Provinsi Sumatera Selatan Memiliki Makanan Khas Yang Populer

Provinsi Sumatera Selatan Memiliki Makanan Khas Yang Populer

Provinsi Sumatera Selatan Memiliki Berbagai Makanan Khas Yang Wajib Kita Coba Karena Rasanya Yang Akan Menggugah Selera Kita. Sumatera Selatan dengan ibu kota provinsi Palembang merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Kemudian Provinsi Sumatera Selatan berada di bagian selatan pulau Sumatera. Kemudian Sumatera Selatan juga berbatasan dengan provinsi Bangka Belitung di sebelah timur dan berbatasan juga dengan Jambi di sebelah utara. Provinsi Sumatera Selatan juga terkenal akan kekayaan sumber daya alam di dalamnya seperti batu bara, gas alam, serta minyak bumi.

Kemudian Palembang sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan juga terkenal sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya sejak zaman dahulu. Pusat Kerajaan Sriwijaya telah berdiri sejak abad ketujuh sampai akhir abad ke-14 di mana kerajaan ini sangat berpengaruh di kawasan Asia Tenggara.

Selain kotanya yang bersejarah, Sumatera Selatan juga terkenal akan hidangan khasnya yang sangat populer dan lezat. Provinsi Sumatera Selatan memiliki berbagai jenis makanan khas yang sangat populer karena rasanya yang sangat nikmat. Makanan khas Sumatera Selatan juga telah terkenal sampai ke daerah lain. Bahkan orang dari daerah lain juga turut menjual hidangan khas Sumatera Selatan yang sangat menggugah selera. Contohnya seperti pempek yang sangat populer di daerah Indonesia. Makanan khas Palembang ini berasal dari ikan tenggiri yang di campurkan dengan tepung sagu dan menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

Namun makanan khas Palembang bukan hanya pempek saja dan banyak lagi makanan khas Sumatera Selatan yang lain. Sumatera Selatan juga kaya akan kulinernya sehingga sayang untuk di lewatkan. Pecinta kuliner pasti akan merasakan sensasi rasa yang sangat lezat jika berburu kuliner khas Sumatera Selatan.

Penasaran dengan berbagai makanan khas Provinsi Sumatera Selatan? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pempek Khas Sumatera Selatan

Siapa yang tidak kenal dengan Pempek? Pempek Khas Sumatera Selatan telah populer di seluruh daerah Indonesia karena rasanya yang lezat dan gurih. Makanan ini terbuat campuran tepung sagu dengan daging ikan yang kemudian di goreng di dalam minyak yang panas. Pempek biasanya di sajikan dengan kuah cuko. Hidangan khas Sumatera Selatan yang populer ini juga terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari pempek kapal selam, lenjer, keriting, adaan serta masih banyak lagi. Pempek memang menjadi makanan yang mudah kita temui di Indonesia. Namun jika kita mencicipi pempek di Sumatera Selatan akan terasa lebih asli dan lezat.

2. Tekwan

Makanan khas Sumatera Selatan yang selanjutnya adalah Tekwan. Tekwan di kenal juga dengan sebutan bakso dari Palembang. Pasalnya bentuk adonan dari Tekwan juga kecil-kecil seperti bakso ikan. Tekwan biasanya di sajikan dengan potongan jamur kuping, mie putih, irisan bengkoang serta bawang goreng. Kuah kaldu yang di sajikan di dalam Tekwan membuat hidangan khas Palembang yang satu ini sangat cocok di konsumsi ketika hujan agar terasa hangat di tubuh kita.

3. Mie Celor

Mie Celor merupakan makanan khas Palembang yang berbahan utama mie kuning. Hidangan mie khas Palembang ini harus di cicipi karena rasa mie dan kuahnya yang sangat nikmat. Biasanya mie celor di sajikan dengan udang yang segar kemudian di sajikan juga dengan telur dan tauge. Mie celor juga lebih nikmat di makan saat masih hangat agar kuahnya semakin terasa gurih dan nikmat di mulut.

4. Laksan

Laksan adalah hidangan khas Sumatera Selatan selanjutnya yang di bahas di dalam artikel ini. Hidangan Laksan mirip dengan pempek karena juga terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan. Namun perbedaan di antara keduanya terletak di bagian kuah. Laksan memiliki kuah santan yang berwarna merah sedangkan pempek di sajikan dengan kuah cuko. Kuah Laksan yang berwarna merah dan terbuat dari santan ini akan memberikan cita rasa yang pedas dan gurih di lidah.

5. Kue Delapan Jam

Sumatera Selatan memiliki kue khas yang sangat menarik untuk di cicipi yaitu Kue Delapan Jam. Nama kue ini sangat unik karena di ambil dari proses saat membuatnya yaitu selama 8 jam. Kue unik ini memiliki rasa yang legit dan manis di mulut kita sehingga sangat cocok di jadikan oleh-oleh ataupun camilan khas Sumatera Selatan. Bahan utama pembuatan kue delapan jam ini juga sangat sederhana yaitu dengan mencampur gula, mentega, telur serta susu kental manis. Kemudian adonan kue di panggang selama 8 jam agar kue menjadi matang hingga sempurna.

6. Pindang Patin

Makanan khas Sumatera Selatan lainnya yang terbuat dari bahan dasar ikan yaitu Pindang Patin. Ikan yang di gunakan di dalam hidangan ini adalah ikan patin yang di masak dengan rempah-rempah khas Sumatera Selatan. Kita akan di manjakan dengan rasa kuahnya yang gurih, manis, asam, serta pedas. Biasanya pindang patin di sajikan dengan nasi yang hangat agar semakin kenyang saat memakannya.

7. Pindang Tulang Iga Sapi

Selain hidangan pindang ikan patin yang di jelaskan di atas, di Palembang juga terdapat Pindang Tulang Iga Sapi yang tak kalah nikmat. Rasa kuah pindang tulang iga sapi mirip dengan pindang ikan patin namun bahan utamanya jelas berbeda. Pindang tulang iga sapi biasanya di hidangkan dengan irisan tomat dan sayur. Kita juga dapat menyantap pindang tulang iga sapi dengan nasi hangat agar lebih kenyang dan lezat.

8. Kue Maksuba

Kue Maksuba adalah kue khas Sumatera Selatan yang mirip dengan kue lapis. Bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat kue maksuba juga sangat sederhana seperti telur bebek, susu kental manis, margarin serta gula. Akan tetapi proses pembuatannya sedikit rumit karena dibuat seperti kue lapis yang dibuat selapis demi selapis secara beruntun. Namun rasa dari kue ini tetap lezat saat sudah di hidangkan.

9. Lempok Durian

Jika kamu pecinta durian, kamu harus menyicipi makanan khas Sumatera Selatan yang satu ini. Lempok Durian di buat dari dagung buah durian, garam serta gula dan kemudian di masak dengan api yang kecil. Saat di masak, adonan lempok harus di aduk terus menerus agar mengental dengan sempurna. Kemudian jika sudah dingin, lempok dapat di cetak dengan bentuk persegi panjang. Rasa dari lempok sangat manis dan gurih apalagi untuk kamu yang suka dengan durian.

10. Kue Lumpang

Kue Lumpang merupakan salah satu jajanan khas Sumatera Selatan yang tidak boleh kita lewatkan selanjutnya. Terdapat cerita unik di balik nama dari kue khas Sumatera Selatan yang satu ini. Saat kue lumpang di kukus, akan terdapat lubang dengan sendirinya di bagian tengah sehingga kue ini mirip dengan bentuk wadah “lumpang” yang biasanya di gunakan untuk menumbuk padi. Tepung beras menjadi bahan utama dari kue lumpang. Kemudian daun pandan dan daun suji akan memberikan warna hijau pada kue ini. Biasanya kue ini di taburi dengan kelapa parut di atasnya sehingga rasa kue lumpang semakin gurih dan manis.

Itu dia beberapa makanan khas Provinsi Sumatera Selatan yang wajib kamu coba saat berjalan-jalan ke Sumatera Selatan. Semoga akan ada kesempatan di mana kita akan menyicipi makanan khas Provinsi Sumatera Selatan.

Exit mobile version