Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Telang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh Kita Karena Mengandung Banyak Zat Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh. Bunga telang di kenal juga dengan nama Clitoria ternatea. Tanaman ini sangat cantik dengan warna ungu dan biru cerah yang khas. Mahkota dari bunga ini juga berbentuk seperti kupu-kupu dan kelopaknya sangat untuk berbentuk seperti corong. Tidak hanya berwarna biru keunguan, terdapat juga bunga telang yang memiliki warna putih. Salah satu jenis tanaman yang cantik ini ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Bunga telang biasanya di gunakan untuk membuat masakan akan menjadi lebih berwarna. Tanaman bunga ini sering di jadikan pewarna alami untuk berbagai makanan maupun minuman yang tetap memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Bunga telang merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah di temukan di Indonesia. Jenis bunga ini telah di jadikan sebagai obat herbal sejak zaman dahulu yang di percaya untuk mengatasi bermacam masalah kesehatan. Selain sebagai obat alami, bunga telang juga dapat menjadi kandungan di dalam skincare, kosmetik, shampoo, sabun, bahkan pakan ternak.

Banyak orang yang belum menyadari akan khasiat yang terdapat di dalam tanaman bunga yang cantik ini. Pasalnya banyak orang yang menganggap bunga ini hanya dapat di jadikan sebagai tanaman hias. Padahal terkandung zat-zat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh di dalam bunga telang. Bunga telang juga kaya akan ternatin atau senyawa antosianin yang terdapat di dalamnya. Terdapat juga kandungan vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C serta senyawa aktif lainnya seperti flavonoid, p-Coumaric acid, kaemphferol, serta delphinidin. Senyawa ini di percaya dapat berperan sebagai antioksidan.

Kita dapat mengonsumsi bunga telang dengan memasukkannya ke dalam makanan maupun minuman kita. Alhasil warna di makanan maupun minuman kita akan menjadi lebih cantik dan lebih berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut merupakan beberapa Manfaat Bunga Telang bagi kesehatan tubuh kita.

1. Bunga Telang Dapat Membantu Memperbaiki Mood

Manfaat pertama yaitu Bunga Telang Dapat Membantu Memperbaiki Mood. Dengan meminum teh bunga telang di yakini dapat memberikan efek penghilang stress sehingga gejala depresi dan kecemasan dapat berkurang. Kemudian meminum teh bunga telang juga akan menyegarkan otak, mempengaruhi emosi yang positif, meningkatkan tingkat energi sehingga kita dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja.

2. Meringankan Gejala Alergi

Selanjutnya bunga telang ternyata juga dapat Meringankan Gejala Alergi. Jenis bunga ini dapat mengurangi produksi zat yang berperan dalam memunculkan peradangan yaitu histamin saat tubuh kita telah terkena alergen atau pemicu alergi.

3. Menurunkan Demam

Bunga telang telah di jadikan sebagai obat herbal sedari dahulu untuk mengatasi nyeri serta Menurunkan Demam yang di sebabkan adanya peradangan di dalam tubuh. Hal ini di karenakan bunga telang memiliki sifat antiradang di dalamnya. Kemudian dengan mengonsumsi teh bunga telang juga dapat menjaaga tubuh kita agar tetap terhidrasi saat kita mengalami demam. Selain itu dengan minum teh bunga telang, asupan cairan kita akan tercukupi dengan baik.

4. Menyamarkan Kerutan

Ternyata bunga telang dapat Menyamarkan Kerutan dan juga menjadi solusi kulit kering melalui adanya produk perawatan kulit yang mengandung bunga telang. Produk perawatan yang mengandung bunga telang ini sangat di percaya dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti menyamarkan kerutan di wajah. Kemudian terdapat juga kandungan antioksidan yang terdapat di dalam bunga telang yang juga akan menghambat tanda-tanda penuaan dini dengan memperbaiki tekstur kulit kita.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Bunga telang juga dapat Mengatasi Rambut Rontok yaitu dengan cara memakai shampoo ataupun conditioner yang memiliki kandungan bunga telang. Pasalnya di dalam bunga telang terdapat zaat Flavonoid yang dapat merangsang pertumbuhan rambut serta mengurangi rambut rontok. Jenis bunga ini pun di ketahui lebih efektif dalam mengatasi kerontokan pada rambut daripada zat minoxidil.

6. Menurunkan Berat Badan

Cobalah untuk meminum teh bunga telang secara rutin jika kamu sedang berusaha untuk Menurunkan Berat Badan. Pasalnya terdapat senyawa ternatin di dalam bunga telang yang mampu meningkatkan pembakaran lemak sekaligus mencegah penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Tidak hanya itu, bunga telang juga di ketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karena itu semakin tinggi tingkat metabolisme pada tubuh, semakin banyak pula kalori yang juga akan di bakar di dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan berat badan kita akan berkurang.

7. Mencegah Pikun

Antosianin dan Flavonoid di dalam bunga telang dapat berkhasiat untuk memperbaiki kerja sel-sel di dalam tubuh termasuk kerja sel saraf di dalam otak. Hal inilah yang dapat membantu kita untuk mencegah datangnya pikun. Kemudian beberapa penelitian juga memaparkan bahwa dengan mencukupi kandungan antioksidan di dalam tubuh kitam konsentrasi dan daya ingat pun akan meningkat. Selanjutnya bunga telang juga dapat berkhasiat untuk meningkatan produksi zat kimia di dalam otak yaitu asetilkolin yang sangat berperan dalam proses mempelajari informasi, menjaga konsentrasi serta mengingat. Oleh karena itu bunga telang dapat Mencegah Pikun.

8. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Senyawa Flavonoid di dalam bunga telang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Flavonoid ternyata bersifat antikanker, antiradang serta antioksidan. Ketiga kandungan ini di ketahui dapat mencegah datangnya efek radikal bebas di dalam tubuh kita. Kemudian Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker juga dapat di lakukan oleh kandungan ini.

9. Meringankan Gejala Depresi

Selain senyawa Flavonoid, di dalam bunga telang juga terdapat asam palmitat yang mirip dengan asam linolenat. Asam linolenat ini merupakan asam lemak omega-3 esensial yang di ketahui dapat mengatur kadar kolesterol di dalam darah kita. Kemudian khasiatnya selanjutnya adalah dapat melindungi sistem saraf pusat kita dari adanya kerusakan. Asam palmitat tersebut berperan sebagai antioksidan yang bekerja sebagai antidepresan yang alami. Hal inilah yang dapat membantu kita dalam Meringankan Gejala Depresi saat meminum teh bunga telang.

10. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Ternyata bunga telang juga berkhasiat untuk Mempercepat Proses Penyembuhan Luka. Pasalnya terdapat kandungan flavonoid glikosida di dalam ekstrak biji bunga telang. Sementara ekstrak bunga telang juga di ketahui mengandung senyawa fonelik. Jenis bunga ini mampu mempercepat proses penyembuhan luka dengan cara di oleskan maupun di minum.

11. Terdapat Kandungan Antioksidan

Manfaat antioksidan yang paling utama adalah untuk melindungi kerja sel-sel yang menyehatkan di dalam tubuh kita. Untuk mencukupi kandungan antioksidan di dalam tubuh, kita dapat meminum air bunga telang. Terdapat penelitian yang memaparkan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat di dalam bunga telang di hasilkan oleh adanya ekstrak metanol di dalamnya. Maka dari itu di dalam bunga telang Terdapat Kandungan Antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh.

12. Meringankan Gejala Asma

Ekstrak dari bunga telang di yakini dapat Meringankan Gejala Asma serta penyakit bronkitis. Hal ini di karenakan terdapat sifat antiasthmatic dan antioksidan yang terdapat di dalam bunga telang. Oleh karena itu konsumsilah teh bunga telang agar gejala asma dapat berkurang.

Itu dia beberapa Manfaat Bunga Telang bagi kesehatan tubuh kita. Rutinlah meminum teh bunga telang agar kita dapat lebih merasakan tubuh yang sehat karena adanya Manfaat Bunga Telang.