3 Hal Yang Harus Di Perhtaikan Dalam Memilih Raket Badminton

3 Hal
3 Hal
3 Hal Yang Harus Di Perhtaikan Dalam Memilih Raket Badminton

3 Hal Yang Harus Di Perhtaikan Dalam Memilih Raket Badminton Agar Mendapatkan Permainan Bulu Tangkis Yang Maksimal. Olahraga bulu tangkis menjadi permainan seru dan menyenangkan untuk di lakukan. Olahraga ringan ini banyak di lakukan di waktu sore hari sebagai aktivitas yang menarik. Banyak sekali yang menyukai dan memfavoritekan olahraga satu ini. Mulai dari anak-anak hingga orang tua gemar melakukan permainan olahraga yang menyenangkan satu ini. Tentunya kamu juga menjadi salah satu orang yang tertarik dengan olahraga ini.

Bulu tangkis terkenal dengan caranya yang mudah dan murah. Hanya membutukan raket dan kok saja, olahraga ini dapat di lakukan di mana saja. Tak jarang di temukan orang-orang desa melakukan aktivitas olahraga ini di halaman rumah atau lapangan desa. Pastinya olahraga ini sangat seru dan menyenangkan di lakukan bersama dengan kerabat dan keluarga. Tak hanya itu saja, aktivitas ini juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Gerakan badminton yang ringan tak terasa dapat mengeluarkan keringat racun-racun tubuh. Olahraga menyenangkan ini juga di percaya dapat menyehatkan jantung.

Tentunya raket yang baik akan memberikan permainan yang baik pula. Dengan menggunakan raket yang optimal tentu kamu akan mendapatkan skil bermain yang maksimal. 3 Hal di bawah ini perlu di perhatikan sebelum kamu membeli raket untuk bermain badminton. Maka dari itu, jangan kemana-mana simak terus artikel ini karena akan memberika informasi mengenai cara memilih raket badminton.

Pemilihan raket menjadi hal yang penting untuk di lakukan. Raket menjadi alat permainan yang penting pada saat bermain bulu tangkis. Oleh karena itu nggak boleh sembarangan dalam memilih penggunaan raket untuk olahraga satu ini. Untuk memilih raket yang baik untuk bulu tangkis kamu perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Di bawah ini merupakan 3 Hal yang harus di perhatikan dalam membeli raket.

Berikut 3 Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Membeli Raket

Berikut 3 Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Membeli Raket yang wajib kamu tahu.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam membeli raket di antaranya adalah pilih berdasarkan dengan gaya permainan yang kamu sukai. Terdapat 4 tipe raket bulu tangkis yang bisa kamu pilih berdasarkan titik keseimbangnya. Dimana titik keseimbangan ini berhubungan dengan gaya bermain yang kamu miliki. 4 tipe raket badminton tersebut meliputi:

  • Tipe raket head light balance, raket ini di gunakan agar mendapatkan gerakan cepat tanggap yang cocok untuk pemula. Tipe raket jenis ini memiliki pusat gravitasi yang dekat dengan gagangnya. Bentuk ini membuat bobot raket menjadi lebih ringan dan mudah untuk di ayunkan. Maka dari itu, tipe raket ini sangat cocok untuk pemula untuk mendapatkan gerakan yang lincah. Namun sayangnya raket dengan tipe ini tidak memiliki kemampuan pukulan smash yang kuat.
  • Even balance, raket ini di gunakan untuk memberikan kemudahan dalam. mengontrol permain. Dimana raket ini bertumpu pada tengah raket. Pada bagian gagang dan kepala raket mempunyai bobot yang sama. Bobot raket yang seimbang dapat membuat kamu mudah dalam melakukan kontrol selama permainan berlangsung.
  • Head heavy balance, raket ini di gunakan untuk memberikan pukulan yang kuat sehingag cocok untuk kamu yang agresif dalam bermain. Raket ini memiliki kepala dengan bobot lebih berat sehingga akan menghasilkan pukulan yang kuat. Namun pada tipe raket ini kurang lincah saat di gunakan bermain.
  • Extra head heavy, raket ini di gunakan untuk kekuatan smash yang sangat besar. Tipe raket ini memilik tingkatan yang lebih kuat di bandingkan dengan head heavy balance. Raket ini umumnya di gunakan oleh profesional yang telah memahami taktik bulu tangkis sehingga mampu memberikan smash yang kuat. Tipe raket ini juga memiliki bobot yang cukup berat sehingga tidak cocok untuk pemula.

Pertimbangkan Bahan Material Raket

Hal kedua yang harsu di pertimbangkan adalah bahan dari pembuatan raket. Tentunya bahan atau material pembuat raket ini sangat berhubungan dengan kekuatan dan keawetan raket. Oleh karena itu kamu Pertimbangkan Bahan Material Raket dengan baik.

Umumnya terdapat 3 bahan atau material yang di gunakan untuk membuat raket. Umumnya raket di buat dari serat karbon. Tak hanya itu saja terdapat juga raket dengan bahan titanium dan alumunium. Bahan dan material ini berhubungan dengan bobot, kekuatan, dan bentuk raket. Berikut merupakan jenis raket berdasarkan bahan atau materialnya.

  • Full carbon, raket full carbon memiliki tampilan yang fleksibel yang mana memberika kemudahan saat di gunakan. Pemula di sarankan menggunakan raket dengan jenis ini. Hal ini juga membuat raket ini banyak di sukai oleh sebagian orang.
  • Alumunium, raket berbahan alumunium banyak di rekomendasikan untuk kamu yang ingin coba-coba. Pasalnya raket jenis ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan tentunya awet. Raket dengan bahan alumunium memiliki kekuatan yang lebih tahan terhadap benturan. Akan tetapi jenis raket ini tidak di sarankan untuk pertandingan atau kompetisi bulu tangkis.
  • Titanium, bahan titanium menjadi bahan raket yang cocok untuk profesional. Raket dengan bahan atau material titanium banyak di gunakan untuk pertandingan bulu tangkis. Raket dari bahan ini terkenal dengan stabilitas dan kekuatan dalam permainan sehingga dapat memaksimalkan permaian bulu tangkis mu.

Karakteristik Dari Setiap Brand Raket

Tak kalah penting yang harus di perhatikan adalah Karakteristik Dari Setiap Brand Raket yang berbeda-beda. Tentunya ada banyak sekali merk raket yang cukup populer dan terkenal. Tak hanya itu saja, beberapa brand atau merk ini juga memiliki harga berbeda yang dapat menjadi sebuah pertimbangan. Maka dari itu kamu bisa memilih raket sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Terdapat banyak sekali merk raket yang ada, di bawah ini merupakan beberapa merk atau brand raket yang dapat kamu pilih.

  • Yonex, brand atau merk yonex tentu sudah nggak asing lagi di telinga mu. Raket badminton dari yonex banyak di kenal dalam oalahraga atau permainan ini. Merk dari jepang ini memiliki berbagai macam koleksi raket yang cocok untuk pemula hingga profesional. Tak hanya itu saja, raket ini juga memiliki beragam tipe raket untuk gaya permainan. Dari segi harga, raket yonex memiliki tingkatan harga yang terjangkau hingga yang mahal.
  • Adidas, merk raket selanjutnya yang tak kalah terkenal adalah adidas. Merk ini telah di lengkapi dengan teknologi yang cukup canggih. Maka dari itu, raket dari adidas memiliki harga yang cukup mahal. Namun tentunya raket dari adidas akan memberikan level bermain yang baik.
  • Mizun, raket dari mizuno terkenal dengan kualitasnya yang cukup bagus dalam permainan. Raket ini banyak di pilih oleh para pemain bulu tangkis profesional karena kualitasnya. Tentunya harga raket ini cukup tinggi.

Pemilihan raket bulu tangkis menjadi hal yang sangat penting untuk di perhatikan. Sebelum membeli raket bulu tangkis, beberapa hal yang harus di perhatikan di antaranya adalah merk, bahan, dan gaya bermain. Tentunya sebelum membeli raket kamu perlu memperhatikan 3 Hal.