Mengenal Pola Asuh Gentle Parenting Yang Kian Populer

Mengenal Pola Asuh
Mengenal Pola Asuh
Mengenal Pola Asuh Gentle Parenting Yang Kian Populer

Mengenal Pola Asuh Gentle Parenting Yang Kian Populer Tentunya Sangat Baik Dan Bermanfaat Untuk Mendidik Emsional Anak. Saat ini banyak sekali di temukan pola asuh atau gaya parenting yang banyak di berikan oleh para orang tua muda. Gaya parenting ini menjadi hal yang penting harus sangat di perhatikan. Pasalnya gaya parenting akan berpengaruh terhadap kepribadian anak hingga dewasa. Gaya parenting atau pola asuh pada anak tentu akan melekat dengan kehiupan anak selamanya. Maka dari itu, sebagai orang tua muda kamu nggak boleh sembarangan dalam memberikan pola asuh bagi anak-anak mu.

Tentunya kamu menginginkan anak yang lembut dengan penuh kasih sayang. Gentle parenting menjadi solusi yang tepat untuk mu. Gaya parenting ini cukup populer baru-baru ini. Yang mana gentle parenting menjadi pola asuh baru yang masih belum banyak di kenal oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi kamu nggak perlu bingung lagi karena artikel ini akan mengajak kamu untuk Mengenal Pola Asuh gentle parenting yang telah banyak di terapkan oleh sebagian ibu muda.

Ibu sekaligus artis cantik Nikita Willy menjadi salah satu ibu muda yang menerapkan pola asuh gentle parenting. Pastinya pola asuh ibu muda ini banyak di sorot karena terkenal dengan kelembutan dan kesabarannya. Yang mana pola asuh tersebut akan menghasilkan sifat anak yang juga lembut dan cerdas secara emosional. Tentunya setelah membaca artikel ini kamu menjadi sangat penasaran dengan gaya parenting satu ini. Dimana gaya parenting satu ini banyak memiliki manfaat untuk membentuk sifat dan emosional pada anak. Tak hanya itu saja, gantle parenting juga sangat mudah di lakukan dengan beberapa hal yang harus di perhatikna. Sangat penasaran bagaimana pola asuh gentle parenting, simak terus artikel di bawah ini karena akan mengajak kamu untuk Mengenal Pola Asuh gentle parenting yang cukup populer baru-baru ini.

Apa Itu Gentle Parenting?

Apa Itu Gentle Parenting? Tentunya pertanyaan ini langsung terlintas di benakmu setelah membaca artikel ini. Gentle parenting merupakan gaya parenting atau pola asuh yang sedang naik daun baru-baru ini. Diman pola asuh ini terkenal dengan manfaatnya yang mampu menciptakan anak-anak yang bahagia dan percaya diri. Gentle parenting menjadi salah satu gaya atau pola asuh yang banyak di minati oleh sebagian ibu muda di Indonesia saat ini.

Pola asuh yang di terapkan kepada anak ini lebih menekankan kepada pendekatan-pendekatan berbasis empati dan rasa hormat. Gentle parenting menjadi pola asuh yang mengedepankan pada pengertian dan emsoional pada anak. Di bandingkan dengan memberikan iming-iming atau hukuman pada anak, gentle parenting memilih melakukan pendekatan kepada anak sehingga anak akan memiliki kesadaran diri yang cukup tinggi.

Setelah membaca sedikit banyak penjelasan mengenai gentle parenting, tentu kamu sudah paham dengan gaya parenting satu ini. Bagaimana menurut mu, efektif bukan? Tentunya gaya parenting ini memberikan banyak sekali manfaat yang baik untuk ankak. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, pola asuh atau gaya parenting akan berpengaruh terhadap kepribadian pada anak. Gaya parenting yang di dapatkan anak pada waktu kecil akan di bawa hingga ke kehidupannya yang telah dewasa. Maka dari itu, kamu perlu memilih dan menerapkan gaya parenting yang baik untuk anak.

Gentle parenting menjadi salah satu alternatif pilihan gaya parenting yang tepat di berikan untuk anak. Dengan menerapkan gaya gentle parenting tentu kamu akan mendapatkan anak yang memiliki kesadaran diri yang cukup tinggi serta dapat mengenali berbagai jensi emosi yang ada di dalam dirinya. Untuk kamu yang semakin penasaran, artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai gaya parenting satu ini yang lebih dalam lagi.

Mengenal Pola Asuh Gentle Parenting

Setelah membaca penjelasan di atas, pastinya kamu menjadi penasaran dengan pola asuh satu ini. Untuk Mengenal Pola Asuh Gentle Parenting dapat kamu simak pada artikel di bawah ini. Yang mana dalam menerapkan pola asuh ini, terdapat 3 aspek yang harus di tekankan pada anak. 3 aspek tersebut meliputi:

Empati

Empati menjadi salah satu aspek yang bisa di latih dari pola asuh gentle parenting. Penerapan gentle parenting berarti orang tua harus lebih memperhatikan perasaan pada anak di bandingkan dengan menghukum atau memberikan iming-iming. Pada saat menerapkan gaya parenting ini, sebagai orang tua kamu perlu membiarkan anak mengelola perasaanya terlebih dahulu dan jangan langsung di bantu. Misalnya saja pada saat anak sedang kesal, kamu perlu menunggu beberapa saat untuk terlibat dan tahu mengenai hal tersebut.

Memahami

Aspek kedua yang di tekankan pada gentle parenting adalah pehamaman mengenai perasaan anak. Pada saat anak melakukan kesalahan, kamu tidak boleh langsung memerahinya. Hal yang wajar jika anak melakukan kesalahan. Pasalnya anak-anak belum memiliki kapasitas berpikir yang sama seperti orang dewasa. Jadi wajar saja jika mereka melakukan kesalahan. Tentunya kamu nggak boleh langsung memberikan peringatan atau hukuman untuk anak. Melainkan kamu perlu memberikan pehamaman dengan pendekatan kepada anak dan jangan lupa untuk terus melakukan pendampingan.

Menghormati

Rasa hormat anak dapat di bentuk dengan menerapkan pola asuh gentle parenting ini. Yang mana untuk mendapatkan anak yang pandai menghormati tentu kamu juga perlu menghormatinya lebih dulu. Meskipun masih anak-anak, sangat penting sekali untuk memberi hormat pada anak. Misalnya saja pada saat anak melakukan keselahan, dengarkan cerita atau penjelasan dari nya dan jangan langsung menghakimi. Tentunya hal ini dapat membentuk sifat menghormati pada anak.

Tips Menerapkan Gentle Parenting

Tips Menerapkan Gentle Parenting dapat kamu lakukan untuk menunjang pembentukan karakter dan emosional pada anak. Tentunya gaya parenting ini sangat cocok di lakukan untuk mendapatkan anak yang cerdas dan percaya diri. Berikut merupakan tips yang harus kamu lakukan ketika menerapkan pola asuh gentle parenting.

Pertama, pilih lah kata-kata yang bijak. Pemilihan kata yang tepat pada saat berbicara dengan anak menjadi  hal dasar yang banyak di lupakan. Dengan pemilihan dan penggunaan kata yang tepat tentu anak akan merasa lebih di hormati dan di sayangi. Maka dari itu, pada saat berbicara dengan anak kamu perlu memilih kata-kata yang baik.

Tips selanjutnya saat menerapkan gentle parenting yang harus kamu tekankan adalah mengomentari tindakannya, bukan anaknya. Pastinya masih banyak orang tua yang melakukan kesalahan ini. Sebagai orang tua, tentu kamu harus menyadari dan melakukan tindakan yang tepat ketika anak melakukan kesalahan. Jangan langsung menyalahkan anak melainkan menjelaskan tindakan yang di lakukan sang anak yang kurang tepat.

Tak kalah penting, menjadi teladan yang baik bagi anak menjadi hal yang sangat di butuhkan. Anak merupakan peniru handal dari apa yang di lakukan oleh orang tuanya. Maka dari itu, sebagai orang tua kamu perlu memberikan contoh dan teladan yang baik bagi anak. Dengan begitu anak akan mendapatkan kepribadian yang baik dengan orang tua yang Mengenal Pola Asuh.