Fakta Menarik Spanyol Yang Jarang Di Ketahui

Fakta Menarik Spanyol Yang Jarang Di Ketahui
Fakta Menarik Spanyol Yang Jarang Di Ketahui
Fakta Menarik Spanyol Yang Jarang Di Ketahui

Fakta Menarik Spanyol Yang Jarang Di Ketahui Berikut Ini Akan Menambah Wawasan Kita Mengenai Salah Satu Negara Eropa Ini. Negara Spanyol adalah negara terbesar keempat yang terdapat di Benua Eropa. Kemudian Spanyol juga menjadi salah satu negara dengan jumlah pengunjung asing kedua terbanyak di dunia. Spanyol merupakan negara yang berada di Eropa Barat Daya di Semenanjung Iberia. Negara Spanyol di bentuk di tahun 1516 serta di restorasi pada 6 Desember 1978. Luas wilayah negara ini mencapai 4,5 kali luas Pulau Jawa atau sekitar 505.990 km persegi. Kawasan negara Spanyol berbatasan dengan Prancis dan Teluk Biskay di bagian utara. Kemudian berbatasan dengan Samudera Atlantik di bagian Selatan dan Laut Mediterania di bagian Timur. Lalu berbatasan juga dengan Negara Portugal di sebelah barat.

Negara Spanyol juga memiliki kota-kota yang canggih dan sangat indah dengan adanya kastil batu yang menghiasi negara ini. Kemudian terdapat juga pegunungan yang tertutupi salju serta dataran rendah yang sering menjadi destinasi wisata favorit banyak turis mancanegara. Tidak heran jika negara Spanyol sering kita lihat di layar televisi karena banyak film terkenal yang menjadikan keindahan negara ini sebagai latar cerita. Negara yang memiliki Ibukota Madrid ini sangat terkenal dengana arsitektur bangunan klasiknya yang sangat megah.

Kemudian banyak juga fakta-fakta menarik yang terdapat di negara ini. Pasalnya terdapat banyak keindahan alam, bangunan, serta budaya dan sejarah yang sangat kaya. Contohnya seperti melihat matador, tari flamenco yang sangat energik, serta pantai-pantai yang sangat indah terdapat di negara ini. Keindahan alam juga akan kita nikmati saat berkunjung ke Negara Spanyol. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan negara ini. Namun ternyata masih banyak lagi fakta unik salah satu negara di Eropa Barat Daya ini.

Penasaran dengan Fakta Menarik Spanyol? Simak penjelasannya di bawah ini.

Fakta Menarik Negara Spanyol

1. Penghasil Minyak Zaitun Terbesar Dan Tertua Di Dunia

Negara Eropa ini ternyata merupakan Penghasil Minyak Zaitun Terbesar Dan Tertua Di Dunia. Pohon zaitun yang biasa di kenal dengan sebutan “Olive Tree Of Vouves” memiliki usia melebihi 3000 tahun dan terletak di Kreta, Yunani. Minyak zaitun dan buah zaitun adalah bahan utama dari kebanyakan makanan khas Spanyol serta salah satu komoditas yang utama di negara Spanyol.

Banyak juga yang telah menyutujui bahwa masakan dari Spanyol memiliki kesamaan dengan masakan Mediterania. Hal ini di karenakan penggunaan minyak zaitun di kebanyakan masakan khas di kedua daerah tersebut. Inilah yang membuat Spanyol menjadi salah satu negara yang memproduksi zaitun terbesar di dunia. Terdapat sebuah riset yang mengatakan bahwa rata-rata masyarakat Spanyol mengonsumsi minyak zaitun sekitar 1,4 liter.

2. Memiliki Lagu Kebangsaan Tanpa Lirik

Selanjutnya, Negara Spanyol Memiliki Lagu Kebangsaan Tanpa Lirik. Jika kebanyakan negara di dunia memiliki lagu nasional dengan lirik, pada lagu kebangsaan Negara Spanyol justru tidak di temukan lirik pada lagu kebangsaannya. Lagu kebangsaan tersebut berjudul Marcha Real yang mempunyai 6 aransemen resmi. Walaupun begitu, pemerintah juga pernah mencoba untuk menggelar kontes untuk menciptakan lirik untuk lagu nasional di tahun 2007 yang lalu. Walaupun begitu masyarakat Spanyol justru tidak banyak yang begitu tertarik dan memiliki kemauan untuk mempertahankan lagu nasional yang sangat unik tersebut.

3. Memiliki Banyak Situs Warisan Dunia UNESCO

Negara Spanyol adalah negara yang Memiliki Banyak Situs Warisan Dunia UNESCO yang sangat banyak. Terdapat 47 situs di dalam negara ini. Dengan jumlahnya tersebut, Spanyol mendapatkan predikat sebagai negara terbanyak ketiga di dunia yang mempunyai situs warisan UNESCO. Salah satu warisan di Spanyol yang paling populer adalah Benteng Alhambra yang berada di daerah Granada, Spanyol.

4. Festival Tomat Terbesar Di Dunia

Terdapat Festival Tomat Terbesar Di Dunia yang di gelar di Kota Bunol, Spanyol. Festival tomat ini di kenal juga dengan nama Tomatina Festival. Setiap bulan Agustus, ribuan masyarakat akan berkumpul di setiap jalan kota untuk saling melemparkan tomat di dalam festival yang menyenangkan dan kacau tersebut. Festival ini juga sudah menjadi daya tarik wisata yang populer di Spanyol bagi para wisatawan.

5. Gereja Yang Di Renovasi Ratusan Tahun

Fakta Menarik Spanyol selanjutnya adalah terdapat Gereja Yang Di Renovasi Ratusan Tahun di negara ini. Pada umumnya renovasi bangunan akan berlangsung dengan waktu yang tidak terlalu lama. Namun hal ini tidak berlaku untuk Basilica i Temple Expiatori de la Sagrada Familia yang merupakan sebuah gereja di Spanyol. Bangunan gereja ini telah di renovasi dengan memakan waktu 130 tahun. Bahkan sampai saat ini di kabarkan belum selesai dengan sempurna. Di perkirakan renovasi bangunan gereja ini akan siap di tahun 2026 mendatang.

6. Bahasa Keempat Yang Paling Banyak Di Gunakan Di Dunia

Negara Spanyol juga memiliki bahasa yang mendapatkan gelar sebagai Bahasa Keempat Yang Paling Banyak Di Gunakan Di Dunia. Bahasa Spanyol berada di posisi keempat di bawah bahasa Inggris, bahasa Hindi dan bahasa Mandarin. Di perkirakan sekitar 548 juta orang berbahasa dengan bahasa Spanyol di penjuru dunia. Masyarakat Spanyol akan sangat senang jika ada turis yang mencoba untuk berbicara menggunakan bahasa Spanyol dengan mereka. Maka dari itu jika berkunjung ke Spanyol gunakanlah bahasa Spanyol agar penduduk lokal di sana sangat senang menyambut kita.

7. Destinasi Wisata Masjid Agung Córdoba (La Mezquita)

Destinasi Wisata Masjid Agung Córdoba (La Mezquita) ternyata pernah menjadi masjid utama Islam bagian barat. Masjid Agung Córdoba merupakan salah satu masjid yang terbesar di dunia serta mendapatkan pencapaian terbaik dengan arsitektur Moor di Negara Spanyol. Kemudian Masjid Agung ini juga mendapatkan peringkat dengan Alhambra yang berada di Granada sebagai arsitektur Islam yang paling indah di wilayah Eropa Barat. Kemudian bahan bangunan dengan gaya Visigoth dan Romawi ini telah di mulai sejak tahun 785 serta pada tahu 1000 bangunan masjid ini mulai tampak seperti yang kita lihat sekarang. Di setiap sisi Masjid Agung ini terdapat barisan lengkungan Moor yang bulat serta berbaris mengikuti pola yang simetris.

8. Wisata Kuliner Paella

Wisata Kuliner Paella merupakan salah satu fakta menarik jika kamu akan berkunjung ke negara Spanyol. Pasalnya Paella di kenal sebagai salah satu hidangan khas Spanyol yang sangat populer. Paella sendiri adalah nasi yang di padukan dengan rasa kunyit dengan tambahan makanan laut, sayuran hingga dagung. Kemudian Paella ternyata juga berasal dari daerah Valencia dan kemudian di buat dengan kelinci, ayam, samur yang musiman, serta siput. Kini di negara Spanyol yang lebih modern, nama paellera atau paella di pakai untuk menghidangkan nasi dalam paellera atau paella yang merupakan panci tradisional yang selanjutnya akan di masak serta di sajikan.

Itu dia beberapa Fakta Menarik Spanyol yang dapat kita ketahui. Semoga semakin menambah wawasan kita mengenai Fakta Menarik Spanyol.