Olahraga Renang Dapat Menambah Tinggi Badan, Benarkah?

Olahraga Renang Dapat Menambah Tinggi Badan, Benarkah?
Olahraga Renang Dapat Menambah Tinggi Badan, Benarkah?
Olahraga Renang Dapat Menambah Tinggi Badan, Benarkah?

Olahraga Renang Merupakan Kegiatan Olah Fisik Sekaligus Rekreasi Yang Menyenangkan Bagi Seluruh Kalangan Usia. Bagi pemula atau usia anak anak, teknik pernapasan penting untuk di perhatikan sebelum memulai kegiatan ini. Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga apapun demi menghindari cedera yang tak di inginkan. Cedera yang terjadi di kolam tentu tidak di inginkan bagi siapapun. Karena hal ini dapat merepotkan dari sisi pertolongan pertamanya hingga penyembuhan yang di lakukan setelah cedera terjadi. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan pelatihan pernapasan. Fokus pada pernapasan karena hal ini merupakan poin penting ketika melakukan renang. Tentu bagi Anda yang jarang atau pemula dalam melakukannya, perlu adaptasi dalam waktu tertentu. Pada proses adaptasi ini, kami sarankan Anda melakukan pelatihan pernapasan di luar air terlebih dahulu. Setelah di rasa cukup, Anda dapat memasuki area kolam dengan memulai di perairan yang dangkal atau di sudut tepi kolam. Lakukan kembali teknik pernapasan sebelum Anda melakukan renang.

Hal ini bertujuan untuk memberikan ritme atau tempo bagaiaman dan kapan Anda harus mengambil dan membuang napas Anda ketika nantinya melakukan olahraga ini. Pelajari teknik dasar dalam melakukan renang, sesuaikan dengan seperti pergerakan tangan dan kaki. Setelah adaptasi diri dengan lingkungan sekitar kolam berjalan dengan baik tanpa ada rasa cedera ringan. Kemudian dapat di lanjutkan dengan melakukan renang teknik dasar dengan mengkombinasikan gerakan kaki, tangan hingga pengaturan pernapasan.

Pada tahapan ini, Anda dapat melakukan olahraga ini senyaman diri Anda. Pastikan tubuh Anda rileks dan kunci dari olahraga ini adalah rasa tenang ketika memasuki air. Santai dan tenang merupakan bagian pengendalian diri ketika renang karena jika Anda panik maka gerakan yang membuang energi akan lebih sering di lakukan. Tentu hal ini akan menguras energi berlebih dan membuat stamina lebih terkuras. Yang mana seharusnya renang bisa menjadi olahraga untuk menyegarkan tubuh.

Hubungan Olahraga Renang Dengan Tinggi Badan

Sejatinya, setiap olahraga dapat memberikan kebugaran dan kesehatan pada tubuh serta peningkatan stamina dan massa otot jika di lakukan secara rutin. Namun, banyak yang beranggapan olahraga ini dapat menambah tinggi badan. Lantas, apa Hubungan Olahraga Renang Dengan Tinggi Badan. Sejauh ini, belum ada penelitian tentang hubungan olahraga ini dengan tinggi badan seseorang. Namun, banyak orangtua yang membiasakan atau merekomendasikan kepada anak anak mereka untuk berenang dalam upaya menambah tinggi badan. Namun, jika hal ini di lakukan sejak usia dini maka upaya mempercepat pertumbuhan tinggi badan seorang anak akan optimal. Olahraga lain yang di percaya mampu menambah tinggi badan yaitu olahraga skipping atau lompat tali.

Yang juga sebenarnya olahraga ini tidak terlalu signifikan dalam menambah tinggi badan. Sama seperti olahraga lainnya, baik skipping atau renang dapat memperkuat tulang sehingga pertumbuhannya optimal. Asupan nutrisi juga sangat berpengaruh dalam hal menambah tinggi badan. Dengan melakukan kegiatan ini dan tentu saja di barengi dengan asupan nutrisi serta penjadwalan istirahat dan latihan yang rutin tentu akan memberikan dampak baik bagi tubuh. Di tambah, dengan berenang maka hormon dalam tubuh akan melepas zat yang mendukung tinggi badan seseorang.

Dapat di lihat dan di rasakan juga, otot otot yang di pakai dalam kegiatan berenang ternyata melibatkan hampir seluruh otot dalam tubuh. Sehingga hal ini dapat berpengaruh dengan massa dan panjang otot yang bertambah ketika kegiatan ini rutin di lakukan. Maka dari itu, renang dapat meningkatkan fungsi otot dan tulang serta melepas energi. Hal ini terjadi karena ketika melakukan gerakan di dalam air, tubuh lebih kesulitan bergerak daripada ketika di daratan.

Postur tubuh yang di bentuk ketika seseorang rutin berenang juga berbeda dengan postur tubuh seseorang yang melakukan olahraga lain. Hal ini terjadi karena seseorang yang rutin berenang berpotensi merubah susuan tulang belakang yang terdorong akibat gravitasi. Sehingga tubuh terlihat sedikit pendek ketika berdiri maupun duduk.

Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Tinggi Badan

Meskipun begitu, tulang belakang seperti ini berkat olahraga renang menjadi lebih kuat karena kontribusinya yang aktif dalam pergerakan selama berenang. Tak hanya itu saja, seperti penjelasan di atas tulang lain di tubuh mengalami peningkatan dari sisi kekuatannya. Hal ini di sebabkan karena umumnya atlet renang atau seseorang yang rutin berenang memiliki tubuh dan massa otot yang lebih padat.

Jika berenang bukan hal yang memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan tinggi seseorang, maka apa saja Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Tinggi Badan seseorang. Jika Anda atau seorang anak sudah memulai melakukan kegiatan berenang demi upaya menambah tinggi badan. Dan kemudian Anda merasa perubahan yang tidak terlalu signifikan, maka Anda perlu memerhatikan beberapa hal ini. Sebab, terdapat faktor lain yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi seseorang.

Yang pertama tentu saja faktor lingkungan dan genetik. Yang mana pada faktor genetik tentu tinggi badan di turunkan oleh orangtua seseorang. Sedangkan untuk faktor lingkungan, ketersediaan nutrisi yang cukup, pola perilaku lingkungan yang menyebabkan stress atau tidak. Hingga paparan sinar matahari yang cukup termasuk kedalam faktor pertumbuhan tulang seseorang. Kedua, asupan nutrisi yang cukup dan seimbang sebagai lanjutan dari faktor lingkungan. Ketersediaan nutrisi hingga support fasilitas kesehatan tentu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang seseorang. Di tambah hal ini di perhatikan sejak seseorang masi berusia balita atau lebih awal lagi, ketika di dalam kandungan. Kemudian yang terakhir adalah jadwal tidur atau istirahat yang cukup. yang mana hal ini dapat berpengaruh bahkan ke tahap metabolisme sehingga pertumbuhan tidak terhambat akibat tubuh yang kurang istirahat.

Jika beberapa faktor tersebut di barengi dengan olahraga yang rutin atau dalam hal ini berenang, maka pertumbuhan tulang dan tinggi badan akan di capai dengan optimal. Seseorang yang aktif bergerak dan menghabiskan waktu dengan berolahraga tentu memiliki daya tahan tubuh dan pertumbuhan yang optimal.

Mitos Atau Fakta

Di karenakan belum ada penelitian lebih lanjut tentang hal ini, maka olahraga yang di percaya dapat menambah tinggi badan ini belum dapat di pastikan kebenarannya. Banyak yang beranggapan hal ini merupakan fakta karena terdapat beberapa bukti yang mereka lihat sendiri khususnya para atlet renang. Namun, tak sedikit juga yang mengatakan hal ini adalah mitos karena berenang memeberikan sedikit kontribusi dalam menambah tinggi badan.

Mitos Atau Fakta, dengan penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa olahraga ini dapat memberikan manfaat. Baik itu dari segi ketahanan tubuh, kebugaran, perbaikan postur, hingga pemadatan massa otot dan tulang. Dan olahraga apapun itu, jika rutin dan barengi dengan asupan nutrisi yang cukup serta faktor faktor yang mendukung pertumbuhan. Maka pertumbuhan tinggi badan akan dapat di rasakan meskipun tidak dengan Olahraga Renang.