Olahan Masakan Dearah Dari Buah Durian Yang Sangat Nikmat

Olahan Masakan
Olahan Masakan
Olahan Masakan Dearah Dari Buah Durian Yang Sangat Nikmat

Olahan Masakan Dearah Dari Buah Durian Yang Sangat Nikmat Tentunya Tempoyak Menjadi Makanan Favorite Yang Lezat. Siapa sih yang nggak tau makanan daerah satu ini? Makanan khas daerah Sumatera ini menjadi favorite bagi sebagian orang. Namun tak banyak orang di Pulau Jawa yang tahu tentang masakan satu ini. Tempoyak merupakan masakan khas Melayu ini tidak terlalu populer di Pulau Jawa. Uniknya masakan ini terbuat berbahan dasar dari buah durian. Pastinya setelah mengetahui fakta ini kamu menjadi sangat penasaran. Dimana buah durian selama ini di nikmati secara langsung. Rasa buah durian yang nikmat membuat buah ini banyak di sukai.

Tempoyak menjadi makanan yang cukup populer di pulau Sumatera. Makanan khas melayu ini memiliki banyak penggemar karena cita rasa nikmat yang di berikan. Olahan Masakan dengan bahan dasar durian ini cukup menarik perhatian masyarakat di Jawa, Tentunya kamu sangat penasaran dengan olahan masakan dari buah durian satu ini. Yang mana masakan khas daerah Melayu ini memiliki cita rasa khas asam pedas nya yang sangat nikmat. Perpaduan durian dengan bumbu-bumbu dapur lainnya akan memberikan cita rasa nikmat yang sangat memggoda.

Durian merupakan buah yang banyak di gemari. Tak hanya dapat di konsumsi secara langsung, di Pulau Sumatera dan Kalimantan buah ini di olah menjadi masakan yang tak kalah nikmat. Masakan ini menjadi lauk makanan yang sangat nikmat di sajikan dengan sepiring nasi hangat. Tempoyak berbahan dasar durian yang telah di fermentasi. Pastinya kamu sangat penasaran dan mencicipi makanan satu ini. Tempoyak terkenal dengan rasanya yang asam dan pedas karena percampuran fermentasi dan cabai. Untuk kamu yang penasaran dengan makanan satu ini, simak terus artikel ini karena akan memberikan informasi mengenai Olahan Masakan yang sangat unik ini. Tak hanya unik saja, tempoyak juga memiliki cita rasa nikmat sehingga banyak di sukai.

Mengenal Olahan Masakan Berbahan Buah Durian

Tentunya setelah membaca artikel ini kamu menjadi sangat penasaran dengan masakan khas Melayu satu ini. Nggak perlu bingung lagi, artikel ini akan mengajak kamu untuk Mengenal Olahan Masakan Berbahan Buah Durian yang sangat nikmat. Tempoyak menjadi makanan yang banyak di sukai di Pulau Sumatera. Namun tentunya untuk kamu yang tinggal di Pulau Jawa masih sedikit asing dengan olahan masakan dari bahan buah durian satu ini. Untuk itu, simak baik-baik artikel di bawah ini ya.

Tempoyak merupakan oalahan masakan yang berbahan dasar dari buah durian. Makanan ini memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerahnya. Umumnya masakan olahan dari buah durian ini di sajika dalam bentuk sambal. Pastinya sambal identik dengan masakan masyarakat Indonesia yang menyukai pedas. Apa lagi daerah Sumatra menjadi daerah yang sangat menyukai cita rasa pedas. Maka tak heran jika tempoyak menjadi makanan yang banyak di gemari dan menjadi favorite bagi sebagian orang.

Di Palembang, tempoyak tidak di konsumsi secara langsung. Yang mana tempoyak di gunakan sebagai bumbu dalam memasak ayam atau bahan makanan lainnya. Ikan juga menjadi bahan makanan yang banyak di gunakan dalam pengolahan bumbu tempoyak ini. Tempoyak di Palembang terkenal dengan masakan khasnya brenges ikan. Hampir mirip di daerah Palembang, di daerah Jambi, tempoyak banyak di olah menjadi campuran pada masakan ikan patin dan baung..

Bengkulu menjadi daerah yang tak kalah terkenal dengan olahan masakan dari durian ini. Di bengkulu, tempoyak di sajikan sebagai campuran dari masakan udang. Sedangkan di Lamung dan di Kalimantan tempoyak di olah menjadi sambal atau rujak yang menemani makanan utama. Tempoyak yang pedas sangat di sukai dan di gemari oleh masyarakat Pulau Sumatera.

Cara Membuat Tempoyak Yang Nikmat

Cara Membuat Tmepoyak Yang Nikmat dapat kamu temukan di bawah ini. Faktanya buah durian dapat di jadikan sebagai olahan masakan yang tak kalah nikmat dengan cita rasa buahnya. Tempoyak menjadi makanan yang terkenal dengan cita rasa asam dan pedasnya. Untuk mendapatkan cita rasa asam pada tempoyak, kamu perlu melakukan fermentasi buah durian terlebih dahulu. Dalam membuat tempoyak kamu bisa melihat resepnya di bawah ini.

Untuk membuat tempoyak, kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan dalam pembuatan tempoyak sangat mudah di temukan di antaranya adalah buah durian, cabai, dan garam. Buah durian yang di gunakan sebagai bahan dasar tempoyak di usahakan adalah jenis durian lokal. Di bandingkan dengan durian monthong, durian lokal menjadi buah durian yang lebih baik karena tidak terlalu banyak mengandung gas dan air.

Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan memisahkan daging buah dengan biji buah durian. Masukkan ke dalam baskom lalu tambahkan dengan sedikit garam. Masukkan potongan cabai rawit untuk memberikan cita rasa pedas. Pemberian potongan cabai rawit juga dapat mempercepat proses fermentasi tempoyak. Setelah tercampur secara merata, tutup baskom dan diamkan tempoyak hingga 4 – 5 hari. Pada saat itu, buah durian akan berfermentasi sehingga akan menghasilkan cita rasa asam. Tempoyak di letakkan dan di simpan dengan kondisi tertutup pada kondisi ruang.

Setelah di diamkan selama 4-5 hari, tempoyak sudah siap di olah menjadi berbagai olahan masakan. Tempoyak dapat di gunakan sebagai bumbu masakan untuk ayam, ikan, dan udang. Sedangkan di beberapa daerah, tempoyak di sajikan sebagai sambal yang melengkapi menu makanan utama. Pastinya tempoyak menjadi makanan yang banyak di sukai karena rasanya yang nikmat. Perpaduan lembutnya buah durian dengan rasa asam dan pedas akan sangat menggoyang lidah ketika masuk ke dalam mulut. Tempoyak akan lebih nikmat jika di sajikan dengan petai atau jengkol. Untuk menjaga keawetan tempoyak, kamu bisa menyimpan olahan durian ini di dalam kulkas.

Sejarah Pembuatan Tempoyak Oleh Maysrakat Daerah

Tempoyak menjadi makanan yang cukup populer dan banyak di gemari oleh masyarakat daerah Sumatera. Dimana di ketahui makanan ini berasal dari masyarakat suku Melayu yang berada di Sumatera. Faktanya tempoyak merupakan masakan yang tidak sengaja di ciptakan. Namun ternyata cara yang di lakukan tersebut menciptakan makanan yang sangat nikmat dan banyak di sukai.

Sejarah Pembuatan Tempoyak Oleh Maysrakat Daerah di mulai karena timbulnya permasalahan banyaknya durian yang terbuang. Daerah Melayu merupakan daerah yang terkenal dengan hasil kebunnya terutama buah durian. Pada saat itu keberadaan buah durian melimpah ruah sehingga masyarakat kebingungan untuk menyantapnya. Akhirnya masyrakat daerah menemukan cara menikmati buah durian agar dapat di nikmati dengan jangka waktu yang cukup lama. Fermentasi menjadi cara yang di lakukan oleh masyarakat Melayu untuk mengawetkan durian. Yang mana proses fermentasi sudah terkenal sejak zaman nenek moyang.

Ketersediaan buah durian yang melimpah membuat mereka berpikir untuk memfermentasikan buah tersebut agar dapat di nikmati dengan jangka waktu yang lebih lama. Dengan mengolah buah durian dengan ferementasi membuat buah durian lebih awet dan lebih tahan lama untuk di konsumsi. Setelah di lakukan proses fermentasi tersebut, ternyata menghasilkan tempoyak dengan cita rasa asam yang nikmat. Seiring perkembangan zaman, tempoyak di tambahkan dengan cabai agar mendapatkan cita rasa yang lebih nikmat. Kini tempoyak menjadi makanan yang unik dengan bahan dasar buah durian yang di jadikan sebagai Olahan Masakan.