Budidaya Tanaman Vanili Sangat Menjanjikan Karena Harga Tinggi

Budidaya Tanaman Vanili
Budidaya Tanaman Vanili Sangat Menjanjikan Karena Harga Tinggi

Budidaya Tanaman Vanili Merupakan Prospek Yang Menjanjikan Karena Bisa Menghasilkan Untung Yang Cukup Besar. Tanaman Vanili ataupun vanilla ialah salah satu tipe tumbuhan penghasil bubuk vanili yang memiliki aroma harum serta manis. Tumbuhan vanili mempunyai nama latin Vanilia planifola dengan wujud buah penghasil bubuk seperti kacang polong. Tidak cuma vanilla, konon katanya banyak orang yang menyebut tanaman ini nama panili atau perneli.

Vanili bisa hidup di hawa tropis dengan curah hujan 1000-3000 mm/tahun, serta temperatur hawa maksimal 20 C – 25 C. Tidak hanya itu kelembaban hawa dekat 60%-80% serta ketinggian tempat 300-800 meter dpl. Tanah selaku media tanam di sarankan yang gembur, lempung berpasir kerikil, gampang meresap air, serta pH tanah +5,7 – 7. Budidaya Tanaman vanili memerlukan tegakan selaku tempat menjalar. Tegakan bisa terbuat dari bambu yang di ikatkan pada tumbuhan yang satu dengan tumbuhan yang lain. Sistem perambatan penunjang tunggal, tumbuhan vanili di rambatkan lurus ke atas pada naungannya. Isi gizi pada vanili terkategori besar antara lain merupakan serat, mineral, vit A, B, E.

Dengan isi tersebut vanili pula sering digunakan selaku obat penenang dengan metode di campur ke dalam minyak aroma pengobatan ataupun essential oil. Banyaknya khasiat yang di peroleh dari vanilla membuat banyak orang tertarik buat membudidayakan, tidak hanya buat mengkonsumsi sendiri, vanili pula dapat di gunakan selaku lahan yang menciptakan banyak keuntungan financial. Harga vanili kering lebih mahal berkali-kali lipat di banding dengan vanili yang masih basah.

Untuk anda yang ingin Budidaya Tanaman Vanili bisa coba sekarang karena hasilnya cukup menjanjikan sekali. Hanya memerlukan lahan yang cukup anda bisa budidayakan tanaman ini. Melihat harga jual dari tanaman ini sangat mahal maka dari itu anda bisa ambil kesempatan untuk bisa berdudidaya tanaman vanili.

Beberapa Cara Budidaya Tanaman Vanili Agar Cepat Berbuah

Vanili sangat di perhatikan sekali untuk budidayanya karena demi menghasilkan hasil yang maksimal. Karena tanaman ini adalah tanaman yang sangat mahal nilai jualnya. Untuk itu kami akan berikan Beberapa Cara Budidaya Tanaman Vanili Agar Cepat Berbuah.

1. Daerah Atau Lahan Untuk Menanam Vanili

Tanaman ini harus berada pada suhu antara 18-23C, kemudian usahakan berada pada kondisi pencahayaaan yang cukup agar pertumbuhan vanili jadi lebih maksimal. Dan Juga jangan terlalu panas karena akan menghambat proses pertumbuhannya. Sebelum anda menanam vanili, apabila tanah kering dan kurang gembur bisa lakukan penyiraman terlebih dahulu agar tanah gembur dan mudah menanamnya.

2. Perhatikan Bibit Vanili

Ini merupakan hal yang paling penting, anda harus melakukan pemilihan bibik yang baik. Tanaman ini harus layak di tanam dengan kondisi yang ada saat ini. Stek yang bagus adalah memiliki panjang 30-40 cm dan kalau bisa harus dari tanamannya langsung di batang yang tua.

3. Persiapan Bibit

Kemudian anda perlu melakukan persiapan bibit dengan membersihkan bibit vanili yang di dapat menggunakan tisu. Lalu menyiapkan beberapa wadah yang berisi air penuh, kemudian masukkan bibit vanili ke dalam ember atau wadah yang tadi. Rendamlah selama 10-15 menit. Untuk mempercepat anda bisa masukkan atau tambahkan pupuk cair sampai merata.

4. Penanaman Vanili

Pertama perhatikan dulu kelembaban pada tanah, apabila tanah kering maka harus di lakukan penyiraman terlebih dahulu. Buat berupa guludan serta saluran pembuangan, supaya tidak ada genangan yang terjadi di sekitar tanaman saat musim Hujan. Kemudian tancapkan kayu ataupun tiang untuk penyangga dekat bibit stek vanili yang ingin kita budidayakan. Anda bisa gunakan tali raffia untuk mengikatnya dan aturlah agar tanaman dapat merambat horizontal.

Tahap Berikutnya Membudidayakan Tanaman Ini

Kemudian Tahap Berikutnya Membudidayakan Tanaman Vanili agar cepat berbuah dan bisa menghasilkan. Simak terus penjelasan di bawah ini sampai selesai.

5. Penyiraman Vanili

Lakukan penyiraman pada area tanaman vanili, perhatikan juga apabila tanah terlalu kering bisa di siram. Jika terlalu basah sebaiknya jangan di lakukan penyiraman. Jika anda ingin menanam vanili sesuaikan dulu kondisi cuaca, agar apabila hujan lagi musim, maka tidak perlu menyiramnya jika tanah masih lembab. Normalnya bisa 2 kali siram lihat juga kondisi kekeringan pada tanah.

6. Pemeliharaann Tanaman Vanili

Pemeliharaan Tanaman Vanili ada beberapa hal, seperti penyiangann, perbaikan guludan, pemberian mulsa dan pemangkasan. Untuk penyiangan bisa di lakukan setiap 1 bulan sekali. Kemudian pemberian mulsa karena tanaman vanili tidak terlalu tahan kekeringan sehingga harus di beri mulsa. Selain itu pembuatan parit-parit kecil di sekitar tanaman agar tidak ada genangan pada lahan.

7. Pemupukan Tanaman

Tanaman ini di budidayakan dengan cara organik, memberikan pupuk kandang sebanyak 5-10/tanaman pada awal penghujan atau akhir. Kemudian pemberian pupuk cair 1 minggu sekali sampai 2 minggu sekali. Selama musim hujan berikan pupuk untuk tanaman 8-10 g/liter air lihat kondisi tanaman juga. Untuk pemberian dosis pupuk berumur kurang 2 tahun 20-4- g urea, 40-80 g KCL, 35-70 g TSP per tahun. Lalu untuk yang usianya sudah lebih 2 tahun bisa berikan dosis 40-80 gram urea, 80-160 g KCL dan 70-140 g TSP per tahun.

8. Pemanenan

Pada tahap pemanenan tanaman vanili ini setelah tanaman berusia 2 hingga 3 tahun setelah masa tanam. Kemudian panen bisa di lakukan setahun sekali dengan memberikan jangka waktu panennya 2 hingga 3 bulan penuh. Pada buah vanili yang siap untuk di panen mempunyai buah berwarna hijau dengan pucuknya berwarna kucing.

Kini Vanili Jadi Salah Satu Tumbuhan Rempah Termahal Di Dunia

Anda harus tahu bahwa Kini Vanili Jadi Salah Satu Tumbuhan Rempah Termahal Di DuniaA. Saat ini untuk harga vanili kering di Indonesia menggapai Rp. 3,5 juta per kilogram Kemudian apa pemicu tingginya harga tersebut.

Tahukan Kamu bila Madagaskar, negeri di Afrika menciptakan 95 persen dari vanili secara global. Tetapi pada Bulan Maret 2017 terjalin badai tropis Enawo paling tidak 1/3 hancur dari luasan tanaman vanili di sana.

Keadaan demikian kurangi supply dunia. Sedangkan waktu yang di perlukan buat memulihkan penciptaan kebun vanili yang sudah 3 tahun rusak. Tetapi ini dapat jadi berita baik sekalian berita kurang baik untuk pekebun vanili di Indonesia.

Dikala ini terjalin pengembangan vanili secara masif tanpa perencanaan. Belum lagi praktek-praktek panen muda serta ekspor vanili mutu rendah telah jadi trand di Indonesia. Di khawatirkan kala penciptaan vanili di Madagaskar pulih serta dikala bertepatan seiring Indonesia telah kelebihan pemasokan vanili bermutu rendah. Hingga di Indonesia harga vanili dapat terjun payung.

Hingga idealnya Indonesia wajib menata pengembangan tanaman vanili. Tidak semata-mata buat menciptakan vanili curah tetapi pula vanili premium. Ada pula produk yang di ekspor kini bukan yang mentah tapi yang telah dalam wujud ekstrak. Oleh sebab itu vanili di Indonesia harganya senantiasa bisa di pertahankan di nilai keenomisannya.

Bagaimana menurut anda tentang tanaman ini? tertarik untuk membudidayakannya? melihat cara budidayanya yang juga mudah di lakukan kemudian untuk hasil jual dari tanaman ini juga lumayan tinggi. Karena kebutuhan pasar masih besar dari Tanaman Vanili. Itulah tadi pembahasan kami tentang Bagaimana Cara Budidaya Tanaman Vanili.

Exit mobile version