Mengenal Perilaku Impulsif Serta Cara Mengatasinya

Mengenal Perilaku Impulsif Serta Cara Mengatasinya
Mengenal Perilaku Impulsif Serta Cara Mengatasinya

Mengenal Perilaku Impulsif Serta Cara Mengatasinya Akan Memudahkan Kita Untuk Semakin Mengetahui Perilaku Impulsif. Impulsif merupakan perilaku ataupun sikap yang di lakukan tanpa adanya pertimbangan atau pemikiran yang matang terlebih dahulu. Orang yang bersikap impulsif biasanya akan lebih bertindak secara mendadak dan spontan tanpa harus memikirnya akibat atau risiko dari apa yang di lakukannya di kemudian hari. Akibatnya orang yang bertindak impulsif akan mengalami konsekuensi yang tidak terduga kedepannya. Orang yang bertindak impulsif mungkin akan menanggapi sesuatu dengan cepat tanpa memikirkan secara mendalam ataupun mengevaluasi secara logis terhadap kondisi tersebut.

Perilaku yang impulsif juga cenderung membuat individu akan melakulan hal tanpa mempertimbangkan apa yang akan di hadapinya di masa depan. Namun sebenarnya, setiap orang kemungkinan pernah mengalami perilaku impulsif baik yang sadar maupun tidak. Salah satu contohnya seperti belanja secara berlebihan. Akan tetapi jika perilaku ini di lakukan secara terus menerus maka kemungkinan akan menjadi gejala dari adanya penyakit mental tertentu. Hal inilah yang belum di sadari oleh banyak orang mengenai gejala perilaku impulsif. Walaupun bukan merupakan kondisi yang serius, perilaku impulsif sangat perlu untuk di tangani apalagi jika di rasa sangat susah untuk di kendalikan.

Pada umumnya perilaku impulsif di alami dan di tunjukkan oleh anak-anak. Hal ini di karenakan mereka belum mengerti bagaimana cara untuk meredam keinginan yang muncul serta menyampaikan emosi kepada seseorang. Akan tetapi perilaku ini juga di alami oleh orang dewasa seperti belanja barang yang tidak terlalu penting di mall padahal sedang melakukan penghematan. Walaupun tergolong sebagai perilaku yang tidak terlalu merugikan, kita harus mewaspadai perilaku ini karena jika di lakukan secara terus menerus akan sangat merugikan kita. Gejala-gejala yang timbul terkadang juga tidak di sadari oleh seseorang yang mengalaminya.

Berikut merupakan penjelasan Mengenal Perilaku Impulsif yang harus kita ketahui.

Mengenal Perilaku Impulsif

Mengenal Perilaku Impulsif adalah salah satu hal penting agar kita dapat mengetahui apa saja tentang perilaku ini. Perilaku impulsif merupakan situasi di saat kita mengambil suatu tindakan tanpa mempertimbangkan dan berpikir panjang mengenai konsekuensinya. Contohnya seperti saat kita berjalan-jalan di pusat perbelanjaan tanpa niat untuk belanja. Namun akhirnya kita tergiur untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu kita perlukan dengan menghabiskan biaya yang cukup banyak. Bukan hanya itu saja, dengan melakukan sesuatu hal yang berbahaya juga dapat di anggap perilaku impulsif apabila kita tidak memikirkan akibat dari tindakan tersebut sebelumnya.

Walaupun begitu, perilaku ini sebenarnya tidak bisa di anggap sebagai salah satu masalah gangguan mental karena kondisi ini sering tidak terjadi secara rutin. Hal ini berarti semua individu dapat mempunyai potensi untuk melakukan perilaku impulsif akan tetapi jarang untuk melakukan tindakan ini secara terus menerus. Kemudian tindakan impulsif juga mempunyai arti yang penting di dalam kehidupan manusia. Tindakan ini sebenarnya dapat berguna di saat-saat tertentu. Contohnya seperti menghadapi krisis atau stres yang membuat kita mau tidak mau harus merespon sesuatu dengan cepat tanggap.

Pada umumnya perilaku impulsif juga sering terjadi pada usia remaja dan anak-anak. Namun seiring berjalannya waktu, kedewasaan juga dapat mendorong seseorang untuk memikirkan akibat dari setiap tindakannya. Akan tetapi apabila perilaku impulsif sering terjadi secara terus menerus dan menjadi bagian dari kehidupan seseorang atau hampir membahayakan diri sendiri serta orang lain maka hal ini merupakan gejala gangguan mental.

Tanda-Tanda Perilaku

Saat kita melakukan suatu aktivitas yang tanpa berpikir panjang dan spontan, hal tersebut dapat berupa Tanda-Tanda Perilaku Impulsif. Kemudian bisa jadi seseorang tidak memikirkan akibat yang timbul dari perilaku tersebut dan mungkin dapat berbahaya bagi diri sendiri dan juga orang lain. Beberapa tindakan yang menjadi tanda memiliki perilaku impulsif yaitu:

  • Membeli barang yang tidak penting dan merasa senang karena telah menghamburkan uang.
  • Mudah marah dan tersinggung bahkan bisa jadi tanpa sebab.
  • Melakukan kegiatan seks yang memiliki risiko.
  • Mudah meleda-ledak saat marah dan bahkan sampai menghancurkan barang
  • Mudah menyakiti diri sendiri saat merasa kecewa, sedih dan marah.

Penyebab Dari Perilaku Impulsif

Pada umumnya Penyebab Dari Perilaku Impulsif yang sering terjadi adalah kontrol diri yang kurang baik. Akan tetapi tindakan ini juga dapat menjadi suatu tanda dari adanya gangguan mental di dalam diri. Beberapa gangguan pada kesehatan mental yang di tandai dengan adanya tindakan impulsif yaitu bipolar, ADHD, serta gangguan makan. Kemudian gangguan kepribadian antisosial dan gangguan kepribadian serta kecanduan obat-obatan dan alkohol juga dapat di tandai dengan adanya perilaku impulsif.

Apabila kita merasakan salah satu situasi yang telah di sebutkan tadi, kita mungkin mengalami perilaku impulsif yang merupakan tanda dari situasi tersebut. Walaupun begitu kita juga harus memabahi bahwa setiap individu yang mengalami perilaku impulsif belum tentu juga mengalami kecanduan, gangguan kepribadian serta jenis gangguan mental yang lain. Ingatlah bahwa perilaku impulsif baru dapat kita anggap sebagai ciri-ciri yang perlu di awasi jika terjadi secara terus menerus yang sudah membahayakan diri sendiri maupun orang di sekitar.

Cara Mengatasi

Cara Mengatasi Perilaku Impulsif menjadi hal yang sangat menantang. Kemudian jika membiarkan perilaku ini begitu saja maka di khawatirka akan berkembang menjadi gejala gangguan mental. Jika kamu merasa mengalami perilaku impulsif, kamu dapat menerapkan cara berikut ini.

1. Melatih Diri Berpikir Rasional

Yang pertama kit harus belajar Melatih Diri Berpikir Rasional untuk memutuskan sesuatu saat bertindak. Kita harus berdiskusi pada diri sendiri terlebih dahulu mengenai dampak jangka panjang yang akan terjadi jika mengambil keputusan tersebut. Kemudian carilah solusi yang bijaksaan serta pertimbangkanlah cara lain jika kurang pas.

2. Menumbuhkan Kesadaran Diri

Kita harus Menumbuhkan Kesadaran Diri mengenai pola tindakan impulsif yang kita miliki. Kemudian kita juga harus memperhatikan setiap emosi ataupun situasi tertentu yang dapat menjadi pemicu perilaku ini. Dengan pemahaman terhadap pemicu-pemicu perilaku tersebut, kita dapat mengatasi perilaku impulsif kedepannya.

3. Membuat Rencana Yang Matang

Cara selanjutnya adalah Membuat Rencana Yang Matang untuk mencegah adanya perilaku impulsif. Kita harus menyusun jadwal mingguan maupun harian yang rapi. Upayakan untuk terus berpegang pada rencana yang kita buat sedapat mungkin. Hal ini juga di percaya dapat membantu kita untuk mengontrol impulsivitas serta kehidupan sehari-hari kita akan lebih terstruktur.

4. Mencoba Teknik Relaksasi

Saat kamu merasa timbulnya rasa untuk berperilaku impulsif, kamu dapat Mencoba Teknik Relaksasi. Teknik relaksasi ini dapat di lakukan seperti meditasi, pernapasan dari dalam serta olahraga yang ringan. Teknik-teknik ini juga dapat mengurangi emosi yang cukup kuat serta membantu menenangkan pikiran kita.

Itu dia beberapa informasi tentang Mengenal Perilaku Impulsif. Sebagai manusia, sesekali perilaku impulsif akan kita alami. Namun jangan di biarkan jika hal tersebut berlangsung secara terus menerus. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai Mengenal Perilaku Impulsif.

Exit mobile version