Basic Manner Yang Harus Di Ajarkan Kepada Anak Sedari Dini

Basic Manner Yang Harus Di Ajarkan Kepada Anak Sedari Dini
Basic Manner Yang Harus Di Ajarkan Kepada Anak Sedari Dini
Basic Manner Yang Harus Di Ajarkan Kepada Anak Sedari Dini

Basic Manner Berikut Ini Harus Di Ajarkan Kepada Anak Sedari Dini Karena Akan Sangat Penting Untuk Berperilaku Kedepannya. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa basic manner merupakan norma etika yang harus di terapkan di tengah masyarakat. Hal ini tentunya bertujuan untuk selalu menciptakan kerukunan di tengah masyarakat karena manusia merupakan makhluk sosial. Menerapkan tata krama yang mendasar berarti kita harus menjaga etika dan sopan santun kapanpun dan di manapun kita berada. Melakukan perilaku yang penuh dengan etika dan kesopanan ini akan sangat penting untuk di lakukan sehari-hari. Baik tua maupun muda harus sama-sama menjaga perilaku dasar ini agar kedamaian dan kerukunan sesama manusia tetap terjaga dengan baik

Nah, maka dari itu sebagai orang tua kita harus mulai mengajarkan basic manner atau perilaku etika yang sangat mendasar kepada anak. Apakah harus menunggu anak remaja terlebih dahulu untuk mengajarkan tata krama? Sebaiknya anak telah di ajarkan mengenai tata krama sedari dini atau sedari kecil. Hal ini dapat dengan tidak mewajarkan sikapnya yang tidak benar. Sebaiknya orang tua harus mengarahkan kepada anak bagaimana tata krama yang baik dan benar di dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai orang tua mewajarkan sikap anak-anak yang salah karena akan memberikan dampak hingga kedepannya.

Di sarankan saat anak sudah memasuki usia 12 bulan untuk mulai di beri pemahaman mengenai perilaku yang baik dan benar. Maka dari itu sebisa mungkin kita harus menanamkan karakter yang baik terhadap anak kita agar anak lama-lama akan semakin terbiasa untuk berperilaku baik. Orang tua dapat memulai terlebih dahulu untuk mengajarkan tata krama kepada anak secara mendasar dahulu. Contohnya seperti mengucapkan terima kasih, mengucapkan maaf, dan lain sebagainya. Kemudian orang tua dapat memegang peran penting sebagai pengingat bagi anak agar anak dapat mengelola emosi dan keinginan mereka.

Basic Manner Yang Harus Di Terapkan Sejak Dini

Berikut merupakan Basic Manner Yang Harus Di Terapkan Sejak Dini kepada anak.

1. Mengucapkan Terima Kasih Dan Tolong

Pada umumnya saat umur anak masih 1 tahun, ia sudah mulai berbicara dan menunjukkan apa saja keinginannya. Seperti sudah mulai menunjukkan ingin minum, makan, membuka sesuatu yang ia suka dan lain sebagainya. Dari beberapa hal tersebut sebagai orang tua, kita dapat mengajarkan anak untuk mulai meminta bantuan dengan mengatakan “tolong”. Kita harus selalu mengingatkan anak untuk berkata tolong secara perlahan. Lama kelamaan anak juga pastinya akan merasa terbiasa dengan mengucapkan kosakata tersebut dengan baik.

Kemudian setelah kita selesai membantunya, kita juga harus mengajarkan anak untuk mengucapkan “terima kasih”. Kita dapat memberikan contoh terlebih dahulu dengan mengatakan terima kasih saat anak kita menolong kita. Jika anak merasa marah karena pertolongan yang kita berikan kurang sesuai dengan keinginnanya atau langsung pergi setelah di tolong ataupun ia memerintah, orang tua dapat menegurnya dengan pelan-pelan. Yang paling penting adalah agar anak paham terlebih dahulu bahwa semuanya ada aturannya dan akan berguna untuk dirinya sendiri dan orang lain. Maka dari itu dari sekarang sangat penting untuk mengajarkan anak Mengucapkan Terima Kasih Dan Tolong.

2. Saat Makan

Saat Makan, anak kecil pastinya akan makan dengan sangat berantakan dan belepotan kemana-mana. Hal ini tentunya sangat wajar namun kita harus mengajarkan anak untuk tidak terbiasa dengan cara makan tersebut. Ketika anak telah berusia 12 bulan, sebaiknya kita terus memberitahu dan mengajarkan kepada anak mengenai aturan saat makan. Kita harus membiasakan si Kecil duduk dengan tenang di atas kursi kemudian mengunyah makanan dengan mulut yang tertutup serta cara menggunakan alat makan. Kemudian perlahan-lahan kita juga dapat memberitahu anak untuk tidak makan sambil berlari, berbicara saat makan serta mengacak makanannya. Memang si Kecil tidak akan langsung mengerti dengan tindakan tersebut namun etika tersebut sudah tertanam sebagai sikap baik pada anak. Lama kelamaan si Kecil akan semakin terbiasa dengan perilaku baik tersebut.

3. Mengetuk Pintu Sebelum Memasuki Ruangan

Tata krama dasar selanjutnya adalah Mengetuk Pintu Sebelum Memasuki Ruangan. Anak-anak sedari dini harus di ajarkan mengenai privasi adalah hal yang penting terutama saat di rumah. Pasalnya anak-anak harus mengetahui pentingnya mengetuk pintu seseorang terlebih dahulu dengan meminta izin sebelum masuk ke dalam ruangan. Orang tua dapat memberi contoh dengan melakukannya di depan anak-anak agar mereka terbiasa dengan tata krama tersebut di mana saja.

4. Menunjukkan Rasa Hormat Kepada Yang Lebih Tua

Menunjukkan Rasa Hormat Kepada Yang Lebih Tua merupakan salah satu tata krama yang harus di ajarkan sedari dini. Seperti yang kita ketahui bahwa orang dewasa hidup lebih lama dari anak sehingga anak-anak harus di ajarkan mengenai pengalaman yang membuat orang bijaksana dan akan memunculkan perasaan hormat. Anak harus di ajarkan untuk selalu menghormati orang yang lebih tua seperti ibu dan ayahnya, kakek, nenek, guru serta orang dewasa lainnya yang di temuinya. Kita dapat memulai mengajarkan anak dengan menunjukkan sikap menghormati orang tua terlebih dahulu di depan anak. Contohnya seperti mempersilahkan orang yang lebih tua untuk makan terlebih dahulu serta memberikan tempat duduk bagi orang tua di angkutan umum.

5. Tidak Berperilaku Kasar

Tata krama selanjutnya tidak kalah penting untuk di terapkan sedari dini agar anak Tidak Berperilaku Kasar. Seperti yang kita ketahui bahwa emosi anak memang suka meledak-ledak. Maka dari itu kita harus menenangkan si buah hati saat ia sedang emosi agar tidak berteriak dan berkata kasar. Kita juga harus mengingatkan anak bahwa marah tidak akan menyelesaikan suatu masalah. Maka dari itu kita dapat memulai dengan membiasakan anak untuk berbicara dengan nada yang ramah. Jika ia sedang emosi kita dapat mengajarkan anak untuk menenangkan diri terlebih dahulu daripada menunjukkan emosinya kepada orang lain. Kemudian anak harus di ajarkan bagaimana berbicara dengan nada yang ramah kepada siapapun dan di manapun. Orang tua dapat menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan bentuk untuk menghargai orang lain.

6. Belajar Berbagi

Sedari kecil sangat penting untuk mengajarkan anak Belajar Berbagi. Saat anak memiliki cemilan atau mainan baru yang banyak, kita dapat mengajak si Kecil untuk mulai berbagi dengan saudara dan temannya. Pertama kita dapat mengajarkan anak untuk meminjamkan mainannya kepada teman atau saudaranya lalu bergantian saat bermain. Kemudian yang kedua kita dapat memberi tahu kepada anak agar menawarkan makanannya yang berlebih kepada orang lain. Kita juga harus memastikan agar anak tidak merampas mainan orang lain ataupun mengambil makanan orang lain tanpa izin.

7. Memberi Salam Dan Sapa

Orang tua harus memulai untuk selalu mendampingi anaknya agar berani mengenalkan dirinya kepada orang lain. Pasalnya terkadang anak akan terlihat tidak perduli karena ia sebenarnya sedang malu. Maka dari itu sedari dini kita harus mengajarkan kepada anak untuk selalu bersikap ramah kepada siapapun baik yang lebih muda darinya maupun yang lebih tua. Hal ini dapat di lakukan dengan Memberi Salam Dan Sapa. Kemudian orang tua dapat mulai mengajarkan anak dengan mengucapkan salam pada anak seperti mengucapkan “selamat malam kakak”. Dari ucapan tersebut, anak perlahan-lahan akan semakin terbiasa untuk mengucapkannya juga. Lalu kita dapat memberikan contoh saat mengunjungi rumah keluarga atau teman dengan membiasakan mengucapkan permisi atau salam. Contohnya seperti kita dapat meminta anak kita untuk mengucapkan salam saat ia berkunjung ke rumah neneknya atau tantenya.

Itu dia beberapa Basic Manner yang dapat di ajarkan kepada anak sedari dini. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu mengajarkan tata krama sopan santun kepada anak agar anak selalu menerapkan Basic Manner.