Hidroponik Cocok Untuk Kebun Ibu Rumah Tangga

Hidroponik
Hidroponik
Hidroponik Cocok Untuk Kebun Para Ibu Rumah Tangga

Hidroponik Cocok Untuk Kebun Para Ibu Rumah Tangga, Tentunya Menghasilkan Dan Mudah Bisa Di Tanam Di Pekarangan Rumah. Pekarangan rumah yang kosong dapat di manfaatkan menjadi sesuatu yang menghasilkan. Tak jarang halaman kosong ini di jadikan sebagai tempat menanam bunga oleh sebagian ibu rumah tangga.

Memiliki kebun atau taman bunga di rumah merupakan hal yang tentunya sangat menyenangkan untuk para ibu rumah tangga. Tak jarang hampir setiap pagi mereka merawat tanamannya agar tetap tumbuh subur. Adanya tanaman ini dapat menjadi hiburan sekaligus untuk mengisi waktu luang para ibu rumah tangga ini.

Banyak sekali ibu-ibu yang gemar dengan bunga oleh karenanya mereka menanam bunga di pekarang rumahnya. Selain karena hobi tersebut, tanaman bunga dapat menjadi penghias ruangan dan menimbulkan harum yang semerbak. Oleh karena itu beberapa dari mereka menyukai berkebun di pekarangan rumah.

Tanaman Hidroponik dapat menjadi salah satu pilihan untuk para ibu rumah tangga yang suka berkebun. Pekarangan rumah yang kosong dapat di isi dengan tanaman yang dapat menghasilkan dan juga bermanfaat. Selain itu, pastinya tanaman ini memiliki manfaat lantaran menghasilkan sayur yang dapat di olah untuk masakannya.

Mempunyai kebun sayur di rumah pasti menjadi idaman oleh hampir sebagian ibu rumah tangga. Dengan adanya kebun sayur di rumah mereka nggak perlu repot membeli sayur saat akan memasak. Namun pastinya jenis sayur yang di tanam harus beragam juga.

Meskipun terlihat repot untuk menanam sayuran, faktanya cara menanam sayuran dengan cara hidroponik cukup mudah. Nggak perlu khawatir, artikel ini akan menjelaskan secara lengkap cara menanam sayuran di pekarangan rumah yang nggak ribet. Meskipun demikian, di jamin dapat menghasilkan sayur yang banyak. Seain itu, tanaman yang di tanam secara Hidroponik pasti tumbuh jika di rawat dengan benar.

Semakin penasara, berikut merupakan cara menanam sayur hidroponik di pekarangan rumah tanpa ribet.

Cara Menanam Tanaman Sayur Hidroponik

Cara menanam tanaman sayur hidroponik sangat mudah sekali. Tentunya para moms bisa melakukan ini di rumah tanpa bantuan khusus. Mungkin beberapa dari kalian belum mengetahui apa itu tanamna hidroponik. Seperti namanya, tanaman hidroponik adalah tanaman yang di tanam dengan media tanam air tanpa tanah.

Jika Moms masih baru mengenal tanaman hidroponik, nggak perlu khawatir karena artikel ini akan menjelaskan cara menanam tanaman dengan media air yang benar dan di jamin akan menghasilkan sayur yang segar.

Pertama, siapkan alat dan bahan. Pastinya alat dan bahan ini sangat mudah di cari di mana-mana. Bahkan jika Moms nggak mau ribet, kamu bisa membelinya di toko online. Biasanya toko menjual 1 set untuk tanaman hidroponik.

Langkah awal adalah pembenihan. Letakkan rock woll di baki yang berlubang. Basahi rockwoll dengan air lalu masukkan benih ke dalam rock woll. Setiap 5 cm rocwoll kamu bisa mengisi 5 benih di dalamnya. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5 hari hingga tanaman mengeluarkan akar. Jangan lupa untuk menyiram benih setiap hari menggunakan semprotan agar tidak rusak terkena debit air yang banyak.

Setelah benih tanaman tumbuh, pindahkan baki ke atas ember. Jangan sampai baki masuk dan terendam di ember. Pastikan hanya bagian bawah baki saja yang terkena air di dalam ember. Campurkan pupuk atau nutrisi khusus untuk tanaman hidroponik yaitu pupuk AB Mix. Untuk ketentuan dosis biasanya ada di bagian kemasan.

Jika sudah tertanam, biarkan akar tumbuh di dalam ember dan tanaman tumbuh di atas baki. Pastikan air di ember tetap terisi penuh hingga akar menyentuh air. Ganti air sekiranya sudah keruh dan jangan lupa untuk menambahkan pupuk AB Mix.

Lindungi tanaman dari sinar matahari secara langsung. Tunggu 2 hingga 3 minggu maka tanaman siap di panen.

Keuntungan Menanam Tanaman Dengan Media Air

Sangat mudah untuk menanam tanaman hidroponik di pekarangan rumah. Perawatan yang mudah dan pasti membuahkan hasil menjadi keuntungan dari cara tanam ini. Selain itu masih banyak keuntungan menanan tanaman dengan media air.

Keuntungan dari metode tanam ini adalah tidak membutuhkan lahan yang luas. Cukup dengan memanfaatkan pekarangan rumah saja kamu sudah bisa mendapatkan sayur mayur yang sehat untuk di konsumsi.

Perawatannya yang mudah juga membuat metode ini sangat di gemari. Tanpa media tanah dan cukup dengan mengganti air saja tanaman di media ini sudah dapat menghasilkan hasil tanaman yang segar dan melimpah.

Dengan menggunakan metode ini, kamu nggak perlu menggunakna pestisida untuk memberantas hama. Hal ini tentunya berpengaruh dengan hasil tanaman yang lebih sehat karena tidak terpapar bahan kimia. Metode ini juga jarang sekali terserang hama dan penyakit tanaman.

Berbagai kemudahan yang di berikan oleh metode tanam ini. Waktu panen juga lebih cepat di bandingkan degan waktu panen sayur menggunakan metode konvensional. Metode ini membutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu untuk melakukan panen tanaman ini.

Sistem pertanaman hidroponik juga lebih simple lantaran hanya menggunakan air sebagai media tanamnya. Jadi kamu nggak perlu menyiapkan alat dan bahan yang beragam untuk mendapatkan tanaman sayur yang segar.

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cocok Di Tanam Di Pekarangan Rumah

Pastinya kamu tertarik dengan metode tanam satu ini. Selain mudah dan memberikan berbagai keuntungan, tentunya metode ini menjadi idaman para ibu rumah tangga karena hasilnya yang sehat dan kualitasnya yang lebih unggul. Namun sayangnya tidak semua tanaman bisa di tanam dengan menggunakan metode ini. Berikut ini merupakan jenis tanaman yang bisa di tumbuhkan dengan media air.

  • Selada
  • Bayam
  • Sawi
  • Kangkung
  • Kubis
  • Daun Bawang
  • Kembang Kol
  • Seledri
  • Tomat Ceri

Di atas merupakan jenis tanaman hidroponik yang cocok di tanam di pekarangan rumah. Namun tentunya tak hanya jenis di atas saja yang bisa kamu tanam dengan menggunakan metode ini.

Memiliki kebun hidroponik sangat-sangat menguntungkan karena memiliki berbagai manfaat yang bisa di dapatkan. Apalagi jika pekarang rumah kamu kosong kamu bisa mengisinya dengan menanam tanaman sayuran yang dapat kamu masak untuk di konsumsi secara pribadi.

Bahkan perbanyakan dengan metode ini juga sangat menguntungkan jika di jadikan sebagai bisnis. Dengan berbagai keunggulan baik secara metode maupun hasil pastinya hasil dari tanaman ini banyak peminatnya.

Mudah sekali untuk menciptakan kebun hidroponik di pekarang rumah. Cukup dengan alat seadanya kamu sudah bisa mendapatkan hasil sayur mayur yang sehat tanpa pestisida dengan waktu yang cukup singkat. Pastinya kamu tertarik untuk menanam sayuran dengan metode ini. Kamu bisa memilih set nya di toko online maupun toko offline pertanian.

Pekarangan rumah yang kosong nyatanya bisa di isi dan di manfaatkan dengan menanam tanaman menggunakan metode Hidroponik.