Tanaman Rambat Penghias Dinding Maupun Kanopi Rumah

Tanaman Rambat Penghias Dinding Maupun Kanopi Rumah
Tanaman Rambat Penghias Dinding Maupun Kanopi Rumah

Tanaman Rambat Memerlukan Batang Tumbuhan Atau Media Pendukung Lain Untuk Mencapai Tempat Terbaik Dalam Meraih Sinar Matahari Yang Cukup. Dan jenis tumbuhan ini seperti namanya, memiliki cara bertumbuh yang merambat pada media yang ada di sekitarnya. Pada habitat aslinya di hutan, tanaman ini tetap sama sama tumbuh dari bawah tanah. Namun pertumbuhan batang serta ranting yang merambat pada tumbuhan sekitar yang membuat tanaman ini terlihat seperti tumbuh tinggi. Jika lingkungan tumbuh tanaman ini berada di dataran dengan intensitas cahaya yang cukup. Proses merambat dari tumbuhan ini lebih cenderung menutupi area permukaan di mana matahari menyinari tumbuhan ini dengan baik. Sebaliknya, jika area tumbuh tanaman ini di kelilingi oleh tumbuhan lain yang lebih tinggi. Maka tanaman ini akan menjalar atau merambati permukaan tumbuhan tersebut untuk mencapai posisi di mana matahari menyinari tanaman ini dengan baik. Karena sifatnya itu, terdapat beberapa tanaman seperti ini yang bisa di jadikan sebagai penghias rumah.

Umumnya penanaman tanaman hias yang merambat sebagai penghias rumah, tak lebih dari sekedar penghias tanaman kebun. Namun, tanaman ini bukan hanya di gunakan sebagai penghias saja. Seperti beberapa jenis tumbuhan merambat, pemilik rumah bisa mendapatkan kanopi alami yang terbuat dari tumbuhan merambat seperti pohon markisa. Contoh tumbuhan tersebut, yang memiliki sifat sangat suka merambat pada benda apapun yang menjadikannya pilihan sebagai penghias rumah. Selain menjadi penghias rumah, atau membuat kanopi secara alami bagi rumah Anda.

Tanaman markisa juga dapat menghasilkan buah yang tentu saja bisa Anda konsumsi. Dengan catatan, tumbuhan apapun baik itu pohon atau bunga yang merambat, tetap harus di lakukan perawatan. Sehingga yang di awal penanaman bertujuan untuk hiasan dan estetika, karena tidak di rawat maka tumbuh di luar kendali yang merusak estetika. Dan, berikut akan kami bahas tumbuhan rambat apa saja yang cocok sebagai penghias rumah Anda serta bagaimana cara merawatnya.

Jenis Tanaman Rambat Agar Rumah Rimbun Dan Sejuk

Seperti sedikit penjelasan di atas, fungsi penghias saja tentu bukan alasan satu satunya pemilik rumah memilih untuk menanam tumbuhan rambat. Membuat rumah menjadi rimbun dan sejuk juga menjadi alasan bagi pemilik rumah. Maka dari itu, apa saja Jenis Tanaman Rambat Agar Rumah Rimbun Dan Sejuk.

Selain pohon markisa di atas, terdapat pilihan lain sebagai pertimbangan memilih tanaman rambat untuk rumah. Tentunya bukan tanaman berbuah yang mungkin memerlukan perhatian ekstra. Sehingga perhatian khusus harus di berikan untuk memetik, atau membersihkan buah buah yang berjatuhan. Dan tanaman hias merambat pertama yang akan kami bahas adalah tanaman daun sirih.

Siapa yang tidak mengenal daun sirih, tentu setiap orang pasti mengenal daun sirih yang tak di ragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Tanaman ini tumbuh pada media permukaan apapun seperti dinding pagar, dinding eksterior rumah, hingga besi teralis pagar maupun kanopi. Serta tanaman ini tidak memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya, cukup pastikan akar tanaman menerima asupan air yang cukup. Dan tanaman ini akan tumbuh subur merambati media permukaan area rumah yang Anda inginkan.

Selanjutnya yaitu Boston Ivy. Yang mana sekilas tanaman ini seperti daun khas musim semi asal Kanada, daun mapple. Sehingga kehadiran tanaman ini memberikan kehangatan di area rumah. Serta dengan sifat tumbuhnya yang merambat, memberikan nilai estetika dan keindahan jika penanaman dan pertumbuhannya di kendalikan. Mengingat tanaman ini tumbuh dan merambat dengan cepat, penting bagi Anda untuk selalu melakukan perawatan dengan menggunting agar pertumubuhannya dapat terkendali. Dengan sifat tumbuhnya yang cepat, tanaman ini sangat cocok jika di gunakan sebagai kanopi alami.

Selanjutnya tanaman lee kwan yew, yang merupakan tanaman seperti tirai yang di populerkan di Singapura. Umumnya tanaman ini di tanam pada balkon rumah sehingga sifatnya yang menjuntai akan terkesan seperti tirai. Dan hal tersebut tentu menambah nilai estetika rumah dan membuat rumah terasa lebih sejuk karena tanaman ini berwarna hijau.

Cara Merawat Tumbuhan Jenis Ini

Tanaman ini sering di gunakan karena umumnya perawatan yang di lakukan cukup minim serta menambah tampilan estetika rumah. Umumnya, tanaman rambat di tanam sebagai penutup permukaan dinding kebun atau permukaan dinding kolam buatan di kebun. Namun penanaman tumbuhan ini sebagai penghias dinding eksterior bahkan interior rumah juga semakin di minati. Meskipun begitu, tetap ada Cara Merawat Tumbuhan Jenis Ini sebagai upaya dalam mengendalikan pertumbuhannya. Pengendalian pertumbuhan bukan hanya tentang memotong atau menggunting bagian yang berlebih dari area tumbuhnya. Hal ini termasuk meliputi bagaiaman cara memilih lokasi dan media tanam apakah cocok.

Dengan menentukan lokasi penanaman yang sesuai, serta media rambat seperti apa yang akan di tutupi oleh tanaman ini. Anda kemudian dapat melakukan pemilihan jenis tumbuhan merambat seperti apa yang cocok untuk lokasi, iklim dan media rambatnya. Hal ini demi pemaksimalan pertumbuhan agar tumbuhan hias yang di tanam subur serta tidak kesulitan untuk tumbuh. Pemilihan lokasi dan media tanam sangat penting karena mempengaruhi perilaku pemilik dalam melakukan penyiraman kepada tanaman.

Hal seperti mendapat pasokan air yang cukup tentu menjadi perhatian utama yang harus di perhitungkan. Jika lokasi tanam tumbuhan ini merupakan lokasi yang cukup basah dalam artian selalu terkena air hujan. Maka Anda hanya perlu melakukan penyiraman ketika permukaan tanah tersebut terlihat mengering pada cuaca yang sedang tidak hujan. Dan butuh perlakuan khusus untuk rutin menyiram jika lokasi tanam berada di dalam rumah yang tidak pernah terkena hujan. Sehingga membutuhkan diri Anda untuk mendapat pasokan air yang cukup.

Melakukan pruning tentu wajib dilakukan. Dengan beberapa sifat tumbuhan merambat ini yang cukup cepat. Pruning sangat wajib di lakukan demi mengendalikan pertumbuhan tanaman yang akan merusak tanaman lain atau mengurangi estetika. Serta pencegahan dari hama dan penyakit juga perlu di lakukan ketika tanda tanda seperti bercak maupun daun yang menguning sudah terlihat. Lakukan penanganan dengan menggunakan pestisida yang tepat untuk mengusir hama.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat di ambil ialah. Beberapa tumbuhan seperti daun sirih, Boston Ivy dan yang kami sebutkan di atas merupakan beberapa contoh tanaman yang dapat di gunakan sebagai tanaman hias rambat. Baik untuk kebun maupun rumah Anda, dengan penempatan dan posisi yang tepat, maka akan membuat rumah menjadi lebih indah. Rumah akan terasa lebih sejuk, serta kesan rimbun yang tidak semak karena rutin melakukan perawatan.

Perawatan tanaman seperti tentu sama saja dengan merawat tanaman hias lain di kebun maupun di area pekarangan rumah Anda. Meskipun begitu, rumah dengan tumbuhan seperti ini mulai kembali di gemari oleh masyarakat terutama yang menginginkan tanaman hias lain seperti Tanaman Rambat.

Exit mobile version