Taman Sari Menjadi Tempat Yang Wajib Di Kunjungi Saat Ke Jogja

Taman Sari
Taman Sari
Taman Sari Menjadi Tempat Yang Wajib Di Kunjungi Saat Ke Jogja

Taman Sari Menjadi Tempat Yang Wajib Di Kunjungi Saat Ke Liburan Ke Jogja Dan Menjadi Destinasi Wisata Yang Menarik. Jogja menjadi salah satu Kota yang ramai di kunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kota ini merupakan salah satu kota yang terkenal dengan tempat wisatanya. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang tak bosan-bosan berkunjung ke kota ini.

Jogja merupakan salah satu kota yang strategis dan juga ramai. Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, kota ini mendapat julukan sebagai kota pelajar. Hal ini di karenakan banyaknya universitas atau perguruan tinggi yang terpusat di kota ini.

Tentunya banyaknya mahasiswa ini juga merupakan salah satu dari wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Kota Jogja sendiri memiliki daya tarik yang unik salah satunya adalah tradisi dan budayanya. Faktanya banyak wisatawan yang mengincar hal tersebut pada saat mengunjungi Kota ini.

Faktanya banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang masih ada di kota ini. Tempat-tempat bersejarah tersebut di lestarikan dan di jadikan sebagai tempat wisata. Yang mana tentunya ini sangat menguntungkan untuk siapa saja. Taman Sari merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang ada di Kota ini.

Nah untuk kmau yang sedang ingin berlibur ke Jogja maka tempat ini wajib ada di wish list tempat yang harus kamu kunjungi. Peninggalan sejarah yang di jadikan destinasi wisata ini memiliki keunikan yang tentunya menarik perhatian semua orang.

Tak heran tempat ini selalu ramai pengunjung mulai dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan banyak juga selebgram atau selebritis yang mengunjungi tempat ini saat berlibur ke Jogja. Pastinya kamu semakin penasaran dengan destinasi wisata satu ini. Untuk kamu yang penasaran, artikel ini akan sangat membantu kamu untuk mencari informasi mulai HTM, jam operasional, dan hal lainnya terkait destinasi wisata bersejarah Taman Sari.

HTM, Jam Operasional, Dan Ketentuan Untuk Masuk

Untuk kamu yang sudah nggak sabar, berikut ini merupakan HTM, jam operasional, dan ketentuan untuk masuk. 

Nggak perlu khawatir dengan bugdet kantongmu, untuk masuk ke destinasi wisata ini sangat terjangkau. HTM atau harga tiket masuk ke wisata ini hanya Rp. 10.000/orang anak-anak dan Rp 15.000/orang dewasa untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan asing di kenakan HTM sebesar Rp. 20.000/orang anak-anak dan Rp. 25.000/orang dewasa. Selain itu ada juga paket tour mengelilingi taman sari dengan harga Rp. 275.000. Pastinya kamu nggak akan rugi karena taman sari menyajikan berbagai spot yang menarik serta pengetahuan sejarah yang akan kamu dapatkan.

Jam operasional taman sari sendiri buka dari hari Senin hingga Minggu dari jam 9.00 – 15.00. Pastikan kamu kesana sebelum sore ya. Untuk bisa menikmati setiap spotnya sebaiknya kamu mengunjungi tempat ini di pagi hari agar panas matahari tidak terlalu terik. Dengan begitu kamu akan mendapatkan hasil foto yang bagus di setiap sudut tempat ini.

Cara masuknya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membeli tiket di loket masuk. Setelah itu akan di cek karcis oleh petugas yang ada. Namun sayangnya untuk memasuki temoat wisata bersejarah ini kamu tidak di perkenankan membawa kamera digital. Nantinya setelah pengecekan tiket akan ada pengecekan barang bawaan yang di bawa oleh pengunjung yang memasuki tempat wisata ini.

Setelah memasuki kawasan wisata taman sari, kamu bisa berjalan-jalan dan mengambil foto di setiap sudutnya. Nantinya akan ada guide yang akan memandu perjalananmu mengelingingi tempat wisata ini. Namun jika kamu memilih paket tour wisata maka sudah termasuk dengan tour guide. Tour guide tidak hanya memandu untuk mengelilingi tempat wisata ini namun juga akan menceritakan sejarah-sejarah dari tiap sudut di tempat wisata ini.

Cerita Sejarah Tempat Wisata Taman Sari

Tentunya peninggalan sejarah ini memiliki cerita dan makna-makna tersendiri saat di gunakan pada masa kerjaan. Secara umum, tempat ini terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya adalah bagian sakral, bagian kolam, dan bagian pulau kenanga. Faktanya setiap bagian ini memiliki makna tersendiri.

Untuk kamu yang penasaran dengan cerita sejarah tempat wisata taman sari simak terus artikel ini ya.

Taman sari memiliki arti taman yang indah. Bangunan ini di bangun pada tahun 1757 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Nama taman sari di ambil dari tempatnya yang mana merupakan taman air yang sangat indah mempesona.

Bangunan arsitektur dari taman sari merupakan perpaduan dari gaya arsitektur Jawa dan Portugis. Dapat di lihat bangunan ini terlihat seperti bangunan di Eropa. Pastinya sangat menarik bukan, perpaduan bangunan Portugis dengan makna-makna Jawa yang terkandung di dalamnya.

Taman sari merupakan salah satu pesanggrahan untuk keluarga raja keraton Yogyakarta. Terdapat pesanggrahan lain seperti Warung Boto, Manukberi, Ambarukmo, dan Ambarbinangun. Pesanggarahan ini berfungsi sebagai tempat bersemedi oleh raja keraton. Tak hanya itu, tempat pesanggrahan ini juga berfungsi sebagai tempat pertahanan.

Berdasarkan sejarah Dinas Kebudayaan DIY, taman sari di gunakan sebagai perlindungan saat adanya musuh. Terdapat jalan bawah tanah yang dapat di gunakan untuk bersembunyi. Jalan bawah tanah tersebut juga dapat di gunakan untuk menenggalamkan musuh.

Selain itu, terdapat bangunan kolam yang di gunakan oleh para keluarga kerjaan untuk mandi. Disini juga terdapat bangunan untuk melihat selir-selir raja kerajaan pada saat mandi.

Bagian Dan Tempat Sakral Yang Berada Di Kawasan Wisata

Sebagaimana cerita sejarahnya, tentunya terdapat tempat-tempat sakral pada masa kerjaan. Faktanya tempat tersebut masih di sakralkan hingga saat ini. Bagian dan tempat sakral yang berada di kawasan wisata taman sari di antaranya adalah di bawah ini

  • Bagian Tempat Sakral, tempat sakral kawasan wisata ini dahulunya adalah tempat bertapa atau tempat semedi Raja dan keluarganya. Tempat sakral ini berupa sebuah bangunan yang sedikit terpisah dan menyendiri.
  • Bagian Kolam Pemandian, bagian kolam dahulunya di gunakan sebagai tempat mandi keluarga kerajaan. Terdapat 2 bagian kolam sehingga terlihat bangunan kolam yang bertingkat. Terdapat juga pancuran di tengah kolam yang berbentuk bintang. Selain itu terdapat juga bangunan pot di dalam kolam.
  • Bagian Pulau Kenanga, bagian ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu pulau kenangan dan cemeti yang dahulunya di gunakan sebagai tempat istirahat. Bangunan ini terlihat seperti bangunan yang menjulang tinggi. Sedangkan sumur gemuling berfungsi sebagai tempat sholat. Bangunan ini berbentuk lubang lingkar seperti sumur yang terdapat ruangan di dalamnya. Tak hanya itu, ada juga lorong rahasia yang menghubungkan tempat ini dengan keraton.

Wah sangat menarik sekali berwisata sekaligus mengenal sejarah dari tempat wisata yang kamu kunjungi. Nggak perlu ragu lagi untuk mengunjungi tempat ini karena pastinya kamu akan mendapatkan banyak menemukan keunikan-keunikan. Selain itu bangunan yang estetik juga akan membuat hasil fotomu semakin kece.

Oleh karena itu tempat yang wajib kamu kunjungi pada saat wisata ke Jogja adalah Taman Sari.