Teknologi Wireless Cikal Bakal Kehidupan Seamless

Teknologi Wireless Cikal Bakal Kehidupan Seamless
Teknologi Wireless Cikal Bakal Kehidupan Seamless

Teknologi Wireless Secara Definisi Merupakan Perkembangan Sistem Suatu Perangkat Yang Bertukar Informasi Tanpa Melalui Koneksi Jaringan Kabel. Di Indonesia, sistem ini di kenal dengan sebutan nirkabel (tanpa kabel) dan menjadi sesuatu yang cukup di andalkan di kehidupan manusia saat ini. Pasalnya, segala hal yang terkait dengan teknologi nirkabel ini membuat berbagai permasalahan dapat di atasi dengan cepat. Seperti contoh, seorang fotografer dapat dengan mudah memindahkan hasil jepretan kameranya tanpa menghubungkan kamera dengan smartphone atau laptop. Kedua perangkat tersebut cukup terkoneksi ke sinyal wifi yang sama dan melakukan singkronisasi perangkat. Dan hasilnya, perangkat kamera dengan smartphone atau laptop dapat berkomunikasi seperti melakukan transfer file. Contoh lain yaitu Near Fiel Communication atau yang biasa di kenal sebagai NFC. Fitur yang terdapat di smartphone ini bukan sembarangan fitur biasa. Karena sistem ini dapat dengan mudah melakukan komunikasi tanpa harus berada pada satu koneksi wifi atau bluetooth yang sama.

Tipe komunikasi dari sistem wireless ini yaitu dengan meletakkan perangkat atau alat yang ingin berkomunikasi dengan smartphone. Dengan contoh skenario kasus, seseorang ingin melakukan pembayaran melalui e-wallet. Pembayaran melalui dompet digital ini akan terasa cepat dan seamless karena pembayaran hanya melakukan tap kartu pada mesin pembaca kartu. Contoh lain juga terdapat pada fotografer yang perangkat kameranya sudah memiliki fitur NFC untuk transfer data. Smartphone cukup di dekatkan ke area yang berlogo NFC dan otomatis smartphone dan kamera sudah tertaut.

Teknologi nirkabel seperti ini nyatanya memberikan arah perubahan inovasi baru terhadap perkembangan teknologi. Bisa di katakan, perkembangan teknologi komunikasi era saat ini sudah tidak lagi menggunakan kabel. Era komunikasi wireless sudah berkembang dengan pesat saat ini. Namun dengan catatan penggunaan kabel sebagai media komunikasi antar perangkat juga masih di gunakan dengan alasan tertentu.

Seamless Wireless Pada Perangkat Teknologi

Seamless Wireless Pada Perangkat Teknologi maupun elektronik dapat dengan baik di rasakan saat ini. Yang mana untuk definisi seamless sendiri merupakan kehalusan antar perangkat elektronik saling berkomunikasi dan tertaut. Sehingga memberikan kesan perpindahan yang cepat dan tanpa lag antar satu perangkat ke perangkat yang lain. Dalam hal ini, teknologi nirkabel memberikan hal serupa dengan pengembangan konektifitas bluetooth yang semakin baik. Hal ini di buktikan dengan ekosistem dari suatu brand elektronik dengan logo buah apel di gigit. Penggunaan bluetoot pada perangkat elektronik tersebut memberikan kemudahan dalam menghubungkan perangkat seperti smartwatch, smart pencil, hingga perangkat audio.

Masih pada brand yang sama, menggunakan kombinasi konektifitas dari wifi dan bluetooth brand ini mampu menciptakan sistem sendiri. Yang mana sistem transfer data tersebut memungkinkan antar perangkat dalam mengirim file dengan kapasitas besar tanpa kabel dengan kecepatan seperti menggunakan kabel.

Perangkat yang sudah mendukung sistem wireless pada seluruh lini produk elektroniknya, tentu memberikan efek seamless bagi pengguna. Yang mana seperti pengertian di atas, komunitas atau ekosistem akan terbentuk dari suatu merk terhadap teknologi komunikasi yang halus antar perangkatnya. Sehingga memberikan kemudahan dalam menjalani dan mengatasi masalah di kehidupan. Dapat di bayangkan, perkembangan teknologi wireless seperti ini dapat mempermudah hidup, semudah menghidupkan pendingin ruangan dari smartphone.

Serta kehidupan yang lebih mudah, semudah memberi intruksi melalui suara untuk menghidupkan musik serta mengontrol volume dan lagu yang ingin di putar. Ekosistem seperti ini tidak akan di dapat jika pengembangan komunikasi nirkabel hanya sebatas komunikasi antar perangkat komputer. Memang, dengan pertimbangan keamanan data, koneksi menggunakan kabel masih di gunakan pada beberapa kantor perusahaan maupun pada suatu institusi.

Namun setidaknya, jangan menutup diri dari kemungkinan perkembangan teknologi yang semakin maju dan berkembang seperti saat ini. Jika melakukan perhitungan karena faktor biaya, mungkin terdapat selisih yang tidak cukup jauh antara penerapan ekosistem seamless dengan penerapan komunikasi antar perangkat menggunakan kabel.

Mengapa Teknologi Nirkabel Merupakan Dasarnya

Dengan teknologi yang semakin berkembang, penggunaan teknologi nirkabel akan semakin pesat dan menjadi kebutuhan seseorang. Seperti penjelasan di atas, menggunakan kabel sebagai media komunikasi antar perangkat juga masih menjadi pertimbangan dalam transfer dan keamanan data. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa penggunaan kabel akan sepenuhnya di tinggalkan sebagai alat untuk komunikasi antar perangkat. Dan juga seperti contoh kasus ekosistem di atas, sebuah smartphone tidak akan dapat mengenali perangkat audio tws atau pun smartwatch jika perangkat tersebut tidak mendukung teknologi nirkabel. Yang berarti teknologi ini sangat berguna di masa depan dalam melakukan identifikasi barang serta kepemilikan suatu perangkat karena sudah terkoneksi.

Sehingga hal ini menjawab pertanyaan tentang, Mengapa Teknologi Nirkabel Merupaka Dasarnya dari ekosistem yang seamless. Karena teknologi ekosistem yang seamless, menggunakan prinsip dari produk yang di kembangkan dari teknologi nirkabel. Seperti wifi, bluetooth dan jaringan komunikasi. Beberapa perangkat elektronik seperti pendingin ruangan memiliki antena wifi yang membuat perangkat tersebut dapat terhubung ke satu jaringan yang sama dengan perangkat utama. Dengan terhubung ke jaringan wifi yang sama, komunikasi antar perangkat tersebut dapat terjadi. Sehingga smartphone dapat berkomunikasi dengan pendingin ruangan untuk menyalakan dan mematikan perangkat elektronik tersebut secara otomatis.

Kemudian, dengan konektifitas tersebut smartphon atau perangkat utama dapat memberikan perintah lain. Layaknya remote konvensional yang mana seseorang harus mengarahkan remote agar sinyal inframerah dapat di deteksi oleh perangkat elektronik. Dan hal ini di lakukan secara cepat. Kemudian, baik smartphone maupun pendingin ruangan keduanya sama sama dapat mendeteksi bahwa perangkat sudah berdekatan dan otomatis melakukan pairing atau tautan tanpa di lakukan secara manual.

Kesimpulan

Penjelasan terkait jaringan nirkabel maupun komunikasi jaringan kabel sudah pernah di bahas secara detail pada artikel lain pada website ini. Namun, Kesimpulan yang kami berikan terkait teknologi nirkabel yang menjadi dasar dari ekosistem perangkat yang seamless. Yaitu dengan menyambut kemajuan dan perkembangan teknologi dengan berpartisipasi dalam penggunaannya. Terdapat beberapa hal yang memang mengharuskan suatu perangkat berkomunikasi melalui kabel, dan hal itu tidak masalah.

Justru beberapa perangkat seperti laptop dan smartphone telah mengembangkan port yang mampu melakukan transfer data yang lebih cepat dan aman. Namun, menggunakan perangkat untuk sebatas mengirim file tentu sangatlah tidak bijak dan boros. Karena perangkat seperti laptop, komputer maupun smartphone dapat melakukan hal yang lebih banyak dari yang di bayangkan. Penerapan teknologi wireless dalam hal konektifitas jaringan wifi juga telah di implementasi. Seperti contoh produk yang di keluarkan oleh Telkomsel yaitu Telkomsel Orbit yang tanpa menggunakan kabel sebagai pasokan transmisi data.

Mungkin pada saat ini, pengimplementasian teknologi nirkabel memerlukan fokus dan biaya yang tidak sedikti. Namun kedepan, kita sebagai konsumen harus siap menghadapi perubahan zaman yang mana ekosistem seamless tercipta dari Teknologi Wireless.

Exit mobile version