Carles Falcon Meninggal Dunia Pada Rally Dakar 2024

Carles Falcon Meninggal Dunia Pada Rally Dakar 2024
Carles Falcon Meninggal Dunia Pada Rally Dakar 2024

Carles Falcon Merupakan Pembalap Rally Kebangsaan Spanyol Yang Mengikuti Kompetisi Rally Dakar Di Arab Saudi 2024. Pembalap ini di kabarkan meninggal dunia akbiat cedera serius setelah kecelakaan pada etape kedua Rally Dakar Arab Saudi. Dan kabar ini terkonfirmasi kebenarannya karena di umumkan langsung oleh timnya yaitu TwinTrail. Yang mana tepatnya pada hari Senin 15 Januari 2024, Carles di nyakatan meninggal dunia oleh tim medis. Kerusakan saraf akibat jantung dan pernapasan yang berhenti saat kecelakaan tidak mengubah apapun. Pembalap ini di kenal sebagai seseorang yang ceria serta memiliki semangat juang bersama tim. Carles merupakan orang yang murah senyum, aktif serta menikmati segala sesuatu ia lakukan dan dengan penuh semangat. Dan ia meninggalkan kami untuk melakukan sesuatu yang selalu menjadi impiannya, yaitu menjadi pembalap di Dakar. Setidaknya seperti itu lah perkataan tim yang menaungi pembalap ini yang merespon berita duka rekan satu tim mereka tersebut.

Etape dengan bukit pasir berkelok kelok, melaju dengan kecapatan maksimum di atas jalanan bebatuan bergerigi. Tahap tersebut hampir di selesaikan pada 7 Januari yang mana pembalap professional ini mengalami kecelakaan. Carles saat itu menderita patah tulang belakang dan di terbangkan menggunakan helikopter medis sesaat setelah kecelakaannya. Proses evakuasi pembalap ini di lakukan dengan cepat dengan di bawa ke Rumah Sakit di Arab Saudi. Kemudian di terbangkan menuju kampung halamannya Spanyol untuk menjalani perawatan yang lebih intensif.

Tercatat pembalap ini telah melakoni kompetisi Dakar sebanyak dua kalinya. Yaitu ketika ia terlibat dalam sebuah insiden pada 15km dari penghujung rute sepanjang 463km pada hari Minggu. Serta berlokasi di antara Al Duwadimi dan Al Henakiyah. Kecelakaan tersebut menyebabkan dirinya mengalami patah tulang yang mengakibatkan pendarahan dan pembengkakan pada otak. Dan juga lima rusuk, tulang selangka hingga pergelangan tangan kiri yang mengalami patah tulang.

Seberapa Kerasnya Medan Rally Dakar 2024 Yang Di Ikuti Carles Falcon

Olahraga ini termasuk kedalam olahraga ekstrim dan memiliki keunikan tersendiri jika di bandingkan dengan rally biasa. Rally Dakar merupakan event tahunan wajib bagi pecinta olahraga ketahanan. Baik peserta maupun penonton, antusiasme dapat di rasakan setiap tahunnya. Sejak tahun 2020, olahraga balapan ekstrim ini mulai di buka untuk amatir. Dan umumnya peserta yang mengikuti terdiri dari delapan puluh persen pembalap professional.

Balap ketahanan off – road ini memiliki lintasan yang cukup ekstrim. Bentangan rute yang harus di lalui juga cukup panjang bahkan menghabiskan waktu berhari hari untuk menyelesaikan keseluruhan etape. Umumnya jarak maksimal yang di tempuh oleh pembalap ini sekitar 800 hingga 900 km per harinya. Dengan jarak yang yang sangat panjang tersebut, serta medan dan kondisi cuaca ekstrim yang di lewati. Tentu tidak semua orang mampu dan memiliki ketahanan yang cukup untuk mengikuti kompetisi ekstrim tahunan ini.

Bahkan tak jarang, penonton yang ikut menyaksikan secara langsung kompetisi ini merasa tidak tahan dengan cuaca dan kondisi di lingkungan sekitar. Hal ini membuktikan Seberapa Kerasnya Medan Rally Dakar 2024 Yang Di Ikuti Carles Falcon. Memiliki ketrampilan saja tidak cukup untuk mengikuti kompetisi ini, daya tahan tubuh yang tinggi, kestabilan emosional serta dukungan dari berbagai pihak penting untuk di miliki.

Rute rally Dakar ke 46 ini juga merupakan gelaran rally terbesar, terpanjang dan terberat di dunia. Dengan rute yang melewati pegunungan pasir, bukit, serta mendorong mereka masuk ke dalam kekosongan gurun yang luas. Dengan rute pantai ke pantai mengarungi daratan sepanjang semenanjung Arab. Menjadikan Rally Dakar tahun ini menjadi Rally terberat sejak kepindahan lokasi olahraga ini ke Arab Saudi.

Secara singkat, olahraga ini di lakukan oleh pembalap berani yang berpetualang di lintasan alam bebas dengan kendaraan segala medan atau off – road. Mereka di tuntut memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi sepanjang hari serta di tuntut bergerak cepat, kondisi segar bugar, dan serba bisa.

Serba Serbi Balapan Ekstrim Ini

Segala hal yang perlu Anda ketahui tentang ajang balapan ekstrim tahunan ini. Mungkin kedepannya Anda akan menjadi salah satu dari penggemar balapan ketahanan ini. Hampir sekitar 800 pembalap mengarahkan ujung kendaraan mereka menuju Kota Al Ula yang berusian 100 tahun. Total jarak yang di tempuh para pembalap berani ini yaitu sekitar 7891 kilometer. Yang mana jarak lintasan khusus sepanjang 4727 kilometer di gunakan untuk kompetisi waktu tercepat. Konsep baru juga di terapkan pada perlombaan kali ini, yang mana pembalap memiliki waktu hingga jam 4 sore untuk mencapai salah satu dari delapan bivak untuk bermalam. Dengan memiliki perlengkapan dan peralatan yang minim, mereka di beri waktu selama dua jam untuk melakukan perbaikan sebelum beristirahat. Dan melanjutkan perjalanan pada jam 7 di ke esokan harinya.

Dalam hal navigasi, pembalap umumnya memiliki GPS dan juga dapat mengikuti jejak roda dari pembalap sebelumnya. Mengikuti pedoman jalan, rute serta perhitungan dari ilustrasi bahaya dan ancaman di depan harus di ikuti oleh pembalap dalam perjalanannya. Untuk spesifikasi jalur, hal ini di rahasiakan sampai selesainya tahapan pembagian roadbook kepada seluruh pembalap. Roadbook menjadi satu satunya sumber informasi bagi pembalap untuk mengetahui titik, arah dan lokasi serta bahaya tertentu sepanjang rute. Yang kemudian di lanjutkan dengan melaksanakan perjalanan perlombaan melawan waktu untuk mencapai titik titik tertentu. Setelah perjalanan selesai di hari itu, pembalap harus melakukan perbaikan dan perawatan sebelum istirahat di bivak.

Untuk etape maraton, pembalap umumnya istirahat sendiri tanpa fasilitas bivak maupun mekanik. Sehingga pekerjaan seperti perawatan dan perbaikan hingga perawatan diri di lakukan secara mandiri oleh pembalap itu sendiri. Untuk tim tersukses sepanjang sejarah Rally Dakar, ialah KTM 450 Orange menjadi motor Rally terbaik abad ini. Dilanjutkan dengan Mitsubishi yang merupakan pabrikan tersukses yang di ikuti Toyota sebagai juara bertahan hingga 2024. Dan untuk Quadbike, pabrikan Yamaha menjadi yang terbaik dengan 15 kemenangan sejak tahun 2009.

Kesimpulan

Dengan kerasnya medan lintasan dan serba serbi kompetisi ini yang perlu Anda ketahui. Dapat di ambil Kesimpulan bahwa olahraga ekstrim ini cukup menguras tenaga, emosional, serta menuntut ketahanan baik secara fisik maupun mental pembalap. Kecelakaan yang di alami pembalap Spanyol mungkin saja bukan berasal dari performa nya yang kurang apik. Mungkin bisa di sebabkan oleh lintasan yang begitu ekstrim serta efek kelelahan sehingga hal naas ini terjadi. Meskipu begitu, baiknya kita menyikapi seperti penggemar dan TwinTraill. Yang menyikapi bahwa kematian Carles Falcon merupakan jalan yang memang harus di tempuh pembalap ini. Yang mana bentuk dari kecintaannya terhadap olahraga ekstrim ini, dan telah lepas impiannya mengikuti olahraga ekstrim ini.

Bagi para atlet ataupun pecinta olahraga pasti memahami pernyataan di atas. Yang kecelakaan dan kematian yang di hadapi seorang atlet maupun pembalap merupakan kehormatan dan kebanggaan tersendiri. Dan momen tersebut telah di dapat oleh pembalap TwinTrail asal Spanyol, Carles Falcon.

Exit mobile version