Menerapkan Skin Cycling Untuk Kulit Wajah Yang Lebih Sehat

Menerapkan Skin Cycling Untuk Kulit Wajah Yang Lebih Sehat
Menerapkan Skin Cycling Untuk Kulit Wajah Yang Lebih Sehat
Menerapkan Skin Cycling Untuk Kulit Wajah Yang Lebih Sehat

Menerapkan Skin Cycling Ternyata Akan Memberikan Banyak Manfaat Bagi Kulit Wajah Kita Terutama Agar Menjadi Lebih Sehat. Baru-baru ini sering kita dengar adanya istilah skin cycling yang sering menjadi perbincangan di berbagai sosial media. Skin cycling bukan merupakan sesuatu yang baru di dunia beauty enthusiast, namun metode ini kembali populer saat ini. Kemudian skin cycling adalah sebuah teknik atau metode yang di lakukan oleh banyak orang terutama wanita untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat. Tentunya wajah yang sehat, terawat serta glowing menjadi impian para wanita di seluruh dunia. Maka dari itu banyak beauty enthusiast yang mulai penasaran dengan istilah skin cycling tersebut dan ingin mencobanya. Telah banyak artis maupun influencer yang telah memperkenalkan istilah skin cycling kepada seluruh beauty enthusiast. Tak herna jika banyak wanita terutama beauty enthusiast untuk menerapkan teknik memakai skincare yang satu ini.

Hal ini juga di duga karena telah banyak beauty enthusiast yang menyadari bahwa menggunakan produk skincare bersamaan malah akan menghasilkan efek yang kurang maksimal. Kemudian hal ini juga di dukung dengan kandungan skincare maupun kondisi kulit kita yang tidak sesuai. Sebelum kita menerapkan skin cycling, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana manfaat, proses serta siapa saja yang membutuhkan jenis perawatan kulit wajah ini.

Apa itu skin cycling? Skin cycling merupakan sebuah metode untuk merawat kulit dengan memberikan waktu untuk kulit beristirahat. Waktu tersebut akan di pakai oleh untuk memperbaiki kulit kita setelah memakai beberap produk skincare tertentu. Metode skin cycling ini sangat di anjurkan bagi kita yang memiliki masalah kulit berminyak, iritasi serta sedang mengalami peradangan.

Karena manfaatnya yang di percaya akan membuat kulit kita semakin sehat dan glowing, banyak beauty enthusiast yang turut menerapkan teknik ini. Berikut merupakan penjelasan mengenai Menerapkan Skin Cycling dalam skincare routine kita.

Apa Itu Menerapkan Skin Cycling?

Pertanyaan yang paling pertama, Apa Itu Menerapkan Skin Cycling? Skin cycling merupakan sebuah metode di mana kita memberikan waktu istirahat pada kulit selama satu hingga dua hari. Hal ini bertujuan memberikan waktu khusus untuk memperbaiki kulit setelah kita memakai beberapa produk skincare tertentu. Rutinitas skin cycling ini sangat di anjurkan bagi kita yang memiliki maalah kulit berminyak, iritasi serta sedang mengalami peradangan.

Banyak orang yang telah menerapkan skin cycling ke dalam skincare routine-nya. Alhasil mereka mengungkapkan bahwa kulit akan terasa menjadi lebih bersinar dan halus. Kemudian metode skin cycling bisa di bilang lebih sederhana dari pada penerapan metode skincare lainnya. Bahkan beberapa skincare routine membutuhkan 10 jenis produk skincare untuk penerapannya. Bowe, M.D sebagai penemu metode skin cycling mengatakan bahwa skin cycling merupakan rutinitas atau metode stategis untuk menerapkan skincare pada malam hari. Ia juga menambahkan bahwa metode skin cycling ini bertujuan untuk meminimalisasikan iritasi dan mendapatkan hasil yang maksimal pada kulit.

Apabila kita ingin mulai menerapkan metode skin cycling, kita dapat menyediakan sejumlah produk skincare. Beberapa produk skincare yang kita butuhkan ini yaitu berupa exfoliator, retinol, serta moisturizer. Namun perlu di ketahui juga bahwa metode skin cycling juga bisa menimbulkan masalah pada kulit. Hal ini bisa saja terjadi terutama bagi orang-orang dengan masalah kulit yang sensitif. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita di sarankan untuk menggunakan pelembap atau moisturizer sebelum kita memakai retinol. Hal ini bertujuan agar kulit sensitif kita dapat menangkal kandungan yang berat di dalam retinol serta kulit kita mendapatkan perlindungan ekstra. Dr. Bowe kemudian juga menganjurkan kita untuk memakai moisturizer di bagian yang biasanya paling sensitif seperti di sisi kanan dan kiri hidung, area sekitar mata, leher serta mulut. Maka dari itu kita di sarankan untuk memakai produk yang menghidrasi kulit wajah terlebih dahulu.

Manfaat

Berikut merupakan Manfaat Skin Cycling:

1. Memperbaiki Skin Barrier

Dengan memperbaiki skin barrier dapat melindungi kulit kita dari bahan kimia serta alergen dan menjaga kulit kita dari berbagai jenis infeksi. Oleh karena itu menurut Whitney Bowe, M.D, kulit kita membutuhkan waktu untuk beristirahat dari retinol serta kita harus fokus terlebih dahulu untuk menjaga skin barrier. Kita harus menjaga skin barrier agar tetap ternutrisi sehingga manfaat skin cycling akan semakin kita rasakan.

2. Mengurangi Dampak Negatif Dari Produk Skincare

Metode skin cycling dapat mengurangi dampak negatif dari produk skincare yang masuk ke kulit wajah kita. Mulai dari jerawat yang berlebihan, kulit yang berminyak, redness pada kulit dapat di kurangi dengan menerapkan metode ini. Kemudian di sarankan oleh Dr. Debra Wattenberg untuk menggunakan pelembap kulit sebelum kita memakai retinol.

3. Menjaga Kulit Dari Masalah Musiman

Dengan menerapkan metode skin cycling akan sangat cocok kita aplikasikan di musim yang sejuk atau jika kita tinggal di daerah yang sangat sejuk. Metode ini akan mencegah masalah kulit kering serta membantu kulit kita untuk lebih mendapatkan manfaat baik dari produk skincare yang kita pakai.

Cara Melakukan

Berikut merupakan Cara Melakukan Metode Skin Cycling:

1. Exfoliating: Malam Pertama

Pada malam pertama kita di anjurkan untuk melakukan tahapan exfoliating. Tahapan exfoliating dapat kita lakukan dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan cleanser. Setelah itu baru kita dapat menggunakan produk exfoliator di seluruh wajah kita. Tahapan exfoliating ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di bagian permukaan kulit. Hal ini lah yang akan membuat skincare yang kita pakai selanjutnya menjadi lebih efektif dan bekerja dengan baik di dalam kulit kita. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan moisturizer untuk melembapkan kulit kita. Lakukan exfoliating hanya beberapa kali dalam seminggu dan jangan di gunakan setiap hari karena akan menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Retinoids: Malam Kedua

Pada malam kedua kita akan fokus untuk memakai vitamin A atau retinoid. Penelitian Harvard memaparkan bahwa vitamin A dapat membantu kita dalam mengurangi munculnya kerutan serta garis-garis halus pada wajah. Terutama bagi kita yang memiliki kulit sensitif dan sangat di anjurkan untuk memakai moisturizer sebelum menggunakan retinoid. Kemudian ingatlah untuk membersihkan wajah lalu mengeringkannya dengan baik. Apabila masih terasa kering setelah mengaplikasikan retinoid, pakailah kembali moisturizer lalu gunakan kembali retinoid.

3. Malam Ketiga Dan Malam Keempat

Pada Malam Ketiga Dan Malam Keempat merupakan masa pemulihan bagi kulit wajah kita. Oleh karena itu jangan lagi menggunakan produk exfoliator dan retinoid pada hari ketiga dan keempat. Pada malam ini kita harus fokus pada nutrisi yang terdapat di dalam kulit kita. Hal ini dapat kita lakukan dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water, toner maupun facial wash. Kemudian pakailah produk skincare yang dapat menghidrasi dan memberikan nutrisi pada kulit seperti serum, toner ataupun moisturizer.

Itu dia beberapa penjelasan dari Menerapkan Skin Cycling yang dapat kita lakukan agar wajah kita tampak sehat dan glowing. Semoga artikel ini akan membantu kita dalam Menerapkan Skin Cycling.