3 Daya Tarik Sungai Barito Yang Menjadi Sungai Terpanjang

3 Daya Tarik
3 Daya Tarik
3 Daya Tarik Sungai Barito Yang Menjadi Sungai Terpanjang

3 Daya Tarik Sungai Barito Yang Menjadi Sungai Terpanjang Di Kalimantan Selatan Dengan Pasar Apung Yang Sangat Unik. Kalimantan merupakan pulau yang terkenal dengan suku, adat, dan budayanya yang masih kental. Tak hanya itu saja, pulau ini juga terkenal dengan pesona keindahan alamnya yang sangat asri. Tentunya semua orang akan takjub dengan keindahan alam yang di suguhkan oleh pulau ini. Sungai barito menjadi salah satu destinasi yang wajib banget untuk kamu kunjungi ketika berkunjung ke kalimantan. Pasalnya sungai ini menjadi ikon sekaligus menjadi sungai terpanjang yang ada di Kalimantan Selatan.

Sungai barito merupakan sunga terpanjang dan terbesar yang ada di Indonesia. Pastinya kamu udah nggak asing lagi karena daerah ini terkenal dengan hutan dan perairanya yang cukup besar. Menjadi sungai terbesar dan terpanjang, sungai barito dapat kamu temukan di Kalimantan Selatan yang memiliki hulu di provinsi Kalimantan Tengah. Pastinya kamu sudah bisa membayangkan seberapa besarnya sungai satu ini. Untuk itu jangan kemana-mana simak terus artikel ini sampai akhir agar nggak ketinggalan informasi ya.

Tentunya setelah membaca artikel di atas kamu menjadi sangat penasaran dan tertarik untuk mengunjungi sungai ini. 3 Daya Tarik dari sungai barito akan dengan mudah kamu temukan pada artikel ini. Dengan berbagai daya tarik tersebut, pastinya kamu akan semakin ingin mengunjungi dan menyaksikan secara langsung sungai barito yang menjadi sungai terpanjang dan terlebar di Indonesia ini.

Sungai barito menjadi sungai yang memiliki peran penting bagi masyarakat kalimantan. Sungai terpanjang dan terbesar ini memegang peranan strategis dalam semua aspek kehidupan seperti sosial, ekonomi, maupun budaya. Maka dari itu, untuk kamu yang penasaran simak terus artikel ini karena akan memberikan 3 Daya Tarik keunikan dari sungai barito.

Sebagai Sungai Terpanjang di Indonesia Menjadi Daya Tarik Sungai Barito

Sebagai Sungai Terpanjang di Indonesia Menjadi Daya Tarik Sungai Barito yang tentunya membuat kamu penasaran. Sungai barito menjadi sungai yang wajib banget untuk di kunjungi ketika kamu berkunjung ke Pulau Kalimantan. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, salah satu dari daya tarik sungai barito adalah menjadi sungai terpanjang dan terbesar yang ada di Indonesia. Tentunya kamu menjadi sangat penasaran dengan seberapa besarnya sungai ini. Untuk itu simak baik-baik penjelasan di bawah ini yang menggambarkan luasan sungai barito yang sangat panjang dan luas.

Menjadi sungai terpanjang dan terluas, sungai barito memiliki panjang yang mencapai hingga 909 km. Pastinya sangat panjang sekali bukan. Sungai ini juga menjadi sungai terlebar dengan rata-rata lebar seluas 800 meter. Yang mana di ketahui kedalam sungai barito mencapai 8 meter. Wah tentunya kamu sudah bisa membayangkan betapa luasanya sungai satu ini.

Karena sangat luas, di ketahui sungai barito tersebar ke dalam 10 kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan maupun Kalimantan Tengah. Beberapa daerah yang terlintasi oleh sungai barito di antaranya adalah Banjarmasin, Banjarbaru, Tapin, Balangan, Hulu sungai utara, tengah, maupun selatan. Tak hanya itu saja, sungai barito juga memiliki banyak sekali anak-anak sungai. Anak-anak dari sungai barito di antaranya adalah sungai banjar dan sungai murung.

Sungai barito memiliki peran yang sangat vital bagi kehidupan masyarakat Kalimantan. Bahkan dalam sungai ini terdapat perkampungan yang berdiri di atas sungai ini. Kampung alalak dan kampung kuin menjadi kampung yang berdiri di atas sungai barito yang sekaligus menjadi kampung tertua di Banjarmasin.

Menjadi Jantung Kehidupan Salah Satunya Sebagai Pasar Apung

Daya tarik lain dari sungai barito adalah Menjadi Jantung Kehidupan Salah Satunya Sebagai Pasar Apung. Dimana sungai barito memegang peranan yang sangta vital bagi masyarakat kalimantan terutama masyarakat yang ada di sekitar sungai ini. Sungai barito di gunakan sebagai jalur transportasi utama, tempat tinggal, sumber penghidupan masyarakat sekitar dan juga di jadikan sebagai destinasi wisata.

Pasar apung kuin menjadi salah satu hal yang sangat menarik yang bisa kamu temukan di sini. Pasar apung muara kuin ini merupakan pasar yang sangat unik di Indonesia. Pasalnya berbeda dengan pasar-pasar umumnya, seperti namnaya pasar ini terapung dan berada di atas air. Pasar apung muara kuin juga menjadi pasar tertua yang berumur lebih dari 400 tahun. Tentunya ini menjadi hal yang sangat menarik dengan mengunjungi pasar tertua dan juga terapung.

Selayaknya pasar pada umumnya, terjadi interaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Uniknya para penjual dan pembeli menggunakan perahu sebagai bentuk alat transportasi yang di gunakan. Di sini kamu akan menemukan berbagai bahan yang di jual mulai dari buah-buahan, sayur mayur, hingga keperluan rumah tangga. Pastinya kamu menjadi sangat penasaran dan sangat ingin mengunjungi pasar unik satu ini. Pasar apung muara kuin buka setiap hari pada pukul 05.00 hingga 07.00 WITA.

Tentunya berkunjung ke pasar apung akan menjadi hal seru dan menyenangkan. Berbelanja di atas perahu akan menjadi momen yang tak akan pernah kamu lupakan. Pasar apung muara kuin menjadi daya tarik dari sungai barito yang mampu mengundang perhatian dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Tak hanya itu saja, pasar apung ini juga menjadi simbol dari Kalimantan selatan.

Memiliki Keanekaragaman Hayati Yang Melimpah

Yang tak kalah menarik adalah sungai barito Memiliki Keanekaragaman Hayati Yang Melimpah. Sungai barito yang menjadi sungai terpanjang dan terluas ini menyimpan aneka ragam hayati yang beragam mulai dari hewan hingga tumbuhan. Tak hanya di air saja, daratan dari sungai barito juga menyimpan keanekaragaman hayati yang melimpah.

Sungai barito menjadi habitat dari beraneka ragam satwa air di antaranya adalah berbagai jenis ikan, udang, kepiting, dan biota laut lainnya. Beberapa dari keanekaragaman hayati ini di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar sebagai sumber pangan dan sumber penghasilan. Berbagai jenis ikan yang di manfaatkan di antaranya adalah ikan patin, ikan gabus, ikan nila, dan masih banyak lagi ikan yang ada di sungai ini. Namun tenang saja, masyarakat sekitar sungai ini tetap menjaga kelestarian alam yang ada di sungai ini. Tak hanya itu saja, sungai barito juga menyimpan buaya yang berada di muara. Buaya ini menjadi predator yang menyeimbangkan ekosistem dalam sungai ini.

Pada daerah daratan sungai ini juga menyimpan banyak sekali keanekaragaman hayati. Berbagai flora dan fauna dapat di temukan di dalam hutan-hutan yang ada di sekitar sungai barito. Banyak sekali flora di dalam hutan sungai barito di antaranya adalah jati, ulin, meranti, dan damar. Hutan sungai barito juga menyimpan banyak jenis fauna yang tumbuh dan berkembang di dalamnya. Fauna-fauna yang dapat di temukan di hutan ini adalah orang utan, bekantan, monyet, lutung, dan burung enggang.

Tentunya berbagai keanegaraam hayati di atas sangat menarik untuk di kunjungi. Yang mana tak hanya itu saja, menjadi sungai terpanjang dan memiliki pasar apung menjadi 3 Daya Tarik.