Akhirnya Timnas Indonesia Masuk Dalam 16 Besar Piala Asia 2023

Akhirnya Timnas Indonesia Masuk Dalam 16 Besar Piala Asia 2023
Akhirnya Timnas Indonesia Masuk Dalam 16 Besar Piala Asia 2023
Akhirnya Timnas Indonesia Masuk Dalam 16 Besar Piala Asia 2023

Akhirnya Timnas Indonesia Masuk Ke Babak 16 Besar Dalam Ajang Piala Asia 2023 Ini Sejarah Baru Bagi Indonesia. Suatu kebanggaan bagi Indonesia bahwasannya tim kebanggan Timnas Indonesia membuat sejarah baru masuk ke dalam babak 16 besar. Dan pencapaian ini merupakan rekor baru bagi pelatih Shin Tae-Yong karena dapat membuat prestasi ini. Hali ini di karenakan hasil dari pertandingan Grup F Kirgistan vs Oman berakhir seri dengan point 1-1 yang di laksanakan pada Kamis ( 25/1/2014) di malam hari. Kirgistan lebih awal mencetak gol yang di buat oleh Muhsen Al Ghassani yang membuat Oman tertinggal. Namun tidak berlangsung lama Oman membalas 1 gol yang di buat oleh Joel Kojo

Tim Garuda Indonesia membawa tim termuda dari semua tim semua yang ikut dalam Piala Asia 2023 ini. Namun itu tidak membuat Garuda Indonesia ini menjadi ciut menghadapi lawan yang akan di hadapi nantinya. Walaupun sebelumnya Indonesia kalah dari Jepang dengan point 1-3. Kemudian keadaan menjadi lebih sulit karena adanya pertandingan Bahrain vs Yordania dan pertandigan ini di menangkan oleh Bahrain. Ini awalnya membuat Indonesia berkecil hati tidak bisa lolos ke babak selanjutnya. Harapan tersisa jika Oman kalah dalam melawan Kirgistan. Namun dalam pertandingan Kirgistan dan Oman dengan point seri menjadi peluang masuknya Tim Indonesia ke babak selanjutnya. Dengan hasil pertandingan itu, Indonesia dapat masuk ke babak selanjutnya dengan peringkat ketiga terbaik.

Masuknya ke babak 16 besar ini. Timnas Indonesia di bilang hanya mendapatkan sebuah keberuntungan. Charis Yulianto membantah pernyataan tersebut, Ia mengatakan keberuntungan itu tidak datang begitu saja. Indonesia juga berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkan keberuntungan itu. Ada penilaian yang di lihat sehingga Indonesia dapat lolos ke babak berikutnya. Atas pencapaian ini sudah membuat bangga bangsa Indonesia karena ini merupakan sejarah baru dalam Piala Asia. Dan akhirnya Timnas Indonesia dapat membuat bangga walaupun belum

Layak Atau Beruntung Akhirnya Timnas Indonesia Masuk Ke 16 Besar?

Banyak yang berspekulasi bahwa Layak Atau Beruntung Akhirnya Timnas Masuk Ke 16 Besar?  Karena di pertandingan sebelumnya dengan melawan Jepang, Indonesia kalah dengan skor 1-3. Tertinggal 2 point banyak yang beranggapan Indonesia memang kalah dan tidak lanjut ke babak selanjutnya. Walaupun Timnas Indonesia berada pada peringkat 142 dunia dan Tinas Jepang berada pada peringkat 19 dunia, ini membuat tetap membuat Timnas Indonesia mengeluarkan semua keahliannya. Hebatnya lagi Indonesia dapat bermain tidak grogi dalam menghadapi Jepang. Namun dengan adanya penilaian karena pertangdingan Kirgistan dan Oman, Kirgistan unggul dan mengakibatkan Oman kalah dalam pertandingan ini.

Prestasi ini membuat Shin Tae-yong merasa bangga kepada pasukannya. Walaupun bisa di bilang performa Timnas Indonesia pada pertandingan sebelumnya kurang memuaskan. Seperti melawan Irak, Indonesia tertinggal 2 point yaitu 3-1. Tapi pada babak pertama Indonesia mampu mengimbanginya dengan point 1-1 dan di babak terakhir Irak mampu mencetak 2 gol yang menyebabkan Indonesia ketinggalan point. Walaupun pada Grup D dalam Piala Asia ini Indonesia di hadapkan dengan lawan yang cukup tangguh. Seperti Jepang ( peringkat 19 dunia ), Irak ( peringkat 61 dunia ), dan Vietnam ( peringkat 100 dunia ). Ini tidak membuat Timnas kita patah semangat.

Ini merupakan prestasi baru bagi Timnas Indonesia kita, karena kita tahu sendiri cabang olahraga sepak bola di negara kita performanya sudah mulai meningkat. Pemerintah sudah mulai memperhatikan kesejahteraan dari para atlit ini. Dan kelengkapan dari fasilitas juga sudah mulai lebih di perhatikan. Seharusnya ini harus sudah berlangsung lama, mengingat atlet ini membawa nama baik Negara Indonesia. Dengan dukungan dari pemerintahan, anggota Timnas dapat lebih matang mempersiapkan segala hal sebelum pertandingan di mulai. Akibatnya penampilan Timnas kita menjadi lebih matang untuk menghadapi lawan yang sangat kuat. Dengan rasa percaya diri yang kuat, stamina yang mantap membuat anggota Timnas mampu dengan tenang menghadapi lawan yang kita tahu sendiri peringkatnya jauh di atas Timnas Indonesia.

Sejarah Baru

Masuknya ke babak 16 besar Piala Asia 2023 merupakan Sejarah Baru bagi Tim Garuda Indonesia. Bagaimana tidak? Pada di ajang terbesar se Asia ini biasanya Indonesia hanya mentok di fase grup dari empat partisipasinya. Ini membuat prestasi baru tercipta dalam cabang olahraga sepak bola ini. Dengan membawa personil tim yang masih muda yaitu rata-rata umur 24 tahun. Karena pemain Indonesia yang kurang jam terbang untuk bermain di ajang Internasional membuat peringkat Timnas Indonesia menjadi tertinggal jauh yakni peringkat 147.

Banyak pengamat sepak bola di seluruh dunia memprediksi bahwa Indonesia tidak dapat masuk ke dalam babak selanjutnya. Mengingat prestasi sebelumnya yang membuat pengamat tersebut berfikir Indonesia tidak mampu unggul dalam Piala Asia kali ini. Namun Indonesia mampu menunjukkan bahwa mereka bisa lanjut ke babak selanjutnya dengan melawam tim dari Irak dan Tim dari Jepang dengan mencetak masing-masing satu gol pada pertandingan tersebut. Serta pada pertandingan melawan Thailand, Indonesia mampu mencetak skor 1-0. Hal ini membuat Timnas Indonesia mempunyai modal untuk mampu masuk ke dalam babak 16 besar.

Salah satu pengamat sepak bola asal Indonesia membenarkan bahwa Timnas Indonesia sekarang jauh lebih baik dari Timnas sebelumnya. Hal ini terlihat dari cara bermain dan rasa percaya diri yang cukup tinggi yang di miliki pemain Indonesia. Pencapaian ini bisa menjadi motivasi untuk pemain muda Indonesia agar dapat terus maju dalam mengharumkan nama bangsa.

Pemain Timnas Indonesia

Shin Tae-yong sebagai pelatih, memilih siapa saja untuk Pemain Timnas Indonesia pada kesempatan Piala Asia 2023 ini. Bukan tanpa alasan, Ia memilih pemain berdasarkan performa dan prestasi yang di raih pada setiap pemain. Kali ini pelatih tersebut memilih pemain muda dengan rataan umur 24 tahun. Pemilihan pemain ini di sampaikan Shin Tae-yong sekaligus dengan nomor punggung yang di gunakan pada setiap pemain. Ia telah memilih 26 pemain untuk tampil pada ajang ini. Karena pada turnamen ini memiliki aturan ketat dalam pemilihan nomor punggung yang di mana setiap pemain hanya boleh memakai nomor punggung 1 – 26.

Nomor punggung 10 di gunakan oleh Egy Maulana Vikri, yang di mana nomor ini di percaya sebagai nomor keramat pada tim ini. Lalu nomor punggung 17 di gunakan oleh Adam Alis, ini merupakan hal baru baginya karena belum pernah memakai nomor ini sebelumnya. Berikut nama – nama pemain Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023 :

Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi, Ernando Hari, Justin Hubner, M. Edo Febriansyah, Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Barggott, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Adam Alis, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Egy Maulana, Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, Ivan Jenner, Hocky Caraka, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, Rafael Struick.

Pemain – pemain ini di pilih oleh pelatih  yaitu Shin Tae-yong dengan alasan yang matang. Ini menyebabkan kita dapat mengatakan pencapaian Akhirnya Timnas Indonesia.