BMKG Peringatkan Gempa Megathrust Terjadi Dalam Waktu Dekat

BMKG
BMKG
BMKG Peringatkan Gempa Megathrust Terjadi Dalam Waktu Dekat

BMKG Peringatkan Gempa Megathrust Terjadi Dalam Waktu Dekat Yang Berpotensi Tsunami Di Beberapa Wilayah Indonesia. Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah memberitahukan kepada seluruh masyarakat Indonesia agar awas dan wasapada. Pasalnya gempa megthrust yang akan terjadi di beberapa wilayah negara indonesia. Pastinya langsung terbesit di kepala mu apakah itu gempa megathrust? Untuk kamu yang sangat penasaran, simak terus artikel ini agar nggak ketinggalan informasi ya.

Gempa megathrust terkenal dengan gempa yang memiliki kekuatan sangat besar. Bahkan gempa ini berpotensi terjadinya tsunami. Yang mana gempa ini dapat terjadi karena pergerakan atau tabrakan antar 3 lempengan bumi. Tentunya ini menjadi hal yang harus di waspadai karena merupakan salah satu bencana alam yang cukup mengerikan. Yang mana wilayah indonesia memiliki posisi atau letak geografis yang berada di pertemuan 3 lempeng. Kondisi tersebut membuat negara ini sering kali terkena musibah bencana alam terutama dapat berpotensi terkena gempa megathtrust seperti yang telah di umukan oleh BMKG.

Indonesia merupakan negara yang memilikiletak geografis cukup berbahaya. Menurut informasi dari BMKG, sederet wilatayah di indonesia ini akan terkena dampak dari adanya gempa megathruts. Dimana di perkirakan gempa ini akan terjadi dalam waktu dekat-dekat ini. Hal ini di sampaikan oleh ketua BMKG, Daryono yang mengatakan bahwa prediksi gempa telah ada sejak ratusan tahun lalu namun hingga saat ini belum terjadi juga. Maka dari itu, di perkirakan gempa megathrust ini dapat terjadi sewaktu-waktu.

Terdapat beberapa wilayah yang di prediksi akan berpotensi terdampak bencana alam gempa megathrust ini. Tentunya kamu sangat penasaran wilayah mana saja yang akan berdampak. Pasalnya indoensia merupakan negara yang memiliki letak geografis yang tidak cukup aman. Untuk itu, simak baik-baik di bawah ini merupakan daerah yang berpotensi terdampak bencana alam gempa megathrust menurut prediksi BMKG.

Zona Bahaya Gempa Megathrust Di Indonesia

Gempa megathrust merupakan salah satu gempa yang sangat dahsayat sehingga menimbulkan dampak yang cukup besar. Dimana gempa ini dapat terjadi karena pertemuan antar lempeng tektonik yang ada di bawah laut. Dalam pertemuan lempeng ini, salah satu lempeng akan meluncur ke bawah atau menuju ke laut. Hal inilah yang membuat gempa megathrust memiliki guncangan yang sangat dahsyat. Bahkan gempa ini dapat berpotensi menimbulkan tsunami di beberapa daerah.

Menurut BMKG, Zona Bahaya Gempa Megathrust Di Indonesia terdapat di pulau jawa dan sumatera. Yang mana segmen megathrust Indonesia berada di dua titik tersebut. Tak hanya itu saja, menurut informasi dari BMKG terdapat segmen backthrust yang berada di selatan jawa barat. Berbeda dengan megathrust, backthrust merupakan patahan yang dapat menimbulkan dorongan namun memiliki arah yang berbeda dengan megathrust.

Di prediksi, gempa megathrust ini akan memiliki parit paralel 325 km dengan lebar 120 km. Tak hanya itu saja, gempa ini juga dapat mengakibatkan pergeseran homogen sebesar 24 meter. Sedangkan pada backthrust akan memiliki panjang 312 km dengan lebar 55 km. Dampak pada backthrust akan mendapatkan pergseran homogen 16 meter.

Tentunya masyarakat di himbau untuk tetap waspada dengan adanya gempa megathrust yang dapat terjadi kapan saja. Apa lagi untuk kamu yang berada di pulau jawa dan sumatra, kamu harus awas dengan gempa besar yang memiliki potensi terjadinya tsunami ini. Namun tak hanya daerah jawa dan sumatra saja, beberapa daerah lain di indonesia juga akan bepotensi terdampak bencana gempa megathrust ini. Simak baik-baik di bawah ini merupakan daerah di indonesia yang berpotensi terdampak gempa megathrust.

BMKG Prediksi Wilayah Gempa Megathrust

BMKG Prediksi Wilayah Gempa Megathrust akan terjadi di beberapa wilayah indonesia ini. Berpusat di selatan jawa dan selatan sumatera, faktanya beberapa wilayah ini juga akan terdampak bencana gempa megathrust ini. Pusat BMKG menginformasikan bahwa potensi megathrust sudah dapat terlihat akan terjadi di Indonesia. Namun alat yang di miliki oleh pihak BMKG masih belum dapat memprediksi kapan tepatnya gempa ini akan terjadi. Namun beberapa wilayah yang berpotensi terdampak gempa ini adalah pulau jawa dan sumatera.

Beberapa wilayah sekitar zona megathrust tentu juga akan terdampak bahaya bencana alam satu ini. Yang mana gempa ini dapat di rasakan di Jakarta dan sekitarnya. Hal ini di karenakan selat sunda menjadi pusat gempa megathrust yang menjadi zona utama. Maka dari itu daerah Jakarta dan sekitarnya akan merasakan dampak gempa ini karena memiliki jarak yang cukup dekat yaitu sekitar 170 km dari selat sunda.

Tak hanya itu saja, beberapa daerah lain yang dapat terkena dampak dari gempa megathrust ini di antaranya adalah Bogor, Banten, Jawa barat hingga Lampung yang dapat merasakan getaran dari gempa megathrust. Sedangkan pada bagian jawa, getaran gempa ini juga dapat di rasakan di sebagian jawa tengah dan jawa timur. Namun getaran gempa di 2 daerah tersebut memiliki getaran yang cukup kecil.

Gempa megathrust berpotensi menyerang beberapa daerah yang ada di indonesia. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati dan menyiapkan semuanya sejak dini. Meskipun belum di ketahui tepatnya kapan gempa ini akan terjadi, namun wilayah indonesia telah di prediksi akan berpotensi terkena gempa ini sejak ratusan tahun lalu.

Persiapan Untuk Mengatasi Gempa

Gempa megathrust yang berpotensi menyerang beberapa daerah di indonesia ini dapat terjadi kapan saja. Namun hingga saat ini pemerintah juga belum melakukan apapun untuk menanggulangi bencana alam gempa megathrust ini. Untuk itu, kamu perlu tetap awasa dan waspada dengan potensi gempa yang akan terjadi sewaktu-waktu. Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan segala sesuatunya sejak dini sebelum gempa ini menyerang.

Periapan Untuk Mengatasi Gempa dapat kamu lakukan dengan beberapa cara berikut ini. Yang mana gempa dapat terjadi kapan saja sehingga kamu perlu siap dengan segala sesuatu. Untuk itu, salah satu persiapan yang harus kamu lakukan adalah membawa travel bag yang dapat di bawa ketika terjadi guncangan gempa ini. Dalam travel bag, kamu bisa mengisi pakaian, bahan makanan, hingga obat-obatan yang dapat di gunakan ketika musibah bencana alam ini terjadi.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus mengetahui teknik yang tepat ketika terjadinya gempa. Di antaranya adalah segera bergegas keluar rumah ke tanah lapang dan menghindari bangunan yang tinggi. Namun jika kamu kesulitan untuk keluar dari ruangan, di sarankan untuk kamu melindungi kepala dan bergegas mencari pelindungan seperti di bawah kolong meja.

Hal-hal di atas sangat penting di perhatikan agar kamu terhindar dari bahaya gempa megathrust yang dapat terjadi kapan saja, Dimana gempa ini memiliki kekuatan guncangan yang cukup dahysat bahkan dapat berpotensi menghasilkan tsunami. Maka dari itu kamu harus terus awas dan wasapada dengan terjadinya gempa yang di sebutkan oleh BMKG.