Museum Danau Toba, Hal Ini Tempat Belajarnya Sejarah Batak

Museum Danau Toba
Museum Danau Toba, Hal Ini Tempat Belajarnya Sejarah Batak

Museum Danau Toba Sejak Lama Tempat Ini Sudah Terkenal Karena Keindahan Alamnya Dan Menjadi Tempat Belajar Para Pengunjung. Namun, terdapat pada danau toba sudah menawarkan sebuah tempat edukasi yaitu berupa museum. Jika anda ke tempat wisata yang satu ini, traveler bukan hanya menikmati danau atau gunung nya yang indah, namun sudah bisa mendatangi atau melihat sebuah museum yang ada di Danau Toba.

Tidak tanggung-tanggung, kini terdapat berbagai museum yang sudah ada di Danau Toba. Seluruh museum yang ada sudah menyuguhkan berbagai pengetahuan terkait dengan masyarakat Batak, di mulai dari sejarah sampai adat istiadatnya. Maka dari itu tempat ini banyak di kunjungi oleh berbagai orang terkhususnya untuk seseorang yang tinggal di Sumatera Utara (Sumut), mereka mengunjungi tempat ini bukan hanya untuk bersantai atau menikmati pemandangan yang indah, namun sebagian orang ingin mendatangi museum ini.

Kini bangsa Indonesia yang merupakan sebuah bangsa besar terdiri dari bermacam ras, suku bangsa, dan juga agama yang beragam. Di setiap daerah sudah pastinya memiliki budaya khasnya yang sangat menarik untuk pemahaman lebih jauh, salah satunya yaitu Suku Batak yang berasal dari Danau Toba. Untuk melestarikan sebuah tradisi suku Batak, maka dari itu kini di bangunlah Museum Danau Toba, adanya wisata ini untuk mengoleksi sebuah benda yang bersejarah bagi suku Batak yang tinggal di sekitaran Danau Toba.

Ternyata pada kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas atau DPSP yang ada di Danau Toba, hal ini memiliki sebuah potensi lain sebagai objek wisata yang bersejarah. Terdapat di sekitarnya ada beberapa museum, yang di mana wisata ini di minati oleh beberapa wisatawan. Yang di mana mereka menyenangi kunjungan ke tempat bersejarah contohnya seperti Museum Danau Toba. Menurut anda ada berapakah museum yang terletak di Danau Toba ini? Jika anda tidak tahu mari simak pembahasan kami sampai habis supaya anda bisa tahu.

Tujuh Museum Yang Berada Di Kawasan Danau Toba

Museum ini sudah banyak di kunjungi oleh masyarakat, karena di dalam museum tersebut kita bisa mempelajari sebuah sejarah dan adat suku Batak. Berikut penjelasan kami mengenai Tujuh Museum Yang Berada Di Kawasan Danau Toba:

Museum Tomok

Seperti pada namanya, Museum ini berada di Desa Tomok, Kabupaten Samosir. Terdapat pada Museum ini sudah di kenal sebagai Museum Batak Tomok. Nah, museum ini tidak ada sulitnya untuk adan temukan, karena museum ini sudah memiliki bangunan yang arsitektur khas rumah adat Batak yaitu Rumah Bolon.

Jika anda ingin mengunjungi museum ini anda harus menyebrang, karena ia terletak di pulau Samosir. Banyak juga wisatawan yang menyebrang ke samosir untuk melihat pemandangan yang indah dan juga bisa berbelanja di pulau itu juga, karena mereka menjual semua pakaian, buah-buahan dan aksesoris tangan.

Museum TB Silalahi

Museum ini di bangun oleh almarhum Letjen (Purn) TNI Dr. Tiopan Bernhard Silalahi pada tanggal 7 Agustus 2006. Titik lokasi museum ini di Jl. DR. TB Silalahi SH No.88 Desa Pagar Batu, di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Terdapat pada museum ini ada dua bangunan, bangunan pertama khusu untuk koleksi barang-barang antik dan barang bersejarah Batak. Sementara bangunan kedua di khusukan untuk para-para sang pendiri. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu saja, supaya anda bisa menjelajah dan juga berkeliling di museum tersebut. Kalian bisa mengunjunginya di hari Selasa-Minggu mulai dari pukul 08.00 – 07.00 WIB.

Museum Pusaka Karo

Pada museum ini di bangun pada 9 Februari 2013, nah pendiri museum ini adalah seorang misionaris dari Belanda, yang bernama Joosten Leonardus Edigius. Hal yang unik terdapat pada museum yaitu bangunanya, yang di mana bangunan museum ini bekas dari Gereja Katolik Santa Maria. Pusaka-pusaka masyarakat yang asli Karo di pampang di dalam museum tersebut. Anda bisa mengunjunginya di Jalan Perwira, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo.

Lanjutan Dari Tujuh Tempat Sejarah Yang Berada Di Kawasan Toba

Nah, pada pembahasan ini kami ingin menjelaskan tentang Lanjutan Dari Tujuh Tempat Sejarah Yang Berada Di Kawasan Toba. Simak terus penjelasan dari kami sampai habis, inilah penjelasan tersebut:

Museum Huta Bolon

Tidak terlalu jauh dari Museum Tomok, terdapat pada lokasi museum ini berada di Desa Simanindo, Kabupaten Samosir. Pada desainnya sudah memiliki bangunan rumah Bolon yang di wariskan seorang Raja Sidauruk yang di mana usianya sudah ratusan tahun. Terdapat di dalamnya sudah di pamerkan berbagai koleksi ulos, alat-alat perang Batak, ada juga peralatan masak tradisional, dan yang lainnya.

Museum Simalungun

Museum ini di bangun pada tahun 1939 dan merupakan salah satu museum tertua di Indonesia. Jika ingin mengunjungi museum ini letaknya di jl. Sudirman, Kec. Siantar Barat, atau Kota P.Siantar. Kini, museum tersebut telah menyimpan koleksi gerabah Simalungun, mata uang, dan dokumen kuno. Dulunya museum ini bernama Rumah Pusaka Simalungun namun namanya di ubah pada tahun 1954 menjadi Museum Simalungun.

Museum Letjen Jamin Ginting

Jadi museum ini di buka pada tanggal 7 September 2013. Museum ini di dirikan oleh Purnomo Yusgiantoro yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan pada tahun 2009 hingga 2014. Pembangunan museum ini merupakan penghormatan khusus kepada Letjen Jamin Gintings di kampung halamannya. Jika anda tertarik untuk berkunjung, anda bisa mengunjunginya di desa Suka yang terletak di Kecamatan Tiga panah, Kabupaten Karo.

Museum Lingga

Kini ada juga museum yang tertua bukan hanya museum Simalungun, museum yang satu ini di bangun sejak bulan Juni 1989. Pada museum ini sudah menyimpan sebuah koleksi etnik Karo, seperti alat musik tradisional, foto-foto, ada juga alat masak, dan sebagiannya. Nama lain yang terdapat pada museum ini adalah Museum Karo Lingga. Jika anda ingin mengunjungi museum ini bisa datang ke Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, terletak di Kabupaten Karo supaya bisa melihat langsung museum tersebut.

Fakta Yang Sangat Menarik Dari Danau Toba

Indonesia kaya akan keindahan terutama di Sumatera Utara, sudah terdapat sebuah keajaiban alam yang sangat menakjubkan dan akan budaya juga, yaitu Danau Toba. Berikut penjelasan mengenai Fakta Yang Sangat Menarik Dari Danau Toba:

Danau Kaldera yang terbesar di dunia

Kini Danau Toba memiliki panjang 100 km, lebarnya 30 km, dana kedalamannya mencapai 505 meter. Maka dari itu, Danau Toba sudah di nobatkan menjadi danau kaldera yang terbesar di dunia. Pada ukuran Danau Toba sangat besar sehingga membuat wisatawan tidak akan bisa sehari saja di sana. Anda harus perlu menyusuri berbagai lokasi yang terdapat di Danau Toba supaya bisa merasakan kenikmatan pada keindahan Danau tersebut.

Bentuk Yang Terjadi Akibat Letusan Gunung Toba

Akibat letusan Gunung Toba, Danau Toba menjadi sangat luas. Letusan pertama terjadi di Gunung Toba sehingga membentuk kaldera di sisi selatan. Letusan kedua terjadi di sisi utara, dan letusan ketiga Gunung Toba sangat besar sehingga Gunung Toba berubah menjadi danau vulkanik bernama Danau Toba. Danau Toba memiliki keunikan di bandingkan danau lain yang ada di Indonesia, pada kedalamannya mencapai 505 meter. Hal ini menempatkannya dalam kategori danau terdalam di dunia.

Ada Lima Pulau Yang Berada Di Tengah Danau

Sebagai danau yang terbesar di dunia, Danau Toba juga memiliki 5 pulau yang sudah ada di tengah-tengahnya. Pulau-pulau ini adalah Pulau Samosir, Pulau Tulas, Pulau Sibandang, Pulau Malau, dan ada Pulau Tolping. Anda juga bisa menjelajahi pulau tersebut saat anda berada di sana supaya bisa merasakan sebuah kehangatan pada masyarakat yang ada di pulau tersebut. bukan hanya itu saja, kini ada danau yang berada di atas Danau Toba, dan juga terdapat banyak air terjun yang berada di sekitaran Danau Toba. Penting untuk di ketahui bahwa tempat tersebut sudah memiliki Museum Danau Toba.

Exit mobile version