Es Krim Unik Dari Penjuru Dunia Yang Wajib Kamu Coba

Es Krim Unik Dari Penjuru Dunia Yang Wajib Kamu Coba
Es Krim Unik Dari Penjuru Dunia Yang Wajib Kamu Coba
Es Krim Unik Dari Penjuru Dunia Yang Wajib Kamu Coba

Es Krim Unik Dari Beberapa Negara Di Penjuru Dunia Ini Sangat Menarik Dengan Rasanya Yang Juga Lezat Dan Wajib Kamu Coba. Siapa yang tidak suka dengan es krim? Makanan beku dengan cita rasa yang yang manis dan gurih ini di sukai oleh banyak orang di penjuru dunia. Es krim biasanya terbuat dari produk susu sehingga rasanya manis seperti susu namun lebih dingin dan beku. Dengan rasanya yang segar dan menyejukkan tenggorokan, es krim sangat cocok di konsumsi pada siang hari yang terik. Es krim juga sangat di minati oleh berbagai usia baik anak kecil maupun orang dewasa. Tak heran jika es krim menjadi salah satu hidangan pencuci mulut yang sangat di sukai dan di cari oleh banyak orang.

Pada umumnya es krim memiliki rasa yang sangat bervariasi mulai dari vanila, coklat, strawberry, keju, jagung, mint, durian, dan lain sebagainya. Seiring perkembangan zaman, es krim di modifikasikan dan di padukan dengan bahan makanan lain sehingga semakin unik. Oleh karena itulah terdapat bermacam-macam es krim dengan varian rasa baru dari tahun ke tahun. Modifikasi tersebut dapat berupa bentuk, tekstur, serta bahan-bahan ataupun cara pengolahan yang cukup unik. Keunikan ini biasanya sesuai dengan karakteristik ataupun selera masyarakat di berbagai negara dunia. Makanan beku pencuci mulut ini pun semakin berkembang mengikuti tren yang ada di masyarakat.

Namun ternyata es krim sudah di temukan sejak zaman dahulu. Masyarakat dari berbagai negara di penjuru dunia sudah mengenal es krim sejak zaman dahulu namun dengan nama yang berbeda di negaranya masing-masing. Oleh karena itu rasa es krim di beberapa negara di dunia sangat berbeda mulai dari rasa, tekstur, bahan, dan lain sebagainya. Maka dari itulah terdapat beberapa Es Krim Unik dari seluruh dunia. Yuk simak beberapa jenis Es Krim Unik di beberapa negara dunia berikut ini.

1. Es Krim Unik Dari Turki, Es Krim Dondurma

Es Krim Unik Dari Turki, Es Krim Dondurma menjadi es krim pertama yang di bahas di artikel ini. Banyak orang yang sudah tidak asing dengan nama es krim ini. Es krim Dondurma adalah es krim yang berasal dari Turki dan sangat terkenal di sosial media. Uniknya es krim ini memiliki tekstur yang kenyal serta elastis di bandingkan dengan jenis es krim lainnya di dunia. Dondurma terbuat dari gula, susu kambing, getah pohon mastic serta salep tepung.

Es krim ini sempat viral di sosial media karena penyajiannya yang cukup unik di mana penjual es krim akan melakukan pertunjukan yang menakjubkan. Pertunjukkan ini di lakukan oleh penjual dengan memainkan es krim sebelum memberikannya kepada pelanggan dan terkesan agak jahil. Karena tekstur es krim yang kenyal dan elastis, es krim ini tidak akan terjatuh saat di bolak-balik. Aksi ini sangat menghibur dan menjadi salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Turki. Menariknya, tekstur es krim ini cukup tebal serta keras sehingga saat kita mengonsumsinya kita harus mengunyah Dondurma. Tidak seperti mengonsumsi es krim pada umumnya yang bertekstur lembut dan cepat mencair.

2. Spaghettini

Jerman memiliki es krim yang unik dan sangat terkenal. Nama dari es krim terkenal ini adalah spaghettini yakni es krim dengan bentuk seperti spaghetti. Es krim unik ini ternyata di jadikan sebagai hidangan penutup di restoran-restoran mewah Jerman. Spaghettini memberikan kesan yang cukup unik saat memakannya karena rasanya yang begitu ramai. Hal ini di karenakan rasa vanila dari mie-nya, sedangkan sausnya memiliki rasa stroberi. Kemudian toppingnya yang mirip seperti keju pada spaghetti di ganti dengan serpihan parutan kelapa.

3. Kulfi

Es krim selanjutnya berasal dari India yaitu Es Krim Kulfi. Kulfi ternyata banyak di minati oleh beberapa orang di dunia terutama di kawasan Timur Tengah dan Asia Selatan. Kemudian es krim kulfi merupakan es potong yang memiliki beberapa varian rasa seperti kunyit, mangga, mawar, kapulaga serta kacang tanah. Cara penyajian es krim kulfi juga sangat unik dengan memakai selembar daun lalu di taburi dengan rempah-rempah di atasnya. Beberapa penyajian juga menggunakan bihun sebagai campuran es krim kulfi.

Prosedur membuat es krim kulfi cukup berbeda dengan pembuatan es krim pada umumnya. Pasalnya es krim kulfi di buat dengan tidak di kocok. Alhasil es krim ini memiliki tekstur yang padat dan beku hingga terkesan mirip dengan puding. Es krim kulfi juga tidak mudah meleleh seperti es krim lain pada umumnya karena teksturnya yang begitu padat.

4. Clotted Cream

Es krim unik yang satu ini berasal dari Inggris, Eropa. Jenis es krim yang berasal dari Inggris ini memiliki keunikan tersendiri dalam proses pembuatannya dan bukan dari rasanya. Banyak masyarakat Eropa yang menyukai es krim khas dari Inggris ini. Clotted Cream adalah es krim yang terbuat dari susu sapi full cream yang panas dengan bantuan dari uap air. Kemudian es krim ini secara perlahan di biarkan sampai mendingin. Nah saat es krim mulai dingin, kandungan krim akan naik ke permukaan sehingga akan membentuk bekuan ice cream yang lembut. Bekuan ini lah yang biasa di sebut dengan istilah clout. Clout memiliki warna kuning yang keemasan. Clotted Cream pada umumnya di sajikan dengan selai stroberi maupun buah stroberi agar lebih terasa manis dan lezat.

5. Gelato Rendang

Terdapat produsen es krim gelato lokal di Indonesia yang telah menciptakan Es Krim Gelato Rendang. Ide es krim gelato dengan rasa masakan khas Indonesia ini di sajikan pada toko Ademuy Gelato yang berada di Kabupaten Sleman. Tentunya es krim ini sangat unik karena memiliki rasa makanan khas Indonesia yang sangat mencerminkan kearifan lokal. Uniknya es krim gelato rendang ini bukan hanya mengandung perasa rendang tetapi juga terdapat potongan daging sapi serta menggunakan bumbu rendang di dalamnya. Es krim gelato rasa rendang ini pun sangat di minati oleh masyarakat dan menjadi salah satu menu yang laris di gerak Ademuy Gelato tersebut.

6. I-Tim Pad

Selanjutny ada es krim unik yang berasal dari Thailand yang bernama I-Tim Pad. Es krim ini sangat khas karena pembuatannya di gulung sehingga sering di sebut juga sebagai es krim gulung. Jenis es krim ini di buat di atas loyang yang datar lalu di kikis perlahan sehingga es krim ini memiliki tekstur yang tipis dan mudah di gulung. Kemudian beberapa gulungan es krim tersebut di masukkan ke dalam mangkuk es krim dan di beri berbagai macam topping serta campuran di dalamnya. Topping serta campuran tersebut dapat berupa kacang-kacangan maupun buah-buahan segar. Tidak hanya itu, di atas es krim I-Tim Pad juga di siramkan susu kental serta sirup di tasnya. Maka dari itu es krim ini sangat manis serta lumer saat di makan. Jika kamu ingin mencicipinya, di Indonesia sudah terdapat beberapa store yang menjual es krim gulung khas Thailand ini.

Itu dia beberapa Es Krim Unik dari seluruh penjuru dunia yang di rangkum dalam artikel ini. Jika kamu berkunjung ke negara-negara tersebut jangan lupa untuk menyicipi Es Krim Unik.