Fakta Unik Bhutan, Negara Yang Paling Damai Dan Bahagia

Fakta Unik Bhutan, Negara Yang Paling Damai Dan Bahagia
Fakta Unik Bhutan, Negara Yang Paling Damai Dan Bahagia
Fakta Unik Bhutan, Negara Yang Paling Damai Dan Bahagia

Fakta Unik Bhutan Sangat Banyak Dan Sangat Menarik Untuk Di Ketahui Dan Di Bahas Untuk Menambah Pengetahuan Dan Wawasan. Jika di dunia ini ada sebuah negara yang memperhatikan kebahagiaan rakyatnya, dan masih berada di kawasan Asia. Negara tersebut adalah negara Bhutan, sebuah negara di asia selatan yang bahkan memiliki kementerian kebahagiaan sendiri yang bertugas untuk memperhatikan kebahagiaan rakyatnya. Bhutan bukanlah negara maju, negara ini masih di kategorikan sebagai negara berkembang. Negara Ini juga bukan negara dengan sumber daya alam yang sangat kaya seperti Indonesia misalnya, tapi negara ini bisa dibilang cukup serius dalam memperhatikan warganya. Terbukti ada sebuah survei yang menyebutkan bahwa sekitar 97% warga Bhutan mengaku bahwa hidup mereka bahagia.

Negara Bhutan, adalah sebuah negara kecil yang berada di kawasan Asia Selatan. Negara ini merupakan negara kerajaan, yang karenanya nama resmi dari negara ini adalah kerajaan Bhutan. Secara lokal, negara bhutan di sebut dengan nama Druk Yul yang artinya negara naga atau negeri naga guntur. Itulah kenapa, kita menemukan gambar naga pada bendera nasional dan lambang negaranya. Bhutan adalah salah satu negara yang terkurung daratan, negara ini terletak di lereng pegunungan himalaya timur, antara negara Tiongkok dan India. Struktur geografi Bhutan sebagian besar terdiri atas pegunungan curam dan tinggi, yang saling bersilangan dengan jaringan aliran sungai deras, sehingga membentuk lembah yang dalam. Ketinggian tanahnya berkisar antara 200 hingga 7.000 meter diatas permukaan laut.

Kota Thimphu merupakan ibukota dari negara Bhutan, kota ini juga menjadi kota terbesar dan menjadi pusat politik serta pusat perekonomian dari negara tersebut, kota thimphu memiliki basis pertanian dan peternakan yang dominan, yang menyumbang sekitar 45% dari total pendapatan negara. Kota ini juga menjadi rumah bagi sebagian besar bangunan politik penting dari negara buthan, seperti majelis nasional dan istana kerajaan.

Fakta Unik Bhutan Yang Sangat Menarik

Penasaran dengan Fakta Unik Bhutan Yang Sangat Menarik? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memiliki Banyak Nama Lain

Secara historis Bhutan di kenal dengan Memiliki Banyak Nama Lain, seperti Lho Mon, Lho Tsendejong, Lho Men Khazhi, dan Lho Men Jong. Etimologi nama Bhutan sendiri kemungkinan di turunkan dari bahasa sansekerta dari kata Bhu Uttan yang berarti tanah tinggi. Dalam teori lain, namanya berasal dari kata Bhots Ant yang berarti ujung tibet atau selatan Tibet. Karena wilayahnya yang masih alami dan suasananya yang tenang.

2. Makna Bendera

Desain bendera nasional negara Bhutan terdiri dari latar dengan dua warna utama yaitu kuning dan orange yang di pisahkan dengan garis diagonal. Dengan lambang naga putih yang berada di tengah bendera. Simbolisme dan Makna Bendera Bhutan sebagaimana di nyatakan dalam Undang-Undang Negara Bhutan tahun 2008, adalah, warna kuning menandakan tradisi sipil dan otoritas temporal seperti yang di wujudkan dalam Druk Gyalpo, atau Raja Naga Bhutan, yang pakaian kerajaannya secara tradisional mencakup Kabney atau syal kuning. Warna orange menandakan tradisi spiritual Buddhis, khususnya aliran Drukpa, Kagyu, dan Nyingma.

Sementara simbol naga yang penempatannya di tengah bendera di atas garis pemisah antara dua warna bendera menandakan pentingnya tradisi sipil dan monastik yang sama di kerajaan Druk atau Bhutan dan membangkitkan kekuatan ikatan suci antara penguasa dan rakyat. Warna putih naga menandakan kemurnian pikiran dan batin yang menyatukan semua masyarakat bhutan yang beragam secara etnis dan bahasa. Permata yang di pegang di cakar naga melambangkan kekayaan Bhutan dan keamanan serta perlindungan rakyatnya, sedangkan mulut naga yang menggeram melambangkan komitmen dewa-dewa Bhutan untuk membela Bhutan.

3. Tidak Pernah Di Jajah

Bhutan merupakan salah satu dari segelintir negara yang merdeka sepanjang sejarah mereka. Negara ini Tidak Pernah Di Jajah, di duduki, atau di perintah oleh kekuatan luar. Hal tersebut berkat wilayahnya yang susah untuk di akses dan keputusan serta taktik cerdas yang di gunakan oleh berbagai raja dan guru yang menegosiasikan kesepakatan cerdas dengan inggris ketika mereka memperluas basis mereka di India dan Nepal.

4. Negara Yang Terisolasi Penuh Dari Dunia Luar

Bhutan adalah Negara Yang Terisolasi Penuh Dari Dunia Luar. Negara ini mulai membuka diri pada dunia pada tahun 1970-an. Bhutan secara resmi bergabung dengan PBB pada tahun 1971, dan pada tahun 1974. Meskipun terbatas, media luar di izinkan untuk meliput penobatan raja baru. Sejak itu Bhutan secara perlahan membuka hubungannya dengan dunia. Bhutan adalah salah satu negara terakhir di dunia yang memperkenalkan televisi kepada masyarakatnya. Dalam dorongan untuk memodernisasi Negara Bhutan, Raja Bhutan akhirnya mengizinkan televisi dan akses internet ke negara itu pada tahun 1999. Namun, Raja Bhutan juga memperingatkan bahwa penyalahgunaan televisi dapat merusak tradisi lama mereka.

5. Memiliki Raja Yang Ramah

Raja Bhutan saat ini Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, di kenal memiliki kepribadian yang ramah dan aktif melakukan berbagai upaya kemanusiaan, karena itu dia di juluki sebagai raja rakyat. Warga Bhutan sangat bangga karena Memiliki Raja Yang Ramah dan dapat menjadi panutan oleh banyak rakyatnya. Hal ini juga menjadi salah satu faktor kenapa negara Ini menjadi negara paling Bahagia di Asia.

6. Negara Paling Hijau di Dunia

Bhutan adalah salah satu Negara Paling Hijau Di Dunia. Saat ini, lebih dari 60% wilayah bhutan di tutupi oleh hutan. Hal ini sesuai dengan yang di amanatkan oleh konstitusi negara ini, bahwa setidaknya 60% dari negara harus berada di bawah tutupan hutan. Hal ini juga yang menjadikan Bhutan sebagai satu-satunya negara negatif karbon di dunia, yang berarti negara menyerap lebih banyak karbon dioksida daripada yang di hasilkannya. Bhutan merupakan negara yang aktif dan peduli terhadap isu alam dan lingkungan. Pemerintah Bhutan bahkan mengarahkan perhatiannya secara khusus terhadap pepohonan yang tumbuh di Bhutan. Bahkan pada tahun 2015, Negara Ini memecahkan rekor dunia ketika hanya dalam waktu satu jam masyarakatnya berhasil menanam sebanyak 50.000 pohon.

7. Paling Bahagia Di Asia

Masyarakat Bhutan adalah salah satu masyarakat paling puas atau Paling Bahagia Di Asia dan di dunia. Meskipun begitu, negara ini tidak masuk ke dalam 10 besar negara paling bahagia di dunia karena banyaknya parameter yang di pertimbangkan dalam menghitung indeks tersebut. Sekitar 97% warga Bhutan memeluk agama Buddha dan sangat menerapkan prinsip-prinsip kesederhanaan yang di ajarkan oleh agama mereka.

8. Mengukur Kebahagiaan Nasional Masyarakatnya

Bhutan adalah satu-satunya negara di dunia yang secara resmi Mengukur Kebahagiaan Nasional Masyarakatnya. Negara ini tidak percaya pada Produk Domestik Bruto (PDB) sebagai indikator pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Alih – alih menggunakan PDB, Bhutan memperkenalkan pengukuran lain yang di kenal sebagai kebahagiaan nasional.

Itu dia beberapa Fakta Unik Bhutan yang memiliki banyak keunikan di dalamnya. Semoga semakin menambah pengetahuan kita mengenai Fakta Unik Bhutan.