Memencet Jerawat Bisa Timbulkan Efek Samping Jangan Biasakan

Memencet Jerawat
Memencet Jerawat
Memencet Jerawat Bisa Timbulkan Efek Samping Jangan Biasakan

Memencet Jerawat Akan Menimbulkan Efek Samping, Jangan Anda Biasakan Terlebih Lagi Hal Ini Sudah Mengganggu Sebuah Penampilan. Apalagi memiliki ukuran yang bisa di bilang cukup besar, menonjol, dan sudah meradang. Itulah alasannya mengapa tidak sedikit orang yang memencet hal tersebut dengan harapan agar bisa mengempis. Maka dari itu anda jangan asal-asalan untuk memencetnya karena hal tersebut akan membuat muka anda menjadi lebih banyak menimbulkan jerawat.

Kemunculannya jerawat di area kulit, terutama pada area T-zone (dahi, hidung, hingga dagu), hal ini memang sangat mengganggu. Namun, jika anda senang Memencet Jerawat, sebaiknya anda harus hentikan perbuatan tersebut. Mengeluarkan isi jerawat dengan cara menekannya justru hal ini akan memperparah jerawat yang ada di area muka.

Selain adanya rasa sakit, jerawat di area tersebut sudah pasti akan bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang karena jerawatnya sangat mudah untuk terlihat. Hingga akhirnya, kebanyakan seseorang beranggapan bahwa memencet hal tersebut dengan sendirinya pada daerah segitiga tersebut bisa membantu untuk menghilangkan sebuah jerawat. Namun, memecahkan sebuah jerawat tanpa ada bantuan seorang dokter pastinya akan memperburuk kondisi kulit. Hal yang di alami yaitu infeksi jerawat, jerawat akan terlihat lebih jelas, bekasnya permanen, dan juga nyeri pada bagian yang terdapat jerawat.

Ketika jerawat pada area T-zone tersebut pecah, maka bakteri penyebab jerawat akan sangat mudah untuk masuk dan juga menginfeksi pada bagian kulit anda. Hal tersebut akan mengakibatkan infeksi pada area dahi, pangkal hidung, hingga terdapat pada kedua sudut mulut. Area tersebut terhubung langsung pada pembuluh darah di bagian tengkorang kepala. Risiko yang sangat berbahaya adalah jika infeksinya bisa menyebar ke bagian pembuluh darah yang terhubung langsung ke otak. Oleh sebab itu anda harus bisa menahan diri untuk tidak Memencet Jerawat agar bisa menghindari masalah yang lebih serius.

Memencet Sebuah Jerawat Atau Komedo Harus Tetap Menggunakan Peralatan Yang Sangat Steril

Memencet sebuah jerawat bisa di bilang boleh saja, tetapi di lakukan dengan kondisi yang masih belum meradang. Misalnya, hal tersebut masih berbentuk sebuah komedo atau cikal akan mau jerawat. “Kalau bentuknya masih komedo, maka boleh saja untuk di pencet, karena komedo merupakan sebuah cikal mau tumbuh jerawat yang masih belum meradang,” ujar seorang Dokter Dermatologi dan juga dokter Venereologi, Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.DVE, FNSDV, FAADV.

Dokter fitriah sudah menjelaskan, bahwa komedo merupakan sebuah jerawat yang kondisinya belum meradang. Sehingga hal ini di bolehkan untuk memencetnya supaya tidak akan terjadinya sebuah penumpukan bakteri pada bagian dalam kulit. Kini, ia menyarankan supaya seseorang yang Memencet Sebuah Komedo Atau Jerawat Harus Tetap Menggunakan Peralatan Yang Sangat Steril. Misalnya anda menggunakan alat ekstraktor komedo atau melakukan sebuah eksfoliasi.

“Jika jerawat kita pencet memakai jari sendiri dan tangan kita tidak dalam keadaan steril, maka hal tersebut akan memperparah kondisi sebuah komedonya,” ujar Fitria. Maka dari itu anda jangan sembarangan untuk memecahkan jerawat, terlebih lagi memakai tangan sendiri. Sudah pastinya hal itu akan membuat parah sebuah komedo yang kita pecahkan memakai tangan sendiri, yang di mana tangan kita memiliki banyak bakteri atau kotor.

Terjadinya jerawat karena adanya penyumbatan pori-pori yang di akibatkan minyak berlebihan. Sehingga kelenjar (sebaceous) akan bisa menyebabkan sebuah bengkak atau berbentuk benjolan. Jika terjadinya pembengkakan terlalu besar, sudah pastinya jerawat akan pecah dan juga bisa mengeluarkan sebuah nanah dengan sendirinya. Jadi kami sarankan kepada anda untuk tidak melakukan hal tersebut supaya tidak akan memperparah jerawat anda yang timbul di bagian area muka. Penting untuk di ingat bahwa harus berkonsultasi kepada dokter apabila jerawat anda semakin parah dan sulit untuk di tanggulangi dengan sendirinya, terlebih lagi anda sudah memakai salep atau obat jerawat.

Jika Jerawat Sudah Meradang Atau Sudah Memiliki “Mata” Maka Jerawat Tidak Di Perbolehkan Untuk Sembarangan Memencetnya

Lain halnya ketika sudah mengalami terjadinya sebuah peradangan pada jerawat, dokter fitria sudah menjelaskan, Jika Jerawat Sudah Meradang Atau Sudah Memiliki “Mata” Maka Jerawat Tidak Di Perbolehkan Untuk Sembarangan Memencetnya, terutama melakukan hal tersebut menggunakan sebuah jari yang tidak steril. Ketika anda memencet jerawat, jari anda harus steril supaya tidak terjadinya peradangan tersebut.

“Biasanya seseorang yang memiliki jerawat pada bagian muka, sudah pasti tangannya ‘gatal’ supaya untuk memencet jerawat, ketika sudah ada ‘mata’-nya, yang sudah jadi jerawat pustule. Maka dari itu hal ini tidak di perbolehkan sembarangan, terkecuali kalau yang mencetnya sudah ahli dermatologi, dengan memakai alat-alat yang sudah pasti steril,” ujarnya. Terdapat pada kesempatan ini, Dokter Dermatologi dan juga Venerologi, dr. Elin Herlina, Sp.Dv, juga memiliki pendapatan yang sama.

Pemencetan pada jerawat, menurut dokter Elin, justru hal ini membuat kondisi sebuah jerawat semakin tambah parah, bahkan bisa saja merusak kulit muka. “Justru hal tersebut akan mengakibatkan bopeng dan juga infeksi pada jerawat yang semakin luas. Kalau sudah seperti itu, nantinya kondisi kulit akan jadi memerah, meradang, dan yang paling parahnya akan nyeri,” ujar seorang dokter Elin. Kini Elin menyarankan kepada seseorang yang sudah mengalami jerawat meradang supaya melakukan penanganan yang lebih tepat.

Tutup bagian yang terkena jerawat menggunakan obat acne patch supaya untuk mencegahnya terkena hadir, dan gunakan sampai benar-benar sudah mereda. “Jika tidak (kunjung mereda), pada jerawat yang anda alami, maka anda harus segera berkonsultasi kepada dokter. Supaya bisa mendapatkan obat yang lebih bagus dan tepat,” ujarnya. Untuk anda yang mengalami jerawat, jangan pernah sesekali anda memecahkannya menggunakan jari yang tidak steril. Karena hal ini akan membuat jerawat anda semakin parah. Kalau sudah parah pastinya anda tidak akan pede ingin keluar rumah karena memiliki jerawat yang banyak.

Cara Yang Aman Untuk Memencet Jerawat

Cara yang sangat aman untuk memencet sebuah jerawat adalah yang melakukan sebuah pengobatan pada jerawat terlebih dahulu. Sudah banyak obat untuk jerawat yang terjual di berbagai apotik atau toko obat, seperti obat retinoid, benzoil peroksida. Dan juga asam salisilat yang telah terbukti sangat efektif untuk membuka sebuah pori-pori pada kulit. Namun, jika jerawat perlu anda pecahkan, berikut Cara Yang Aman Untuk Memencet Jerawat:

Komedo

Setelah anda sudah menggunakan salep untuk menghilangkan jerawat, kini menghilangkan sebuah komedo di sebut sangat mudah di bandingkan jerawat yang lainnya. Anda bisa menekannya dengan lembut pada tepi luar komedo dengan menggunakan ujung jari atau kapas. Secara teori, hal ini akan sangat mudah untuk keluar karena komedo adalah sebuah pori-pori yang bisa di bilang terbuka.

Whiteheads (komedo putih)

Sementara itu, teruntuk whiteheads (komedo putih) kemungkinan anda bisa melakukan metode yang lain. Dengan cara menggunakan sebuah alat seperti jarum yang sudah di sterilkan. Karena, komedo putih adalah jerawat yang tertutup. Sehingga anda perlu melakukan penusukan pada komedo supaya isinya bisa keluar dari benjolan putih tersebut.

Jerawat Pustula

Jerawat tersebut adalah jerawat yang mempunyai nanah dan terletak pada bagian lapisan kulit yang bisa di bilang cukup dalam. Maka dari itu, anda harus perlu menggunakan sebuah teknik yang berbeda saat anda memencet jerawat tersebut. Cara melakukannya yaitu kompres jerawat anda menggunakan air hangat supaya nanah naik ke permukaan. Lalu tusuk jerawat dengan menggunakan alat khusu supaya nanah bisa keluar, bila nanah tidak ada yang keluar anda tunggu saja sebentar. Dan juga hindari menekan sebuah jerawat yang terlalu sering.

Penting untuk di ingat jika anda mengalami jerawat pada kulit, anda bisa saja menerapkan cara-cara yang sudah kami jelaskan untuk anda. Supaya anda tidak akan asal-asalan untuk Memencet Jerawat.