Suku Unik Di Indonesia Yang Masih Ada Hingga Saat Ini

Suku Unik
Suku Unik Di Indonesia Yang Masih Ada Hingga Saat Ini

Suku Unik Di Indonesia Yang Masih Ada Hingga Saat Ini Dengan Keberagaman Tradisi Yang Tentunya Sangat Menarik. Indonesia merupakan negara yang sangat terkenal dengan suku dan budaya nya. Negara ini memiliki keberagam suku dan budaya dari sabang sampai merauke. Pastinya negara yang kaya akan kebudayaan ini menjadi terlihat menarik di mata negara lain. Maka tak heran jika Indonesia banyak di lirik oleh negara-negara lain.

Memiliki suku dan budaya yang beragam membuat negara ini memiliki banyak sekali adat dan tradisi yang beragam juga. Setiap daerah memiliki karakteristik masing-masing yang tentunya sangat menarik untuk di ulik. Pastinya akan sangat menyenangkan menelusuri jejak kebudayaan yang ada di Indonesia. Tenang saja, artikel ini akan mengajak kamu mengulik Suku Unik yang terkenal di Indonesia dengan berbagai keragaman yang ada. Dimana faktanya suku ini masih menjalankan tradisi hingga saat ini. Sangat penasaran? simak terus artikel ini sampai akhir ya.

Suku baduy merupakan salah satu suku yang terkenal dengan keunikannya di Indonesia. Suku baduy terbagi menjadi 2 yaitu baduy dalam dan baduy luar. Yang mana kedua jenis suku baduy ini merupakan bagian suku asli dari Sunda. Seperti namanya, suku baduy dalam cenderung tidak mau keluar. Dimana mereka memutuskan untuk mengasingkan diri dari dunia luar. Berbeda dengan suku baduy luar, suku ini cenderung lebih terbuka terhadap lingkungan sekitar. Tentunya perbedaan ini menyebabkan 2 suku ini tidak bersatu lagi. Hal ini menyebabkan suku baduy dalam dan suku baduy luar memiliki aturan yang berbeda. Di ketahui suku baduy dalam masih menjalankan aturan adat istiadat dan tradisi dari para leluhur.

Selain suku baduy, masih banyak lagi suku yang menarik untuk di kulik. Tentunya suku-suku ini memiliki tradisi leluhur yang menarik. Bahkan tradisi tersebut masih di lestarikan hingga saat ini. Penasaran apa saja? berikut merupakan Suku Unik di Indonesia.

Kalimantan Dengan Suku Dayak Yang Sangat Unik

Terkenal dengan keragama suku dan budayanya, tak kalah menarik yang pertama adalah daerah Kalimantan Dengan Suku Dayak Yang Sangat Unik. Kalimantan merupakan salah satu pulau yang berada di Indonesia. Pulau ini berada di tengah Indonesia namun memiliki kehidupan yang cukup tertinggal. Yang mana hingga saat ini sebagian dari pulau ini masih berisikan hutan yang belum terjamah. Tentunya pulau kalimantan menjadi pulau yang sangat menarik untuk di kulik.

Terdapat suku yang terkenal dari daerah ini. Kalimantan memiliki suku penduduk asli yang terkenal dengan suku dayak. Suku ini masih dapat di temukan di beberapa daerah di pedalaman Kalimantan. Kehidupan suku ini masih tradisional dan sangat tertinggal dari aspek apapun terutama informasi global.

Suku daya memiliki keunikan tersendiri dalam adat dan budaya yang di turunkan oleh para nenek moyang. Salah satunya adalah pada cara berpakaian, kehidupan sehari-hari, hingga kegiatan ritual atau upacara pada acara tertentu. Tradisi yang cukup menarik dari suku ini di antaranya adalah dengan memanjangkan telinga oleh penduduknya, Tradisi ini di kenal dengan telinga aruu. Tentunya tradisi memanjangkan telinga ini memiliki arti dan makna tersendiri bagi mereka sesuai dengan ajaran leluhur.

Telinga yang panjang menjadi simbol dari status sosial seseorang. Semakin panjang telinga seseorang maka semakin tinggi pula status sosial yang di milikinya. Tak hanya itu saja, tradisi memanjangkan telingan pada wanita juga di yakini sebagai simbol kecantikan. Dimana semakin panjang telingan seorang wanita maka akan terlihat semakin cantik. Pastinya tradisi ini menjadi ciri khas dan karakteristik tersendiri dari suku dayak di pedalaman Kalimantan yang menarik.

Suku Sasak Dengan Kebudayaan Yang Masih Kental

Suku Sasak Dengan Kebudayaan Yang Masih Kental dapat kamu temukan di Pulau Lombok. Sasak merupakan salah satu suku yang terkenal di Indonesia. Dimana suku ini masih dapat kamu temukan dengan mudah di Lombok. Salah satu suku sasak di lombok yang dapat kamu temukan adalah suku sasak bayan. Suku sasak bayan merupakan suku sasa yang berada dan tinggal di Desa Bayan, Lombok. Tentunya suku ini memiliki banyak sekali tradisi yang unik dan menarik.

Suku sasak menjadi suku asli lombok yang sudah banyak mengenal kemajuan zaman. Namun meskipun demikian, mereka tetap melakukan kegiatan ritual atau tradisi dari para nenek moyang. Suku ini juga terbuka terhadap kemajuan dan perkembangan zaman. Dimana suku ini menjadi suku yang banyak di lirik karena keunikannya.

Meskipun sudah mengenal informasi global, suku sasak bayan ini masih tetap melestarikan adat dan budaya peninggalan nenek moyang. Salah satunya adalah dengan menggunakan pakaian adat ketika sedang melakukan ritual atau upacara. Yang mana pakaian adat ini terdiri dari ikat kepala dan kain songket untuk pria dan kemben serta sarung untuk wanita. Tak hanya itu saja, budaya makan sirih atau yang terkenal dengan nyirih masih di lakukan hingga saat ini oleh suku sasak di desa bayan ini.

Suku ini juga memiliki tradisi Wetu telu yang masih di lakukan hingga saat ini. Tradisi wetu telu merupakan tradisi atau kegiatan yang erat kaitannya dengan filsafat luhur yang di turunkan oleh para nenek moyang. Filsafat ini sudah ada sejak zaman raja Bayan.

Keunikan Suku Buton Dengan Pesona Mata Biru Yang Di Milikinya

Selain berbagai suku unik dengan karakteristik masing-masing yang telah di sebutkan di atas, tak kalah menarik pulau Sulawesi yang terkenal dengan suku buton. Suku buton merupakan suku asli Sulawesi Tenggara yang memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan Suku Buton Dengan Pesona Mata Biru Yang Di Milikinya menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya unik dari segi tradisi saja, suku ini memiliki keunikan penduduknya yang memiliki kornea mata berwarna biru cerah. Namun warna kornea mata biru cerah ini hanya di miliki pada satu mata saja. Sehingga mereka memiliki warna kornea mata yang berbeda antara mata kanan dan kiri. Pastinya kamu sangat penasaran dengan hal ini. Di lansir dari internet, warna biru mata ini di sebabkan karena terdapat sindorm waardenburg. Dimana sindrom ini merupakan mutasi genetik yang dapat mempengaruhi warna kornea mata pada seseorang.

Tak hanya memiliki mata biru saja, suku ini juga memiliki tradisi yang sangat menarik. Tradisi Pedole-dole menjadi tradisi dari suku button yang di lakukan pada balita sebagai imunisasi. Yang mana tradisi ini di lakukan dengan mengguling-gulingnkan balita di atas daun pisang yang telah di beri minyak kelapa. Hal ini sebagai bentuk imunisasi pada balita yang bertujuan untuk mendapatkan daya tubuh yang baik pada anak. Tentunya tradisi ini sangat unik dan menarik yang di miliki oleh suku buton penduduk asli Sulawesi Tenggara ini. Maka tak heran jika suku ini memiliki sebutan sebagai Suku Unik.

Exit mobile version