Cabang Olahraga Catur Dan Fakta Di Baliknya

Cabang Olahraga Catur Dan Fakta Di Baliknya

 

Cabang Olahraga Catur Dan Fakta Di Baliknya
Cabang Olahraga Catur Dan Fakta Di Baliknya

Cabang Olahraga Catur Merupakan Salah Satu Cabang Olahraga Yang Populer Dan Bergengsi Dengan Permainan Yang Sengit. Catur merupakan permainan yang termasuk ke dalam cabang olahraga. Olahraga menurut kamus Oxford merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tenaga dan fisik serta keterampilan dalam permainannya. Kemudian terdapat unsur di mana adanya persaingan di antara setiap tim maupun individu yang berhadapan. Tidak hanya itu, kekuatan otak untuk mengarahkan permainan supaya berjalan dengan lancar juga menjadi salah satu unsur di dalam olahraga.

Zaman dahulu, catur adalah permainan yang di mainkan oleh para bangsawan. Namun sekarang semua orang bisa bermain catur kapanpun dan di manapun sesuka hati. Kemudian olahraga catur adalah olahraga yang murah namun mengandalkan kekuatan otak yang akan menyusun strategi menaklukkan lawan.

Menariknya, catur juga mempunyai bermacam filosofi tergantung dengan kultur di setiap tempat tentang pandangan permainan ini. Terdapat filosofi catur yang terkenal di Indonesia saat ini yaitu filosofi catur Jawa, filosofi catur China, serta filosofi catur Timur-Tengah. Setiap filosofi ini mempunyai berbagai pandangan yang beragam karena perspektif serta budaya setiap daerah yang juga beragam.

Kini, catur telah menjadi permainan populer dan termasuk ke dalam salah satu cabang olahraga. Telah banyak turnamen catur yang di adakan di seluruh dunia. Terdapat organisasi internasional yang menaungi olahraga catur yaitu Federation Internationale des Eches yang di singkat menjadi FIDE. FIDE juga biasa di sebut dengan Federasi Catur Dunia. Sementara itu di Indonesia, organisasi yang menaungi olahraga catur adalah Persatuan Catur Seluruh Indonesia atau yang biasa di sebut dengan PERCASI.

Namun sampai saat ini masih banyak orang yang bertanya apa alasan catur tergolong sebagai salah satu cabang olahraga. Kemudian masih banyak juga yang belum mengetahui manfaat bermain catur. Berikut penjelasan mengenai Cabang Olahraga Catur.

Alasan Catur Termasuk Salah Satu Cabang Olahraga

1. Catur Adalah Permainan Yang Kompetitif

Alasan Catur Termasuk Salah Satu Cabang Olahraga yang pertama yakni Catur Adalah Permainan Yang Kompetitif. Permainan catur bertujuan untuk menaklukkan lawan dengan cara memaksa lawan untuk menyerah dan memakan raja. Setiap strategi harus di pertimbangkan secara matang agar tidak kalah dalam permainan ini. Apabila konsentrasi kita buyar dan telah membuat kesalahan, kemenangan yang hampir kita miliki dapat berbalik hanya dengan satu kejapan mata.

2. Catur Mengharuskan Kebugaran Tubuh

Alasan selanjutnya yaitu Catur Mengharuskan Kebugaran Tubuh. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa kebugaran tubuh sangat di tuntut dalam permainan catur. Kemudian banyak juga yang menganggap catur adalah permainan yang di lakukan hanya dengan duduk serta memindahkan buah catur berulang kali. Padahal jika kita perhatikan, permainan catur sebenarnya melelahkan. Hal ini di karenakan kita harus menyusun strategi selama berjam-jam serta mencari kesalahan dalam permainan lawan. Inilah yang membuat permainan catur terkesan melelahkan juga walaupu hanya duduk saja. Mental yang lelah lama kelamaan akan menjadi kelelahan fisik. Hal ini dapat kita lihat pada pertandingan catur antara para grandmaster yang di selenggarakan selama berjam-jam. Apabila kondisi tubuh kita tidak prima, kita dapat kalah karena fokus kita akan hilang dan terganggu.

3. Catur Punya Peraturan Soal Doping

Catur Punya Peraturan Soal Doping seperti halnya olahraga basket serta sepakbola. Setiap pemain catur yang akan menjadi peserta pertandingan yang resmi akan di tes apakah mengonsumsi obat maupun zat yang akan memberikan keuntungan kompetitif bagi mereka.

4. Catur Membutuhkan Keterampilan

Catur Membutuhkan Keterampilan seperti halnya olahraga lainnya. Contohnya saat pesepakbola yang harus pandai menendang serta mengendalikan bola, pemain catur juga harus mempelajari dengan tekun tentang menyusun strategi. Kemudian pemain catur juga harus mempelajari strategi yang di gunakan para grandmaster, mengingat bagaimana memulai langkah pembuka, dan lain-lain. Pada intinya, kita sangat membutuhkan keterampilan dan strategi yang kuat untuk memenangkan turnamen catur. Kita tidak bisa hanya mengandalkan keberuntungan saat bermain di olahraga catur.

5. Catur Telah Di Akui Sebagai Olahraga

Walaupun tidak ada pertandingan catur dalam olimpiade, Catur Telah Di Akui Sebagai Olahraga oleh Komite Olimpiade. Namun permainan catur di ketahui memiliki olimpiadenya sendiri yang bernama Olimpiad.

6. Catur Memiliki Etika Dan Aturan

Permainan Catur Memiliki Etika Dan Aturan juga di dalamnya. Peraturan ini telah mendapat pengakuan secara internasional. Seperti halnya olahraga lain, catur mempunyai protokol serta aturannya sendiri yang mengarahkan bagaimana cara pemain memperlakukan lawan mainnya. Misalnya seperti sebelum bertanding, para pemain di haruskan untuk menjabat tangan masing-masing. Kemudian mereka di haruskan untuk menyikapi lawannya dengan rasa hormat serta tidak di perbolehkan mengganggu lawan main. Apabila salah satu pemain kalah, pemain catur tidak di perbolehkan hilang kontrol. Contohnya seperti mengacak-acak papan catur setelah ataupun melempar buah catur setelah permainan.

7. Terdapat Sistem Peringkat Dalam Permainan Catur

Terdapat Sistem Perangkat Dalam Permainan Catur bagi para pemainnya yang di buat sejak tahun 1960. Sistem peringkat ini lama kelamaan juga di adopsi oleh cabang olahraga lainnya seperti baseball, American Football, bola basker, golf. Kemudian olahraga rugby serta hoki es juga menerapkan sistem peringkat dalam pertandingannya.

Manfaat Bermain Catur

Permainan catur memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk otak. Berikut merupakan beberapa manfaat dari bermain catur.

1. Membuat Kreativitas Semakin Meningkat

Manfaat pertama dari bermain catur yaitu Membuat Kreativitas Semakin Meningkat. Hal ini di karenakan olahraga catur melatih pikiran kita tentang bagaimana memainkan beragam peran serta beradaptasi dalam permainannya. Kemudian terdapat juga penelitian dari Ebener Joseph yang memaparkan bahwa memainkan catur dapat meningkatkan kreativitas kita. Kesimpulan ini merupakan hasil dari cara peneliti membandingkan antara dua kelompok yaitu kelompok yang bermain catur dan kelompok yang tidak bermain catur.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Meningkatkan Daya Ingat menjadi salah satu manfaat yang di dapat dari permainan catur. Hal ini di karenakan permainan catur yang rumit dan harus kita pahami secara detail. Oleh karena itu dengan bermain catur akan meningkatkan daya ingat kita terhadap langkah-langkah yang telah di tunjukkan oleh lawan. Selanjutnya kita akan menentukan strategi atas langkah yang kita lakukan berikutnya. Pastinya permainan catur juga sangat membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi saat memperhatikan gerak gerik lawan main.

3. Mencegah Pikun

Ternyata apabila kita memainkan catur sejak usia muda hingga masa tua dapat membantu Mencegah Pikun serta mengurangi efek Pikun. Terdapat penelitian yang memaparkan bahwa di temukan bukti yang mengurangi dan mencegah efek pikun atau demensia pada permainan catur. Hal ini di karenakan saat bermain catur kita di tantang untuk terus berpikir dan mengingat bagaimana langkah lawan dan langkah kita.

Itu dia beberapa fakta mengenai Cabang Olahraga Catur. Semoga dapat menambah pengetahuan kita mengenai fakta serta manfaat dari Cabang Olahraga Catur.