Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Donor Darah
Manfaat Donor Darah
Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh Yang Ternyata Dapat Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kanker. Sering kali donor darah menjadi aktivitas yang rutin di lakukan oleh beberapa orang. Faktanya aktivitas donor ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, pastinya kegiatan ini akan sangat membantu orang-orang yang kekurangan darah di dalam tubuhnya. Tak sedikit orang yang membutuhkan donor darah untuk kesehatan dan keselamatannya. Biasanya orang-orang yang membutuhkan donor adalah orang yang memiliki penyakit anemia, leukimia, atau korban kecelakaan yang kehilangan banyak darah.

Saat ini banyak sekali di temukan tempat tempat untuk melakukan donor darah. Hampir di setiap puskesmas melayani donor darah gratis. Bahkan tak jarang di jumpai beberapa organisasi kampus kini sering mengadakan event donor darah di kampusnya masing-masing. Tentunya hal ini merupakan sebuah apresiasi bentuk kepedulian mereka terhadap sesama.

Banyak sekali Manfaat Donor Darah yang akan di dapatkan oleh si pendonor darah. Mungkin beberapa di antara kamu belum mengetahui dan bertanya-tanya jika melakukan donor darah kamu takut jika tubuhmu akan kekurangan darah. Faktanya melakukan donor darah tidak membuat tubuh menjadi kekurangan darah. Karena setelah melakukan donor darah tubuh akan memproduksi dan menghasilkan sel-sel darah baru.

Oleh karena itu, donor darah tidak akan membuat tubuh kekurangan darah. Malahan tubuh akan terasa lebih segar dan bugar. Di lansir dari sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali memiliki tubuh yang lebih sehat di bandingkan dengan yang tidak melakukan donor darah.

Salah satu dari manfaat jika rutin melakukan donor darah adalah memiliki jantung yang sehat dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Wah pastinya sangat sehat bukan. Tak hanya itu saja, berikut ini merupakan Manfaat Donor Darah yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Berbagai Manfaat Rutin Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, donor darah tidak akan membuat tubuh menjadi lemas karena kekurangan darah. Justru dengan melakukan donor darah secara rutin akan bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan melakukan donor darah maka tubuh akan memproduksi dan menghasilkan sel darah yang baru. Berikut ini merupakan berbagai manfaat rutin donor darah untuk kesehatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin melakukan donor darah dapat menjaga kesehatan jantung pada tubuh manusia. Hal ini di karenakan jantung akan berdetak lebih stabil karena mengalirkan darah. Tentunya sirkulasi peredarah darah di dalam tubuh akan berjalan lancar sehingga akan berdampak pada organ tubuh lainnya.

Jika aliran darah lancar maka akan mengurangi risiko penyumbatan arteri. Di lansir dari penelitian, rutin melakukan donor darah dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 88%.

Meningkatkan Sel Darah Merah

Manfaat dari donor darah berikutnya adalah dapat meningkatkan sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Setelah melakukan donor maka sel darah merah akan berukurang. Untuk mengganti kehilangan sel darah merah tersbeut maka sumsum tulang belakang akan memproduksi sel darah dan hemoglobin baru yang tentunya lebih sehat. Pembentukan darah yang baru secara rutin pastinya membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Donor darah secara rutin dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh. Dengan melakukan donor darah maka akan terjadi pendarahan yang dapat menurunkan kadar kolestrol yang dapat menyebabkan penumpukan di pembuluh darah arteri.

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Salah satu pemicu sel kanker adalah masuknya paparan radikal bebas ke dalam tubuh. Jika terus menumpuk akan menyebabkan penyakit kanker. Donor darah dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker karena dapat meningkatkan kekuatan antioksidan yang ada di dalam tubuh.

Syarat Untuk Mendonorkan Darah

Tentunya donor darah yang di lakukan secar rutin dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun tak semua orang boleh untuk mendonorkan darahnya tersebut. Hal ini di karenakan terdapat faktor-faktor yang menjadi pertimbangan sebelum melakukan donor darah.

Biasanya sebelum melakukan donor darah, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Nantinya kamu akan mengisi formulir yang berisi identitas dan data diri kesehatanmu secara umum. Terdapat juga syarat untuk mendonorkan darah yang harus kamu perhatikan sebelum mendonorkan darahmu untuk orang lain.

Syarat-syarat tersebut di antaranya adalah :

  • Usia 17 – 60 tahun untuk yang baru pertama melakukan donor darah.
  • Sedang dalam kondisi sehat jasmani dan sehat rohani.
  • Memiliki tekanan darah yang normal, yaitu 100/70 – 150/80 mmHg.
  • Suhu badan normal, yaitu 36 – 37 derajat Celcius.
  • Berat badan minimal 45 kg.
  • Memiliki denyut nadi normal, yaitu 50 – 100 denyut/menit.
  • Memiliki kadar hemoglobin normal, yaitu 12,5 – 17 g/dL.
  • Jarak dari donor darah terakhir minimal 3 bulan.
  • Bersedia melakukan donor darah sukarela di buktikan dengan pengisian formulir persetujuan.

Selain syarat di atas, terdapat beberapa kondisi yang harus di perhatikan oleh si pendonor darah di antaranya adalah:

  • Sedang flu atau demam maka tunggu 1 minggu.
  • Mengalami alergi tunggu 1 minggu.
  • Mencabut gigi maka tunggu setelah 5 hari.
  • Melakukan operasi maka tunggu 6 bulan.
  • Menerima transfusi darah maka tunggu 1 tahun.
  • Melakukan tato dan tindik tunggu 1 tahun.
  • Jarak waktu terakhir menyusui 3 bulan.
  • Sembuh dari tifus tunggu 6 bulan.
  • Sembuh dari malaria tunggu 3 tahun.
  • Setelah vaksin tunggu 8 bulan.

Itu dia syarat dan hal yang di perhatikan sebelum melakukan donor darah. Pastikan bahwa tubuh mu benar-benar sehat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Setelah Melakukan Donor Darah

Biasanya setelah selesai melakukan donor darah kamu akan mendapatkan makanan untuk menunjang stamina tubuhmu. Makanan ini pastinya memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu kamu juga akan di beri tahu oleh petugas donor mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh di lakukan setelah melakukan donor darah.

Hal yang perlu di perhatikan setelah melakukan donor darah di antaranya adalah:

  • Istirahat yang cukup, setidaknya 5 jam setelah melakukan donor darah.
  • Tidak melakukan aktivitas yang berat selama 5 jam seteleh melakukan donor darah.
  • Melepas plester bekas suntikan 5 jam setelah melakukan donor darah.
  • Perbanyak asupan air putih.
  • Konsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat, vitamin A, B2, dan C.
  • Tidak merokok setidaknya 2 jam setelah melakukan donor darah.
  • Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein setidaknya 24 jam setelah melakukan donor darah.
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol setidaknya 24 jam setelah melakukan donor darah.

Donor darah merupakan kegiatan sukarela yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Faktanya rutin melakukan donor darah dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung hingga mengurangi risiko terkena penyakit kanker yang mengerikan. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar karena terus memproduksi sel darah. Jangan ragu untuk melakukan donor karena terdapat berbagai Manfaat Donor Darah.