Manfaat Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Manfaat Menggunakan Sunscreen Setiap Hari
Manfaat Menggunakan Sunscreen Setiap Hari
Manfaat Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Manfaat Menggunakan Sunscreen Setiap Hari Yang Harus Kamu Ketahui Agar Kamu Tidak Lalai Dalam Menggunakannya. Sunscreen sudah tidak asing lagi di kalangan beauty enthusiast bukan? Semua ahli kesehatan kulit selalu merekomendasikan penggunaan sunscreen setiap hari. Walaupun kamu tidak berpergian, alangkah baiknya kamu tetap menggunakan sunscreen setiap pagi. Kenapa? karena di dalam rumah sekalipun, sinar matahari masih bisa masuk lewat ventilasi-ventilasi di rumah kamu. Manfaat Menggunakan Sunscreen sangat banyak dan baik bagi kesehatan kulit kamu.

Bukan hanya untuk kulit wajah saja, sunscreen juga di gunakan pada tubuh kita agar terhindar dari sinar UV. Sunscreen masuk kedalam golongan skincare dan di gunakan sebelum kamu menggunakan makeup. Biasanya penggunaan sunscreen berada di urutan terakhir pemakaian skincare di pagi hari. Setelah mencuci wajah menggunakan sabun, biasanya orang-orang akan menggunakan cream, serum dan toner tergantung skincare routine mereka. Kemudian setelah menggunakan skincare tersebut, barulah sunscreen di gunakan sebagai pelindung wajah kamu dari sinar UV yang bisa menyebabkan flek hitam dan garis halus di wajah. Tunggulah beberapa menit hingga sunscreen benar-benar meresap ke wajah kamu, nah barulah kamu bisa mulai mengaplikasikan mekaup di wajah kamu.

Ahli kecantikan kulit merekomendasikan untuk melakukan retouch suncreen 4 jam sekali, hal ini di lakukan agar Manfaat Menggunakan Sunscreen menjadi lebih efektif. Jika kamu merasa repot jika harus memakai ulang sunscreen, di jaman sekarang sunscreen sudah tersedia dengan berbagai macam bentuk, mulai dari cream, bedak padat, bedak tabur dan bahkan sunscreen dalam bentuk setting spray. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan para beauty enthusiast dalam menggunakan sunscreen, karena Manfaat Menggunakan Sunscreen itu sangat banyak dan kamu tidak boleh kelupaan untuk menggunakan sunscreen.

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Sinar matahari memang bagus untuk tubuh, apalagi tubuh kita membutuhkan vitamin D dari sinar matahari. Namun, jika terlalu lama di bawah sinar matahari bisa menyebabkan kulit kita terkena sinar ultraviolet yang dapat merusak jaringan kulit kita. Sinar UVA & UVB merupakan jenis sinar matahari yang berbahaya jika terkena kulit terlalu lama. Keduanya dapat merusak DNA kulit dan menyebabkan timbulnya penyakit kanker kulit. Maka dari itu ahli kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan sunscreen setiap hari karena manfaatnya yang tidak main-main. Berikut Manfaat Menggunakan Sunscreen setiap hari, yaitu:

  • Mencegah sengatan matahari. Sunscreen menghalangi sinar UVB masuk ke dalam kulit yang bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar. Yang paling penting dalam menggunakan sunscreen setiap hari ialah karena sinar UVB bisa menembus awan, hingga kulit tetap bisa terpapar sinar matahari walaupun hari mendung. Bahkan di dalam rumah sekalipun sinar matahari masih bisa masuk melalui ventilasi-ventilasi udara.
  • Menurunkan risiko kanker kulit. Jika kita terlalu sering terpapar sinar UVA & UVB, hal tersebut dapat menyebabkan rusaknya DNA di dalam sel kulit kita. Jika kerusakan ini sudah permanen, maka akan ada sel-sel tak terkendali yang tumbuh di dalam tubuh kamu dan bisa menimbulkan kanker kulit. Penggunaan sunscreen mencegah masuknya sinar UVA & UVB yang dapat merusak kulit kita.
  • Melindungi dari penuaan kulit dini. Sinar UV juga menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini, seperti bintik hitam di wajah, kerutan dan garis halus. Hal ini terjadi akibat sinar UV yang masuk kedalam kulit dan merusak elastin dan kolagen yang berperan untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan kencang. Maka dari itu penggunaan sunscreen bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini tersebut.

Penggunaan Sunscreen Setiap Hari

Sinar UVA & UVB merupakan jenis sinar matahari yang berbahaya jika terkena kulit terlalu lama. Keduanya dapat merusak DNA kulit dan menyebabkan timbulnya penyakit kanker kulit. Maka dari itu ahli kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan sunscreen setiap hari karena manfaatnya yang tidak main-main. Berikut manfaat dari Penggunaan Sunscreen Setiap Hari, yaitu:

  • Membatasi munculnya noda pada kulit. Jika terlalu sering terpapar sinar UV, hal ini bisa menyebabkan pembuluh darah kecil pada wajah kita menonjol dan membesar. Kemudian timbullah bercak ungu dan merah seperti freckless yang tidak bisa hilang. Menggunakan sunscreen membantu pencegahan pembuluh darah menjadi membesar.
  • Mengurangi risiko hiperpigmentasi dan melasma. Terpapar sinar UV terlalu sering juga dapat menjadi penyebab timbulnya bercak pada kulit seperti hiperpigmentasi dan melasma. Bercak ini sangat mengganggu dan sangat sulit untuk di obati. Maka dari itu penggunaan sunscreen setiap hari bukan hanya mencegah kulit menjadi gelap tetapi juga mencegah berbagai macam penyakit.
  • Menjaga kondisi kulit tertentu agar tidak melebar. Banyak orang yang menderita penyakit kulit seperti rosacea dan lupus kulit menjadi buruk ketika terpapar sinar UV. Dan jika kamu mengkonsumsi obat tertentu seperti hidrokloratiazid dan doksisiklin, maka kulit kamu akan lebih sensitif jika terpapar sinar matahari. Maka dari itu penggunaan sunscreen bisa membantu mencegah reaksi akibat obat-obat tersebut.
  • Mencegah kulit menjadi gelap. Sunscreen dapat membantu mencegah kulit kita menjadi gelap akibat paparan sinar matahari. Walaupun kulit kamu memang gelap sekalipun, kamu tetap di haruskan menggunakan sunscreen untuk menjaga kesehatan kulitmu. 

Cara Terbaik Menggunakan Sunscreen

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus menggunakan sunscreen dengan cara yang baik dan benar. Sunscreen menyerap radikal-radikal bebas yang tidak baik untuk kulit dan dapat merusaknya. Makanya ahli kesehatan kulit merekomendasikan cara terbaik dalam menggunakan sunscreen. Hal ini bertujuan agar penggunaan sunscreen kamu tidak sia-sia. Hingga saat ini masih banyak orang yang salah dalam menggunakan sunscreen. Banyak yang menjadikan sunscreen sebagai skincare routine di pagi dan malam hari, padahal sunscreen cukup di gunakan pada pagi hari saja. Maka dari itu kamu harus mengetahui Cara Terbaik Menggunakan Sunscreen, yaitu:

  • Gunakan sunscreen yang melindungi kulit kamu dari sinar UVA dan UVB atau spektrum luas.
  • Gunakan pada kulit 30 menit sebelum pergi keluar atau sebelum menggunakan makeup dan setelah penggunaan skincare. Ini memberi waktu pada kuli untuk bisa menyerap sunscreen dan mendapatkan perlindungan yang optimal.
  • Gunakan sunscreen secukupnya, tidak lebih dan tidak kurang. Biasanya sunscreen di gunakan sebanyak dua ruas jari orang dewasa untuk menutupi satu wajah.
  • Gunakan sunscreen pada kulit yang berpotensi terkena sinar matahari dan terbuka seperti wajah, leher, tengkuk dan juga bagian tubuh lainnya.
  • Gunakan sunscreen 4 jam sekali. Jadi, setelah 4 jam menggunakan sunscreen, kamu di haruskan untuk meretouch sunscreen kamu. Hal ini di sebabkan karena sunscreen mengandung minyak yang bisa luntur di wajah. Jika sunscreen sudah luntur, maka kemungkinan sinar matahari dapat menembus kulit kamu.
  • Gunakan sunscreen ketika kamu sedang berenang dan berkeringat, walaupun kamu menggunakan sunscreen yang anti air, kamu tetap harus menggunakan ulang sunscreen tersebut agar mendapat hasil yang optimal. Nah itulah Manfaat Menggunakan Sunscreen.