Manfaat Retinol Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh

Manfaat Retinol Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh Kita
Manfaat Retinol Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh Kita
Manfaat Retinol Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh Kita

Manfaat Retinol Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh Kita Dan Bagaimana Cara Penggunaan Retinol Yang Baik Dan Benar. Para beauty enthusiast pasti tidak asing lagi dengan Retinol kan? Tentu saja, karena produk skincare sekarang sudah sangat banyak yang mengeluarkan produk Retinol ini. Retinol merupakan salah satu vitamin A yang memiliki banyak manfaat dalam merawat kulit. Retinol ini di gunakan untuk mengobati jerawat di wajah dan ia mengandung anti penuaan di dalamnya. Kamu bisa membeli retinol dengan sangat mudah di pasaran, karena zaman sekarang sudah banyak produk skincare yang menjual Retinol dengan dosis rendah dan tidak memilki efek samping pada kulit kita. Jika kamu merasa ragu apakah cocok atau tidaknya menggunakan retinol, kamu bisa menemui ahli kesehatan kulit dan mendiskusikan apa retinol yang cocok dengan masalah kulit kamu atau rutinitas perawatan kulit kamu.

Ahli kesehatan kecantikan mungkin akan meresepkan produk yang mengandung konsentrasi retinoid lebih tinggi daripada yang bisa kamu dapatkan tanpa resep di pasaran. Hal ini karena ahli kesehatan kecantikan sudah memeriksa terlebih dahulu permasalahan atau kebutuhan kulit kamu yang membutuhkan retinoid. Retinol adalah pengobatan topikal yang berarti kamu mengaplikasikannya di atas kulit kamu dan Manfaat Retinol itu sangat banyak loh ladies. Produk Retinol telah tersedia dalam berbagai bentuk produk, termasuk: Krim Gel, Lotion, Salep, dan Serum. Retinol juga terkadang di gunakan sebagai kandungan dari produk kosmetik. Berikat kita akan mengetahui apa saja Manfaat Retinol untuk kulit wajah dan tubuh kita ladies.

Manfaat Retinol

Manfaat Retinol sangat banyak untuk kulit wajah dan tubuh kita, maka tak heran jika banyak sekali ahli kecantikan merekomendasikan Retinol sebagai perawatan wajah kita, di antaranya sebagai berikut:

  • Retinol Untuk Jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang umum terjadi kepada banyak orang. Saat pori-pori kamu tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak berlebih, ini bisa mengembangkan komedo hitam, komedo putih, milia, jerawat batu, bruntusan atau jenis jerawat lainnya. Retinol bisa meredakan jerawat dengan mencegah pori-pori agar tidak tersumbat. Dalam pemakaian Retinol pertama kali ke kulit wajah yang berjerawat, kamu akan merasa kalau jerawatmu menjadi merajalela. Hal ini terjadi karena Retinol melakukan pembersihan kulit kamu dengan mengeluarkan semua toxsin di wajah. Nah setelah itu, tunggulah hingga beberapa minggu maka kulit wajah kamu akan bersih berseri tanpa jerawat.

  • Retinol Untuk Bekas Jerawat

Bekas jerawat muncul akibat dari peradangan di kulit wajah. Bintik-bintik merah muda, merah atau gelap pada kulit bisa muncul saat jerawat kamu sembuh, dan dapat terjadi selama beberapa minggu. Selain itu, memencet jerawat akan memunculkan lebih banyak luka di kulit dan ini meninggalkan bekas luka yang permanen. Perawatan menggunakan retinol bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang timbul akibat jerawat dan bisa mencegah jerawat agar tidak timbu lagi. Namun pengobatan retinol tidak selalu berhasil pada bekas jerawat parah yang cekung atau timbul seperti bopeng.

  • Retinol Untuk Pori-pori Besar

Pori-pori merupakan lubang di permukaan kulit yang tempat produksinya rambut dan minyak. Ketika pori-pori kita tersumbat oleh sel kulit mati atau minyak yang berlebih, pori-pori kita akan menjadi lebih besar dan terlihat seperti lubang-lubang pada wajah. Retinol bisa merawat pori-pori yang besar dengan melakukan pergantian sel kulit dan mencegah perkembangan pori-pori yang tersumbat akibat minyak dan polusi.

Untuk Mengatasi Permasalahan kulit Lainnya

Retinol bisa di gunakan Untuk Mengatasi Permasalahan kulit Lainnya yang sering terjadi pada banyak orang, yaitu sebagai berikut:

  • Retinol Untuk Flek Hitam

Bintik hitam atau hiperpigmentasi bisa berkembang akibat kerusakan kulit yang terkena sinar matahari. Hal ini biasanya di dapat di wajah, tangan, leher atau lengan, yang memiliki bintik-bintik berwarna coklat muda hingga coklat tua. Bintik atau flek hitam ini sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit. Namun jika kamu merasa terganggu dengan flek hitam tersebut ada prosedur dan perawatan yang dapat membantu. Beberapa ahli kecantikan mengatakan bahwa retinol bisa mengatasi bintik-bintik kulit mereka, walaupun hal ini membutuhkan waktu berbulan-bulan dan memiliki efek samping iritasi pada kulit kita. Lebih baik kamu menemui dokter kulit yang mengkhususkan diri pada kondisi kulit jika kamu khawatir mengenai bintik atau flek hitam tersebut.

  • Retinol Untuk Lesi Sarkoma Kaposi

Sarkoma Kaposi adalah kanker langka yang dapat menyerang siapa saja yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Orang yang mengalami Sarkoma Kaposi biasanya memiliki bercak berwarna gelap yang terlihat datar atau bergelombang. Alitretinoin merupakan jenis retinoid yang bisa memperlambat pertumbuhan dari sel kanker sarkoma Kaposi tersebut. Meskipun tidak sepenuhnya bisa menyembuhkan kanker, tetapi penggunaan gel alitretinoin pada lesi sarkoma Kaposi dapat memperlambat perkembangannya.

  • Retinol Untuk Melasma

Melasma merupakan kelainan pada kulit umum yang menimbulkan bintik hitam atau bercak di area kulit yang terpapar sinar matahari. Paparan cahaya, panas, dan kadar hormon tertentu meningkatkan jumlah melanin yang kamu produksi, ini menyebabkan bercak datar atau seperti bintik berwarna coklat muda, coklat tua, atau biru abu-abu. Melasma paling sering muncul selama masa kehamilan. Jika kamu sedang hamil, sebaiknya kamu menemui ahli kesehatan kulit untuk merekomendasikan perawatan yang cocok. Namun, jika kamu tidak sedang hamil, retinoid biasa dapat membantu memudarkan bintik melasma tersebut.

Untuk Mengatasi Permasalahan Tubuh

Retinol bisa di gunakan Untuk Mengatasi Permasalahan Tubuh yang sering terjadi pada banyak orang, yaitu sebagai berikut:

  • Stretch Mark

Stretch mark merupakan bekas luka yang muncul akibat dari kulit meregang karena kehamilan, penurunan berat badan yang ekstrem, penambahan berat badan, atau pertumbuhan otot yang cepat. Tanda-tanda ini awalnya berwarna merah muda, merah atau ungu, dan kemudian secara bertahap memudar hingga tampak perak atau putih. Retinol bisa membantu menyamarkan stretch mark agar tidak terlalu terlihat, tetapi jika kamu sedang hamil, lebih baik konsultasikan dengan dokter kulit.

  • Retinol Untuk Psoriasis

Psoriasis adalah kelainan kulit peradangan yang menyebabkan sel-sel kulit baru tumbuh terlalu cepat. Sel-sel baru menumpuk, menciptakan ruam tebal dan bersisik berwarna merah muda atau merah. Retinol bisa membantu memperlambat pertumbuhan sel kulit berlebih dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengatasi ruam. Namun karena retinol juga dapat mengiritasi kulit, lebih baik untuk kamu tanyakan ke ahli kesehatan kulit terlebih dahulu.

  • Retinol Untuk Kerutan

Banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya kerutan pada kulit kita. Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit akan membelah menjadi lebih lambat. Lapisan tengah atau dermis kulit mulai menipis, menjadi lebih sulit mempertahankan kelembapan, dan kulit kita menjadi kekurangan elastin dan kolagen. Tretinoin dan tazarotene adalah jenis retinoid yang dapat memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan dengan memperlambat pemecahan kolagen. Retinoid ini juga membuat kulit kita menjadi lebih elastis. Biasanya di butuhkan waktu beberapa bulan penggunaan untuk melihat perubahannya sebagai Manfaat Retinol.