Kolam Air Panas Belerang, Destinasi Wisata Penderita Gatal Kulit

Kolam Air Panas Belerang, Destinasi Wisata Penderita Gatal Kulit
Kolam Air Panas Belerang, Destinasi Wisata Penderita Gatal Kulit

Kolam Air Panas Merupakan Tempat Yang Cukup Populer Yang Tak Hanya Sebagai Tempat Pelepas Penat, Namun Juga Terdapat Manfaat Lainnya. Umumnya tingkat panas yang di berikan tersedia bagi kalangan usia. Sehingga baik anak anak hingga orang dewasa dapat sama sama menikmati nikmatnya berendam di kolam ini. Umumnya, orang orang pergi ke tempat wisata ini karena ingin melepas stress dan bersantai saat akhir pekan. Dan tak jarang, pemandangan yang di berikan pada tempat wisata ini juga memanjakan mata. Meskipun beberapa orang mampu untuk membuat kolam hangat pribadi di rumah. Namun dengan letak yang biasanya di daerah pegunungan maupun resor, menjadikan kegiatan ini menjadi sarana rekreasi. Kegiatan rekreasi ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Seperti membersihkan dan meningkatkan elastisitas kulit karena airnya yang panas. Dan tak jarang masalah kulit lain seperti gatal gatal pada kulit, eksim dan gangguan kulit lainnya.

Hal ini di karenkan kandungan mineral berupa belerang atau pun magnesium yang umumnya terdapat pada pemandian air panas ini. Yang mana kandungan mineral ini memiliki manfaat tambahan bagi kesehatan khusunya kulit. Seperti yang di beritahukan di atas, berendam di air panas dapat meredakan ketegangan otot. Dalam hal kesehatan, metode pengobatan kulit menggunakan belerang ini cukup di kenal sejak dahulu. Karena belerang ini dapat bertindak sebagai keratolitik yang mampu membuat kulit mati terkelupas. Sebagai pembunuh jamur, bakteri, maupun tungau kudis merupakan kegunaan lain yang mampu di lakukan oleh belerang ini.

Lokasi atau letak dari tempat pemandian ini yang umumnya berada di kawasan pegunungan, memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung yang akan datang. Dengan suasana sejuk dan dingin kawasan pegunungan, udara segar jauh dari perkotaan hingga kawasan hijau tempat mata memandang. Banyak poin plus jika menjadikan tempat ini menjadi destinasi wisata.

Manfaat Kolam Air Panas

Manfaat Kolam Air Panas memberikan efek menyegarkan bagi tubuh serta menyehatkan kulit. Kolam air panas umumnya memiliki kandungan mineral berupa belerang. Kandungan tersebut yang membuat kulit menjadi sehat. Untuk menyegarkan tubuh, suhu air lah yang menjadi peran. Berendam di air panas dapat mengobati penyakit kulit seperti eksim, ruam, hingga gatal gatal lainnya. Lakukan aktivitas berendam selama kurang lebih 15 hingga 20 menit untuk meredakan penyakit ini. Penyakit tulang seperti rematik, nyeri pergelangan kaki dan tangan hingga bahu juga dapat di redakan dengan berendam di air hangat.

Penyakit kulit seperti Rosacea juga dapat di atasi dengan melakukan aktivitas berendam di air panas ini. Yang mana penyakit ini menjangkit penderitanya dengan menyebabkan wajah memerah akibat radang dan bakteri. Kandungan belerang pada kolam ini memberikan efek yang dapat mereda peradagan. Selain itu, kandungan belerang juga membersihkan sel kulit mati dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Indonesia, sebagai negara yang berada di wilayah cincin api pasifik memiliki jumlah gunung api terbanyak. Dan secara umum, kandungan mineral belerang dapat di temukan pada daerah gunung berapi. Selain itu, kawasan yang menjadi sumber air panas juga dapat di temukan belerang di sekitarnya. Hal seperti ini tentu menjadi kemudahan dalam menemukan titik lokasi wisata karena gunung api maupun sumber air panas cukup banyak di Indonesia.

Namun, banyak yang beranggapan bahwa berendam di air panas belerang hanya tidak memberikan efek penyembuhan bagi penyakit kulit. Hal tentang kesembuhan penyakit kulit karena belerang itu di sebabkan karena belerang di olah menjadi obat luar atau oles pada bagian yang bermasalah. Dan peruntukan wisata air panas ini lebih tepat untuk meredakan stress dan merelaksasikan diri. Dan juga, aktivitas berendam seperti ini di sarankan untuk di lakukan pada malam hari. Atau jika siang hari menggunakan tabir surya agar kulit tidak cepat mengering dan gosong. Karena jika berendam terlalu lama, menyebabkan minyak alami pada kulit akan hilang.

Manfaat Belerang Selain Untuk Kesehatan

Salah satu hal yang jika di lakukan berlebihan akan menimbulkan dampak negativ ketika berada di pemandian air panas adalah kulit yang kering. Kulit kering terjadi akibat minyak alami pada kulit hilang karena terlalu lama berendam di air panas. Namun, mineral satu ini juga sangat penting keberadaannya bagi tubuh manusia. Dengan efek anti inflamasi yang di milikinya, belerang di anggap mampu mengurangi resiko datangnya penyakit kronis. Seperti penjelasan tentang beberapa masalah kulit di atas, hingga penyakit kanker tertentu hingga kardiovaskular.

Namun, Manfaat Belerang Selain Untuk Kesehatan juga dapat di temukan manfaatnya di bidang pertanian. Seperti manfaat pemberian unsur hara bagi tanah sehingga tanaman pertanian dapat tumbuh sumbur. Kemudian pemberian secara tidak langsung unsur hara yang berfungsi untuk perbaikan tanah. Selanjutnya dapat meningkatkan efisiensi penggunaan nitrogen dan fosfor untuk pertumbuhan tanamana tani. Serta belerang dapat memperbaiki tingkat keasaman tanah dan menjaga kualitas dan mempercepat pertumbuhan tanaman. Sehingga hal ini memberikan penjelasan bahwa belerang cukup berpengaruh terhadap unsur hara pada tanah yang berpengaruh terhadap hasil pertanian.

Pada dunia industri, penggunaan belerang sebagai pupuk lumayan umum di gunakan. Kemudian mineral ini juga di gunakan sebagai komposisi dalam pembuatan zat pewarna. Penggunaan belerang juga sangat penting pada pembuatan baterai demi membentuk elektrolit dan elektroda. Pada industri kertas, mineral ini di gunakan sebagai pemutih serta kayu agar dapat pulp atau bubur kertas dapat menghasilkan produk kertas berwarna putih. Sering kali kita menemukan unsur sulfur pada sabun, yang mana unsur tersebut di ambil dari belerang. Dengan sifat antiseptiknya, penggunaan belerang pada produk sabun tak hanya dapat membersihkan namun juga melindungi kulit dari bakteri.

Tentu saja masih banyak manfaat lain dari penggunaan belerang terhadap dunia industri. Beberapa contoh terakhir seperti penggunaanya terhadap pembuatan karet dan plastik. Yang mana pada industri karet proses vulkanisasi menggunakan unsur belerang sehingga menambah kekuatan dan ke elastisan karet.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat di ambil dari artikel kali ini adalah, penyakit maupun gangguan kulit mungkin dapat di redakan dengan berendam di air panas. Namun nyatanya, gatal gatal yang di rasakan hanya di alihkan sementara selama proses perendaman pada kolam tersebut. Menjadikan pemandian air panas sebagai saranan rekreasi tentu sangat di anjurkan. Dan memang seperti itulah hal yang seharusnya. Karena pemandian air panas lebih banyak memberikan efek pada relaksasi otot dan pelepasan beban pikiran agar tubuh lebih rileks dan siap menjalani hari kedepannya.

Penggunaan belerang sebagai obat kulit itu di peruntukkan sebagai bahan racikan yang di oleskan pada area yang bermasalah. Seperti contoh, mencampurkan bubuk belerang dengan air atau minyak kelapa. Kemudian melakukan pengolesan terhadap area penyakit kulit. Maka hal ini dapat memberikan efek penyembuhan yang lebih tepat sasaran. Namun, tidak ada salahnya jika Anda memilih berlibur di Kolam Air Panas.

Exit mobile version