Kelebihan Gula Pada Tubuh, Begini Tanda-Tandanya

Kelebihan Gula Pada Tubuh, Begini Tanda-Tandanya
Kelebihan Gula Pada Tubuh, Begini Tanda-Tandanya

Kelebihan Gula Pada Tubuh Dapat Kita Deteksi Dengan Tanda-Tanda Berikut Ini Sehingga Kita Akan Lebih Menjaga Kesehatan. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan di dalam gula adalah salah satu jenis karbohidrat yang di perlukan oleh tubuh untuk tujuan membentuk energi. Akan tetapi jika kita mengonsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Umumnya gula terdiri dari dua jenis yaitu gula tambahan dan gula alami. Gula alami dapat kita temukan pada sayuran, susu hingga buah-buahan. Sementara gula tambahan biasanya akan kita tambahkan ke dalam minuman maupun makanan selama proses pembuatan makanan. Gula tambahan biasanya kita temukan di dalam permen, minuman manis, roti, kue serta makanan olahan lainnya. Walaupun begitu, terlalu banyak mengonsumsi hidangan yang mengandung banyak gula akan memunculkan gejala penyakit. Baik dari gula tambahan maupun gula alami, keduanya dapat memicu penyakit jika di konsumsi secara berlebihan.

Umumnya kadar gula darah yang normal berkisar 70 hingga 100 mg/dL ketika sebelum makan. Sementara kadar gula darah yang normal sesudah makan harus kurang dari 180 mg/dL. Sedangkan menurut Kementrian Kesehatan RI, batas asupan gula seseorang dalam sehari di anjurkan sebanyak 50 gram perhari atau setara dengan 4 sendok makan. Jika kadar gula darah lebih dari kadar yang normal pada umumnya maka seseorang dapat di katakan mengalami hiperglikemia. Kondisi hiperglikemia ini tidak dapat di anggap remeh. Hal ini di sebabkan kadar gula yang cukup tinggi akan menjadi penyebab utama datangnya penyakit diabetes. Oleh karena itu kita harus mengantisipasi gejala penyakit ini sedari dini dan mengetahui tanda-tanda kelebihan gula darah di dalam tubuh.

Kemudian di lansir dari Everyday Health, mengonsumsi makanan dengan gula tambahan yang berlebih juga dapat mengakibatkan obesitas atau berat badan yang bertambah. Lalu penyakit kanker dan risiko jantung juga dapat menyerang. Berikut merupakan tanda-tanda Kelebihan Gula di dalam tubuh.

1. Penglihatan Kabur Akibat Kelebihan Gula

Menurut sebuah penelitian dengan judul Diabetic Eye Disease, Penglihatan Kabur Akibat Kelebihan Gula. Pasalnya kadar glukosa yang berlebihan di dalam tubuh dapat mengganggu fungsi pembuluh darah kecil yang terdapat di bagian mata. Kemudian tanda tingginya kadar glukosa di dalam darah adalah menurunnya ketajaman penglihatan. Hal ini di karenakan kadar glukosa di dalam darah yang cukup tinggi dapat membuat pembengkakan pada lensa di dalam mata. Inilah yang mengakibatkan penglihatan kita menjadi terganggu dan tidak fokus. Kemudian penglihatan yang kabur juga merupakan akibat dari pembuluh darah dan saraf yang rusak pada mata yang di sebabkan oleh glukosa yang tinggi. Namun perlu di ingat bahwa penglihatan yang kabur juga dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang lain. Contohnya seperti kondisi ulkus kornea.

2. Mudah Lelah

Gejala paling umum gula darah yang tinggi selanjutnya adalah tubuh yang Mudah Lelah. Kondisi ini mempunyai nama lain yaitu kelelahan diabetes. Pada umumnya seseorang akan merasakan lelah di sepanjang waktu terlepas dari seberapa sehat makanan mereka, kualitas tidur mereka baik atau tidak, ataupun seberapa banyak mereka berolahraga secara rutin.

Kemudian menurut sebuah studi, meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh seorang wanita juga bisa berpengaruh pada tingkat kelelahan tubuh. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab adanya gejala tersebut. Salah satu contohnya yaitu kondisi kesehatan mental, efek samping pengobatan, sampai komplikasi yang terjadi akibat berlebihannya kadar glukosa.

3. Masalah Pencernaan

Kemudian kelebihan asupan glukosa juga dapat mengakibatkan timbulnya Masalah Pencernaan seperti kembung. Hal ini di karenakan fermentasi makanan yang belum di cerna dengan baik sehingga mengakibatkan banyaknya produksi gas di dalam tubuh. Maka dari itu hal ini tentunya akan mengakibatkan rasa tidak nyaman pada pencernaan seperti rasa sakit dan perut kembung.

4. Kesulitan Dalam Menurunkan Berat Badan

Faktanya gula memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Hal inilah yang dapat membuat kita merasa kembung dan berat badan mudah naik. Gula juga dapat meningkatkan kadar insulin yang ada di dalam tubuh yang memiliki risiko untuk membentuk resistensi sehingga akan Kesulitan Dalam Menurunkan Berat Badan.

5. Gerakan Tubuh Yang Lebih Lamban

Jika kamu sering merasa Gerakan Tubuh Yang Lebih Lamban dari biasanya, bisa jadi kondisi tersebut adalah tanda kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Kadar glukosa yang tinggi tentunya dapat meningkatkan kadar insulin yang akan memunculkan berbagai gangguan pada tubuh. Contohnya seperti energi yang menjadi tidak stabil. Saat di dalam tubuh kita terlalu banyak asupan gula, level gula darah pastinya juga akan semakin tinggi. Hal inilah yang sering menyebabkan pasang surut energi di dalam tubuh.

6. Kesulitan Tidur

Gula di ketahui dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah dalam waktu yang cepat. Hal inilah yang mengakibatkan Kesulitan Tidur saat kita mengonsumsi gula dalam jumlah banyak. Maka dari itu, ada baiknya kita mengurangi konsumsi gula yang berlebih sebelum tidur.

7. Masalah Pada Kulit

Kadar glukosa yang cukup tinggi dapat mengakibatkan sejumlah Masalah Pada Kulit. Menurut ahli dari situs Self, beberapa orang mempunyai perbedaan dalam sensitivitasnya terhadap insulin yang melonjak. Oleh karena melonjaknya kadar insulin tersebut maka akan memicu hormon lainnya yang dapat memunculkan masalah kulit. Contohnya yaitu pertumbuhan jerawat yang banyak pada kulit.

8. Kulit Yang Berjerawat Dan Kerutan Dini

Asupan glukosa yang berlebih pada tubuh ternyata dapat mempercepat penuaan pada kulit. Makanan maupun minuman manis yang mengandung gula ternyata bisa merusak elastisitas dan kolagen pada kulit. Hal inilah yang mengakibatkan kulit wajah kita menjadi kusam dan terdapat garis-garis halus. Kemudian glukosa di ketahui juga dapat memperburuk kondisi kulit kita seperti jerawat dan peradangan. Oleh karena itulah kadar gula yang tinggi di dalam tubuh dapat membuat Kulit Yang Berjerawat Dan Kerutan Dini.

9. Merasa Lapar Terus Menerus

Saat kita memakan makanan yang manisnya berasal dari gula tambahan, kita akan sekaligus mengonsumsi kalori dalam jumlah yang banyak. Hal inilah yang bisa membuat kita Merasa Lapar Terus Menerus. Pasalnya gula tidak sepenuhnya dapat mengisi perut kita walaupun dapat memuaskan selera. Tanpa adanya serat, lemak sehat dan protein yang tidak di miliki oleh banyaknya makanan manis dan cemilan olahan, tubuh akan membakar gula dengan waktu yang cepat. Kemudian hal inilah yang dapat menimbulkan rasa lapar yang di ketahui dapat mengakibatkan kita menyantap kudapan secara terus menerus.

10. Penyembuhan Luka Yang Lama

Tanda selanjutnya adalah proses Penyembuhan Luka Yang Lama. Kadar glukosa yang tinggi di dalam darah nyatanya bisa mengakibatkan terganggunya proses penyembuhan luka. Pasalnya kadar gula yang tinggi dapat mengakibatkan terhambatnya pembuluh darah dan saraf. Situasi inilah yang membuat adanya masalah di dalam sirkulasi darah pada tubuh kita.

Oleh karenanya, sangat penting bagi kita semua untuk rutin memeriksakan dan memantau kadar gula darah. Pasalnya hal inilah yang dapat kita lakukan untuk mendeteksi kadar gula darah berlebih di tubuh kita sedari dini. Semoga artikel ini dapat membantu kita untuk menyadari dan mengetahui adanya tanda-tanda tubuh yang mengalami Kelebihan Gula.

Exit mobile version