Cara Menggunakan Retinol Dan Mengatasi Efek Sampingnya

Cara Menggunakan Retinol Dan Mengatasi Efek Sampingnya
Cara Menggunakan Retinol Dan Mengatasi Efek Sampingnya

Cara Menggunakan Retinol Dan Mengatasi Efek Sampingnya Agar Kamu Tidak Salah Dalam Menggunakan Retinol Pada Kulit. Retinol adalah suatu vitamin A yang baik untuk kulit kita. Retinol banyak di dapati sebagai bahan produk yang di tambahkan ke serum, lotion, salep dan krim wajah. Vitamin ini memiliki efek anti aging dan dapat membantu mengatasi jerawat. Produk kecantikan yang mengandung Retinol banyak di jual dan tersedia tanpa membutuhkan resep dari dokter. Namun jika kamu membeli Retinol di market place kandungannya akan lebih rendah daripada resep dokter yang memiliki kandungan retinoid yang lebih kuat. Retinol dapat meningkatkan produksi dari sel kulit atau proliferasi. Retinol ini dapat membantu membuka pori-pori wajah yang tersumbat akibat polusi dan minyak berlebih.

Ia juga mengganti sel kulit mati dan membantu meningkatkan produksi kolagen di wajah yang bisa mengurangi timbulnya garis halus dan kerutan. Ada banyak jeenis produk retinol yang tersedia, termasuk: Adapalena, Alitretinoin, Bexarotene, Tazarotene dan Tretinoin. Cara Menggunakan Retinol juga cukup mudah di lakukan dan bisa di gunakan siapa saja yang membutuhkan. Retinol mulai bekerja di kulit secepat mungkin, namun kita membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi ketika kita baru pertama kali menggunakan Retinol, wajah kita mungkin akan mengalami pengelupasan atau timbulnya banyak jerawat. Hal ini terjadi karena Retinol mengeluarkan semua toksin dalam kulit, setelah itu kulit akan menjadi bersih dan sehat asal di gunakan dengan cara yang benar. Nah beauty enthusiast, di sini kami akan membagikan bagaimana Cara Menggunakan Retinol dan mengatasi efek samping yang di timbulkannya.

Cara Menggunakan Retinol

Sebelum kamu menggunakan produk yang mengandung retinol untuk pertama kali, kamu bisa mencoba sedikit pada area belakang kuping untuk mengetahui apakah kamu mengalami reaksi negatif atau tidak. Tunggulah selama dua hari apakah menimbulkan kemerahan atau rasa gatal, jika tidak maka Retinol aman di gunakan sebagai rutinitas perawatan wajah kamu. Karena kandungan Retinol bisa mengiritasi kulit kamu, sebaiknya gunakanlah secara perlahan. Setelah uji coba di lakukan, kamu mungkin menggunakan produk Retinol ini setiap beberapa hari sekali sesuai dengan kebutuhan kondisi kulit kamu. Berikut ini Cara Menggunakan Retinol yang bisa kamu coba:

  • Pertama, bersihkan kulit kamu dengan menggunakan pembersih yang lembut dan kemudian tepuk-tepuk sampai kering. Jangan menggosok kulit kamu ketika menggunakan produk-produk retinol.
  • Kedua, oleskan produk retinol tipis-tipis ke seluruh wajah, hati-hati dalam menggoleskannya jangan sampai masuk ke mata, hidung, dan mulut. Kamu harus menggunakan retinol dengan dosis yang rendah dalam beberapa minggu penggunaan pertama. Kemudian gunakan Retinol hanya dua hari sekali atau jangan di gunakan setiap hari.
  • Ketiga, setelah menggunakan Retinol, gunakanlah pelembab wajah yang mengandung bahan noncomedogenic atau tidak menyumbat pori-pori.

 

Efek Samping Retinol & Cara Mengatasi Efek Samping Retinol

Efek Samping Retinol pasti ada, namun sifatnya sementara alias tidak permanen. Hal ini terjadi saat kamu menggunakan produk Retinol untuk pertama kali, karena kulit kamu banyak menggandung toksin. Berikut adalah efek samping yang mungkin akan timbul:

  • Kulit terasa kering dan mengalami iritasi.
  • Ada rasa gatal dan rasa panas seperti terbakar.
  • Kulit menjadi kemerahan, kulit mengelupas, dan kulit bisa menjadi bersisik.
  • Kulit menjadi rentan terhadap sinar matahari, atau kulit wajah bisa terbakar jika berada di bawah sinar matahari.

Efek samping ini akan hilang dengan sendirinya setelah kamu menggunakan Retinol selama mungkin dan toksin yang ada di wajah kamu sudah hilang.

Cara Mengatasi Efek Samping Retinol yang harus kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan produk tersebut.

  • Gunakan hanya satu jenis produk Retinol, jangan mencampur dengan produk Retinol lainnya.
  • Jangan menggunakan produk Retinol setiap hari, tapi gunakanlah dua hari sekali.
  • Tunggulah 30 menit setelah kamu mencuci muka sebelum menggunakan produk retinol pada kulit kamu.
  • Hindari menggunakan Retinol bila kamu mengalami sengatan matahari, kulit wajah pecah-pecah, atau adanya iritasi kulit lain. Maka dari itu Retinol hanya di sarankan untuk di gunakan pada malam hari.
  • Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan gunakan pakaian yang melindungimu dari sinar matahari dan juga topi untuk mencegah terpapar sinar matahari.
  • Tanyakan kepada ahli kesehatan kulit waktu yang paling tepat untuk kamu menggunakan Retinol.

Perbedaan Retinol Dengan Produk Retinol Lainnya

Karena banyaknya produk Retinol yang di jual bebas di pasaran, mungkin sulit untuk menemukan mana yang cocok untuk kondisi kulit kamu. Maka dari itu kami mencari Perbedaan Retinol Dengan Produk Retinol Lainnya yang harus kamu ketahui yaitu:

  • Retinol vs. Vitamin A

Vitamin A merupakan vitamin yang banyak di temukan di berbagai jenis makanan dan juga suplemen yang memiliki berbagai peran penting dalam tubuh kita.Vitamin A bekerja dari dalam tubuh dan Retinol bekerja dari luar tubuh kita. Retinol merupakan salah satu jenis Vitamin A yang bisa di oleskan pada kulit kita untuk memperbaiki kerusakan jaringan dan tekstur tidak merata di wajah.

  • Retinoid vs. Retinol

Perbedaan utamanya adalah seberapa kuat kandungan yang mereka miliki. Retinol banyak tersedia di pasaran di jual tanpa membutuhkan resep dari dokter dalam bentuk krim, salep, serum dan juga di gunakan sebagai bahan dalam membuat cosmetic. Retinoid memiliki kandungan yang lebih tinggi, dan hanya tersedia dengan resep dari dokter sesuai kebutuhan kulit kamu. 

  • Tretinoin vs. Retinol

Tretinoin merupakan retinoid yang hanya di jual dengan mendapatkan resep dari dokter. Kandungan Tretinoin telah di gunakan selama bertahun-tahun untuk mengatasi jerawat dan tanda-tanda penuaan. Tretinoin memiliki kandungan yang paling kuat, dan efeknya jauh lebih cepat daripada Retinol yang di jual bebas di pasaran.

Menggabungkan Retinol Dengan Perawatan Kulit Lainnya

Kamu bisa Menggabungkan Retinol Dengan Perawatan Kulit Lainnya, namun karena banyak produk perawatan yang sensitif dan dapat mengiritasi kulit, sebaiknya gunakanlah produk dengan hati-hati, produk yang bisa kamu gabungkan di antara lain yaitu:

  • Retinol & Asam Glikolat

Asam glikolat merupakan asam alfa-hidroksi yang memiliki fungsi sebagai pengelupas kimiawi pada kulit. Jika kamu ingin mencoba kedua produk itu, gunakanlah Asam Glikolat pada pagi hari dan Retinol pada malam hari.

  • Retinol & Asam Hialuronat

Asam Hialuronat merupakan pelembab yang berfungsi untuk memperlambat penguapan air di kulit kita. Produk ini menenangkan dan juga mengencangkan kulit dan bisa membantu mengatasi efek iritasi dari penggunaan produk Retinol.

  • Retinol & Niacinamide

Niacinamide adalah jenis vitamin B3 yang bisa membantu menghilangkan jerawat di wajah dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Niacinamide juga membantu mengatasi efek samping dari penggunaan Retinol.

  • Retinol & Ssam Salisilat

Baik retinol dan Asam Salisilat memiliki fungsi yang sama pada kulit wajah kita. Namun keduanya tidak bisa di gaungkan dalam satu waktu, gunakanlah Asam Salisiat pada pagi hari dan Retinol pada malam hari. 

  • Retinol & Vitamin C

Vitamin C bisa membantu mengatasi bintik hitam dan mengurangi kerutan dan garis halus. Fungsi Retinol memperlambat terjadinya pemecahan kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit, keduanya dapat di gabungkan namun di gunakan pada waktu yang berbeda. Nah itulah Cara Menggunakan Retinol.

Exit mobile version