Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh, Ginseng Merupakan Salah Satu Suplemen Herbal Paling Populer Di Dunia. Ginseng adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat. Berbagai jenis akar ginseng telah di gunakan sebagai pengobatan di Asia dan Amerika Utara selama berabad-abad. Ginseng adalah salah satu obat herbal paling populer di dunia. Ginseng adalah suplemen populer yang menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Kamu bisa membeli ginseng dalam bentuk pil, bubuk, atau ramuan kering. Ini sering di tambahkan ke produk yang kita gunakan sehari-hari, seperti teh, minuman berenergi, dan permen karena Manfaat Ginseng yang baik untuk tubuh.

Meskipun ginseng umumnya di anggap aman, kamu harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba suplemen baru dengan dosis yang tinggi. Apakah Ginseng sama dengan ashwagandha? Ginseng tidak sama dengan ashwagandha. Ashwagandha adalah semak cemara yang tumbuh di India, Timur Tengah, dan Afrika. Umumnya ginseng di anggap merangsang, sedangkan ashwagandha di anggap menenangkan. Selanjutnya, apakah Ginseng mengandung kafein? Ginseng tidak mengandung kafein. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat meningkatkan efek kafein. Ini sering di tambahkan ke minuman energi dan teh yang mengandung banyak kafein.

Kemudian, apakah ginseng benar-benar baik untuk kesehatan? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan fokus dan kekebalan yang lebih baik. Namun banyak dari klaim ini belum di teliti secara mendalam. Selanjutnya, apakah aman mengonsumsi suplemen ginseng setiap hari? Mengonsumsi ginseng setiap hari mungkin aman, namun beberapa sumber menyarankan istirahat 2 minggu dari ginseng setiap 2-3 minggu. Kemudian, berapa lama efek ginseng terasa? Itu tergantung pada alasan kamu menggunakannya. Beberapa orang secara anekdot mengatakan bahwa mereka merasakan efeknya hanya dalam 24 jam. Maka dari itu sebelum mencoba Ginseng kamu harus mengetahui apa saja Manfaat Ginseng untuk tubuh.

Manfaat Ginseng

Ada dua jenis utama Ginseng, yaitu Ginseng Asia atau Korea (Panax ginseng) dan Ginseng Amerika (Panax quinquefolius). Studi menunjukkan bahwa jenis yang berbeda memiliki manfaat yang berbeda pula. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, ginseng Amerika di anggap kurang merangsang di bandingkan varietas Asia. Ginseng secara tradisional telah di gunakan untuk sejumlah kondisi medis. Namun manfaatnya bagi sebagian besar dari mereka belum di teliti secara serius. Meskipun beberapa kegunaannya menjanjikan, buktinya belum meyakinkan. Berikut Manfaat Ginseng yang harus kamu ketahui, yaitu:

  • Membangun kekebalan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Ada beberapa bukti bahwa satu jenis ekstrak ginseng dapat menurunkan jumlah dan tingkat keparahan flu pada orang dewasa.
  • Mengatur gula darah.Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa ginseng dapat menurunkan kadar gula darah yang naik.
  • Meningkatkan Fokus. Ada beberapa bukti awal bahwa ginseng mungkin memberikan sedikit peningkatan jangka pendek pada konsentrasi dan pembelajaran. Beberapa penelitian tentang kinerja mental telah menggabungkan ginseng dengan ekstrak daun pohon ginkgo, obat tradisional lain yang di katakan dapat membantu mengatasi demensia. Meskipun penelitian ini menarik, banyak ahli merasa kita memerlukan lebih banyak bukti untuk mengkonfirmasinya.
  • Mengurangi peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu mengendalikan penyakit inflamasi.

Ginseng juga telah di pelajari sebagai cara untuk meningkatkan mood dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengobati:

  • Kanker
  • Penyakit Jantung
  • Kelelahan
  • Disfungsi Ereksi
  • Hepatitis C
  • Tekanan Darah Tinggi
  • Gejala Menopause

Ginseng Sebagai Suplemen

Kamu bisa mendapatkan Ginseng Sebagai Suplemen makanan dalam bentuk teh, herba kering, bubuk, atau kapsul. Ginseng terkadang juga di tambahkan ke produk sehari-hari lainnya, seperti pasta gigi, sabun, makanan bayi, permen, minuman, rokok, dan permen karet. Tapi, tidak ada sumber makanan alami ginseng. Ginseng terkadang di tambahkan ke minuman energi dan makanan. Kamu juga bisa menambahkan ginseng ke: Sup atau semur, yogurt, Havermut, Masakan tumis, Smoothie, Minuman seperti kopi, jus, atau teh. Berikut suplemen ginseng yang baik, yaitu:

  • Akar Ginseng. Akar ginseng berasal dari beberapa jenis tumbuhan dalam keluarga genus Panax. Akar merupakan bagian tanaman yang paling sering di manfaatkan untuk tujuan kesehatan. Akar ginseng tampak kecokelatan dan bengkok. Bentuknya sangat mirip dengan tubuh yang memiliki tali pada lengan dan kakinya. Kamu bisa mengupas dan mengunyah akar ginseng mentah. Pilihan lainnya adalah merendamnya dalam air untuk di minum. Atau kamu bisa merebus akarnya untuk di jadikan teh.
  • Suplemen Ginseng. Ginseng adalah suplemen terlaris yang hadir dalam berbagai bentuk. Penting untuk di ingat bahwa FDA tidak mengatur suplemen herbal, seperti ginseng. Dalam bentuk tablet atau kapsul, Anda bisa mengonsumsi suplemen ginseng melalui mulut dengan air. Pil ini biasanya mengandung akar atau ekstrak yang di haluskan. 
  • Bubuk Ekstra Akar Ginseng. Bubuk ekstrak akar ginseng dapat di larutkan dalam berbagai jenis minuman. Bubuknya mungkin mengandung ginseng dalam jumlah lebih banyak di bandingkan tablet atau kapsul.
  • Teh Ginseng. Teh ginseng terbuat dari akar ginseng. kamu bisa membeli teh yang sudah jadi atau membuatnya sendiri dari akar atau bubuk ginseng.
  • Ramuan Ginseng. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ramuan ginseng kering mungkin menawarkan lebih banyak manfaat kesehatan di bandingkan ginseng mentah. Meskipun kamu bisa mengeringkan ginseng sendiri, prosesnya bisa jadi rumit. Ginseng kering olahan di jual di banyak toko eceran dan online.

Efek Samping Ginseng

Efek Samping Ginseng umumnya ringan dan tidak berbahaya, dan banyak peneliti yang melaporkan efek samping dari ginseng ialah:

  • Gugup
  • Insomnia
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Sakit perut
  • Reaksi kulit
  • Reaksi alergi
  • Perubahan siklus menstruasi

Untuk menghindari efek samping dari ginseng, beberapa ahli menyarankan agar kamu tidak menggunakannya lebih dari 3 bulan atau terkadang hanya beberapa minggu dalam satu waktu. Mengingat kurangnya bukti tentang keamanannya, ginseng tidak di anjurkan untuk anak-anak atau untuk ibu hamil dan menyusui. Kemudian, Ginseng dapat berinteraksi dengan obat lain yang kamu konsumsi. Namun, kamu harus selalu memberi tahu dokter tentang suplemen herbal apa pun yang kamu konsumsi, termasuk ginseng.

Lalu berapa banyak dosis ginseng yang boleh di konsumsi? Dosis standar ginseng belum di tetapkan untuk kondisi apa pun. Kualitas dan bahan aktif dalam suplemen mungkin sangat bervariasi dari satu produsen ke produsen lainnya. Hal ini membuat sulit untuk menetapkan dosis standar. Sebagian besar penelitian menyarankan dosis harian 200 miligram ekstrak Panax ginseng atau 0,5-2 gram akar kering. Bila di berikan dalam bentuk kapsul, dosis ginseng biasanya berkisar antara 100-600 miligram sehari. Kemudian, kamu harus membeli ginseng dari toko yang dapat di percaya. Karena akarnya mahal, ada risiko produsen yang tidak bereputasi baik akan menjual ginseng dengan bahan lain yang di tambahkan atau di masukkan lebih sedikit dari yang di iklankan di botol. Nah teman-teman, itulah Manfaat Ginseng.