Penyebab Uban Di Usia Muda Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Uban Di Usia Muda Dan Cara Mengatasinya

 

Penyebab Uban Di Usia Muda Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Uban Di Usia Muda Salah Satu Faktornya Bisa Juga Karena Pengaruh Seseorang Sedang Banyak Pikiran Atau Orang Tersebut Sedang Mengalami Stres. Banyak sekali remaja yang mengalami cepatnya perubahan rambut menjadi putih terjadi. Hal itu sangat menggangu penampilan khususnya pada wanita dan banyak juga yang berusaha menutup uban itu. Apa lagi bagi wanita uban salah satu musuh terbesar karena hal itu mereka terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Maka dari itu banyak wanita dan pria yang menutupi uban dengan cara cat rambut. Banyak merk cat rambut yang di jual memang khusus untuk menutupi uban. Mulai dari warna hitam hingga warna yang di inginkan bagi setiap orang yang ingin menutupi uban itu. Namun bagi setiap orang yang ingin cat rambut harap mengetahui dulu kandungan apa yang ada di dalam cat rambut itu untuk menghindari hal buruk terjadi.

Namun munculnya uban di usia muda adalah hal yang wajar di alami bagi setiap orang. Tapi uban tumbuh juga karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya pola hidup yang tidak sehat juga jadi faktor besar rambut putih dapat tumbuh dengan cepat. Ada juga orang yang usia nya sudah terpaut tua belum ada uban atau rambut putih tumbuh di kepalanya. Mungkin saja hal itu karena dia menerapkan hidup sehat dari dia muda sampai memiliki umur yang sudah bisa di bilang cukup tua.

Banyak sekali contoh pola hidup tidak sehat, salah satunya yaitu kurang tidur, merokok dan banyak lagi. Makan buah dan sayur sesuai kebutuhan, waktu istirahat yang cukup serta olahraga yang rutin juga membantu uban tersebut lama untuk tubuh. Itulah beberapa faktor penyebab uban di usia muda terjadi.

Penyebab Uban Di Usia Muda

Ada beberapa Penyebab Uban Di Usia Muda dapat terjadi. Berikut ini faktor – faktor umum uban tersebut tumbuh.

1. Sedang Stres

Banyaknya pikiran atau sedang stres salah satu penyebab terjadinya rambut putih cepat tumbuh di usia muda. Stres membuat antioksidan dalam tubuh tidak dapat menangkal radikal bebas. Yang di mana radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan salah satu nya tumbuh nya rambut putih.

2. Keturunan atau Genetika

Gen yang di turunkan orang tua pada anaknya bisa berpengaruh pada tumbuhnya rambut putih atau uban. Kalau orang tua mengalami tumbuhnya uban dengan cepat atau pada usia muda sudah ada uban. Bisa di pastikan anak yang di turunkan juga seperti itu.

3. Kurangnya Vitamin Dalam Tubuh

Kekurangan vitamin dan nutrisi dapat memicu rambut putih atau uban tumbuh di usia muda. Karena nutrisi yang di butuhkan rambut tidak terpenuhi maka rambut putih cepat tumbuh.

4. Pengidap Penyakit

Mungkin saja remaja yang mengalami cepat rambut putih itu tumbuh sedang mengidap suatu penyakit. Beberapa penyakit yang berpengaruh tumbuhnya uban seperti vitiligo, alopecia areata, dan penyakit tiroid.

Kebiasaan merokok dapat membuat rambut putih cepat tumbuh kalau di bandingkan dengan yang tidak merokok. Tidak hanya uban bagi orang yang perokok aktif mengalami proses penuaan dini pada organ tubuh yang lain.

5. Pengunaan Produk Kimia

Produk kimia seperti sampo yang kita pakai bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia muda. Karena produk kima dapat mengurangi kadar melamin pada tubuh. Dan kandungan hidrogen peroksida yang bisa terkandung pada sampo atau produk perawatan rambut lainnya bisa menyebabkan uban tumbuh pada usia muda.

6. Terpapar radiasi

Terlalu sering atau berlebihan terpapar radiasi dapat merusak pigmen rambut yang menyebabkan rambut cepat rusak salah satunya tumbuh uban secara cepat. Selain merusak rambut paparan radiasi dapat mempercepat proses peuaan. Sinar matahari salah satu contoh paparan radiasi.

Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda

Faktor yang paling banyak tumbuhnya uban pada usia muda adalah faktor genetika atau keturunan yang tidak dapat di ubah. Meskipun demikian ada beberapa cara untuk memperlambat terjadinya pertumbuhan rambut putih atau uban tersebut. Berikut adalah cara Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda yang dapat di terapkan.

1. Hindari Stres

Agar kita terhindar dari stres, waktu tidur yang cukup dapat membantu pikiran lebih tenang. Karena pada dasarnya orang yang kurang tidur cederung gampang stres karena cepat merasa lelah. Selain itu banyak cara untuk dapat merelaksasikan pikiran kita. contoh kegiatan yang dapat mengurangi stres yaitu meditasi, yoga atau olahraga.

2. Pola Hidup Sehat

Makanlah makanan yang mengandung kaya akan nutrisi dan vitamin seperti vitamin B12, vitamin E, vitamin A yang mana kandungan tersebut baik untuk kesehatan rambut. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga bagus untuk kesehatan rambut. Maka dari itu minumlah air putih yang cukup untuk tubuh.

3. Menghindari Terpapar Radiasi Yang Berlebihan

Hindarilah untuk jangan terlalu sering terkena paparan sinar UV atau sinar matahari. Hal tersebut membuat rambut lebih cepat rusak. Untuk mengatasinya pakailah produk yang dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan kurangi aktifitas di luar ruangan.

4. Kurangi Merokok Dan Minuman Beralkohol

Bagi seorang perokok aktif, merokok dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan cepatnya proses penuaan dini, Salah satunya yaitu tumbuhnya rambut putih atau uban di usia muda. Selain itu minum minuman yang beralkohol secara berlebihan juga dapat merusak kesehatan tubuh termasuk kesehatan rambut.

5. Perhatikan Dalam Memilih Produk Perawatan Rambut

Pilihlah produk perawatan rambut yang tidak banyak mengandung bahan kimia yang keras. Pakailah sampo serta kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut kita. Serta gunakan masker rambut yang mengandung bahan yang baik untuk rambut. Atau bisa juga gunakan bahan tradisional seperti minyak kelapa dan lidah buaya untuk kesehatan rambut.

6. Menjaga Kesehatan Tubuh

Jika anda menjalani pola hidup sehat terus menerus secara otomatis tubuh akan sehat secara keseluruhan. Tubuh yang sehat dapat memperlambat proses penuaan dini salah satunya tumbuhnya uban atau rambut putih. Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk Menjaga Kesehatan Tubuh selagi belum terlambat.

Tidak ada salahnya jika kita mencoba menerapkan cara-cara atau saran diatas untuk memperlambat tumbuhnya rambut putih atau uban serta menjaga kesehatan. Walaupun penyebab utama tumbuhnya rambut putih atau uban di usia muda secara garis besar di karenakan faktor genetika atau keturunan yang sulit untuk di ubah. Namun dampak yang di dapatkan juga sangat baik untuk kesehatan diri sendiri. Proses penuaan pada seseorang pasti akan terjadi, walaupun kita sebagai manusia kadang lupa untuk menjaga kesehatan diri namun cara-cara diatas dapat membuat kita senantiasa sehat dan bugar juga bisa mengurangi Penyebab Uban.

Exit mobile version