Mengenal Tank Militer Terbaik Dalam Dunia Internasional

Mengenal Tank Militer Terbaik Dalam Dunia Internasional
Mengenal Tank Militer Terbaik Dalam Dunia Internasional
Mengenal Tank Militer Terbaik Dalam Dunia Internasional

Mengenal Tank Militer Terbaik Dalam Dunia Internasional Tank Militer Merupakan Salah Satu Alat Tempur Wajib Di Perhitungkan Dalam Perang. Tank merupakan alat vital dan menjadi tonggak utama dalam kekuatan pertahanan suatu negara. Mereka menonjol karena kombinasi keunggulan dalam hal kekuatan tempur, mobilitas, perlindungan, dan teknologi canggih. Di bangun dengan standar ketahanan yang tinggi, tank-tank ini menjadi tulang punggung dari kekuatan darat suatu negara, memastikan kemampuan untuk menghadapi berbagai ancaman dan situasi yang kompleks di medan perang modern. Tak hanya sekadar simbol kekuatan, tank terbaik juga menjadi representasi dari kemajuan industri pertahanan suatu negara dan menjadi faktor penting dalam strategi pertahanan global.

Di dalam perang seluruh alat perang wajib di perhitungkan, di antaranya ialah Artileri, Helikopter, Kapal Perang, Kapal Selam dan Tank. Fungsi dari tank tidak hanya di gunakan untuk mengempur tank lawan. Akan tetapi tank juga berfungsi untuk menghancurkan lokasi pertahanan musuh di antaranya bangunan, pos, alat komunikasi lawan maupun kendaraan tempur yang taktis serta lebih ringan. Kekuatan suatu militer masing-masing negara wajib memperhatikan alutsistanya salah satunya “Tank”. Di samping menunjukkan kekuatan militer suatu negara dan juga menjaga kedaulatan suatu negara yang berdaulat. Dari berbagai tipe tank tempur, pastinya ada sejumlah tank yang memiliki ketangguhan di medan perang. Berikutnya kita akan Mengenal Tank Militer Terbaik Dalam Dunia Internasional.

Mengenal Tank Militer Yang Dimiliki Oleh Beberapa Negara Tertentu

Leopard 2A7 merupakan salah satu Tank Militer yang berasal dari Jerman dan merupakan tipe terbaru dari Tank bernama Leopard kedua. Yang di mana Tank Leopard 2 sudah teruji dalam segala medan, dan tentunya dengan body yang kokoh. Tank Leopard 2A7 sendiri sudah di persiapkan dengan tambahan “lapisan” baja besi sehingga Leopard 2A7 dapat terjaga dari beragam bahaya perang konvensional. Tank ini juga mempunyai akurasi yang lebih presisi dan jangkauan pacu tembak lebih jauh di perbandingkan dengan tank negara lain. Serta tank ini di lengkapi dengan mesin diesel berbasis banyak bahan bakar.

K2 Black Panther

Tank K2 Black Panther merupakan tank kebanggan masyarakat Korea Selatan serta sudah di akui oleh dunia Internasional. K2 Black Panther merupakan salah satu tank terkuat yang ada dunia dan sanggup menyalip kekuatan tank Korea Utara dan China. Akan tetapi tank ini di hargai sangat mahal. Memiliki armor berjenis komposit yang disembunyikan oleh Korea Selatan dan memiliki modul armor yang reaktif eksplosif. Armor dari body K2 Black Panther mampu membendung tembakan langsung.

M1A2 SEP

Merupakan tank M1A2 yang di miliki oleh negara adidaya Amerika Serikat, tank ini merupakan penerus dari tank M1A2 Abrams. Armor yang dipakai oleh M1A2 SEP merupakan armor yang canggih di lengkapi dengan lapisan uranium yang kuat. Di banding penerus sebelumnya tank M1A2 SEP memiliki daya serangan serta ketepatan dalam menembak yang lebih rendah. Akan tetapi tank ini memiliki meriam bertipe smoothbore dengan ukuran 120 mm/L44 dapat memberikan tembakan yang tangguh.

Challenger 2

Berasal dari Inggris tank Challenger 2 memiliki armor bertipe Chobham versi terbaru. Tank ini memberikan kualitas perlindungan dari serangan senjata anti-tank. Akan tetapi tidak hanya sampai di situ saja kehebatan yang di miliki Challenger 2, tank ini sudah di lengkapi dengan meriam berukuran 120 mm. Tentunya memiliki akurasi yang tinggi dan memiliki kecepatan yang lambat.

Armata

Tank Armata sendiri di produksi oleh negara Rusia, dan tank ini merupakan penerus baru dalam masa pra-produksi yang di perkenalkan pada tahun 2015. Armata merupakan penerus yang akan menggantikan tank-tank sebelumnya yang sudah usang dan termakan zaman. Seperti Tank T-72, T-80, T-90.

Merkava MK4

Di produksi oleh Israel, tipe pertama di kembangkan pada tahun 1973 dan secara resmi di pakai pada tahun 1978. Merkava sendiri mempunyai empat tipe, dan tipe pertamanya di pakai secara ekslusif pada Perang Lebanon 1982. Merkava di ciptakan berdasarkan menjadi kendaraan untuk kepentingan perang yang dapat di perbaiki dengan segera. Mempunyai tingkat keamanan yang bagus, memiliki biaya yang rendah serta dapat beroperasi secara baik dalam medan yang berat.

Tank TK Type 10

TK Type 10 di produksi oleh negara Jepang, tank ini merupakan varian tank terbaru yang di punyai oleh Jepang. Mulai di operasikan pada tahun 2012 dan tank menjadi bagian dari salah satu tank canggih yang ada di dunia. Tank TK Tipe 10 mempunyai bobot yang terbilang ringan serta mempunyai kelincahan yang baik. Kelemahan dari tank TK Type 10 ialah minim perlindungan terhadap crew yang ada di dalam tank ini. Di lengkapi dengan meriam berukuran 120 milimeter mirip dengan tank Leopard asal Jerman dan tank M1A2 Abrams milik Ameriak Serikat. Di produksi secara terbatas dan hanya di pergunakan untuk pasukan bela diri Jepang.

Leclerc

Tank yang berasal dari Perancis, nama yang di sandang oleh tank ini terinspirasi dari nama seorang jenderal perancis yang bernama Philippe Lecrec de Hauteclocque ia mengomandoi pasukan Perancis untuk segera masuk ke paris. Yang di mana Perancis saat itu tengah di jajah oleh Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua. Diproduksi di tahun 1991, tank Lecrec dipakai oleh Angkatan Darat Perancis serta Uni Emirat Arab. Tank ini dipakai oleh militer perancis di tahun 1992 guna menggatikan yang bernama AMX 30.

Oplot-M

Berasal dari negara Ukraina yang merupakan pecahan dari bekas negara adidaya Uni Soviet, setelah Ukraina berdiri mereka sudah berpikir saatnya memulai menciptakan tank varian mereka sendiri dan mulai menciptakan tank pertama bernama T-80 UD seterusnya akan menjelma bernama Oplot-M. Di produksi pada tahun 1994 serta mulai di pakai oleh Angkatan Darat Ukraina di tahun 1998. Tank Oplot memiliki keunggulan tersendiri jika di bandingkan dengan tank lain yaitu “kecepatan” dapat dengan mudah menempuh kecepatan 70 kilometer per jam. Namun demikian, tipe terbaru tank ini yang sudah lulu uji coba tidak dapat di pergunakan oleh Angkatan Darat Ukraina di karenakan keterbatasan anggaran. Namun kini negara di dunia yang dapat memakai dan mengoperasikan tank ini adalah Angkatan Darat Kerajaan Thailand.

T-90

Tank T-90 berasal dari negara Rusia, yang merupakan pecahan dari bekas negara Uni Soviet. Tank ini merupakan salah satu tank yang di produksi melimpah oleh Rusia. Walaupun tidak secanggih dengan tank bikinan para negara Barat, akan tetapi T-90 sudah melewati hasil uji dan hal lainnya ialah harganya yang dapat dijangkau. T-90 merupakan tank yang paling unggul dalam penjualan secara komersial serta tank yang murah jika di bandingkan dengan tank negara lain untuk saat ini. T-90 merupakan varian terbaru dari T-72 di lengkapi oleh perlengkapan yang modern sehingga menjadi tank tangguh. Digunakan oleh banyak negara sehingga tank ini menjadi tank yang tangguh dan memiliki harga yang murah.

Di antara banyaknya tank yang di miliki oleh negara lain tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya serta Mengenal Tank Militer.