Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nangka Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh Kita Karena Terdapat Berbagai Jenis Vitamin Di Dalamnya. Seperti yang kita ketahui bahwa buah nangka yang di sebut juga dengan jackfruit berasal dari pohon nangka dengan nama Artocarpus heterophyllus. Buah nangka memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini di karenakan adanya senyawa dan nutrisi penting serta berbagai vitamin di dalamnya. Di dalam buah nangka terdapat banyak serat, vitamin c, vitamin A, potasium, antioksidan, serta mangan. Terdapat juga kandungan karbohidrat, protein, riboflavin, serat serta mineral di dalam buah nangka. Kemudian buah nangka sangat unik karena kulitnya yang berlekuk-lekuk serta kasar. Warna dari buah ini yakni kuning ataupun hijau tergantung pada tingkat kematangan buah. Walaupun memiliki banyak khasiat, di sarankan untuk tidak memakan buah nangka secara berlebihan karena terdapat kandungan gas yang tinggi di dalam buah nangka.

Selain itu nangka juga memiliki rasa yang gurih dan nikmat.. Oleh karena itu nangka sering di campurkan ke dalam kue maupun minuman agar semakin menambah kelezatan. Apalagi buah nangka sangat mudah di temukan di Indonesia. Kemudian pohon nangka juga memiliki berbagai bagian yang dapat di manfaatkan menjadi makanan. Contohnya yaitu daging buah nangka muda yang dapat di jadikan sebagai masakan sayuran. Tekstur dari buah nangka juga bisa sangat lembut dan sangat manis saat di makan. Pada umumnya buah nangka memiliki warna kuning terang dan sangat harum apabila sudah matang.

Buah nangka memang sangat nikmat jika di padukan dengan kue ataupun minuman. Contohnya seperti kolak nangka, kue nagasari, keripik nangka, dodol nangka, dan masih banyak lagi olahan nangka lainnya. Di Sumatra juga terdapat olahan masakan nangka yang khas yaitu gulai nangka. Olahan nangka ini sangat di minati oleh masyarakat karena rasanya yang nikmat serta bergizi.

Berikut beberapa Manfaat Buah Nangka bagi kesehatan tubuh kita.

1. Buah Nangka Dapat Mengoptimalkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Buah Nangka Dapat Mengoptimalkan Fungsi Kekebalan Tubuh karena terdapat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Baik vitamin C maupun antioksidan dapat membantu kita memperkuat daya tahan tubuh. Terdapat sejumlah penelitian yang telah memaparkan bahwa buah nangka mengandung banyak nutrisi yang sangat baik serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun, buah, serta kulit kayu nangka juga ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Di antaranya yaitu antimikroba, anti inflamasi, anti jamur, efek hipoglikemik, serta bermanfaat untuk menyembuhkan luka.

Oleh karena itu dengan mengonsumsi buah nangka dapat membantu kita menurunkan risiko terkena penyakit serta terhindari dari kemungkinan terserang infeksi berbahaya. Kemudian vitamin A, vitamin C serta antioksidan yang terdapat di dalam buah nangka sangat bermanfaat untuk memperkuat imun tubuh kita.

2. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam buah nangka mengandung antioksidan seperti lignin, fitonutrien, isoflavon serta saponin yang dapat membantu mencegah kanker. Hal ini di karenakan senyawa antioksidan tersebut berperan penting dalam mencegah radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas merupakan zat yang mampu menghambat sel-sel sehat sehingga dapat memicu terjadinya kanker. Oleh karena itu buah nangka mampu untuk Menangkal Radikal Bebas.

3. Menyehatkan Pencernaan

Menyehatkan Pencernaan ternyata merupakan salah satu manfaat dari buah nangka bagi kesehatan tubuh. Terdapat studi penelitian yang mengemukakan bahwa buah nangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat di ketahui dapat membantu kerja usus sehingga buang air besar pun akan lancar. Selain itu, getah nangka juga di ketahui mampu membersihkan saluran usus. Hal ini di sebabkan oleh getah buah nangka yang juga mengandung serat yang berperan dalam mengeluarkan racun pada organ sistem pencernaan.

4. Mencegah Kerusakan Sel DNA

Manfaat buah nangka yang selanjutnya adalah dapat Mencegah Kerusakan Sel DNA di dalam tubuh. Hal ini di sebabkan oleh adanya antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kerusakan sel pada tubuh biasanya di akibatkan oleh radikal bebas yang menimbulkan sel DNA mengalami perubahan. Perubahan yang di alami sel DNA tersebut dapat memicu penyakit yang berbahaya seperti kanker.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya dari buah kuning keemasan ini yaitu Meningkatkan Kesehatan Jantung. Buah nangka di kenal mampu untuk menurunkan risiko terserang penyakit jantung. Hal ini di karenakan adanya kandungan serat, potasium, serta antioksidan di dalam buah nangka. Tiga kandungan penting tersebut juga dapat mengurangi penumpukan plak yang dapat menahan aliran darah ke jantung serta meningkatkan aliran darah ke jantung.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam nangka ternyata juga dapat membantu menghambat kerja radikal bebas yang dapat mempercepar terjadinya proses penuaan dini. Oleh sebab itu buah nangka sangat di anjurkan untuk di konsumsi terutama untuk kita yang sering beraktivitas di luar ruangan. Kemudian sering terpapar sinar ultraviolet (UV), asap kendaraan hingga polusi juga di anjurkan untuk sering mengonsumsi buah nangka.

Selain itu, buah nangka juga mengandung vitamin C yang di butuhkan untuk memproduksi kolagen di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa kolagen dapat mencegah kerutan, mengencangkan kulit serta membuat kulit tampak lebih cerah. Oleh sebab itulah buah nangka di yakini dapat Menjaga Kesehatan Kulit.

7. Membantu Mengurangi Berat Badan

Nangka di ketahui mengandung banyak serat di dalamnya sehingga sangat bagus untuk pencernaan. Buah nangka memiliki serat yang cukup walaupun tidak sebanyak kandungan serat di dalam kacang hijau. Serat yang terkandung di dalam nangka pun dapat Membantu Mengurangi Berat Badan. Fiber atau serat akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama sehingga menurunkan keinginan kita untuk makan.

8. Mengontrol Diabetes

Untuk mengontrol diabetes atau kadar gula darah di tubuh, kita dapat mengonsumsi biji buah nangka. Hal ini di sebabkan oleh biji dari buah nangka yang ternyata memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Makanan dengan rendahnya indeks glikemik ini di ketahui mampu meredakan meningkatnya kadar gula darah. Kemudian terdapat juga kandungan mineral dan vitamin yang terdapat di dalam buah nangka yang bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan adanya komplikasi pada pengidap diabetes. Maka dari itu buah nangka di nilai sangat bagus untuk Mengontrol Diabetes.

9. Menurunkan Risiko Peradangan

Vitamin C di kenal sebagai kandungan yang dapat mengurangi terjadinya peradangan di dalam tubuh. Oleh karena itu nangka di ketahui dapat Menurunkan Risiko Peradangan di dalam tubuh. Dengan mengurangi peradangan di dalam tubuh juga dapat membuat kita terhindar dari risiko terkena penyakit yang kronis.

10. Menjadi Salah Satu Asupan Energi

Ternyata buah nangka mengandung karbohidrat di dalamnya. Dalam 100 gram buah nangka terdapat 94 kalori di dalamnya. Karbohidrat ini lah yang membuat buah memiliki rasa kesat di daging buahnya sehingga dapat memberikan rasa kenyang serta Menjadi Salah Satu Asupan Energi.

Itu dia beberapa Manfaat Buah Nangka bagi kesehatan tubuh yang harus kita tahu. Oleh karena itu mengonsumsi buah nangka sangat di anjurkan karena manfaat yang terkandung di dalamnya. Semoga kita semakin menyadari akan banyaknya Manfaat Buah Nangka.