperhatikan makanan yang baik dan buruk untuk di konsumsi. Berikut ini merupakan makanan yang harus di hindari untuk orang yang punya penyakit eksim.

Beberapa makanan di bawah ini harus kamu hindari jika tidak ingin penyakit ini muncul secara terus menerus. Makanan tersebut di antaranya adalah :

  • produk dari susu sapi
  • produk dari kacang-kacangan
  • gandum
  • ikan dan biota laut
  • telur

Makanan di atas merupakan makanan yang mengandung protein yang mana tidak di sarankan untuk penderita eksim. Selain itu, penderita penyakit ini juga harus menghindari makanan cepat saji dan makanan yang mengandung pengawet buatan. 

Jika kamu punya eksim, kamu juga perlu membatasi asupan gula karena gula yang tinggi dapat memperparah peradangan pada kulit yang gatal.