Model Wind Tunnel Terungkap, Andretti Berupaya Debut F1 2025

Model Wind Tunnel Terungkap, Andretti Berupaya Debut F1 2025
Model Wind Tunnel Terungkap, Andretti Berupaya Debut F1 2025

Model Wind Tunnel Merupakan Tahapan Pada Perancangan Mobil Formula 1 Dimana Desain Dan Model Aerodinamika Di Kembangkan. Terowongan angin pada tahapan pengembangan mobil merupakan aspek penting. Karena pada tahap ini tim mengupayakan desain aerodinamika serta tenaga yang akan di keluarkan mobil harus seimbang. Mengingat sekarang adalah era mobil ground effect, tentu aerodinamika merupakan faktor penting bagi sebuah mobil Formula 1. Dengan downforce yang di hasilkan akan memberikan efek seolah mobil menempel di jalanan meskipun dengan kecepatan tinggi di tikungan. Dengan pendesainan ini memberikan gambaran airflow serta drag yang di hasilkan sedikit. Serta hal ini dapat memberikan kemungkinan mobil untuk dapat melaju lebih cepat dan mulus pada lintasan lurus. Dan salah satu metode untuk mendesain serta mengembangkan aerodinamika mobil ialah melalui wind tunnel atau terowongan angin Formula 1.

Umumnya, sebelum masuk pada tahap desain dan uji coba prototipe di lakukan, para insinyur tim Formula 1 akan melakukan simulasi pada komputer. Hasil terbaik dari beragam simulasi tersebut akan di cek serta di periksa menggunakan uji coba prototipe desain menggunankan terowongan angin. Dan aspek penilaian ide ide ini di gunakan untuk menganalisa efektivitas fungsi, komponen, konsep hingga peningkatan dari desain.

Maka dari itu, salah satu calon tim Formula 1 yang terus berupaya untuk masuk kedalam jajaran tim yang berkompetisi di balapan single-seater tercepat di dunia. Dan tim tersebut adalah Andretti Cadillac yang mana progress mereka sudah sampai pada tahap model terowongan angin. Meskipun belum sepenuhnya mendapat lampu hijau, namun tawaran Andretti seperti di sambut dengan baik oleh FiA pada Oktober 2023 lalu. Namun, tawaran tersebut belum sampai pada titik di mana hal tersebut dapat di setujui oleh organisasi Formula 1 dan Stefano Domenicali selaku CEO.Tim asal Amerikan ini telah aktif melakukan uji model terowongan angin pada fasilitas Toyota di Cologne sejak Oktober.

Wind Tunnel Berpengaruh Terhadap Desain Model

Mengambil contoh kehiduapn sehari hari, ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi pada suatu lintasan. Sejatinya mobil tersebut bergerak melewati udara, dan prinsip seperti ini yang di gunakan oleh terowongan angin. Dengan menggunakan prinsip yang sama, mobil pada terowongan angin tidak pernah di kendarai. Mengingat mobil dalam tahap pengembangan model desain aerodinamika, maka mesin tidak di perlukan dan mobil dalam keadaan diam. Namun, justru angin yang di hembuskan melalui mobil tersebut menggunakan kipas yang cukup besar. Sehingga hal ini membuat Wind Tunnel Berpengaruh Terhadap Desain Model dari suatu mobil Formula 1.

Pada mulanya terowongan angin di gunakan serta di kembangkan pada industi aviasi. Dan penggunaanya pada Formula 1 di gunakan sudah sejak lama. Dan hingga saat ini terhitung sudah 50 tahun Formula 1 menggunakan tahap pemodelan desain berdasarkan terowongan angin ini. Wind Tunnel yang menjadi fasilitas di Formula 1 telah bervolusi dan menjadi lebih spesialis. Pembeda antara terowongan angin Formula satu dengan terowongna ruang angkasa adalah landasan penggerak yang di miliki wind tunnel Formula 1.

Sebagian besar dari model yang di bangun pada tahap ini di buat menggunakan 3D printer serta prototipe cepat dan umumnya penggunaan logam di buat untuk komponen sayap. Dan model tersebut, biasanya di lengkapi dengan teknologi serta sensor untuk menganalisa serta mengumpulkan data. Yang mana data data yang di kumpulkan akan memberikan informasi terkait hal yang dapat di ubah serta kesesuaiannya terhadap perhitugan dan rancangan dari model komputer. Serta informasi dari data yang di kumpulkan juga dapat mensimulasikan bagaimana perilaku mobil ketika mendapat kondisi yang sama pada trek.

Hal ini membuktikan, bahwa dengan sekali melakukan uji coba terowongan angin dapat menghasilkan data dengan jumlah yang cukup besar untuk di analisa. Dan dengan data sekecil apapun yang dapat di peroleh, tentu akan sangat bermanfaat bagi tim dalam melakukan pengembangan terhadap mobil mereka sebelum turun ke lintasan.

Ambisi Andretti Setelah Uji Coba Di Lakukan

Kembali ke pembahasan di mana upaya Andretti yang terus di lakukan dalam keinginannya untuk kembali berlaga di Formula 1 lewat jalur manajemen tim. Meskipun belum mendapat lampu hijau, namun Andretti Cadillac terlihat telah meingkatkan jumlah karyawan pada basis desain mereka di Silverstone. Yang mana nantinya basis tersebut akan di pindah ke fasilitas yang lebih besar yang berada di sekitar basis yang sekarang. Hal ini menunjukkan Ambisi Andretti Setelah Uji Coba Di Lakukan.

Pekerjaan riset dan pengembangan mereka sedang berlangsung di markas GM yang cukup besar sebagai markas motorsport. Letak fasilitas ini berada di Charlotte, yang mana terdapat kurang lebih 70 orang terlah bekerja di Inggris serta akan di tambah sebanyak 50 orang lagi untuk bekerja sama membantu proyek ini. Direktur teknis Nick Chester mengatakan tim mereka sedang berkerja melakukan desain dengan dasar bahwa mobil tersebut pada akhirnya akan mendapat persetujuan. Lampu hijau yang di harapkan ini akan mempengaruhi apakah mereka dapat melakukan debutnya pada musim 2025 atau musim 2026.

Ia mengaku cukup senang dengan progres yang telah di lalui dengan FiA. Serta ia menjelaskan lebih menyukai untuk memiliki entri resmi serta target berupa tahun berapa mereka dapat memiliki entri tersebut. Dan hal itu yang membuat ia dan tim menjadi sedikit lebih fokus dalam melakukan pekerjaan. Ia melanjutkan, bahwa proses yang di jalani cukup ketata dan mereka telah memenuhi segala persyarata. Dan usaha untuk memiliki mobil yang siap dan kompetitif untuk terjun di tajun berapa pun, tambah Chester.

Chester cukup percaya diri dengan pendanaan serta nama Andretti yang bekerja sama dengan GM yang mana mereka membuat power unit sendiri untuk 2028, dan hal itu akan terjadi. Ia merasa nayaman dan menyenangkan jika berfikir bahwa kedepannya ia akan membangun tim dan mobil dengan orang orang yang memiliki semangat yang sama.

Keuntungan Pengujian Ini

Pemodelan skala ini akan terus berlanjut karena peranan tahap ini cukup krusial pada pengembangan mobil. CFD terus berkembang hingga saat ini, namun hal tersebut belum dapat menggantikan peranan pengujian terowongan angin Formula 1. Keuntungan yang di berikan pengujian ini cukup banyak. Mulai dari korelasi yang tepat antara hail model dengan performa sebenarnya di lintasa. Keakuratan dan kecepatan dalam pembangunan model. Pengujian yang di lakukan bersifat fleksibel hingga komponen uji coba yang jauh lebih murah serta dapat di rancang lebih cepat di bandingkan pengujian penuh.

Dalam hal ini, Andretti Cadillac secara efektif mencoba untuk mengembangkan mobil dengan belajar dari geometr dan bagaiaman mendapatkan performa mobil yang lebih baik. Dengan melakukan uji coba dan meningkatkan hasil konsep semirip mungkin dengan CFD, hasil terowongan angin selalu di lihat kembali ke CFD. Seperti itu, upaya yang di lakukan untuk meningkatkan pengembangan mobil 2024.

Namun, jika pada akhirnya Andretti Cadillac beraril masuk ke tahun 2026, mereka harus kembali fokus kepada peraturan baru. Dan seperti tim Formula 1 pada umumnya, mereka memastikan akan selesai melakukan seluruh pekerjaan sebelum 1 Januari 2025 dan tidak akan melakukan pekerjaan pendesainan aerodinamika maupun Model Wind Tunnel.

Exit mobile version