Cara Menghilangkan Kantuk Yang Menyerang Saat Beraktivitas

Cara Menghilangkan Kantuk Yang Menyerang Saat Beraktivitas
Cara Menghilangkan Kantuk Yang Menyerang Saat Beraktivitas
Cara Menghilangkan Kantuk Yang Menyerang Saat Beraktivitas

Cara Menghilangkan Kantuk Berikut Ini Dapat Kita Lakukan Ketika Kantuk Menyerang Di Sela-Sela Aktivitas Kita. Kantuk merupakan kondisi yang akan membuat kita menjadi ingin beristirahat dan tidur. Rasa kantuk dapat menyerang seseorang kapanpun dan di manapun. Munculnya rasa kantuk juga di sebabkan oleh banyak hal. Biasanya kantuk akan datang pada jam-jam yang cukup rawan yaitu seperti setelah makan siang. Namun penyebab kantuk bisa juga berasal dari beberapa faktor seperti kurang tidur, kurangnya asupan air di dalam tubuh, melakukan aktivitas berlebih, makan berlebihan, dan lain sebagainya. Pemicu rasa kantuk ini harus kita hindari agar rasa kantuk tidak lagi muncul dan menghambat aktivitas kita. Kita harus mengenali penyebab rasa kantuk yang sering datang menyerang. Perhatikan kebiasaan kita sehari-hari dan cari tahu apa penyebab dari rasa kantuk yang menyerang kita.

Seringkali kantuk menyerang secara tiba-tiba saat kita sedang bekerja maupun melakukan aktivitas penting lainnya. Rasa kantuk yang datang tentunya akan menghambat performa kerja kita dan membuat kita menjadi mudah merasa lelah. Karena performa kita yang tidak bagus saat bekerja, kemungkinan kita akan di tegur oleh atasan serta deadline yang harus kita kerjakan akan terlewatkan begitu saja. Alhasil produktivitas kita di kantor juga akan menurun dan kurang baik karena konsentrasi yang menurun. Pekerjaan atau deadline yang menunggu kita tak kunjung selesai karena rasa kantuk yang membuat kita mudah lelah dan ingin tertidur.

Pada umumnya banyak orang yang mengonsumsi kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Akan tetapi banyak juga orang yang tidak menyukai kopi ataupun berhalangan untuk meminum kopi karena penyakit yang di deritanya. Padahal banyak cara yang dapat kita lakukan selain dengan meminum kopi untuk mengusir rasa kantuk yang datang. Cara berikut ini juga sangat mudah dan dapat kita lakukan di manapun dan kapanpun. Berikut merupakan Cara Menghilangkan Kantuk yang bisa kita lakukan saat kita sedang beraktivitas.

1. Menghilangkan Kantuk Dengan Minum Air

Menghilangkan Kantuk Dengan Minum Air merupakan salah satu cara yang efektif. Pasalnya rasa kantuk dapat di picu oleh kekurangan cairan. Maka dari itu dengan minum air terutama air putih dapat memenuhi asupan cairan serta memperlancar sistem metabolisme tubuh kita. Hal ini lah yang akan mengurangi rasa kantuk yang datang secara tiba-tiba.

2. Menarik Napas Dalam-Dalam

Saat rasa ngantuk mulai datang, cobalah untuk Menarik Napas Dalam-Dalam. Hal ini bertujuan untuk menambah jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh terutama pada otak. Biasanya rasa kantuk pun dapat di picu oleh tidak cukupnya asupan oksigen di dalam tubuh.

3. Menggerakkan Badan

Rasa kantuk bisa jadi muncul karena kurangnya pergerakan yang kita lakukan. Apalagi jika aktivitas yang kita lakukan hanya di balik meja saja. Hal ini jelas sangat berpotensi untuk memunculkan rasa kantuk di tengah-tengah pekerjaan yang sedang kita lakukan. Maka dari itu untuk menghilangkan rasa kantuk dapat kita lakukan dengan mulai Menggerakkan Badan sehingga dapat melancarkan peredaran darah.

4. Power Nap

Power Nap merupakan tidur siang dalam waktu yang cukup singkat. Cara ini dapat kita lakukan selama 15 hingga 30 menit saja. Walaupun berlangsung sebentar, hal ini di yakini dapat mengembalikan energi tubuh kita yang tadinya lelah karena rasa kantuk. Di sarankan untuk melakukan Power Nap di waktu yang senggang.

5. Meminum Secangkir Kafein

Meminum Secangkir Kafein adalah satu cara yang di percaya sangat ampuh untuk mengusir rasa kantuk. Maka dari itu orang-orang memilih untuk meminum kopi untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja. Pasalnya kopi mengandung kafein yang cukup untuk menstimulasi serta meningkatkan kerja di sistem saraf dan otak.

Akan tetapi jika kita tidak suka dengan kopi, terdapat beberapa jenis minuman yang mengandung kafein lainnya yang dapat kita konsumsi. Contohnya seperti teh hijau dan teh hitam yang dapat membantu kita mengusir rasa ngantuk saat bekerja. Jangan lupa untuk selalu menghindari mengonsumsi minuman berkafein dengan jumlah yang terlalu banyak karena dapat membuat kita menjadi gelisah serta berpengaruh pada produktivitas kita sehari-hari.

6. Berjalan-Jalan Sebentar

Saat rasa kantuk mulai datang saat kita sedang bekerja, posisi tetap duduk di tempat malah akan memperparah rasa kantuk yang datang. Oleh karena itu kita harus bangun dari tempat duduk kemudian keluar dari ruangan untuk Berjalan-Jalan Sebentar. Dengan cara ini di percaya dapat melancarkan aliran darah sehingga rasa kantuk pun akan hilang. Akan tetapi jika kita di dalam kondisi tidak dapat meninggalkan ruangan, kita dapat menggoyang-goyangkan kaki saja di tempat duduk kita ataupun berjalan kesana kemari di dalam ruangan kerja kita.

7. Mendengarkan Musik Bertempo Cepat

Rasa kantuk ternyata dapat timbul jika kita bekerja di tempat yang sepi. Oleh sebab itu dengan Mendengarkan Musik Bertempo Cepat dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi rasa kantuk yang datang. Selain itu mendengarkan musik juga dapat menghilangka rasa bosan yang lama kelamaan akan menyebabkan kantuk. Apalagi jika kita mendengarkan musik bertempo cepat yang menjadi favorit kita. Kemudian pilihlah lagu atau musik yang dapat meningkatkan produktivitas kita serta semakin meningkatkan konsentrasi kita.

8. Stretching

Melakukan Stretching dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa kantuk yang datang. Kita dapat melakukan geralan stretching yang sederhana dan cocok di lakukan pada kondisi di mana kita tidak dapat meninggalkan pekerjaan kita. Gerakan ini dapat kita lakukan dengan secara bergantian meregangkan lengan ke arah samping ataupun memutar serta menekuk leher. Di percaya gerakan stretching yang sederhana ini dapat membuat otot yang tegang menjadi kendur serta melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Alhasil tubuh kita akan kembali berenergi.

9. Mencuci Muka Dengan Air Dingin

Cara selanjutnya adalah Mencuci Muka Dengan Air Dingin. Kita dapat pergi sejenak ke kamar mandi lalu Mencuci Muka Dengan Air Dingin. Cara ini cukup sederhana namun efektif untuk mengusir rasa kantuk dalam waktu cepat serta membuat wajah dan tubuh kita menjadi lebih segar.

10. Mengobrol

Jika rasa kantuk mulai menyerang, cobalah untuk Mengobrol sejenak dengan rekan di dalam ruangan kerja. Hal ini di percaya efektif untuk mengalihkan rasa ngantuk yang menyerang saat kita bekerja. Ajaklah rekan kerja kita untuk mengobrol secara ringan dan pastikan obrolan tersebut tidak mengganggu aktivitas saat bekerja.

11. Mengunyah Permen Karet

Menghilangka rasa ngantuk juga dapat kita lakukan dengan mengunyah sesuatu. Kita dapat mengunyah permen karet agar asupan kalori kita setelah makan siang tidak akan bertambah. Hal ini juga di sebabkan oleh gerakan peristaltik yang bisa membuat kita lebih fokus saat bekerja serta melupakan rasa kantuk yang mengganggu.

Itu dia beberapa Cara Menghilangkan Kantuk yang menyerang saat kita sedang melakukan aktivitas. Semoga cara-cara di atas dapat efektif serta tidak akan mengganggu aktivitas kita lagi dengan menerapkan Cara Menghilangkan Kantuk.