Persyaratan Dokumen Pendaftaran CPNS Yang Harus Di Siapkan

Persyaratan
Persyaratan Dokumen Pendaftaran CPNS Yang Harus Di Siapkan

Persyaratan Dokumen Pendaftaran CPNS Yang Harus Di Siapkan Sejak Dini Karena Akan Mendekati Pembukaan Seleksi CPNS. Menjadi seorang pegawai negeri tentu masih menjadi pekerjaan idaman hingga saat ini. Pegawai negeri di anggap sebagai pekerjaan yang cukup mapan untuk masa depan. Secara tidak langsung hal ini membuat standar bagi sebagian masyarakat Indonesia terutama para orang tua saat ini. Banyak sekali di temukan para orang tua yang menyuruh anaknya untuk menjadi pegawai negeri sipil ini. Bahkan tak sedikit di temukan orang tua yang mengikut sertakan anaknya untuk bimbel agar lolos seleksi CPNS ini. Yang mana tes seleksi pegawai negeri sipil ini akan di buka sebentar lagi.

Tentunya selain dari dorongan orang tua, kamu pribadi juga sangat tertarik dengan pekerjaan satu ini. Menjadi seorang pegawai negeri sipil merupakan pekerjaan idaman bagi sebagian orang. Maka dari itu pastinya kamu berlomba-lomba untuk lolos seleksi CPNS kali ini. Untuk itu, artikel ini akan mengajak kamu untuk menyiapkan Persayaratan maupun dokumen yang di butuhkan pada pendaftaran CPNS pada kali ini. Penasaran apa saja, simak terus artikel ini jangan sampai kelewat ya!

Pendaftaran CPNS akan di buka sebentar lagi. Terdapat berbagai posisi di berbagai wilayah Indonesia yang di buka. Pastinya ini menjadi kesempatan emas buat kamu untuk menjadi pegawai negeri sipil dan mengisi salah satu dari posisi tersebut. Persiapkan semua dengan baik akan menunjang kamu menjadi seorang pegawai negeri. Dimana terdapat banyak sekali persiapan yang harus kamu lakukan mulai dari persiapan berkas, persiapan materi, hingga persiapan mental yang tak kalah penting. Jika di persiapkan dengan baik pastinya kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Untuk kamu yang sudah sangat penasaran, simak baik-baik Persyaratan dan dokumen yang di butuhkan untuk pendaftaran pegawai negeri sipil ini. Tentu semua berkas harus di persipakan sejak dini karena pendaftaran akan di buka sebentar lagi.

10 Persyaratan Pendaftaran CPNS 2024

10 Persyaratan Pendaftaran CPNS 2024 akan dengan mudah kamu temukan pada artikel di bawah ini. Tentunya untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil Republik Indonesia kamu perlu lolos seleksi dari syarat-syarat yang ada. Yang mana syarat-syarat tersebut menjadi tahap awal pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Indonesia tahun 2024. Di bawah ini merupakan 10 persyaratan yang harus kamu penuhi unutk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Indonesia tahun 2024.

  1. Seseorang degan kewarganegaraan Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berusia 18 tahun. Maksimal berusia 35 tahun pada saat melamar.
  2. Seseorang yang tidak pernah di pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan.
  3. Seseorang yang tidak pernah di berhentkan dengan hormat atas permintaan diri sendiri. Dan atau seseorang yang tidak di berhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS, PPK, TNI, dan POLRI.
  4. Seseorang yang tidak menjadi anggota dari partai politik. Tidak terlibat dengan praktis politik di Indonesia.
  5. Seseorang yang memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai. Kualifikasi pendidikan di sesuaikan dengan jenis lowongan yang hendak di lamar.
  6. Seseorang yang memiliki kualifikasi pendidikan sesuai yang di terncantum dalam persayaratan posisi.
  7. Seseorang yang memiliki skill atau kompetensi. Di butktikan dengan sertifikasi keahlian dari lembaga profesi.
  8. Seseorang yang memiliki kesehatan baik jasmani maupun rohani.
  9. Seseorang yang bersedia di tempat di seluruh wilayah Indonesia. Dan bersedia di tempatkan di negera lain sesuai dengan instansi pemerintah Indonesia.
  10. Persyaratan lain akan di sesuaikan dengan posisi yang telah di tetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Tentunya sebelum melangkah lebih lanjut lagi kamu harus memenuhi 10 persyaratan di atas untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil. Jika kamu merasa diri mu telah terkualifikasi, selanjutnya kamu perlu menyiapkan dokumen-dokumen penting yang di butuhkan. Dokumen yang di butuhkan akan kamu temukan pada artikel di bawah ini.

Dokumen Yang Harus Di Siapkan Dalam Pendaftaran CPNS

Berikut di bawah ini merupakan Dokumen Yang Harus Di Siapkan Dalam Pendaftaran CPNS:

  1. Pas foto terbaru dengan menggunakan pakaian formal dan berlatar belakang warna merah. Foto menggunakan format JPEG/JPG dengan ukuran maksimal 200 KB.
  2. Scan KTP atau jika tidak ada harus melampirkan surat keterangan tentang kependudukan dari Disdukcapil.
  3. Surat pernyataan 5 poin yang harus di tanda tangani dan di berikan e-materai sesuai dengan format. (sudah ada formatnya)
  4. Surat lamaran yang di tujukan kepada gubernur daerah yang di ketik dan di tanda tangani serta di berikan e-materai pada surat. (sudah ada formatnya)
  5. Scan ijazah pendidikan terakhir atau sesuai dengan persyaratan kualifikasi pada lowongan.
  6. Scan transkrip nilai termasuk para lulusan luar negeri harus mengkonversi nilai atau IPK yang di miliki.
  7. Screenshoot sertifikat akreditasi dari program studi atau perguruan tinggi. Dapat di peroleh dari PPDIKITI atau BAN-PT.
  8. Sertifikat TOEFL/IELTS bila ada (wajib bagi beberapa posisi)
  9. Surat tanda resgistrasi bagi pelamar di bidang tenaga kesehatan. STR sesuai dengan kehalian dan masih berlaku.
  10. Dokumen khusus untuk penyandang disabilitas dari dokter dan di lengkapi dengan video singkat.

Berbagai dokumen di atas harus di persiapkan sejak dini agar kamu tidak kelabakan pada saat pendaftaraan telah di buka. Maka dari itu, jangan tunggu lama lagi siapkan mulai saat ini ya.

Perisapan Materi Yang Tak Kalah Penting

Persiapan Materi Yang Tak Kalah Penting juga harus kamu perhatikan selain berbagai persyaratan dan dokumen di atas untuk kamu yang hendak mendaftar CPNS. Di ketahui dalam tes ini terdapat beberapa bagian sub tes yang harus di lakukan. Tak kalah penting untuk di perhatikan, tentunya kamu juga perlu mempelajari jenis tes CPNS 2024 yang ada di bawah ini.

Tes wawasan kebangsaan atau TWK menjadi bagian pertama dalam tes CPNS 2024. Pada jenis tes ini akan di suguhkan berbagai soal mengenai seputar wawasan kebangsaan untuk menilai penguasaan pengetahuan seseorang. Yang mana dari tes ini dapat di lihat kemampuan seseorang dalam mengiplementasikan nasionalisme di dalam kehidupan nyata.

Tes intelegensia umum atau TIU menjadi bagian tes kedua dalam tes CPNS 2024. Pada jenis tes ini akan di suguhkan soal tes tentang verbal, numerik, dan figural yang berisi tentang silogisme, analogi, numerik, dan soal cerita Jenis tes ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan seseorang dalam tiga bidang tersebut.

Tes karakteristik pribadi atau TKP menjadi bagian tes selanjutnya dalam tes CPNS 2024. Pada tes ini akan di suguhkan soal cerita yang mana seseorang harus menentukan sikap pilihannya. Tes ini bertujuan untuk melihat kemampuan seseorang dalam melakukan pelayanan bagi sosial.

SKB CAT menjadi tes yang di lakukan sesuai dengan jurusan atau bidang yang di ambil. Materi dari tes ini akan di susun oleh instansi pembina jabatan fungsional. SKB CPNS 2024 ini akan di selenggarakan secara online dengan menggunakan sistem CAT.

Terdapat tambahan tes di dalam SKB tambahan yang berisikan psikotest, tes potensi akademik, tes kemampuan bahasa asing, tes kesehatan jiwa, tes kesehatan fisik, tes praktik kerja, sertifikasi, wawancara, dan tes lain yang di sesuaikan dengan jurusan atau bidang yang di ambil untuk memenuhi Persyaratan.

Exit mobile version