Perbedaan Oli Mesin Dan Oli Gardan Untuk Motor Matic

Perbedaan Oli Mesin
Perbedaan Oli Mesin
Perbedaan Oli Mesin Dan Oli Gardan Untuk Motor Matic

Perbedaan Oli Mesin Dan Oli Gardan Kedua Oli Ini Mempunyai Fungsi Yang Krusial Pada Motor Matic Wajib Anda Ketahui Dari Sekarang. Pada Oli memiliki dua jenis yang bisa di pakai untuk skutik, yaitu oli mesin dan gardan. Pada kedua oli ini memiliki fungsi utama yang bisa di bilang sama, kegunaannya untuk pelumas dan pelindung pada komponen pada motor matic.

Mesin dan gardan (pada sistemnya penggerak roda belakang atau roda depan pada kendaraan anda) kini keduanya pasti memiliki kebutuhan pelumasannya sudah pasti berbeda. Sehingga oli tersebut di gunakan pada sistemnya masing-masing. Penting untuk anda, menggunakan jenis oli yang sesuai dengan keunggulan dan kegunaannya pada kendaraan anda. Supaya untuk mematuhi jadwal perawatan motor anda.

Jika oli yang anda gunakan bisa memperpanjang umur pada mesin dan komponen kendaraan tersebut serta bisa meningkatkan pada kinerja keseluruhan motor yang anda gunakan. Kini pada kedua oli tersebut memiliki spesifikasi yang di bilang sesuai pada jenis kendaraan yang anda gunakan dan juga kondisi penggunaannya.

Nah, jadi Perbedaan Oli Mesin Dan Oli Gardan sangat jauh berbeda ya, walaupun pada keduanya memiliki fungsi yang sama. Namun, anda bisa membedakan kedua oli ini bahwa mana yang untuk mesin dan mana yang untuk gardan. Jadi anda jangan salah pilih oli untuk mesin dan gardan anda, pilihlah sesuai kemauan anda untuk motor yang anda gunakan.

Tetapi, kedua oli ini sudah pastinya memiliki cara kerja yang bisa di bilang berbeda, lantas apa saja Perbedaan Oli Mesin Dan Oli Gardan?. Di bawah ini kami akan membahas mengenai hal tersebut, supaya anda bisa mengetahui tentang perbedaan kedua oli tersebut. Nah, anda harus tetap simak penjelasan kami ini, agar anda tidak salah pilih oli pada motor anda.

Kedua Oli Mesin dan Gardan Memiliki Perbedaan Dan Fungsi Utamanya Tersendiri

Pada pembahasan ini kami akan bahas mengenai Kedua Oli Mesin Dan Gardan Memiliki Perbedaan Dan Fungsi Utamanya Tersendiri. Jika pembahasan kami penting untuk anda, tetap simak sampai habis agar anda bisa paham. Berikut penjelasan dari kami tentang hal tersebut:

Oli Mesin

Di kutip dari laman Astra Honda Motor, bahwa jenis oli ini berfungsi untuk pelumas pada komponen mesin motor. Hal tersebut bisa membantu untuk meminimalisir gesekan dan membuat tarikan yang lebih ringan dari sebelumnya, sehingga mesin motor bisa bekerja dengan optimal. Kini oli di bagi menjadi dua jenis sesuai dengan sertifikasi pada Japanese Automotive Standards Organization (JASO), yaitu JASO MB dan JASO MA.

JASO MA kegunaannya pada motor kopling yang basah (komponennya untuk kopling yang terendam dengan oli) hal ini seperti motor sport dan cub. Kegunaan pada JASO MB di pakai pada motor kopling yang kering (pada komponennya tidak terendam oleh oli mesin) yakni terdapat pada motor matic. Namun, oli tersebut memiliki kekentalan yang sudah tertulis kode Society of Automotive Engineers (SAE). Kode ini merupakan indeks yang di mana kekentalan olinya bisa di bilang secara global.

Hal lainnya seperti API yang di sebut dengan American Petroleum Institute. Hal tersebut mengatur pada penetapan kualitas dengan adanya tingkat kemampuan oli ini agar performa mesin bisa terjaga. Kini spesifikasi oli tersebut bisa di pilih pada jenis motor anda.

Oli Gardan

Oli gardan adalah oli transmisi yang berfungsi untuk pelumas hal ini di bagian transmisi pada motor matic. Bukan hanya untuk melindungi saja. Namun oli ini bisa mengoptimalkan kinerja pada bagian komponen CVT yang terletak di samping motor, kegunaannya untuk gear, bearing, dan roller.

Oli ini sudah di rancang sebagai pelumas gear ratio untuk sistem transmisi. Maka hal ini bekerja dengan kecepatan yang tinggi dan juga bisa menerima pada beban torsi besar.

Kapan Harus Mengganti Kedua Oli Ini Pada Motor Matic

Nah, kini anda harus tahu tentang Kapan Harus Mengganti Kedua Oli Ini Pada Motor Matic, berikut penjelasan kami mengenai kedua oli ini. Kini masih banyak orang yang memiliki motor matic karena bingung kapan mereka bisa mengganti kedua oli tersebut. Sehingga, mereka lupa dengan mengganti kedua oli tersebut, hal ini bisa menyebabkan mesin motor mereka menjadi rusak.

Sebetulnya kalian wajib untuk mengganti oli mesin dahulu yang bisa kalian lakukan di setiap 1.500 km sampai dengan 2.000 km atau bisa di ganti 2 bulan sekali. Bila anda menggunakan motor di setiap hari dan memiliki jarak tempuh yang jauh. Kemungkinan anda bisa menggantinya sebulan sekali untuk penggantian oli tersebut.

Sementara untuk pergantian oli gardan bisa anda lakukan dengan interval 8.000 km sampai dengan 10.000 km sekali. Lebih tepatnya anda bisa menerapkan pada sistemnya 2:1, setelah anda sudah melakukan penggantian oli mesin dua kali, setelah itu anda harus bisa mengganti oli gardan pada CVT.

Hal yang harus di ketahui, jika anda tidak mengganti kedua oli tersebut, sudah di pastikan motor anda memiliki kerusakan, mau di mesin anda atau di cvt nya. Jadi anda harus rutin untuk mengganti kedua oli tersebut supaya motor anda masih sehat untuk di pakai kemana pun. Jangan sampai anda menyesal akibat anda tidak mau menggantinya, karena kedua oli ini sangat penting pada komponen motor anda.

Penting untuk di ingat anda harus selalu memeriksa buku manual pada motor matic anda. Agar bisa mengetahui tentang rekomendasi pada pabriknya yang terkait dengan interval pergantian oli. Bukan hanya itu saja, kini faktor-faktornya seperti kondisi pada kegunaan motor, jarak tempuh. Dan juga cara berkendara hal ini bisa saja pengaruh pada kebutuhan pergantian oli anda. Nah, jika anda melakukan penggantian oli secara teratur akan membantu kinerja motor anda lebih optimal lagi pada mesinnya dan transmisi motor matic.

Keistimewaan Pada Oli Mesin Dan Oli Gardan

Dan kini kalian sudah memasuki pada pembahasan tentang Keistimewaan Pada Oli Mesin Dan Oli Gardan. Inilah penjelasan kami mengenai hal tersebut:

Oli Mesin

Pelumas pada oli ini sangat baik berfungsi untuk mengurangi pada gesekan antara komponen mesin apabila bergerak. Hal ini membantu untuk mencegah keausan pada kerusakan bagian mesin motor anda. Selain hal tersebut, kini Oli pada mesin juga bisa membantu untuk pendinginan. Jika mengambil panas dalam komponen mesin yang panas untuk memindahkan ke sistem pendinginan. Nah, kini oli mesin memiliki kemampuan yang bisa membersihkan, dan juga mengangkat kotoran, partikel kecil yang masuk pada bagian sistem.

Oli Gardan

Pelumas dan pelincir

Oli gardan juga berfungsi untuk pelumas pada gardan terletak di bagian sistem penggerak ban belakang dan depan. Hal ini bisa membantu untuk mengurangi gesekan pada keausan antara kedua roda tersebut yang berputar dengan kecepatan berbeda. Oli gardan bisa membantu untuk mengurangi panas pada pergerakan kedua roda ini. Kal ini akan mencegah kerusakan pada gardan yang berada di CVT motor anda. Differential untuk roda yang berputar dengan memiliki kecepatan yang sangat berbeda saat berbelok. Kini oli gardan juga bisa membantu untuk menjaga keseimbangan dan juga mencegah pada gesekan yang berlebihan.

Penting di ingat keistimewaan dari kedua oli tersebut sangat penting supaya bisa menjaga kinerja pada pemakaian kendaraan anda. Hal tersebut di lakukan supaya anda bisa menggunakan motor anda dengan nyaman dan baik, apabila cara tersebut anda terapkan pada motor yang anda pakai. Jadi anda tidak perlu bingung kapan mau mengganti kedua oli tersebut karena kami sudah membahasnya di atas. Nah, maka dari itu anda harus simak sampai habis supaya paham, dan kami sudah menjelaskan tentang Perbedaan Oli Mesin.