Sumber Makanan Kalium Yang Sangat Baik Bagi Tubuh

Sumber Makanan Kalium Yang Sangat Baik Bagi Tubuh
Sumber Makanan Kalium Yang Sangat Baik Bagi Tubuh

Sumber Makanan Kalium Berikut Ini Tentunya Kaya Akan Kandungan Kalium Dan Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh Kita. Kalium merupakan salah satu kandungan yang sangat penting bagi tubuh kita. Pasalnya kalium adalah salah satu jenis mineral yang cukup penting untuk menjalankan fungsi pada masing-masing organ tubuh. Peran kandungan kalium atau potasium ini sangat banyak di dalam tubuh kita. Contohnya seperti dapat mengendalikan tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh serta mendukung kerja saraf dan otot. Menurut Kemenkes RI dalam Angka Kecukupan Gizi atau AKG, orang dewasa setidaknya membutuhkan sekitar 4.700 mg kalium per harinya. Sedangkan ibu hamil dan menyusui lebih membutuhkan asupan kalium dalam jumlah yang lebih banyak yaitu sekitar 5.100 mg per harinya. Maka dari itu kalium sangat berperan penting untuk membuat tubuh kita tetap sehat.

Tubuh yang mengalami kekurangan asupan kalium juga dapat memunculkan masalah kesehatan seperti hipokalemia. Kondisi ini bisa memicu terjadinya masalah pada kerja organ serta meningkatkan risiko datangnya penyakit tertentu khususnya pada lansia. Maka dari itu sangat penting untuk tetap mencukupi kebutuhan nutrisi kita dengan memilih makanan yang tinggi dengan kandungan kalium. Memang tubuh kita tidak dapat memproduksi kalium dengan sendirinya, namun terdapat makanan yang mengandung kalium dan dapat kita konsumsi. Berbagai sumber makanan yang mengandung kalium sangat mudah kita jumpai sehingga dapat kita konsumsi sehari-hari. Dengan mengonsumsi sumber makanan kalium secara teratur, pastinya tubuh kita akan menjadi lebih sehat.

Kalium juga di ketahui dapat membantu untuk mencegah stroke, penyakit jantung, menstabilkan tekanan darah, kerusakan ginjal sampai pengeroposan tulang. Kemudian tubuh yang kekurangan asupan kalium juga dapat memunculkan masalah kesehatan seperti otot yang lemah, mudah lelah, sembelit, mual, gangguan irama jantung, serta kesemutan. Oleh karena itu kita di anjurkan untuk memenuhi asupan kalium di dalam tubuh kita dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium.

Sumber Makanan Kalium Yang Baik Untuk Tubuh

Berikut merupakan beberapa Sumber Makanan Kalium Yang Baik Untuk Tubuh dan dapat kita konsumsi sehari-hari.

1. Alpukat

Ternyata di dalam satu buah alpukat mengandung kalium yang mencapai sekitar 900 mg. Alpukat merupakan satu di antara banyaknya buah yang memiliki kandungan antioksidan, serat, vitamin K, vitamin C, lemak tak jenuh tunggal hingga asam folat. Maka dari itu alpukat terkenal akan manfaatnya yang bagus untuk menjaga kerja jantung.

Tidak hanya itu, alpukat juga termasuk sebagai salah satu makanan sumber kalsium yang sangat baik untuk tubuh kita. Pasalnya di dalam 100 gram buah alpukat yang segar, terkandung 278 mg kalium di dalamnya. Kemudian buah alpukat juga memiliki manfaat untuk menjaga berat badan sehingga sangat cocok di konsumsi saat diet. Nafsu makan kita akan semakin terjaga dan terasa kenyang lebih lama saat mengonsumsi alpukat.

Alpukat dapat di konsumsi dengan beragam jenis makanan lainnya ataupun di jadikan jus yang sangat segar. Kemudian alpukat juga dapat di campur bersama pisang, yogurt rendah lemak serta air kelapa untuk di jadikan jus.

2. Kentang

Kentang memiliki berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin B6, karbohidrat, serat, vitamin C, dan zat besi. Di dalam sebuah kentang terdapat kandungan 600 miligram kalium. Walaupun demikian, kita harus memperhatikan cara untuk menyajikan kentang. Salah satu cara efektif untuk mengonsumsi kentang dengan cara yang sehat yaitu dengan memanggang kentang. Kemudian hindari untuk menambahkan bahan lain seperti garam, saus, keju secara berlebihan.

3. Pisang

Setiap satu buah Pisang terkandung 430 mg kalium di dalamnya. Kandungan serat dan karbohidrat kompleks di dalamnya juga dapat membuat perut akan terasa kenyang lebih lama serta akan membantu kita untuk meningkatkan energi. Selain itu buah pisang juga mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin B6 dan lain-lain.

4. Kacang Merah

Kacang Merah adalah sumber kalium yang sangat baik karena di dalam 100 gram kacang merah terdapat kandungan kalium sebanyak 600 mg. Jenis Kacang Merah dapat di konsumsi secara langsung ataupun di kombinasikan ke dalam salad. Pilihan kacang lain yang memiliki kandungan kalium yang kaya yaitu edamame dan kacang kedelai.

5. Makanan Laut

Sebagian besar dari jenis Makanan Laut atau seafood mempunyai kandungan kalium yang sangat kaya. Misalnya seperti ikan tuna, kerangm tenggiri dan salmon. Kemudian ikan laut juga kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3. Walaupun begitu kita tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi ikan laut. Lalu pastikan ikan yang kita konsumsi tidak mengandung merkuri yang tinggi. Mengolah ikan dengan cara tidak di goreng akan sangat menyehatkan.

6. Tomat

Tomat yang segar adalah salah satu sumber kalium yang sangat baik. Akan tetapi tomat yang sudah di proses menjadi saus ataupun tomat yang sudah di keringkan lebih banyak mengandung kalium di dlaamnya. Kandungan kalium di dalam tomat kering semangkuk dapat mencapai sekitar 1.800 mg. Inilah yang menjadi alasan tomat dapat di sebut sebagai bahan makanan yang mengandung kalium di dalamnya. Selain memiliki kandungan kalium yang tinggi, tomat kering juga kaya akan berbagai nutrisi lainnya seperti protein, serat, likopen, vitamin C yang terkenal sangat baik untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

7. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung mineral dan kaya akan vitamin. Salah satunya adalah mineral kalium sejumlah 456,4 di dalam 100 gram bayam yang segar. Tidak hanya itu, di dalam bayam juga terdapat banyak kandungan nutrisi seperti vitamin K, vitamin A dan antioksidan. Di lansir dari Journal of Nutrition, kandungan yang terdapat di dalam bayam tersebut telah di buktikan di dalam penelitian ini. Penelitian tersebut kemudian memaparkan bahwa jika kita mengonsumsi 294 gr bayam juga dapat meningkatkan kadar senyawa antioksidan di dalam tubuh dnegan jumlah sekitar 30 persen di dalam waktu 24 jam.

8. Yogurt

Susu segar ternyata mengandung kalium dengan jumlah sekitar 149 mg kalium. Akan tetapi kandungan kalium ini akan sangat meningkat di dalam produk olahan susu dari hewan sapi yang salah satunya adalah yogurt. Di dalam 100 gram yogurt terkandung 299 mg kalium untuk mencukupi asupan kalium harian kita. Kemudian yogurt juga mengandung banyak nutrisi lain seperti vitamin B2 atau riboflavin dan kalsium. Selain itu Yogurt juga terkenal sebagai salah satu makanan probiotik yang terdapat bakteri baik di dalamnya. Kemudian kandungan bakteri yang baik tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengontril nafsu makan dan kesehatan pencernaan kita.

9. Jeruk

Ternyata selain memiliki kandungan vitamin C yang kaya, buah Jeruk juga kaya akan kandungan kalium. Di dalam 100 gram buah jeruk manis yang segar mengandung 472,1 mg kalium yang dapat mencukupi kebutuhan kalium di dalam tubuh. Buah jeruk juga mengandung berbagai nutrisi baik lainnya seperti tiamin atau vitamin B1, asam folat (vitamin B9), vitamin A serta masih banyak lagi senyawa antioksidan lain di dalamnya. Kemudian terdapat sebuah penelitian di dalam Journal of Medicinal Food yang memaparkan bahwa dengan mengonsumsi jeruk bersamaan dengan vitamin D dan mineral kalsium akan dapat membantu meningkatkan kepadatan pada tulang.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai Sumber Makanan Kalium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk memenuhi asupan kandungan kalium di dalam tubuh dengan rutin mengonsumsi Sumber Makanan Kalium.

Exit mobile version