Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami

Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami
Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami

Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami Dapat Di Lakukan Dari Rumah Saja Dan Akan Sangat Membantu Kita Menghilangkan Batuk Berdahak. Batuk merupakan reaksi alami pada tubuh yang memiliki tujuan untuk mendorong lendir yang berada di sistem pernapasan. Dengan adanya batuk, pengidap batuk akan bernafas dengan lebih mudah dan tidak ada hambatan. Terdapat jenis-jenis batuk yang sering menyerang kita. Di antaranya yaitu batuk berdahak dan juga batuk kering. Jenis batuk berdahak biasanya akan terjadi di musim hujan di mana banyak orang yang rentan terkena penyakit pilek ataupun flu. Walaupun terkesan seperti penyakit yang tergolong ringan, namun batuk berdahak seperti yang kita ketahui dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Kemudian batuk berdahak juga merupakan masalah kesehatan yang pada umumnya di sebabkan oleh adanya flu maupun infeksi. Jenis batuk berdahak ini juga dapat bertahan cukup lama hingga seminggu. Tentunya batuk berdahak menjadi masalah kesehatan yang sangat mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Batuk juga dapat di tandai dengan adanya gejala lain yang timbul. Contohnya seperti hidung yang berair dan sakit tenggorokan.

Bermacam obat batuk berdahak tersedia di apotek dan dapat kita pervayakan sebagai penanganan pertama ketika batuk menyerang. Akan tetapi terkadang kita akan lebih mempercayai bahan alami ataupun cara yang lebih tradisional untuk mengurangi batuk berdahak sebelum kita mulai meminum obat dari apotek. Baik obat alami maupun yang tradisional di percaya secara turun temurun untuk mengurangi batuk maupun gejala yang menyerang sistem pernapasan lainnya. Contohnya seperti pilek, hidung tersumbat, flu serta infeksi pernapasan yang masih ringan.

Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang sering mencari obat batuk berdahak yang berasal dari bahan alami yang mudah di dapatkan di rumah. Namun jika merasa batuk berdahak belum sembuh dengan obat alami tersebut, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Berikut merupakan beberapa cara alami untuk Mengatasi Batuk Berdahak dari rumah.

1. Mengatasi Batuk Berdahak Dengan Jahe

Cara alami yang pertama adalah Mengatasi Batuk Berdahak Dengan Jahe. Hal ini dapat di lakukan dengan meminum campuran jahe di mana jahe telah kita larutkan di dalam air hangat ataupun teh. Campura jahe ini di percaya dapat membantu kita dalam meredakan batuk berdahak. Ketika kita terserang batuk berdahak, tenggorokan kita akan menjadi terinfeksi karena adanya iritasi dan peradangan. Oleh karena itu untuk mengatasi iritasi serta peradangan ini, kita membutuhkan kandungan antibakteri, antiinflamasi serta antivirus. Ketiga kandungan yang ampuh untuk menyembuhkan ini terdapat di dalam jahe.

Terdapat penelitian yang memaparkan bahwa terdapat kandungan shaogaol dan gingerol di dalam jahe. Kedua kandungan ini di ketahui berperan penting sebagai antiinflamasi yang akan mengurangi peradangan yang di sebabkan oleh infeksi. Selain itu menurut National Institute of Health, terdapat kandungan antivirus dan antibakteri di dalam jahe. Kedua kandungan ini di ketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita dalam mengatasi infeksi di dalam sistem pernapasan sekaligus dapat menangkal adanya perkembangan bakteri dan virus baru.

Kemudian jahe juga termasuk sebagai pereda nyeri atau zat analgesik yang bisa bermanfaat untuk memberikan efek kehangatan pada tubuh. Tidak hanya itu, jahe juga dapat mengurangi kekeringan, iritasi dan lendir di dalam tenggorokan yang meradang akibat batuk. Cara untuk membuat larutan jahe yaitu dengan merebus beberapa ruas jahe dengan waktu 10 hingga 15 menit. Kemudian tuangkan ke dalam cangkir dan minumlah selagi larutan tersebut masih hangat.

2. Memakan Bawang Putih

Di lansir dari Microbes and Infection terdapat peneltiian yang memaparkan bahwa bawang putih mempunyai sifat antijamur, antivirus serta antibakteri yang efektif. Salah satu nutrisi yang terdapat di dalam bawang putih yaitu Allicin memiliki berbagai peran antimikroba. Kandungan Allicin ini dapat menampilkan aktivitas antibakteri yang mencegah masuknya bermacam bakteri dengan gram-positif maupun gram-negatif. Termasuk di dalamnya yaotu Escherichia coli. Oleh karena itu kita di anjurkan untuk Memakan Bawang Putih saat sedang batuk.

3. Menghirup Uap

Berikutnya kita juga dapat menghilangkan batuk berdahak dengan cara Menghirup Uap. Kita dapat mandi dengan air hangat kemudian biarkan kamar mandi kita penuh dengan uap. Kemudian hiruplah uap sebanyak-banyaknya. Terdapat juga cara lain yang dapat kita lakukan yaitu dengan menyediakan air panas di dalam mangkuk yang cukup besar. Lalu kita dapat menuangkan beberapa tetes minyak yang bersifat esensial seperti minyak kayu putih ataupun minyak rosemary. Kemudian saat kita menghirup uap dari dalam mangkuk tersebut, kita harus meletakkan handuk di atas kepala. Lakukanlah cara ini selama 5 menit sampai uap di dalam mangkuk tersebut tidak mengeluarkan uap lagi untuk hasil yang maksimal.

4. Kunyit

Terdapat penelitian mengenai kunyit yang memaparkan hasil bahwa di dalam Kunyit terkandung senyawa aktif kurkumin yang bermanfaat sebagai antiinflamasi yang kuat. Maka dari itu saat kita mengkonsumsi lada hitam dan kunyit dapat meningkatkan keefektivitasannya. Hal ini juga di karenakan adanya senyawa utama di dalam lada hitam yaitu piperine yang dapat meningkatkan bioavailabilitas kunyit. Senyawa ini dapat membantu penyerapan kunyit di dalam tubuh.

5. Jeruk Nipis Di Campur Kecap Atau Madu

Bahan alami selanjutnya yang di percaya dapat mengatasi batuk berdahak adalah Jeruk Nipis Di Campur Kecap Atau Madu. Campuran bahan alami ini telah di kenal sedari dahulu sebagai obat alami yang efektif untuk mengatasi gejala batuk berdahak. Hal ini di karenakan terdapat kandungan minyak atsiri di dalam jeruk nipis yang berperan penting untuk melemaskan otot-otot di sekitar saluran pernapasan. Kemudian campuran bahan alami ini juga bermanfaat untuk mengatasi suara serak yang di akibatkan oleh batuk berdahak. Campuran ini juga dapat kita sesuaikan dengan selera kita apakah kita lebih suka madu atau kecap untuk memadukan rasa jeruk nipis yang asam dengan rasa manis dari madu atau kecap.

6. Peppermint

Daun Peppermint ternyata dapat bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak. Di dalam daun ini terdapat kandungan menthol yang di percaya efektif untuk meredakan gejala batuk berdahak. Kita dapat mengonsumsi Peppermint dengan cara minum teh lalu menghirup uapnya. Untuk menghirup uapnya, kita dapat menambahkan 7 hingga 8 tetes minyak esensial yang mengandung peppermint ke secangkir air hangat. Lalu pastikan untuk menggantung handuk di atas kepala kita dan mulailah menarik napas dalam-dalam di atas permukaan air.

7. Daun Sirih Dan Jahe

Bahan alami selanjutnya yang dapat meredakan batuk berdahak adalah Daun Sirih Dan Jahe. Daun sirih memang terkenal sebagai bahan alami yang dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah kewanitaan serta dapat juga untuk mengatasi batuk. Caranya yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirih lalu tambahkan jahe ke dalamnya. Selanjutnya kita dapat meminum air rebusan tersebut paling sedikit satu hari sekali agar tenggorokan kita menjadi hangat.

8. Mengonsumsi Minuman Hangat

Jika kita mengalami batuk berdahak, kita di anjurkan untuk Mengonsumsi Minuman Hangat. Hal ini di karenakan minuman hangat dapat meredakan tenggorokan yang terasa kering sehingga mengakibatkan batuk. Cara ini juga dapat mendukung pengenceran lendur serta melegakan tenggorokan kita.

Itu dia beberapa bahan alami yang di kenal ampuh untuk Mengatasi Batuk Berdahak. Semoga artikel ini dapat membantu kita membuat obat alami sendiri dari rumah untuk Mengatasi Batuk Berdahak.

Exit mobile version