Fakta Menarik Maroko Yang Memiliki Kota Unik

Fakta Menarik Maroko Yang Memiliki Kota Unik
Fakta Menarik Maroko Yang Memiliki Kota Unik
Fakta Menarik Maroko Yang Memiliki Kota Unik

Fakta Menarik Maroko Sangat Banyak Dan Unik Mulai Dari Makanan, Kultural Hingga Pariwisata Yang Sangat Menarik. Maroko merupakan negara yang terletak di Afrika Utara dan berdiri sejak tahun 788 M dan telah di perintah oleh banyak dinasti sebelumnya. Dinasti yang berkuasa saat ini adalah dinasti Alaouite yang mendapatkan kekuasaan sejak tahun 1631. Seluruh kota, Istana, masjid, benteng, serta bangunan lainnya di dirikan di penjuru negara Maroko saat dinasti ini berkuasa. Kemudian banyak di antara bangunan Maroko yang di sebut sebagai keajaiban arsitektur. Maroko juga di sebut-sebut sebagai pusat cendekiawan Islam dan kebudayaan dunia Islam pada abad pertengahan. Dari berbagai daerah di Arab akan berkumpul di Maroko untuk berdiskusi mengenai sains dan juga agama. Oleh karena itulah negara ini sering di kaitkan dengan budaya dan sejarah yang sangat kaya sehingga menjadikannya tempat yang sangat cocok untuk di kunjungi.

Negara Maroko terletak di Benua Afrika tepatnya di bagian barat laut dengan garis pantai yang terbentang dari Samudra Atlantik sampai ke laut tengah. Garis pantai tersebut juga melewati selat Gibraltar. Sedangkan Ibukota Maroko merupakan Rabat dan kota besarnya bernama Casablanca. Kemudian Maroko juga memiliki bendera kebangsaan mereka yang di dominasi oleh warna merah. Lalu terdapat juga gambar bintang lima dengan sudutnya yang warna hijau di bagian tengah bendera. Sementara lambang negara Maroko yaitu bintang yang hijau dengan lima sudutnya yang berwarna sama serta latar belakangnya yang juga berwarna merah. Terdapat juga matahari terbit dan pegunungan atlas yang di apit oleh dua singa. Lambang negara tersebut juga memiliki tulisan berbahasa Arab yang berarti “Jika kita memuliakan Tuhan, Tuhan akan memuliakan kita”. Sedangkan bahasa konstitusi negara mereka adalah Arab, Amazigh dan Prancis.

Penasaran dengan Fakta Menarik Maroko yang sangat unik? Simak penjelasannya berikut ini.

Fakta Menarik Maroko Yang Sangat Unik

1. Berbatasan Dengan Eropa

Negara Maroko terletak di Benua Afrika bagian Utara dan negara ini Berbatasan Dengan Eropa. Negara ini tepat berbatasan secara langsung dengan Negara Spanyol dan berada di seberang Selat Gibraltar. Sementara di bagian Tenggara dan Timur, Negara Maroko berbatasan dengan Aljazair. Lalu di bagian Selatan berbatasan dengan Sahara Barat dan Samudra Atlantik di bagian Barat. Maroko juga berbatasan di sebelah utara dengan Laut Mediterania. Kemudian di Negara Maroko juga terdapat deretan pegunungan yang indah. Pegunungan Atlas merupakan pegunungan yang paling besar dan kemudian mengular dari pusat negara ini hingga ke arah Selatan. Terdapat juga pegunungan Rif yang berada di utara Maroko.

2. Memiliki Nama Lain

Apabila kita mengikuti Piala Dunia di tahun 2022, kita pasti tidak asing dengan slogan timnas Maroko yakni Dima Maghrib. Kata dima berarti selamanya, sementara kata maghrib merujuk kepada negara Maroko. Seperti yang kita ketahui bahwa kata maghrib di dalam bahasa Arab artinya matahari yang terbenam. Hal ini merujuk kepada wilayah Afrika Barat Laut yang meliputi Aljazair, Tunisia, Libya serta Mauritania. Mengapa kata Maghrib mengarah ke Negara Maroko? Hal ini di karenakan Negara Maroko Memiliki Nama Lain yakni Al-Mamlakah al-Maghribiyyah. Nama lain dari Maroko ini adalah nama resmi negara Maroko di dalam Bahasa Arab.

3. Etnis Dan Agama

Masyarakat Maroko memiliki Etnis Dan Agama yang beragam. Penduduk Negara Maroko di dominasi oleh etnis Imazighen dan Arab serta campuran dari kedua etnis tersebut. Kemudian terdapat juga Suku Berber yang adalah etnis asli dari kawasan Afrika Utara tepatnya di bagian timur Lembah Nil. Kemudian karena wilayahnya yang berbatasan dengan negara Spanyol, di Maroko juga terdapat masyarakat yang merupakan keturunan dari pengungsi yang berasal dari Spanyol. Mereka dulunya pernah melarikan diri dari Reconquista dan Afrika sub-Sahara. Kemudian mayoritas penduduk Maroko memeluk agama Islam dan Islam adalah agama yang resmi di negara tersebut.

4. Iklim Di Maroko

Iklim Di Maroko di dominasi oleh Iklim Mediterania. Maka dari itu negara ini mempunyai dua musim yaitu musim dingin yang sedikit basah dan musim panas yang terik dan kering. Musim hujan di negara ini juga biasanya berlangsung dari bulan Oktober hingga April.

5. Kedekatan Dengan Indonesia

Ternyata Negara Maroko yang berada jauh dari Indonesia ini memiliki hubungan Kedekatan Dengan Indonesia. Hubungan kedekatan tersebut berawal dari presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno. Cerita akan kedekatan Maroko dan Indonesia di mulai dari keakraban antara Soekarno dan Raja Maroko Mohammed V pada tahun 1960. Karena kedekatan kedua negara ini, terdapat satu nama jalan khusus yang di buat oleh Raja Mohammed V yaitu sharia-Al-Rais Ahmed Soekarno. Sekarang nama tersebut telah berubah menjadi Rue Soekarno. Sementara di Jakarta juga terdapat nama jalan Casablanca yang terinspirasi dari nama kota besar di Maroko.

6. Destinasi Wisata

Di Negara Maroko terdapat banyak Destinasi Wisata yang sangat menarik wisatawan. Keindahan alam dan kekayaan budaya yang terdapat di negara ini menjadi daya tarik para wisatawan untuk menjadikan negara ini sebagai destinasi wisata. Satu di antara banyaknya destinasi wisata di negara ini adalah Kota Azilal yang berada di tengah Gunung Atlas. Kota ini akan menawarkan keindahan alam yang sangat indah dan memukau setiap orang yang berkunjung kesana. Kemudian terdapat juga Kota Casablanca yang merupakan kota besar atau metropolitan di negara Maroko yang sangat menarik dengan banyaknya infrastruktur modern di dalamnya. Tidak hanya itu, terdapat juga Daftar Warisan Dunia UNESCO, di mana para turis akan mengunjungi El Jadida. El Jadida merupakan kota yang di zaman dahulu di sebut dengan Mazagan dan telah ada sejak abad ke-16. Di kota ini terdapat bangunan dengan arsitektur yang sangat indah hasil perpaduan dari budaya Eropa dan Maroko.

7. Resort Ski Tertinggi Di Dunia

Ternyata Maroko yang terletak di Benua Afrika ini memiliki Resoer Ski Tertinggi Di Dunia. Resort ini berada di pegunungan Atlas dan berjarak 80 kilometer dari Marrakesh. Tempat ini juga mempunyai ketinggian yang mencapai 2.600 meter di atas permukaan laut.

8. Kota Merah Dan Kota Biru Di Maroko

Terdapat Kota Merah Dan Kota Biru Di Maroko. Kota Merah ternyata merupakan sebutan dari Kota Marrakesh karena bahan dasar dari bangunan di kota tersebut. Khususnya di wilayah kota lama yang di kenal juga dnegan sebutan medina. Di pemukiman medina ini juga terdapat benteng dan bangunan yang sangat unik karena di bangun dengan tanah liat. Pada kota ini, kita dapat menyaksikan panorama dari Kota Merah baik dengan naik kereta kuda maupun berjalan kaki.

Kemudian selain terdapat Kota Merah, terdapat pula Kota Biru yang berada di Kota Chefchaouen. Sebutan Kota Biru tersebut ini timbul karena adanya pemukiman yang di dominasi oleh warna biru sehingga tampilan kota secara menyeluruh berwarna biru. Kemudian Kota Biru ini juga sangat cocok untuk para turis yang suka berjalan kaki untuk menikmati keindahan kota. Hal ini di karenakan kota ini memiliki letak geografis yang cukup unik. Kemudian kita juga dapat mendaki di beberapa jalur pegunungan yang terdapat di daerah ini.

Itu dia beberapa Fakta Menarik Maroko yang memiliki banyak keunikan di dalamnya. Semoga semakin menambah pengetahuan kita mengenai Fakta Menarik Maroko.