Ban Motor Menggunakan Velg Palang Vs Jari-Jari

Ban Motor Menggunakan Velg Palang Vs Jari-Jari
Ban Motor Menggunakan Velg Palang Vs Jari-Jari
Ban Motor Menggunakan Velg Palang Vs Jari-Jari

Ban Motor Merupakan Aspek Penting Pada Kendaraan Karena Tanpa Kehadirannya, Motor Dengan Mesin Terbaik Sekalipun Tidak Dapat Bergerak. Umumnya di sebut sebagai kaki kaki, yang mana bagian kaki kaki pada kendaraan roda dua terdiri dari beberapa parts lainnya. Mulai dari roda itu sendiri, suspensi, hingga komponen pendukung seperti swing arm. Pada roda, terdapat beberapa bagian lain lagi, yaitu ban (ban luar – ban dalam, ataupun tubeless) dan velg. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih spesifik tentang kaki kaki motor. Lebih tepatnya part Velg motor, yang mana terdapat dua jenis velg yang umum di gunakan oleh pengendara. Seperti yang kita ketahui, velg jari jari dan velg palang sering di gunakan pada motor jalan raya. Dan pastinya pada motor standar, velg sudah terpasang dari pabrik baik itu jari jari maupun palang. Namun, terdapat perbedaan selera pada pengguna kendaraan roda dua ini.

Pasalnya, sering di jumpai kendaraan roda dua ini yang sedari pabriknya menggunakan velg palang lalu di modifikasi menjadi velg jari jari. Begitupun sebaliknya, motor standar keluaran pabrik yang di ketahui menggunakan velg jari jari, di ubah menjadi velg palang. Meskipun kemungkinan kedua sangat jarang terjadi, namun aksi modifikasi seperti ini sangat umum di lakukan. Jika di tanya tentang alasannya, rata – rata pengendara memilih modif dengan alasan utama yaitu estetika. Selanjutnya mempertimbangkan gaya berkendara dan kondisi medan yang sering di lalui.

Pertimbangan tersebut memberikan beragam opsi dan pilihan untuk melakukan modifikasi pada kaki kaki kendaraan ini. Banyak bengkel dan pihak ketiga meluncurkan varian hingga jenis velg dengan spesifikasi dengan ketahanannya masing masing. Terlebih, penggunaan velg yang baik dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kelincahan dan ketahanan pada bobot. Maka dari itu, kami akan membahas beberapa hal terkait penggunaan velg palang maupun jari jari pada kendaraan roda dua ini.

Penggunaan Velg Palang Pada Ban Motor Lebih Aman Dari Jari Jari

Velg palang, memiliki panggilan atau sebutan lain di kalangan pecinta otomotif. Mereka biasa menyebut parts ini sebagai velg racing. Hal ini mungkin saja karena penggunaan velg tipe ini lebih sering di gunakan pada kendaraan balap mulai dari roadrace hingga MotoGP. Serta hal ini di perkuat dengan tipe kendaraan sport fairing, touring, street bike hingga naked bike ntah itu sport atau yang biasa. Keseluruhan tipe ini umumnya memakai tipe velg palang yang menjadikannya lebih di kenal dengan tipe velg racing. Namun, tak sedikit juga yang menyatakan bahwa Penggunaan Velg Palang Pada Ban Motor Lebih Aman Dari Jari Jari. Hal ini merupakan pernyataan yang benar jika penggunaanya yang tepat. Dan menjadi pernyataan yang salah jika pemaknaannya yang tidak tepat juga.

Penggunaan velg palang akan lebih aman dan tepat jika mengharapkan kelincahan, manuver serta respon yang cepat selama berkendara. Hal ini di sebabkan velg tipe ini umumnya memiliki bobot yang lebih ringan dari velg jari jari. Sehingga penggunaanya pada jalan raya sangat menjadi keuntungan dan lebih aman karena efek putaran stir yang ringan bermanuver di kemacetan. Maupun memberikan kelincahan dalam hal salip menyalip ketika perjalanan dalam kota maupun perjalanan jauh keluar kota. Dengan penggunaan jalan raya dengan kontur aspal yang rata, maka dari itu velg ini sering terlihat mengaspal bersama ban di sirkuit.

Aspek estetika juga menjadi poin tambahan yang penting untuk di masukkan kedalam tajuk kali ini. Karena umumnya motor dengan tipe racing, dll seperti yang di sebutkan di atas tampil cukup modern dengan kombinasi velg palang. Kesan bersih, modern dan sporty lebih masuk kepada suatu kendaraan jika menggunakan kaki kaki velg tipe palang. Berbicara bersih, velg tipe ini ternyata lebih mudah di bersihkan. Dengan umumnya berjumlah lima hingga delapan memberikan area yang cukup luas di bersihkan dan kemungkinan kotoran menumpuk sangat kecil.

Apa Keunggulan Velg Jari Jari

Meski penggunaan tipe palang cukup di minati pecinta otomotif di Indonesia. Hal ini tentu tak membuat ketenaran velg jari jari menjadi berkurang. Lantas, Apa Keunggulan Velg Jari Jari jika melihat manuver dan bobot yang di berikan velg palang lebih baik daripada jari jari. Memang benar, velg jari jari memiliki bobot yang lebih berat dari tipe palang. Hal tersebut karena tipe velg ini memiliki komponen terpisah antar bagiannya. Komponen tersebut meliputi lingkar velg, jari jari dan tromol. Untuk lingkar velg dan tromol, keduanya di hubungkan dengan jari jari yang di pasangkan. Dan hal inilah alasan mengapa bobot untuk velg saja lebih berat jika di bandingkan dengan velg tipe palang.

Namun, keuntungan yang di berikan dari tipe velg ini juga ga kalah menarik. Dan perlu di ingat, pemilihan untuk menggunakan tipe velg apa harus berdasarkan medan apa yang akan di lewati ketika berkendara. Dengan alasan tersebut, maka pemilihan modifikasi untuk mengganti part velg jari jari ke palang atau sebaliknya berdasarkan kepentingan keselamatan. Kembali ke bahasan keunggulan tipe velg ini. Dengan penggunaan jari jari yang umumnya berjumlah 32 depan dan 40 belakang, memberikan distribusi bobot yang menyeluruh pada ban. Hal ini yang membuat tipe velg ini memiliki ketahanan terhadap tekanan bobot yang berat.

Dengan ketahanannya tersebut, kita dapat melihat penggunaan velg tipe ini pada kendaraan off-road atau motor yang melalui medan tidak rata. Penggunaannya pada motor off-road atau seperti contoh motor trail di karenakan ketahanannya terhadap impak ketika melewati jalanan dan benturan. Desain klasik dan retro yang diberikan, menambah kesan dan value klasik dari motor yang menggunakan tipe velg ini.

Meskipun penggunaannya pada motor semi jalanan, penggunaannya pada motor street maupun motor harian juga sering kita lihat. Dengan mengambil keunggulan dari sifatnya yang fleksibel yang mana mampu menopang berat pengendara maupun barang. Menjadikan tipe velg ini menjadi pilihan untuk penggunaan motor sehari hari.

Pilih Palang Atau Jari Jari

Dengan penjelasan singkat mengenai keunggulan masing masing tipe velg ini. Kami berharap alasan apapun bagi Anda untuk melakukan modifikasi pada velg, harus memperhitungkan unsur keselamatan daripada estetika. Jika berbicara estetika, tentu pilihan velg palang maupun jari jari memberikan opsi estetika yang banyak dan beragam.

Dengan opsi Pilih Palang Atau Jari Jari, tentu pilihan tersebut kembali lagi kepada Anda pecinta otomotif sekalian. Penggunaan velg palang untuk jalanan offroad tentu saja memungkinkan, namun resiko yang di berikan sangat besar. Mengingat medan yang keras dan tidak mulus, meningkatkan resiko velg yang patah. Lain hal jika velg jari jari, kemungkinan terbesar velg jari jari jika menahan beban dan impak yang terlalu besar yaitu kelengkungan.

Pemilihan tipe velg tentu akan berpengaruh serta di pengaruhi terhadap gaya berkendara Anda. Namun pastikan pemilihan yang cocok agar estetika dan fungsinya di gunakan maksimal pada kendaraan Anda terutama Ban Motor.