Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Di Ketahui

Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Di Ketahui
Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Di Ketahui
Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Di Ketahui

Manfaat Ikan Asin Yang Lezat Ternyata Sangat Banyak Bagi Kesehatan Tubuh Dan Jarang Di Ketahui Oleh Banyak Orang. Ikan asin menjadi salah satu hidangan khas Indonesia yang banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya ikan asin sering di sajikan sebagai lauk makanan. Biasanya ikan asin akan di sajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi yang sangat menggugah selera. Selain itu ikan asin juga biasa di sajikan di dalam nasi goreng maupun nasi uduk. Masyarakat Indonesia sangat mengenal ikan asin karena cita rasanya yang khas dan sangat lezat. Jika berjalan-jalan di beberapa daerah di Indonesia kita akan mudah untuk menemui ikan asin.

Ikan asin merupakan olahan ikan khas Indonesia dan sangat terkenal. Di balik rasanya yang lezat, pengolahan ikan ini juga sangat unik. Terdapat beberapa ikan yang biasanya sering di olah menjadi ikan asin misalnya seperti ikan gabus, ikan teri, ikan terbang, ikan tongkol dan ikan tenggiri. Kemudian ikan asin dapat di buat dengan menjemur ikan selama beberapa hari di bawah terik matahari agar ikan menjadi semakin awet dan tahan lama. Maka dari itu biasanya ikan asin bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang bahkan masih bisa di konsumsi walaupun sudah berbulan-bulan.

Selain mudah di temukan, ikan asin juga sangat terjangkau harganya. Sayangnya sampai saat ini banyak orang yang masih menganggap bahwa ikan asin adalah hidangan bagi masyarakat kelas bawah. Padahal ikan asin dapat di konsumsi oleh siapa saja dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nutrisi yang terdapat di dalam ikan asin tidak dapat kita remehkan karena sangat baik bagi tubuh. Di dalam 100 gram ikan asin terkandung nutrisi seperti protein, energi, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, hingga vitamin B1. Dengan nutrisi yang terkandung di dalam ikan asin maka mengonsumsi ikan asin akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Ikan Asin Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut merupakan Manfaat Ikan Asin Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh kita.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ikan asin ternyata dapat Mempercepat Penyembuhan Luka pada tubuh kita. Pasalnya terdapat kandungan zat besi di dalam ikan asin yang bisa mempercepat proses penyembuhan pada luka. Ikan asin juga mengandung kandungan zat besi yang sangat tinggi yaitu mencapai 3 mg di dalam 100 gram ikan asin. Akan tetapi manfaat ikan asin yang satu ini tidak dapat di terapkan pada orang yang mengidap penyakit hemofilia.

2. Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Ikan asin juga di ketahui sangat Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi. Pasalnya kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat di dalam ikan asin menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh kita. Kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat di dalam ikan asin juga scukup tinggi sehingga dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Di ketahui bahwa ikan asing kering dengan jumlah 100 gram ternyata memiliki sekitar 200 mg kadarkalsium dan 300 mg fosfor. Kalsium dan fosfor tentunya akan memberikan manfaat bagi gigi dan tulang kita. Tidak hanya itu, ikan asin ternyata juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti mencegah osteoporosis, menambah tinggi, memperkuat struktur tulang serta mencegah cacat tulang.

3. Mencegah Anemia

Karena kandungan zat besi di dalamnyam ikan asin ternyata juga dapat bermanfaat untuk Mencegah Anemia atau kekurangan darah. Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin dapat membantu tubuh kita dalam mencegah anemia dengan memproduksi sel darah. Sejumlah gejala anemia seperti sering merasa sakit kepala atau pusinh, mudah merasa lelah, serta tidak fokus dalam beraktivitas juga dapat berisiko terhadap sejumlah penyakit yang lain. Banyak juga orang yang telah menganggap jika ikan asin juga dapat menyebabkan tekanan darah yang tinggi. Apakah hal ini benar? Faktanya hal ini benar jika kita mengonsumsi ikan asin dalam jumlah yang berlebihan. Namun bila kita mengonsumsi ikan asin dengan jumlah yang seimbang maka kita akan merasakan manfaatnya yang dapat mencegah anemia. Maka dari itu konsumsilah ikan asin dengan secukupnya tanya berlebihan.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat dari ikan asin yang selanjutnya adalah Mencegah Penyakit Jantung. Ikan asin ternyata juga mengandung omega 3 dengan kadar yang cukup tinggi. Di ketahui juga bahwa ikan asin mempunyai kandungan kolesterol baik dengan kadar yang tinggi juga. Tentunya hal ini sangat berguna untuk mencegah adanya penyakit jantung serta berbagai masalah yang menyerang jantung lainnya. Maka dari itu dengan adanya perpaduan kandungan yang sangat baik tersebut di dalam ikan asin di tambah dengan omega 3 bisa membantu untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi ikan asin secara teratur di percaya dapat Mencegah Penyakit Jantung serta mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam ikan asin ternyata juga terkandung vitamin A dengan kadar yang lumayan tinggi. Vitamin A di kenal sangat baik untuk kekebalan dan ketahanan tubuh kita. Kemudian manfaat dari vitamin A juga dapat Menjaga Kesehatan Mata kita. Contohnya seperti mencegah mata minus, mencegah terjadinya katarak, serta mencegah degenerasi makula.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat selanjutnya dari hidangan ikan khas Indonesia ini adalah Menjaga Kesehatan Kulit. Hal ini memiliki kaitan dengan kandungan mineral yang terdapat di dalam ikan asin. Kandungan mineral ini di percaya sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Jenis kandungan di dalam ikan asin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kita selain mineral yaitu selenium, vitamin E, asam lemak esensial sampai omega 3. Kemudian kita juga akan merasa lebih terlindungi dari paparan teriknya sinar ultraviolet dari matahari jika rajin mengonsumsi ikan asin. Tidak hanya itu, kandungan ini juga dapat mencegah serta mengurangi risiko terkena kanker kulit yang di akibatkan adanya radiasi UV.

7. Membantu Pembentukan Pada Otot

Ikan asin juga mengandung protein dengan kadar yang cukup tinggi yakni mencapai 42 gram protein di dalam 100 gramnya. Protein di dalam ikan asin ini di anggap sangat berguna untuk Membantu Pembentukan Pada Otot apalagi jika kamu sedang menjalani program untuk membentuk otot. Akan tetapi perlu di ingat bahwa kita tidak boleh memakan ikan asin dengan sering karena kandungan garamnya yang cukup tinggi.

8. Sumber Energi

Di dalam 100 gram ikan asin yang kering terntara dapat memberikan energi bagi tubuh kita dengan kadar 193 kkal. Hal inilah yang di nilai dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan Sumber Energi Tubuh. Apalagi bila di kombinasikan dengan makanan lainnya yang mempunyai nilai gizi yang tinggi,

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini ialah konsumsilah ikan asin dengan seimbang dan jangan sampai berlebihan. Kita di rekomendasikan untuk tetap berhati-hati dan mengontrol ikan asin yang kita makan. Hal ini di karenakan ikan asin mengandung garam yang cukup tinggi kadarnya. Ingatlah bahwa mengonsumsi ikan asin secara berlebihan dapat menyebabkan masalah dalam kesehatan jantung, memicu tekanan darah yang tinggi serta pembengkakan pada organ tubuh. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai Manfaat Ikan Asin.