Jenis Ikan Bergizi Yang Sehat Di Konsumsi Setiap Hari

Jenis Ikan Bergizi Yang Sehat Di Konsumsi Setiap Hari
Jenis Ikan Bergizi Yang Sehat Di Konsumsi Setiap Hari

Jenis Ikan Bergizi Yang Dapat Di Konsumsi Setiap Hari Karena Kandungan Gizinya Yang Sangat Kaya Dan Baik Untuk Kesehatan. Ikan merupakan salah satu makanan yang di rekomendasikan untuk kita jadikan menu makanan sehari-hari. Hal ini di karenakan di dalam ikan terdapat banyak kandungan gizi yang sangat bagus untuk perkembangan dan kesehatan tubuh kita. Di lansir dari American Heart Association (AHA), dengan mengonsumsi ikan dua kali dalam waktu seminggu dapat menurunkan risiko terserang stroke. Kemudian AHA juga menganjurkan kita untuk memakan 3,5 gram ikan yang sebaiknya tidak di goreng pada setiap porsinya. Maka dari itu kita di anjurkan untuk mengonsumsi ikan terutama ikan yang terkenal kaya akan kandungan gizi.

Di Indonesia, kita dapat menjumpai segala jenis ikan dengan mudah baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Maka dari itu kampanye untuk mengonsumsi ikan harus sangat di gemborkan kepada setiap masyarakat agar banyak masyarakat yang paham akan manfaat ikan yang sangat banyak. Kita dapat mulai untuk mengonsumsi ikan laut yang segar karena kaya akan asam lemak omega-3, protein, niasin, zat besi, vitamin D, fosfor dan B12. Tidak hanya itu, di dalam ikan laut juga terdapat kandungan yodium yang dapat mencapai 83 mikrogram per 100 gram. Oleh karena itu ikan laut dapat bermanfaat untuk menangkal penyakit yang di sebabkan oleh kurangnya asupan yodium contohnya seperti penyakit gondok.

Maka dari itu ikan sangat di rekomendasikan untuk di jadikan lauk yang paling sehat. Kita dapat mengonsumsi ikan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat dari mengonsumsi ikan. Tidak heran jika ikan termasuk salah satu makanan penting di dalam 4 sehat 5 sempurna. Kandungan mineral, viramin serta protein yang tinggi pada ikan dapat juga meningkatkan fungsi kerja pada otak.

Berikut merupakan Jenis Ikan Bergizi yang dapat kita konsumsi sehari-hari agar tubuh menjadi lebih sehat.

1. Jenis Ikan Sarden

Jenis Ikan Sarden merupakan salah satu jenis ikan yang berminyak namun kaya akan zat gizi di dalamnya. Ikan sarden mengandung zat besi, vitamin B12, kalsium, protein serta asam lemak dengan omega 3. Kemudian sarden juga menjadi sumber vitamin D dan kalsium yang cocok bagi kita yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu. Ikan sarden lebih sehat jika di konsumsi saat masih segar. Namun kita pasti tidak asing lagi dengan adanya sarden kalengan yang di jual di supermarket. Saat membeli sarden kalengan pastikan untuk membaca label kemasan dengan sangat berhati-hati. Kita harus memastikan kandungan natrium dan minyak tambahannya tidak terlalu berlebih.

2. Ikan Kembung

Ikan Kembung ternyata merupakan salah satu jenis ikan laut yang paling sehat dan bergizi. Jenis ikan laut ini merupakan sumber vitamin B3, B2, B12, B6, vitamin D, serta sumber protein yang bagus. Di ketahui juga bahwa daging dari ikan kembung juga kaya akan mineral seperti selenium, tembaga serta vodium. Di dalam ikan kembung juga terdapat vitamin B1 dan zat besi dalam jumlah yang pas. Tidak hanya itu, ikan kembung juga memiliki kadar asam lemak esensial yang cukup tinggi yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan imun di dalam tubuh kita. Asam lemak esensial ini juga dapat membantu kita dalam proses pemulihan setelah kita melakukan olahraga dan bagus untuk kesehatan jantung.

3. Ikan Tongkol

Jenis Ikan Bergizi selanjutnya adalah Ikan Tongkol. Pasalnya ikan tongkol merupakan sumber nutrisi baik yang sangat di perlukan oleh tubuh seperti omega 3, protein, magnesium, vitamin, vodium serta zat besi. Selain itu ikan tongkol juga memiliki rasa yang lezat saat di konsumsi karena tidak terlalu banyak duri dan tekstur dagingnya yang lembut. Ikan tongkol juga dapat memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Contohnya seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, serta menguatkan otot tubuh. Di Indonesia kita dapat dengan mudah menemukan ikan tongkol di dalam berbagai olahan masakan. Biasanya olahan masakan tongkol di Indonesia adalah tongkol balado, sup, semur ikan tongkol dan lain sebagainya. Pastinya olahan ikan tongkol memiliki rasa yang sangat lezat jika di olah menjadi berbagai masakan.

4. Ikan Tuna

Ikan Tuna merupakan salah satu jenis ikan laut yang paling banyak di konsumsi setiap orang di dunia. Jenis ikan laut ini termasuk ke dalam kategori predator, karnivora serta ikan buas yang bisa mencapai ukuran 236 cm yang pada umumnya berukuran 60 hingga 180 cm. Walaupun begitu, ikan tuna memiliki banyak manfaat di dalamnya yang sangat terkenal. Ikan tuna di kenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menjadi makanan rendah lemak. Tidak hanya itu, ikan tuna juga kaya akan gizi seperti omega-3 dan protein. Lalu ikan ini juga dapat menjaga kesehatan jantung, menyehatkan mata, menurunkan tekanan darah tinggi serta sangat cocok di konsumsi saat diet karena rendah lemak.

5. Ikan Cakalang

Ikan Cakalang adalah jenis ikan laut yang banyak di konsumsi oleh penduduk Indonesia. Jenis ikan laut ini mempunyai tubuh yang panjangnya mencapai 100 cm dan biasanya ikan ini hidup bergerombol. Kemudian Ikan Cakalang juga di kenal rendah lemak namun memiliki protein yang cukup tinggi. Manfaat dari ikan cakalang juga sangat banyak yaitu menjaga kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, mengurangi risiko demensia serta mencegah anemia.

6. Ikan Lele

Ikan Lele di kenal sebagai ikan air tawar yang rendah sodium dan kalori. Selain itu lele juga mengandung lemak sehat, protein, mineral serta vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Maka dari itu lele terkenal sebagai ikan air tawar dengan sumber nutrisi yang sangat bagus. Di dalam ikan lele terdapat kandungan selenium, vitamin B12, serta asam lemak omega 6 dan omega 3.

7. Ikan Salmon

Ikan Salmon merupakan ikan yang sangat terkenal di dunia karena dapat memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh kita. Salmon terkenal akan kandungan proteinnya yang sangat tinggi serta kaya akan mineral dan vitamin. Tidak heran jika banyak orang yang memakan ikan salmon hampir setiap hari karena ikan ini kaya akan gizi. Kemudian ikan salmon di kenal dapat menangkal berbagai penyakit serta mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi ikan salmon dua porsi per minggu akan mampu untuk mengurangi risiko beberapa penyakit yang kronis seperti peradangan, jantung, kelebihan berat badan hingga kesulitan tidur.

8. Ikan Tenggiri

Jenis Ikan Bergizi selanjutnya adalah Ikan Tenggiri yang di kenal memiliki gizi yang tinggi. Faktanya, ikan tenggiri masih satu kerabat dengan jenis ikan tongkol, tuna serta makarel. Kita sering menjumpai ikan tenggiri di dalam olahan masakan daerah Indonesia seperti pempek serta siomay. Selain memiliki rasa yang sangat lezat dan lembut di lidah, ikan tenggiri ternyata dapat membantu mengurangi kolesterol yang jahat serta menjaga kesehatan mata kita.

Itu dia beberapa Jenis Ikan Bergizi yang dapat kita konsumsi setiap hari. Pastikan untuk selalu memenuhi asupan gizi dan nutrisi kita dengan rutin mengonsumsi Jenis Ikan Bergizi.

Exit mobile version